Pulau Khayangan, makasar – Sulawesi Selatan

Rating: 84 out of 100, by 138 users
Pulau Khayangan - Sulawesi Selatan : Pulau Khayangan, makasar – Sulawesi Selatan

Kota Makassar memang di anegurahi kekayaan wisata bahari yang tak terhingga. Berada di lokasi yang begitu dekat dengan gugusan kepulauan Spermonde menjadikan kota yang dulunya dikenal sebagai Ujung Pandang ini menjadi destinasi wisata favorit bagi wisatawan yang berkunjung ke Indonesia bagian timur.

Salah satu dari pulau-pulau yang meghiasi teras laut kota Makassar yang cukup ramai dikunjungi adalah Pulau Khayangan, selain tentunya Pulau Lae-Lae, Pulau Samalona dan Pulau Kodingareng.

Pulau Kayangan adalah sebuah pulau kecil berpasir putih seluas sekitar 1 ha dan secara administratif termasuk dalam wilayah Kelurahan Bulo Gading, Ujung pandang Sulawesi Selatan. Lokasinya berjarak ± 0,8 km dari Kota Makassar, tidak jauh dari Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar, atau dapat ditempuh 15 menit perjalanan dengan menumpang perahu boat 36 PK yang khusus disediakan bagi para pengunjung. Pulau ini dulunya bernama Marrouw atau Meraux

Lokasi dan akomodasi

Menuju ke ‘Meraux’ atau ‘Marraouw’ tidaklah terlalu sulit, jaraknya yang cukup dekat dari dermaga Bangkoa-Makassar menjadikan pelabuhan kayu ini titik awal perjalanan menuju pulau khayangan.

Perahu-perahu kayu bermesin siap mengantarkan pengunjung untuk menikmati nuansa bahari yang indah di pulau yang masih berada di lingkup kecamatan Bulo Gading-Kota Makassar. Pemandangan berlabuhnya kapal-kapal pengangkut barang dan potret pelabuhan peti kemas Makassar di kejauhan menjadi pengalaman awal ketika perahu-perahu bergerak menjauh meninggalkan Makassar.

Cukup dengan membayar tiket Rp 20 ribu, Anda akan diantar dengan perahu dengan kapasitas kurang lebih 15 orang, dan dijemput kembali sesuai dengan jadwal yang sudah tertera di tiket.

Meski jadwal penyebrangan kembali ke Makassar masih tersedia hingga pukul sembilan malam namun bagi yang ingin menginap, rumah-rumah sederhana seharga 150.000 sampai 300.000 banyak di sewakan di Khayangan, selain juga Cottage yang dikelola secara professional oleh management hotel berbintang empat.

Wisata

Deburan ombak dan terpaan angin laut yang bergerak diatas lautan segera menyambut kedatangan wisatawan yang berkunjung ke pulau Khayangan.

Berada di pulau ini, aroma laut yang berhembus terbawa oleh angin semilir akan segera terasa memasuki kedua rongga indera penciuman. Kelembutan pasir pantai nya yang berwarna putih akan memaksa siapa saja yang datang berkunjung untuk segera turun dari perahu dan merasakan tekstur nya di sela-sela jemari kaki.

Pulau Khayangan memang indah bila kita memandangnya dari kota Makassar, namun akan terasa lebih indah bila kita mendakati dan berkunjung ke pangkuan nya.

Bebatuan karang yang tampak jelas di bawah permukaan air seakan tak tertupi oleh kejernihan air laut yang menutupi perairan di seputaran pulau yang berjarak tak lebih dari setengah jam dari ibukota provinsi Sulawesi Selatan.

Membasahi diri dengan air laut nya yang bersih, untuk penyuka kegiatan memancing, ikan-ikan tenor akan banyak didapatkan bila ingin memancing di dermaga yang dibangun diatas pulau ini.

Selain sunset, pemandangan selat Makassar akan menjadi menu yang elok untuk dinikmati di sisi sebelah barat Khayangan. Sementara di bagian timur dari pulau yang tidak berpenduduk ini, derap kesibukan pelabuhan Makassar di kejauhan sana akan tetap saja memancing mata untuk tidak begitu saja melewatkan nya.

Bagi yang hobi diving dan snorkeling, di pulau ini terdapat beberapa spot unggulan untuk melihat keindahan bawah laut. Tidak perlu khawatir bagi yang tidak membawa alat-alat perlengkapan menyelam. Di pulau ini, terdapat jasa penyewaan alat-alat menyelam dengan harga yang terjangkau.

Pulau Khayangan sesungguhnya mempunyai keunggulan potensi alam yang luar biasa. Pasir putih dan air lautnya yang masih alami menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung ke tempat ini. Apalagi, letaknya yang tidak jauh dari pusat Kota Makassar, sehingga dapat mudah untuk dikunjungi oleh siapapun.

Fasilitas

Bagi yang mengajak serta kolega atau keluarga berkunjung ke pulau yang memiliki luas kurang lebih 1 Ha ini, berbagai macam hiburan di darat dan di pantai nya bisa dengan sekaligus dinikmati. Fasilitas hiburan nya yang lumayan lengkap membuat para pelancong dan wisatawan betah tinggal berlama-lama.

Penggemar jetski akan bisa menyalurkan hobbynya di perairan pulau Khayangan, di pulau ini penyewaan ‘ sepeda motor air ’ membuka jasa nya dengan menyewakan jetski bagi pengunjung dan wisatawan.

Demikian juga bila ingin merasakan debur ombak lautan, pengunjung bisa memanfaatkan jasa penyewaan banana boat yang ada.

Di waktu-waktu tertentu seperti pergantian tahun, akhir pekan dan hari libur nasional panggung hiburan yang ada di pulau Khayangan akan diisi oleh pertunjukan-pertunjukan yang menghibur pendatang.

Bermain bola, volley pantai, basket maupun tenis meja bisa menjadi pilihan bagi pecinta olahraga yang ingin menghilangkan kepenatan nya. Fasilitas untuk olahraga tersebut juga tersedia di pulau Khayangan.

kapal transportasi di Pulau Khayangan - Sulawesi Selatan : Pulau Khayangan, makasar – Sulawesi Selatan
pemandangan Pulau Khayangan - Sulawesi Selatan : Pulau Khayangan, makasar – Sulawesi Selatan

Di area yang lain, flying fox, outbond zone dan playground bisa dimanfaatkan untuk menghibur putra-putri tercinta. Balai-balai bermaterikan kayu juga bisa di manfaatkan bagi yang ingin menikmati suasana pantai dan perairan Spermonde secara lebih dekat. Karaoke room, Coffee Shop dan Restaurant juga bisa ditemukan di pulau khayangan, siap menjamu para wisatawan untuk menghabiskan waktu di sela-sela aktivitas outdoor nya.

Setelah matahari tenggelam di bumi Sulawesi, panorama indah pantai Losari di malam hari yang berlatar belakang kerlap-kerlip lampu perkotaan menjadi sajian pencuci mata yang menyegarkan.

Selain berwisata pulau, anda juga dapat menikmati wisata kuliner yang disajikan. Segeralah menuju restoran yang ada di atas laut. Terlihat seperti dermaga, restoran ini menyuguhkan pemandangan yang sangat cantik. Kota Makassar sangat indah pada malam hari lengkap dengan kelap-kelip lampu dermaga.

Sementara warung-warung makanan dan café yang ada bisa dikunjungi bila ingin mengisi perut selama masa tinggal di pulau yang bentuknya bulat ini. Harga makanan nya yang berkisar antara 15.000 hingga 150.000 menjadi variasi yang bisa dipilih untuk dijadikan santapan nikmat.

Tak perlu risau untuk tetap terhubung dengan keluarga atau rekan kerja melalui jaringan internet, karena pulau khayangan memiliki akses internet yang cukup baik dengan tersedianya fasilitas WiFi di beberapa tempat. Di pulau yang hanya berjarak sekitar 1 km dari kota ‘anging mammiri’ ini, minimarket juga tersedia untuk melengkapi kebutuhan sehari-hari.

Ketenangan dan kenyamanan para wisatawan juga cukup terjamin dengan adanya emergency boat yang siap mengantarkan siapa saja bila ingin bergegas kembali menuju Makassar. Aparat polisi yang ada di pulau ini juga menambah jaminan keamanan bagi para pengunjungnya.

Bagi anda yang kebetulan berkunjung ke Makassar, Pulau Khayangan sangat layak untuk dikunjungi. Keindahan pulau beserta kelengkapan fasilitas yang dimilikinya lebih dari cukup bagi anda yang ingin menjadikan waktu liburan nya terisi dengan pengalaman-pengalaman yang tak terlupakan.

 

Galeri foto dari cerita tentang Pulau Khayangan, makasar – Sulawesi Selatan

Ada 9 potret di dalam Pulau Khayangan, makasar – Sulawesi Selatan cerita. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 9 potret high-res.

Kecantikan Pulau Kayangan Makasar - Sulawesi Selatan : Pulau Khayangan, makasar – Sulawesi Selatanpemandangan Pulau Khayangan - Sulawesi Selatan : Pulau Khayangan, makasar – Sulawesi SelatanPulau Khayangan makasar - Sulawesi Selatan : Pulau Khayangan, makasar – Sulawesi SelatanPulau Khayangan - Sulawesi Selatan : Pulau Khayangan, makasar – Sulawesi Selatanrestoran di atas laut - Sulawesi Selatan : Pulau Khayangan, makasar – Sulawesi SelatanSuasana Senja di Pulau Khayangan - Sulawesi Selatan : Pulau Khayangan, makasar – Sulawesi Selatan
Diposting pada 7 September 2014 - Oleh tanzil - Kategori Sulawesi Selatan.
Tag: Lokasi Pulau Ayau, wisatawan, resto, Info Pulau Ayau, Akomodasi di Raja Ampat, diving, Keindahan Pulau Ayau .

Apa pendapatmu tentang Pulau Khayangan, makasar – Sulawesi Selatan

Tinggalkan Komentarmu soal Pulau Khayangan, makasar – Sulawesi Selatan Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Camplong Madura
Satu lagi Kawasan wisata yang indah di Madura, yaitu Pantai Camplong. Kawasan wisata ...

Pantai Dreamland Pecatu Bali &
Pantai Dreamland terdapat di kompleks Bali Pecatu Graha ( Kuta Golf Link Resort ...

Pantai Ponjuk Talango, Madura
Di Talango terdapat dua pantai yang bernama PONJUK, keduanya diberi nama sama yang ...

Pantai Dalegan Panceng Gersik
Pantai ini terletak di desa Delegan Kecamatan Panceng dari Gresik kota berjarak sekitar ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pulau Seumadu, Lhokseumawe – Aceh
Pantai Samas Bantul Yogyakarta
Pantai Koka, Sikka – NTT
Pantai Sanur Bali yang Mempesona
Pantai Penyusuk dan Pulau Lampu Bangka
Pantai Pangandaran Ciamis Jawa Barat
Taman Wisata Alam Pulau Dua, Sorong R
Pantai Kondang Iwak, Malang – Jawa Tim

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.