Taman Wisata Alam Pulau Dua, Sorong – Papua

Rating: 82 out of 100, by 61 users
Ombak Pantai Taman Wisata Pulau Dua - Papua : Taman Wisata Alam Pulau Dua, Sorong – Papua

Wisata bahari merupakan salah satu tujuan wisata menarik yang tak jarang menjadi tujuan wisata para wisatawan yang sedang berlibur. Apalagi jika tujuan wisata tersebut memiliki pemandangan yang indah serta memiliki keragaman kekayaan alam yang mampu membuat anda terpesona. Salah satu objek wisata yang memiliki kriteria tersebut di sekitaran Sorong adalah Taman Wisata Alam Pulau Dua.

Lokasi dan Transportasi

Taman Wisata Alam Pulau Dua berlokasi tak jauh dari distrik Werur dan Sausapor, kabupaten Tambrauw yang merupakan kawasan pemekaran Sorong. Untuk mencapai Taman Wisata Alam Pulau Dua tentunya anda harus menggunakkan alat transportasi laut berupa perahu atau motor tempel milik penduduk setempat karena memang belum ada angkutan khusus yang bisa mengantarkan anda ke kawasan Taman Wisata Alam Pulau Dua.

Tetapi, untuk anda yang sedang berada di pusat kota Sorong, anda masih bisa menggunakkan kendaran darat untuk mencapai Tambrauw, sedangkan untuk mencapai Taman Wisata Alam Pulau Dua tetap harus menggunakkan alat transportasi laut.

Jika menggunakkan jalur darat, jarak tempuh dari pusat Kota Sorong menuju Tambrauw adalah sekitar 4 jam perjalanan kemudian dilanjutkan dengan perahu motor sekitar 30 hingga 60 menit perjalanan. Sayangnya, jika anda melewati jalan darat, fasilitas jalannya memang belum terlalu baik, selain itu anda harus membawa kendaraan sendiri / kendaraan sewaan karena memang belum ada kendaraan umum yang mengantar anda menuju Tambrauw.

Walaupun begitu, anda tidak perlu khawatir, karena anda bisa menggunakkan kapal perintis jika memang tidak memungkinkan untuk membawa kendaraan. Sayangnya, kapal ini hanya berlayar setiap seminggu sekali, jadi tidak setiap hari anda berkesempatan untuk mencapai Tambrauw jika dari pusat Kota Sorong.

Ongkos yang harus anda bayarkan jika menggunakkan kapal ini adalah sekitar Rp 50.000*) per orang dan anda akan berhenti di distrik Werur. Selanjutnya, perjalanan anda menuju Taman Wisata Alam Pulau Dua, tetap harus dilanjutkan dengan perahu milik penduduk dengan ongkos yang bisa anda negosiasikan dengan pemilik perahu tersebut.

Pesisir Pantai Taman Wisata Pulau Dua - Papua : Taman Wisata Alam Pulau Dua, Sorong – Papua
Ombak Pantai Taman Wisata Pulau Dua - Papua : Taman Wisata Alam Pulau Dua, Sorong – Papua

Wisata

Taman Wisata Alam Pulau Dua merupakan salah satu wilayah konservasi cagar alam khususnya untuk kekayaan alam bawah lautnya. Tak heran jika banyak yang memilih untuk melakukan aktivitas snorkeling ataupun diving di kawasan Pulau Dua. Sekitar 70% terumbu karang yang ada di sekitar pulau ini memiliki tutupan karang yang sehat.

Maka dari itu, sangat sayang jika sampai dilewatkan untuk menikmati keindahan alamnya. Tak hanya sebatas karangnya yang mempesona para penyelam, dulunya pulau ini juga pernah menjadi saksi sejarah pada masa perang dunia kedua, jadi, anda bisa menemukan bangkai kapal bekas peperangan tersebut di dasar laut kawasan Taman Wisata Alam Pulau Dua.

Bahkan, bekas-bekas pesawat pun bisa anda lihat di bawah laut pulau ini. Apalagi bekas-bekas peperangan ini dijadikan sebagai rumah-rumah ikan sehingga ada banyak spesies ikan yang bisa anda lihat di sekitaran Taman Wisata Alam Pulau Dua.

Untuk yang tidak menyelam, anda jangan khawatir, selain keindahan alam yang banyak tersimpan di bawah lautnya, di permukaan laut pun ada banyak hal-hal menarik yang akan anda lihat.

Baik dari pasirnya yang halus walaupun tidak berwarna putih ataupun dari hamparan lautnya yang memiliki air yang jernih. Bahkan, anda bisa melihat berbagai macam jenis ikan yang berenang, serta beberapa jenis karang cukup dari permukaan lautnya saja.

Jika pemandangan alamnya saja tidak cukup, anda tidak perlu kecewa. Kawasan Taman Wisata Alam Pulau Dua ini merupakan lokasi persinggahan beberapa spesies penyu seperti penyu hijau dan penyu belimbing yang hanya bisa di temukan di tiga wilayah di dunia yakni Amerika Selatan, India dan Indonesia.

Kemudian, setelah singgah di Taman Wisata Alam Pulau Dua, penyu-penyu ini akan bergerak menuju Pantai Jamursba Medi yang merupakan kawasan cagar alam dan habitat bagi berbagai macam jenis penyu.

Taman Wisata Alam Pulau Dua, juga memiliki sisi historis lain selain kejadian perang dunia kedua yakni dari sisi religious. Pulau ini menjadi lokasi awal masuknya Injil di Tambrauw yang di bawa oleh Yonas Nandisa pada tanggal 12 Agustus 1912. Maka dari itu, sering diadakan peringatan masuknya Injil di Pulau Dua.

Sejak peringatan 100 tahun masuknya Injil tepatnya pada tahun 2012, sudah direncanakan pembangunan tugu pekabaran Injil di kawasan Taman Wisata Alam Pulau Dua yang direncanakan selesai pada tahun 2013. Bahkan, jalan darat menuju pulau ini pun sudah mulai di bangun dari Sausapor menuju Pulau Dua dengan panjang sekitar 1,3 kilometer.

Tips

1. Carilah info keberangkatan Kapal Perintis jika anda berniat menggunakkan jalur laut untuk menuju Tambrauw sebelum menuju Taman Wisata Alam Pulau Dua. Karena, jika anda melewatkan jadwal keberangkatannya, maka anda harus menunggu satu minggu kedepan agar bisa menuju Tambrauw.

2. Untuk anda yang berniat snorkeling ataupun diving, bawalah peralatan sendiri sebelum menuju Taman Wisata Alam Pulau Dua dikarenakan tidak adanya penyewaan alat-alat tersebut di pulau ini.

3. Dikarenakan sangat sulit menemukan penginapan di sekitar Tambrauw, ada baiknya anda mengakrabkan diri dengan penduduk sekitar atau akan lebih baik jika anda sudah mengenal mereka sebelumnya. Hal ini dapat memudahkan anda dalam mencari tempat menginap atau bahkan diberikan tumpangan oleh mereka.

 

Kumpulan Gambar dari cerita tentang Taman Wisata Alam Pulau Dua, Sorong – Papua

Ada 4 foto di dalam Taman Wisata Alam Pulau Dua, Sorong – Papua cerita. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 4 foto high-res.

Panorama Taman Wisata Pulau Dua - Papua : Taman Wisata Alam Pulau Dua, Sorong – PapuaPesisir Pantai Taman Wisata Pulau Dua - Papua : Taman Wisata Alam Pulau Dua, Sorong – PapuaSuasana Senja Di Taman Wisata Pulau Dua - Papua : Taman Wisata Alam Pulau Dua, Sorong – PapuaOmbak Pantai Taman Wisata Pulau Dua - Papua : Taman Wisata Alam Pulau Dua, Sorong – Papua

Apa pendapatmu tentang Taman Wisata Alam Pulau Dua, Sorong – Papua

Tinggalkan Komentarmu soal Taman Wisata Alam Pulau Dua, Sorong – Papua Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Klayar Pacitan Jawa Tim
Pantai Klayar Pacitan merupakan salah satu pantai yang terletak di kabupaten Pacitan (Jawa ...

Pantai Ule, Pulau Sumbawa.- Nu
Pantai Ule – Pasir putih, air laut yang biru serta suara deburan ombak ...

Pantai Citepus, Sukabumi – J
Teluk Pelabuhan Ratu dihiasi dengan pantai-pantainya yang menawan. Hal ini dikarenakan bentuknya yang ...

Pantai Dato Majene Sulawesi Ba
Pantai Dato Majene merupakan pantai tropis unik dan salah satu pantai andalan terletak ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Boom Tuban Jawa Timur
Pantai Selimpai Paloh – Kalimantan
Pantai Sukamade Banyuwangi, Wisata Kura-
Pantai Setoko, Batam – Kepulauan R
How to Enhance Your Writing Skills
Pantai Pasir Enam, Jayapura – Papu
What Dipole Definition Chemistry Is R
Pantai Pagatan, Banjarmasin – Kali

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.