Pantai Palippis, Polewali Mandar – Sulawesi Barat

Rating: 88 out of 100, by 113 users
pesona pantai palippis - Sulawesi Barat : Pantai Palippis, Polewali Mandar – Sulawesi Barat

Berkunjung ke sulawesi barat terasa belum lengkap jika Anda tidak berkunjung ke Pantai Palippis. Pantai ini terletak di sebelah jalan umum yang merupakan jalan penghubung ke beberapa kota di Sulawesi Barat. Berada kurang lebih 20 km dari Polewali. Pantai Palippis memiliki panorama keindahan alam yang wajib dikunjungi.

Pantai ini menawarkan panorama keindahan pantai dengan laut lepas sebagai view-nya. Pantai Sulawesi Barat ini terletak di sisi sebelah barat pulau sulawesi. Berhadapan langsung dengan laut sebagai pemisah antara Pulau Kalimantan, Pulau jawa, dan Sulawesi.

Selain itu, daya tarik selain keindahan pantai dan pemandangan laut, di pantai Palippis terdapat daya tarik lainnya seperti gua kelelawar dan hamparan tebing batu karang. Gua kelelawar tersebut berada di atas bukit yang membentang tidak jauh dari bibir pantai. Barisan tebing batu karang berada tidak begitu jauh dari mulut gua kelelawar.

Obyek Wisata

Pantai Sulawesi Barat ini membentang kurang lebih 3 km di sebelah barat Sulawesi Indonesia. Kegiatan yang bisa dilakukan oleh para wisatawan yang berkunjung ke Pantai Palippis yaitu bermain air, bermain pasir, sepak bola atau voli pantai, dan atau hanya sekedar duduk sambil bersenda gurau dengan teman-teman sambil menunggu matahari tenggelam.

Selain menikmati keindahan pantai, wisatawan juga dapat melihat batu karang yang berbentuk tebing curam. Terdapat sebuah tebing batu karang memanjang di sebelah kawasan pantai, tebing karang tersebut disebut Lawuang. Batu karang tersebut mempunyai daya tarik yang eksotis, karena menghadap ke laut lepas sehingga menyerupai Ngarai. Seperti di Pantai Siung Yogyakarta, tebing-tebing karang tersebut bisa dijadikan sebagai tempat panjat Tebing. Ketinggian tebing tersebut mencapai 30 m sampai 80 m.

Terdapat juga sebuah Gua Kelelawar yang berada dekat dengan pantai dan tebing batu karang. Gua tersebut diberi nama Gua Kelelawar karena dihuni oleh ribuan kelelawar.

Di pantai ini, wisatawan juga bisa menyaksikan masyarakat suku Mandar membuat perahu sandeq di sentra-sentra. Perahu Sandeq merupakan perahu khas suku Mandar.

Lokasi

Pantai Palippis berada di Desa Bala, Kecamatan Balanipa, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat.

Jika anda ingin berwisata ke pantai Palippis jika anda dari arah kecamatan Campalagian maka letak jalur masuk ke pantai adalah di sebelah kiri, setelah jalur masuk ke pantai Labuang. Namun jika anda dari arah kecamatan Balanipa maka letak pantai ini berada di sisi kanan anda. Lokasi pantai ini cukup lumrah bagi warga di sekitar pantai, desa yang kemudian terdekat dari lokasi pantai ini adalah desa Pambusuang, jika anda mendapati sebuah tanjakan dengan sisi kanan dipenuhi tanaman kelapa dan laut lepas dipuncaknya serta tebing batu di sisi kiri anda maka lokasi Pantai tidak jauh dari sini, hanya berjarak sekitar 500 meter dari tanjakan ini maka anda akan mendapati jalan masuk ke lokasi wisata pantai.

pantai palippis - Sulawesi Barat : Pantai Palippis, Polewali Mandar – Sulawesi Barat
pesona pantai palippis - Sulawesi Barat : Pantai Palippis, Polewali Mandar – Sulawesi Barat

Akses

Untuk menuju obyek wisata Pantai Palippis, Anda dapat memulai perjalanan  dari Bandar Udara Tampa Padang, Kota Mamuju. Dari bandara, Anda diharuskan menuju ke Polewali dengan membutuhkan waktu tempuh sekitar 2 jam dengan transportasi umum seperti bus atau dengan kendaraan pribadi. Setelah sampai di Polewali, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju Pantai Palippis dengan menggunakan angkutan (angkutan kota) yang membutuhkan waktu sekitar 30 menit.

Fasilitas dan Akomodasi

Terdapat pondok kecil yang terletak tidak jauh dari Pantai Palippis, yang dapat digunakan untuk beristirahat. Tersedia juga kamar mandi dan toilet. Tersedia tempat parkir yang luas. Terdapat beberapa warung makan yang menyediakan menu masakan khas setempat.

Penambahan Fasilitas Pantai Palippis

Saat ini, tepat didepan pos polisi Palippis (area parkiran kendaraan) sedang dibangun beberapa gazebo berukuran kecil dengan atap imitasi genteng dari seng yang berwarna merah, sepertinya pemerintah telah mulai menaruh perhatian untuk maksimalisasi objek wisata ini. Bukan hanya itu tepat di lokasi pantai juga telah dibangun beberapa gazebo untuk mendukung fasilitas  tempat beristirahat bagi pengunjung yang menikmati kegiatan di pesisir, misalnya yang mandi, atau sekedar bermain di tepi pantai.

Pantai Palippis sempurna untuk liburan dan wisata keluarga, pesona pasirnya yang putih dan cukup bersih bisa diandalkan untuk menemani hari libur anda, walaupun ada beberapa bagian pantai yang masih tidak bebas dari kotoran berupa sampah.

Pantai Palippis saat awal mula diperkenalkan, sekitar tahun 90-an cukup ramai dikunjungi, namun hampir sama nasibnya seperti objek-objek wisata yang ada di wilayah Sulawesi Barat, disaat masih baru nyaris semua orang berkunjung, namun ketika telah berusia lama, maka bisa dipastikan ia akan kembali sepi, kurang lebih sama nasibnya dengan Pantai Dato VS Pantai Barane di Kabupaten Majene.

Pantai Barane kini sangat ramai dikunjungi dan Pantai Dato seolah ditinggalkan begitu saja. Entah kemudian apa sebabnya, mungkin pengunjung mulai bosan dengan pantai yang itu-itu saja ataukah fasilitas wisata yang dibangun oleh pemerintah tidak dirawat dan mulai rusak sejalan dengan usia. Kekurangan fasilitas di sekitar objek wisata juga merupakan faktor yang kadang membuat tingkat kunjungan ke tempat wisata menjadi berkurang.

Pantai Palippis merupakan rangkaian karang dan pantai berpasir putih yang terbentuk di sepanjang bagian pesisir kabupaten Polewali Mandar, ini masih merupakan satu kesatuan dengan pesona wisata pantai Labuang, yang juga entah saat ini seperti apa nasibnya. Tahun 90-an Pantai Labuang juga pernah menjadi tempat wisata favorit di kabupaten Polewali Mandar dan Kabupaten Majene, namun kabar terakhir tentang pantai ini sudah jarang terdengar. Pantai Palippis kabarnya mungkin lebih baik, ada perubahan kecil dengan penambahan fasilitas oleh pemerintah.

Sempurna Untuk Liburan Keluarga

Pantai Palippis adalah surga bagi para pencinta pantai pasir putih, jenis pasirnya yang cukup bersih dan halus menjadi teman yang paling baik untuk liburan keluarga anda. Pantai yang cukup dangkal di daerah tepinya cenderung aman menjadi tempat untuk sekedar mandi, atau bermain pasir. Ombaknya juga tidak terlalu besar, melainkan ringan dan cukup bersahabat.

Jika anda datang di waktu yang tepat, pagi atau sore disaat matahari tidak terlalu panas atau terik, maka anda dapat menikmati pantai ini lebih lama. Butiran pasir yang halus dengan deru ombak yang ringan bisa menemani aktivitas mandi anda bersama anak, ataupun keluarga terdekat anda. Bermain dengan kerang dan batuan hasil penghancuran pasir adalah hal yang juga seru untuk dimainkan dengan anak-anak. Anda juga bisa membat istana pasir, atau bahkan membuat tubuh anda menjadi terkubur oleh pasir. Hal yang tentu saja bisa anda lakukan dengan pasir putih di pantai ini.

Galeri gambar dari info tentang Pantai Palippis, Polewali Mandar – Sulawesi Barat

Ada 4 foto di dalam Pantai Palippis, Polewali Mandar – Sulawesi Barat info. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 4 foto high-res.

pesona pantai palippis - Sulawesi Barat : Pantai Palippis, Polewali Mandar – Sulawesi Barattebing di pantai palippis - Sulawesi Barat : Pantai Palippis, Polewali Mandar – Sulawesi Baratair yang jernih di pantai palippis - Sulawesi Barat : Pantai Palippis, Polewali Mandar – Sulawesi Baratpantai palippis - Sulawesi Barat : Pantai Palippis, Polewali Mandar – Sulawesi Barat

Apa pendapatmu tentang Pantai Palippis, Polewali Mandar – Sulawesi Barat

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Palippis, Polewali Mandar – Sulawesi Barat Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Teluk Penyu Cilacap
Pantai Teluk Penyu Cilacap adalah Kawasan pantai yang membujur dari utara (Pelabuhan Perikanan ...

Pantai Plengkung Banyuwangi &#
Pantai Plengkung terletak di Teluk Grajagan, Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi – Jawa ...

Pantai Candidasa, Karangasem &
Keindahan Bali memang tak ada duanya. Panorama dan eksotismenya sangat memanjakan mata setiap ...

Pantai Tanjung Bira Bulukumba
Tanjung bira terkenal dengan pantai pasir putihnya yang cantik dan menyenangkan. Airnya jernih, ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Sawarna Wisata Surga di Banten
pantai Kamali, Bau Bau – Sulawesi
Pulau Jemur, Riau
Pantai Loji, Sukabumi – Jawa Barat
Gili Keramat, Sumbawa – NTB
Pantai Jayanti Cianjur yang Indah dan Me
Pantai Charlita, Nias – Sumatra Ut
Pulau Walo, Raja Ampat – Papua

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.