Pantai Madale, Poso – Sulawesi Tengah

Rating: 88 out of 100, by 115 users
Pesona Pantai Madale, Sulawesi tengah - Sulawesi : Pantai Madale, Poso – Sulawesi Tengah

Poso merupakan kota pelabuhan utama sekaligus juga kota pelabuhan dan terminal di wilayah pantai utara Sulawesi Tengah. Bagi wisatawan, Poso adalah kota persinggahan (transit) sebelum melanjutkan perjalanan ke beberapa lokasi wisata di sekitar Poso misalnya ke pantai atau ke Ampana untuk kemudian menumpang kapal menuju ke Pulau Togean. Namun demikian, Poso sendiri merupakan kota yang menyenangkan untuk sejenak berisitirahat sebelum melanjutkan perjalanan.

Poso adalah sebuah kota kecil yang teratur, dan Anda dapat pergi ke mana saja di kota ini hanya dengan berjalan kaki. Pusat kota Poso terletak di Jl Sumatera dan kawasan di sekitarnya di mana terdapat sejumlah hotel, restoran dan kawasan pertokoan. Kantor pariwisata (telp 21839) dapat ditemui di ujung barat Jl Sudirman di mana wisatawan akan mendapatkan sejumlah brosur mengenai informasi wisata di daerah ini.

Lantaran itu, dulu sebelum terjadi konflik tahun 1998, Poso dikenal sebagai “nirwana” di Sulawesi Tengah. Segala yang diinginkan wisatawan ada di kota ini. Mulai dari wisatanya sampai kehidupan malamnya, tersedia di sini.

Alam di bagian timur indonesia sangatlah salah satunya adalah pantai madele di poso, Sulawesi tengah. Pantainya berpasir putih, berselimutkan air laut yang biru dan beratapkan langit yang cerah adalah tempat yang sempurna untuk berwisata, khususnya yang menyukai wisata pantai.

Pantai Madele di poso menjadi bukti kecantikan alam yang kita miliki di bagian timur indonesia, Pantai ini terletak sekitar 5 km di timur Poso. Memang pantai ini belum begitu populer di kalangan para traveller. Jika anda kesana dan menyaksikan sendiri pantainya, maka hanya rasa takjub yang dapat menggambarkanya.

Pantai ini masih sangat bersih dan masih belum tersentuh tangan – tangan nakal, hal ini menjadi daya tarik bagi wisatawan, suasana yang alami akan memaksimalkan liburan anda.

Hamparan pasirnya sangat putih. Dengan teriknya matahariputih pasirnya akan menggoda anda dan memberikan pemandangan yang tak jemu – jemu untuk dinikmati. Ditambah dengan lambaian pepohonan, bersantai di pantai Madele sangatlah nyaman dan sangat menyenangkan.

Lautnya akan menambah pesona pantai ini. Di pinggir pantai, lautnya berwarna biru jernih.serta semakin jauh memandang warnanya akan semakin membiru. Pemandangan yang sangat cantik dan tentu jarang didapatkan.

Dari penjelasan panduan informasi pariwisata nusantara Kemenparekraf. Ombak Pantai Madele tidak terlalu besar. Jadi anda bisa berenang dan melakukan kegiatan snorkling. Alangkah baiknya membawa dan mempersiapkan perlengkapan snorkling sebelum berangkat ketempat ini.

Setiap lekukan Poso selalu menarik untuk dinikmati. Pesona alamnya begitu memikat hati. Sebagai penikmat pantai, Poso tidak mungkin dilewatkan. Kemurnian alamnya masih sangat terjaga alami. Kesegaran udaranya membawa sensasi tersendiri.

Wisata lain disekitar Poso :

Di sekitar Poso terdapat beberapa lokasi yang menarik untuk dikunjungi khususnya bagi mereka yang suka berenang atau snorkeling; salah satunya adalah Pantai Madale yang terletak sekitar 5 Km di timur Poso. Lebih jauh ke timur, pada jarak 20 Km dari Poso, terdapat Pantai Matako dengan pasir pantainya yang putih. Sedangkan Pantai Toini terletak 7 Km dari Poso ke barat. Pantai ini populer karena sejumlah rumah makan yang menyajikan hidangan laut yang lezat.

Ketiga pantai ini dapat dicapai dengan kendaraan umum dan ojek dari terminal di dekat pasar Poso. Sekitar 40 Km dari Poso ke arah timur terdapat Tombiano yang memiliki goa besar yang dihuni kelelawar, di Maranda yang terletak sekitar 47 Km barat Poso terdapat air terjun kecil dan juga sumber mata air panas di mana pengunjung dapat berenang, Goa Tampemadoro terletak 22 Km di selatan Poso, di jalan yang menuju ke Tentena.

Untuk menuju ke lokasi goa dan air terjun tersebut Anda dapat menumpang kendaraan umum dari terminal Poso ke tujuan yang sesuai, dan mintalah sopir untuk menurunkan Anda di lokasi yang dituju.

Lembomawo terletak sekitar 4 Km di selatan Poso dan dikenal sebagai pusat kerajinan ukiran kayu eboni (kayu hitam). Untuk mencapai tempat ini Anda dapat menumpang bemo dari terminal Poso dan turun di Lembomawo. Dari Lembomawo Anda dapat berjalan kaki (4 Km) ke Ranononucu melalalui dua jembatan gantung.

Danau terbesar ketiga di Indonesia adalah Danau Poso yang memiliki luas sekitar 32.300 hektar dengan kedalaman rata-rata 500 meter. Danau Poso memiliki panjang 32 Km dan lebar 16 Km. Letak danau yang berada pada ketinggian 657 meter di atas permukaan laut. Memiliki keunikan karena berpasir putih dan kuning keemasan serta bergelombang seperti laut. Panorama alam disekelilingnya sangat indah dan perbukitan serta hutan disekitarnya berdiri tegak memagari danau.

Danau Poso terletak di kota Tentena dan keberadaan danau yang indah ini menjadi salah satu alasan utama orang singgah di Tentena dan Pendopo yang masing-masing terletak di ujung utara dan selatan Danau Poso. Kedua tempat ini dihubungkan dengan sarana transportasi reguler penyeberangan danau. Wisatawan dapat berjalanjalan menyusuri kawasan pedesaan di sekitar danau atau menyewa perahu mengelilingi danau.

Pada setiap bulan Agustus digelar acara Festival Danau Poso yang merupakan acara budaya yang terbesar di wilayah ini. Festival ini diikuti oleh sebagaian besar masyarakat desa yang berada di daerah yang indah ini. Danau Poso juga terkenal
karena memiliki taman anggrek yang bernama Taman Anggrek Bancea yang memiliki koleksi anggrek liar. Taman ini dapat dicapai dengan berjalan kaki (11 Km) atau menumpang mobil sewaan ke Taipa dari Pendolo.

Lokasi wisata Air Terjun Saluopa berada di suatu kawasan hutan dekat Tentena di mana terdapat sejumlah jeram, air terjun dan beberapa kolam dengan airnya yang bening sejernih kristal.

Air Terjun Sulewana terletak 12 Km dari Tentena . Untuk mencapai tempat ini wisatawan dapat menempuh dengan kendaraan lalu dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 3 Km. Airnya sangat deras dan dapat dijadikan sumber pembangkit tenaga listrik untuk memenuhi kebutuhan listrik seluruh pulau.

pantai Madale - Sulawesi : Pantai Madale, Poso – Sulawesi Tengah
Pantai Madale, Sulawesi Tengah - Sulawesi : Pantai Madale, Poso – Sulawesi Tengah

Goa Pamona dan Latea sekitar 57 km dari kota Poso menjadi salah satu obyek wisata yang unik karena goa ini tempat menyimpan mayat dalam goa sejak ratusan tahun lalu seperti halnya dalam kebudayaan Toraja.

 

Galeri gambar dari posting tentang Pantai Madale, Poso – Sulawesi Tengah

Ada 4 potret di dalam Pantai Madale, Poso – Sulawesi Tengah posting. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 4 potret high-res.

Pantai Madale, Sulawesi Tengah - Sulawesi : Pantai Madale, Poso – Sulawesi Tengahpantai Madale - Sulawesi : Pantai Madale, Poso – Sulawesi TengahPesona Pantai Madale, Sulawesi tengah - Sulawesi : Pantai Madale, Poso – Sulawesi Tengahpanorama pantai Madale - Sulawesi : Pantai Madale, Poso – Sulawesi Tengah

Apa pendapatmu tentang Pantai Madale, Poso – Sulawesi Tengah

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Madale, Poso – Sulawesi Tengah Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Setoko, Batam – K
Kepulauan Riau merupakan sebuah provinsi di Indonesia yang di dominasi oleh berbagai pulau-pulau ...

Pantai Karang Tawulan, Tasikma
Pantai Karang Tawulan merupakan pantai indah dengan hamparan aneka bentuk pulau-pulau karang mini ...

Pantai Indah Kalangan, Tapanul
Bagi Anda yang hobbi berwisata bahari, di Sumatera Utara terdapat salah satu kota ...

Pantai Karang Hawu, Sukabumi &
Panorama alam yang indah, udaranya sejuk, dan hamparan pasirnya yang luas dan lembut,ma ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Gili Air, Lombok – NTB
10 Pantai Terindah di Indonesia
Pulau Wetar ( Pulau terluar Indonesia )
Pantai Parangtritis Terkenal di Yogyakar
Pantai Batu Lima, Tanah Laut, Kalimantan
Pantai Takisung, Banjarmasin – Kal
Pantai Depok, Bantul – Yogyakarta
Mentawai Si Cantik nan Eksotis

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.