Pantai Baloiya, Kota Banteng – Sulawesi Selatan

Rating: 87 out of 100, by 119 users
Keindahan Bawah Laut Pantai Baloiya - Sulawesi Selatan : Pantai Baloiya, Kota Banteng – Sulawesi Selatan

Berdekatan dengan ibukota kabupaten nya, kota Bantaeng, pasir putih terhampar sepanjang 300 meter di pesisirnya. Jalan halus sepanjang kurang lebih 10 km membawa segala jenis kendaraan bermotor mengunjunginya. Pantai nya melengkung berbentuk teluk.

Pantai Baloiya namanya. Lautan birunya merupakan pusat perhatian bagi pengunjung dan wisatawan. Riaknya yang berkilauan tertimpa sinar sang surya menjadikan pemandangan tersebut menjadi lebih sempurna.

Selimut hijau pepohonan milik Pulau Pasi yang berada di seberangnya menjadi sebuah panorama ekstra. Nuansa yang sama bisa juga di dapat dari pulau-pulau tak berpenghuni yang ada di sekitarnya.

Selain panoramanya yang indah, gugusan kepulauan Selayar memang terkenal memiliki ekosistem perairan yang terjaga kelestariannya. Kabupaten yang letak wilayah nya terpisah dari daratan Sulawesi ini berisikan pulau-pulau yang memiliki variasi luas. Tak heran bila hampir 95% lautan memenuhi seluruh wilayah kabupaten Selayar.

Membelakangi pantai yang landai ini, deretan nyiur kelapa dan rimbunnya dedaunan diatas bebatuan berdiri menyatu dengan putihnya pasir. Panorama matahari timbul dan tenggelam tersaji indah bila dinikmati di Baloiya, surga kecil di bagian barat pulau Selayar.

Transportasi

Ada beberapa cara yang bisa dipakai untuk mengunjungi Pantai Baloiya, salah satu nya adalah menggunakan bis yang berangkat dari terminal Malengkeri di kota Makassar dengan kisaran tariff 50 rb-100 rb* bergantung kepada fasilitas bis yang di dapatkan.

Cara lainnya adalah menyebrang lewat laut via Bira dengan tujuan pelabuhan Pametata di Selayar. Dari Pametata, bis dengan tariff 10 rb – 20 rb* bisa di naiki untuk menuju ke Banteng.

Akomodasi

Bila bermaksud menikmati keindahan Kabupaten Kepulauan Selayar secara lengkap, beragam pilihan penginapan di kota Banteng bisa dijadikan tempat bermalam.

Beberapa diantaranya adalah Hotel Selayar Beach, Hotel Mustika, Pondok Bonerate, Wisma Tanadoang, atau juga Matalalang Cottage. Untuk memiliki budget berlebih, Selayar Island Resort bisa dijadikan pilihan.

Kegiatan

Di jajaran bebatuan pantai Baloiya terdapat salah satu spesies tanaman yang cukup unik. Warga sekitar sering mengambil nya untuk dijadikan tanaman hias. Bentuk batang dan daun-daun yang keluar dari cabang-cabang nya menjadikan tanaman ini cocok dijadikan tanaman Bonsai.

Pohon Santigi namanya. Peminat tanaman Bonsai dari luar Selayar, bahkan Makassar banyak yang menggemari dan memburunya. Harganya akan menjadi semakin mahal bila semakin unik bentuk nya.

Yang menarik, masyarakat yang mengambilnya akan mempertahankan batuan cadas pantai tempat akar tanaman ini tumbuh dan tertanam.

Memahat batu cadasnya pun menjadi satu-satu nya cara, untuk kemudian diletakkan ke dalam sebuah pot hias. Selain di tebing-tebing pantai Baloiya – Phempis Acidula, demikian nama latin tanaman ini – juga bisa di temui di pantai-pantai lain nya seperti Kalotawa, Bonerate, Jampea, dan Karumpa.

Bila ingin mengkoleksi Bonsai Santigi tanpa perlu memahat bebatuan cadas, sanggar bonsai ‘Anpirlah’ bisa dikunjungi dan dimiliki dengan harga yang bervariasi. Letaknya berada di Jl. Syafaruddin-kota Bantaeng.

Wisata

Keindahan Bawah Laut Pantai Baloiya - Sulawesi Selatan : Pantai Baloiya, Kota Banteng – Sulawesi Selatan
jernihnya perairan di Pantai Baloiya - Sulawesi Selatan : Pantai Baloiya, Kota Banteng – Sulawesi Selatan

Di kedalaman lautnya, terumbu karang dan ikan beraneka warna telah menunggu penyuka olah raga selam untuk di pandang. Keaneka ragaman hayati yang ada di bawah permukaan nya menjadi salah satu titik penyelaman yang paling digemari oleh pendatang.

‘Taka Bonerate’ yang merupakan titik penyelaman yang sudah terkenal di manca negara berada tak begitu jauh dari pantai Baloiya. Sebuah kapal kayu atau speedboat sering dijadikan sarana untuk mencapainya. Jangan heran bila paus atau lumba-lumba terlihat di sisi perahu atau kejauhan. Biota air ini memang memanfaatkan perairan di sekitar Pantai Baloiya sebagi rumah tinggalnya yang nyaman.

Habitat ikan laut banyak terdapat di sekitar perairan Selayar, karenanya memancing di atas kapal di tengah laut adalah juga aktivitas yang kerap di lakukan wisatawan dan pendatang. Bagi yang tak ingin meninggalkan daratan, snorkeling bisa dijadikan kegiatan. Kejernihan laut di pantai Baloiya membuat pemandangan di kedalaman air menjadi jelas dan elok untuk disaksikan.

Pantai Baloiya menjadi surga wisata yang sempurna bila angin timur tengah bertiup di kepulauan Selayar. Selain itu pengunjung yang datang kesana sebaiknya memperhatikan arus pasang dan surut air lautnya.

Di sekitar pantai Baloiya juga terdapat destinasi menarik lainnya. Di desa Patikarya, sebuah desa yang tak jauh letaknya dari Baloiya terdapat gua natural bentukan alam yang merupakan salah satu cabang dari gua-gua lain yang ada di sekitarnya.

Di dalamnya terdapat mata air yang sering didatangi warga setempat. Mereka pun menggunakan air bersih yang dikeluarkan mata air ini untuk digunakan sehari-hari. Mulut gua ini berukuran empat meter dan salah satu cabangnya bermuara di pantai Baloiya.

Resort ini menyediakan pelatihan selam bila pengunjung berminat mempelajarinya. Demikian juga paket-paket wisata lain seperti memancing dan diving di peraiaran selayar, termasuk juga mengantar pengunjungnya ke Taka Bonerate, surga bawah laut di Kabupaten Kepulauan Selayar.

Di Bantaeng, jasa sewa mobil juga banyak ditawarkan bagi anda yang mengunjungi Selayar tanpa membawa kendaraan. Bila ingin plesiran ke bagian barat dimana Baloiya berada, harga buka sebesar 250 rb* adalah tarif wajar yang sering di tawarkan. Sedangkan untuk berwisata ke pantai timur yang jaraknya lebih jauh dari Banteng, 450 rb* adalah harga wajar yang sering diminta.

Sementara pasir putih lembut selembut salju yang terhampar luas di sepanjang pesisir pantai Baloiya memungkinkan pengunjung untuk berjemur dan tinggal berlama-lama menikmati terik panas matahari pagi.

Pengunjung yang gemar memancing pun dapat menyalurkan hobinya dengan menggunakan perahu sewaan untuk menyusuri pantai Baloiya yang mencapai panjang tiga ratus meter.

Khusus bagi mereka yang akan melakukan aktivitas snorkeling atau pun diving dapat menggunakan fasilitas yang disiapkan oleh pihak pengelolah “Selayar Island Resort”, tak terkecuali, fasilitas penginapan dan restoran.

Saking jernihnya air di sekitar pesisir pantai ini, ikan-ikan yang terkadang lewat pun tampak jelas berenang di dasar air. Pemandangan bawah laut ini menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka yang suka menyelam dan berpetualang di bawah laut.

Baloiya sendiri hingga kini menjadi pilihan rekreasi warga Selayar dan sejumlah warga dari Bulukumba, serta Sinjai. Tapi memang, yang lebih banyak datang adalah warga Selayar sendiri, khususnya dari Benteng. Mereka ada yang berenang atau menyelam. hingga kini, Baloiya belum bisa dimaksimalkan menjadi aset pariwisata oleh pemerintah. Masih ada beberapa bagian pantai yang tak terurus dengan baik. Padahal di sini sangat indah. Kita bisa menyelam di air yang dangkal sambil melihat-lihat ikan.

 

Galeri foto dari informasi tentang Pantai Baloiya, Kota Banteng – Sulawesi Selatan

Ada 7 foto di dalam Pantai Baloiya, Kota Banteng – Sulawesi Selatan informasi. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 7 foto high-res.

jernihnya perairan di Pantai Baloiya - Sulawesi Selatan : Pantai Baloiya, Kota Banteng – Sulawesi Selatankesenangan saat berenang di Pantai Baloiya - Sulawesi Selatan : Pantai Baloiya, Kota Banteng – Sulawesi SelatanPanorama Pantai Baloiya - Sulawesi Selatan : Pantai Baloiya, Kota Banteng – Sulawesi SelatanSuasana senja di Pantai Baloiya - Sulawesi Selatan : Pantai Baloiya, Kota Banteng – Sulawesi Selatanterumbu Karang yang Indah di pantai Baloiya - Sulawesi Selatan : Pantai Baloiya, Kota Banteng – Sulawesi SelatanKeindahan Bawah Laut Pantai Baloiya - Sulawesi Selatan : Pantai Baloiya, Kota Banteng – Sulawesi Selatan
Diposting pada 4 July 2014 - Oleh tanzil - Kategori Sulawesi Selatan.
Tag: batu cadas, kepulauan, Pantai Pulau Sulawesi Selatan, transportasi, wisma, santigi, Info Pantai Baloiya .

Apa pendapatmu tentang Pantai Baloiya, Kota Banteng – Sulawesi Selatan

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Baloiya, Kota Banteng – Sulawesi Selatan Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Ngetun, Gunungkidul –
Satu lagi pantai cantik di Gunungkidul, Pantai Ngetun. Pantai ini punya pasir putih ...

Pantai Carocok Painan nan Ranc
Sumatera Barat, satu provinsi di pesisir pantai Barat Sumatera memang identik dengan sejumlah ...

Pantai Parai Tenggiri Pantai E
Pantai Parai Tenggiri yang letaknya di daerah Sungai Liat menjadi tujuan pertama para ...

Pantai Lamaru Balikpapan ̵
Pantai Lamaru Balikpapan bisa dijangkau hanya dalam tiga puluh menit dari pusat kota ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pulau Tinjil, Pandeglang – Banten
Pantai Sabang nan Eksotis di Ujung Pulau
Pantai Batu Nona, Kupang – NTT
Pantai Batu Lima, Tanah Laut, Kalimantan
Pantai Amai, Jayapura – Papua
Kepulauan Seribu, DKI Jakarta
Pantai Liang, Pantai Hunimua Maluku
Pantai Lakban, Manado – Sulawesi U

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.