Pantai Ora, Maluku – Ambon

Rating: 86 out of 100, by 124 users
snorkling Pantai Ora - Maluku : Pantai Ora, Maluku – Ambon

Menjelajahi Maluku memang tidak pernah ada habisnya. Kepulauan yang terbentang hingga Laut Aru ini punya puluhan bahkan ratusan spot wisata yang selalu mengundang kekaguman tiap wisatawan. Mulai dari suguhan pantai menawan hampir di tiap sudut pulau hingga gugusan pegunungan yang dihuni beragam satwa endemik.

bersantai sambil menikmati pemandangan pantai Ora, Ora beach resort - Maluku : Pantai Ora, Maluku – Ambon
snorkling Pantai Ora - Maluku : Pantai Ora, Maluku – Ambon

Pantai pasir putihnya bahkan disebut-sebut sebagai salah satu pantai tercantik. Sebut saja, pantai Liang di Ambon, Pantai Ngurbloat dan Ngurtafur di Kei Kecil. Meskipun terkadang akses transportasi cukup terbatas namun hal itu nyatanya tidak menghalangi niat wisatawan untuk tetap berkunjung, saking menawannya. Kali ini, tidak terlalu jauh dari ibukota Provinsi Maluku, Ambon, Anda akan diajak ke salah satu spot liburan yang bisa menjadi pilihan bulan madu Anda.

Terletak di bagian utara Pulau Seram, tepatnya di Negeri Saleman, Pantai Ora akan membuat siapapun terkagum-kagum. Ora adalah salah satu pantai paling terkenal di antara wisatawan lokal dan asing yang dimiliki Pulau Seram, selain Pantai Sawai. Terletak cukup jauh dari Masohi, kota utama di Seram, tidak menyurutkan niat banyak wisatawan. Ora bahkan disebut-sebut sama cantiknya dengan Maladewa. Jadi, tidak heran kalau Ora pasti akan membuat momen liburan Anda tidak terlupakan.

Dengan lokasi yang cukup terpencil, jauh dari pemukiman penduduk desa, Ora memberikan Anda momen liburan santai tanpa perlu merasa diganggu oleh siapapun. Tidak ada suara bising kendaraan, bahkan suara TV. Alih-alih bising, Anda malah akan mendapati suara burung dan beragam satwa yang berhabitat di bukit tepi pantai.

Hijaunya pepohonan memenuhi seluruh sisi bukit, memastikan Anda terus dapat menikmati udara sejuk dengan semilir angin sepoi-sepoi. Sementara itu, hamparan laut biru nan jernih akan memenuhi pandangan Anda. Laut yang tenang, bahkan tanpa gelombang, terus menggoda Anda untuk segera terjun dan berenang di dalamnya. Pasir putih yang terhampar beberapa ratus meter seakan menyempurnakan kecantikan Pantai Ora, dan menyediakan tempat sempurna untuk ber sun-bathing ria sembari bercengkrama dengan teman, pasangan atau keluarga Anda.

Transportasi

Untuk menuju Pantai Ora, dari Bandara Patimura Ambon, pertama-tama kita menuju ke Pelabuhan Tulehu. Kita bisa menggunakan angkutan umum atau taksi, waktu perjalanan sekitar satu jam dengan harga sesuai tarif atau negosiasi.

Setelah sampai di Pelabuhan Tulehu, kita lanjut menuju Pelabuhan Amahi, Maluku Tengah, menggunakan kapal cepat dengan tarif Rp150.000 untuk VIP dan Rp 92.000 untuk ekonomi. Waktu perjalanan yang dibutuhkan untuk sampai ke Pelabuhan Amahi adalah sekitar 2 jam.

Setelah itu dilanjutkan dengan perjalanan menuju Desa Sawai yang dapat ditempuh dengan angkutan umum dan membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk sampai di sana. Kemudian dari Desa Sawai menuju Pantai Ora, hanya diperlukan waktu 10 menit untuk menyeberang dengan kapal motor, dan tibalah kita di Pantai Ora.

Kita dapat menggunakan alternatif lain untuk menuju Pantai Ora, yaitu dengan cara menyewa mobil dari Bandara Patimura Ambon dan langsung menuju ke Desa Sawai dengan perjalanan melewati Kabupaten Seram dan Kabupaten Maluku Tengah. Tetapi sebaiknya kita melakukan negosiasi terlebih dahulu karena perjalanan menuju Desa Sawai cukup jauh dan membutuhkan waktu sekitar 1 hari 1 malam.

Akomodasi

Hanya terdapat satu buah resort yang tersedia di Pantai Ora yang bernama Ora Beach Resort. Ora Beach Resort ini memiliki enam buah cottage yang terbuat dari kayu dan beratapkan jerami. Lokasi Ora Beach Resort ini juga terpencil dan jauh dari keramaian hiruk pikuk perkotaan, sangat cocok untuk yang suka dengan ketenangan.

Saat malam hari kita dapat mendengar deruan ombak dan juga menikmati indahnya langit yang dihiasi bintang-bintang. Dan saat pagi tiba tentu saja kita disambut dengan suasana Pantai Ora yang menakjubkan, air laut yang jernih dan udara pagi yang segar.

Biaya penginapan di Ora Beach Resort tidak dihitung berdasarkan biaya per kamar, namun dihitung dari biaya per orang. Hargapun berubah-ubah sesuai musim. Kisaran harganya adalah antara Rp 1.000.000 sampai dengan Rp 1.500.000 per hari. Harga tersebut sudah termasuk biaya makan tiga kali sehari dan juga biaya transportasi dari Pelabuhan Tulehu.

Wisata

Tiap pagi, matahari yang merasuk melalui sela-sela bangunan, mengajak Anda untuk mengintip suguhan alam yang berada tepat di luar kamar. Hanya beberapa meter ke bawah, keindahan bawah laut sudah siap menanti untuk dikagumi. Gugusan terumbu karang berwarna-warni jelas terlihat dari atas permukaan sementara ratusan ikan beragam ukuran terlihat hilir mudik di sekitar terumbu karang yang menjadi habitat mereka.

Tanpa bersusah payah bahkan tanpa menyewa kapal, Anda sudah bisa ber-snorkeling ria sepuasnya bahkan dari pagi hingga sore. Puas ber-snorkeling, hidangan seafood berkualitas tinggi yang dimasak oleh koki pilihan siap untuk disantap sesering Anda inginkan.

Untuk bisa menginap di Ora Beach Resort, Anda harus merogoh kocek setidaknya 400 ribu rupiah per malam untuk satu kamar. Harganya terbilang cukup murah mengingat fasilitas yang tersedia. Dan, untuk membayar makanan yang Anda dapatkan, termasuk sarapan, makan siang dan makan malam, Anda harus membayar 250 ribu rupiah satu hari. Memang tidak terlalu murah namun hidangan yang akan Anda nikmati tidak akan mengecewakan. Selain rasanya yang enak, porsinya pun besar jadi Anda bisa menyantap makanan sepuasnya tanpa takut kekurangan.

Aktifitas Diving & Snorkling

Selain menikmati pemandangan pantai dengan pasir putih dan laut biru yang indah. Salah satu kegiatan yang wajib dilakukan lainnya adalah menyelam dan melihat keindahan bawah laut Pantai Ora yang begitu menakjubkan.

Kita tidak perlu terlalu dalam menyelam, hanya sekitar 2-3 meter menyelam kita sudah dapat melihat keindahan berbagai macam terumbu karang. Kita juga disambut dengan ikan-ikan kecil yang berenang ke sana ke mari. Tetapi bila ingin melakukan snorkling, sebaiknya jangan dilakukan diperairan yang dangkal untuk mencegah agar kita tidak merusak koral, karena banyak terdapat koral di perairan dangkal Pantai Ora.

Wisata lain di sekitar Pantai Ora

Selama berlibur di Ora, Anda tidak hanya dapat menikmati cantiknya pantai dan bawah laut, tetapi juga kejutan di Taman Nasional Manusela. Berbatasan langsung dengan Manusela, Anda bisa mulai menjelajahinya dengan mengunjungi Sungai Salawai, habitat alami buaya air tawar.

Melintasi Sungai Salawai

Kita juga dapat berjalan-jalan dan melintasi Sunga Salawai. Sambil melintasi Sungai Salawai kita dapat menyaksikan bagaimana proses pembuatan sagu dan pengambilan buah kelapa. Saat tiba di muara sungai Teluk Sulaiman, kita dapat melihat berbagai jenis macam burung yang ada di sana.

Mengelilingi Taman Nasional Manusela

Tepat di belakang cottage Ora Beach Resort, kita dapat melihat Perbukitan Taman Nasional Manusela yang menjadi latar belakang pemandangan di resort tersebut. Mengelilingi Taman Nasional Manusela juga dapat dijadikan salah satu kegiatan santai lainnya yang bisa dilakukan di pagi hari. Kita bisa menggunakan kapal bermotor maupun kapal nelayan sekitar untuk melihat dan menikmati pemandangan sambil berkeliling disekitar Taman Nasional Manusela.

Trekking Hutan

Selain menikmati segala kegiatan di pantai, kita juga dapat mencoba trekking dan melihat keasrian hutan di negeri Sawai. Tidak hanya sekedar menyusuri hutan, tapi juga bisa mengunjungi sebuah pusat pendidikan dan rehabilitasi satwa.

Letaknya di Dusun Masihulan. Terdapat penangkaran burung Kakatua dan burung Nuri yang bisa disaksikan oleh wisatawan. Selain itu juga bisa melanjutkan perjalanan ke sebuah air terjun dan gua yang terletak di tengah hutan. Di sana ada sebuah pondok yang dibangun oleh warga sekitar agar pengunjung dapat beristirahat.

Tips

  • Meskipun di Ora Beach Resort Anda bisa melakukan diving dan snorkeling namun sayangnya saat ini belum tersedia operator selam di resort ataupun di sekitar resort ini. Jadi pilihannya antara menyewa di tempat terdekat atau membawa sendiri peralatannya.
  • Bagi Anda yang gemar snorkeling, sebaiknya jangan melakukannya di tempat dangkal karena koral di Pantai Ora banyak terdapat di perairan dangkal sehingga snorkeling di lokasi ini bisa merusak koral.
  • Tidak tersedia warung atau restoran di Ora Beach Resort, yang ada hanya fasilitas makan dari pihak Ora Beach Resort sendiri. Disarankan untuk membawa perbekalan sendiri untuk extra makanan.

 

Kumpulan Gambar dari posting tentang Pantai Ora, Maluku – Ambon

Ada 8 gambar di dalam Pantai Ora, Maluku – Ambon posting. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 8 gambar high-res.

bersantai sambil menikmati pemandangan pantai Ora, Ora beach resort - Maluku : Pantai Ora, Maluku – AmbonFasilitas Ora Beach Resort di tengah pantai Ora - Maluku : Pantai Ora, Maluku – Ambonnikmatnya berenang di pantai Ora - Maluku : Pantai Ora, Maluku – Ambonora beach resort - Maluku : Pantai Ora, Maluku – Ambonpanorama Pantai Ora - Maluku : Pantai Ora, Maluku – AmbonPantai Ora, Maluku Tengah - Maluku : Pantai Ora, Maluku – Ambon
Diposting pada 12 July 2014 - Oleh tanzil - Kategori Maluku.
Tag: panda, pulau seram, gelombang, penginapan, sekitar, pemandangan, bulan madu .

Apa pendapatmu tentang Pantai Ora, Maluku – Ambon

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Ora, Maluku – Ambon Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Werur, Sorong – P
Begitu banyak tempat wisata Bahari yang ada di Tanah Papua. Keindahan alamnya yang ...

Pantai Canggu Surga Terkenal P
Pantai Canggu terletak di Desa Canggu, kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, sekitar 30 ...

Pengertian Pantai
Pantai adalah suatu barisan sedimen atau endapan yang muncul mulai dari garis air ...

Pulau Datu, Tanah Laut – Kal
Pulau Datu adalah sebuah pulau kecil yang masuk dalam wilayah Kabupaten Tanah Laut, ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pulau umang, Pandeglang – Banten
Pulau Buabua, Halmahera Barat – Ma
Pantai Batakan – Wisata Pantai di
Pantai Goa, Sumbawa – NTB
Pantai Balekambang Kabupaten Malang
Pantai Tanjung Kelayang, Belitung –
Pantai Cermin Ulee Lheue – Banda Aceh
Pantai Goa Cina, Malang – Jawa Timur

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.