pantai Tanjung Karang, Palu – Sulawesi Tengah

Rating: 85 out of 100, by 132 users
Panorama Pantai Tanjung Karang - Sulawesi Tengah : pantai Tanjung Karang, Palu – Sulawesi Tengah

Bagi kota Palu yang letaknya di pinggiran sebuah teluk, wisata pantai telah menjadi kegiatan warga nya hampir di setiap kali waktu libur tiba. Banyaknya hamparan pantai di lokasi yang berbeda mulai dari pusat kota nya hingga ke kabupaten Donggala juga menjadi incaran bagi pelancong dan wisatawan yang menggemari beragam aktivitas dengan atmosphere laut sebagai latar belakang nya. Salah satu pantai favorit yang sering di kunjungi adalah Tanjung Karang.

Lokasi dan transportasi

Pantai yang memiliki pesona yang indah ini berada di jarak hampir 40 Km dari pusat kota Palu. Bila memulai perjalanan dari Jakarta, ibukota provinsi Sulawesi Tengah ini bisa di capai lewat penerbangan udara dengan kota Makassar sebagai persinggahan.

Pesisir Pantai Tanjung Karang - Sulawesi Tengah : pantai Tanjung Karang, Palu – Sulawesi Tengah
Panorama Pantai Tanjung Karang - Sulawesi Tengah : pantai Tanjung Karang, Palu – Sulawesi Tengah

Dari bandara Hassanudin-Makassar, bandara Mutiara di kota Palu akan menyambut kedatangan penumpang pesawat setelah menempuh perjalanan selama kurang lebih 1 jam. Dari Palu, Pantai Tanjung Karang tinggal selangkah lagi. Pantai ini bisa di capai dengan perjalanan darat dengan kendaraan bermotor ke arah timur laut kota Palu dengan waktu tempuh kurang dari 1 jam.

Banyak angkutan umum yang bisa di gunakan sebagai moda transportasi untuk mendatangi Tanjung Karang. Namun bila hendak berkeliling kota Palu atau Donggala dan ingin berlama-lama menikmati keduanya, kendaraan carter / sewaan mungkin bisa di pertimbangkan. Di kota Palu, kendaraan ini biasanya di tawarkan dengan harga sewa sebesar 250 ribu hingga 500 ribu rupiah.

Tidak ada salahnya untuk selalu mempersiapkan kamera selama di perjalanan karena di tepi kanan dan kiri jalan yang berkelok dan menanjak banyak sekali panorama alam dan aktivitas warga yang bisa di abadikan. Panorama kecantikan teluk Palu di sisi kanan jalan juga bisa menjadi obyek jepret yang menarik.

Fasilitas

Fasilitas pendukung di Pantai Tanjung Karang ini sudah cukup lengkap. Oleh karena itu anda tidak perlu khawatir. Apabila anda tidak membawa perlengkapan untuk menyelam, anda bisa menyewa di tempat yang telah disediakan. Dan apabila anda lelah setelah snorkeling atau diving seharian, anda bisa menyewa cottage-cottage penduduk.

Karena di pantai ini banyak disewakan cottage milik warga yang bisa disewa dengan harga sekitar Rp. 150.000 atau anda juga bisa menyewa tempat untuk berteduh dan duduk dengan harga sewa sekitar Rp. 40.000 akomodasi ke lokasi ini sangat mudah.  Karena banyak  maskapai penerbangan yang ke kota Palu. Kemudian dari Kota Palu, anda hanya akan menempuh perjalanan darat sekitar 45 menit menuju Pantai Tanjung Karang.

Wisata

Tanjung Karang sebenarnya berada di wilayah kabupaten Donggala, atau persis nya berada 3 Km dari perbatasan kabupaten. Perjalanan menuju ke Tanjung Karang juga akan melewati pusat kota Donggala.

Deretan perahu-perahu kayu yang berlabuh atau bersandar di pelabuhan Donggala akan menyambut kedatangan wisatawan yang akan mengunjungi pantai Tanjung Karang. Sebagai sebuah bekas ibukota provinsi sudut-sudut kota bersejarah ini juga layak untuk di hampiri.

Bentangan pasir yang putih adalah obyek paling mencolok yang akan terlihat di pantai Tanjung Karang. Tekstur pasir nya yang lembut begitu indah tertimpa kemilau sang surya. Kejernihan air nya juga sungguh mengagumkan.

Semakin menjauh dari bibir pantai hamparan nya berubah warna menjadi biru kehijauan. Di seberang nya, barisan pegunungan berdiri gagah seakan mempertontonkan dirinya untuk memanjakan mata wisatawan.

Iringan awan putih yang berbaris menjadi pernik yang unik di puncak-puncak nya. Perahu-perahu kayu milik para nelayan yang mencari ikan di perairan Tanjung Karang turut mempertebal nuansa pesisir yang ada.

Wilayah kedalaman perairan Tanjung Karang, Donggala sebenarnya sudah tak begitu asing bagi para penggemar kegiatan bawah air. ‘Gili Raja’ adalah nama kapal yang kini beristirahat di kedalaman perairan Tanjung Karang.

Lokasinya berada di sebelah selatan pesisir pantai nya. Bunga-bunga karang yang tumbuh di bagian-bagian kapal yang memiliki panjang 80 meter ini menjadi obyek pemandangan yang cantik bagi para penyelam. Belum lagi biota laut yang menjadikan bangkai kapal ini tempat tinggal mereka. Keaneka ragaman dan keunikan bentuk tubuh makhluk-makhluk laut ini memberikan panorama tersendiri.

Bila Gili Raja berada di kedalaman 40 meter, maka ‘wreck’ kapal bernama ‘Mutiara’ berada di kedalaman yang lebih rendah, sekitar 20 meter. Meski tak terlalu dalam, pemandangan indah masih tetap bisa di saksikan di bangkai kapal yang tergolek di jarak 2 Km dari bibir pantai ini. Ikan-ikan Barracuda, Bumphead Parrotfish, dan Giant Trevally menjadi penghuni tetap bagi Mutiara.

Selain bangkai kapal, perairan Tanjung Karang juga memiliki 17 gugusan bunga karang sebagai pelengkap keindahan bawah lautnya. Beberapa diantara nya adalah Irmis block, Natural Reef, Alex Point, Green Wall, Rocky Point, Anchor Reef, House Reef dan lain-lain. Spot-spot penyelaman tersebut terletak menyebar di radius 20 Km-an dan 14 diantara nya berada tak jauh dari garis pantai.

Selain dengan menyelam, keindahan bawah laut di Pantai Tanjung karang juga bisa dinikmati lewat perahu berkaca. Perahu-perahu kayu ini bisa di sewa dengan harga 100 ribu per perahu / jam. Untuk satu perahu kaca bisa di naiki oleh 10 orang penumpang.

Tak cuma itu, hanya dengan melangkahkan kaki sejauh 5 meter dari garis pantai, wisatawan bisa menggunakan snorkel untuk menikmati biota dan terumbu karang yang menjadi bagian dari spot penyelaman House Reef.

Warna-warni ikan kerapu dan badut bisa di saksikan di sini. Kejernihan air akan memperjelas kecantikan bawah air yang bisa dinikmati dengan tenang dalam waktu yang cukup lama. Selain itu kesegaran air pantai nya benar-benar mengundang para pendatang dan pelancong untuk berenang atau sekedar berendam di dalamnya.

Bila tidak membawa peralatan snookeling, kamu dapat menyewanya dengan tarif Rp 10.000. kamu bisa menikmati terumbu karang yang hanya berjarak sekitar satu kilo meter dari bibir pantai.

Di sini juga menyediakan scuba diving atau perahu yang dirancang khusus untuk melihat keindahan terumbu karang dengan tarif Rp. 50.000 per rombongan. Dengan rute perahu meliputi Anchor Reef, Natural Reef, Green Wall, Irmis Block, Alex Point dan Rocky Point yang berjarak 500 meter.

Terdapat pula gugusan terumbu karang yang terbentuk dari reruntuhan kerangka kapal perang di kedalaman 40 meter yang terletak sekitar 2 kilometer arah selatan Tanjung Karang ke arah Pelabuhan Donggala.

Pasir putih yang lembut berkilau langsung memantulkan cahaya matahari begitu pertama kalinya menginjakkan kaki di pantai Tanjung Karang, Donggala, Sulawesi Tengah. Air laut nan biru membentang berhiaskan awan putih. Nampak sesekali ombak kecil memecahkan bibir pantai, ditingkahi ayunan perahu nelayan serasa berirama. Siapa sangka, kota kecil yang hanya berpenduduk sekitar 300.000 jiwa ini memiliki obyek wisata bahari yang cukup menarik untuk dikunjungi.

Bagi yang gemar memancing, perahu-perahu juga bisa di sewa untuk membawa pengunjung ke wilayah berkarang dengan kedalaman air yang cukup. Kerapu,Yellow Fin Tuna, Baronang dan Kakap adalah jenis-jenis ikan di perairan tanjung Karang yang kerap menyantap umpan para pemancing. Dan bila beruntung, kawanan lumba-lumba akan menjadi pelengkap pengalaman memancing di pantai Tanjung Karang.

Seperti namanya pantai ini sarat dengan terumbu karang. Tanjung Karang berada di teluk Palu, yang masuk kedalam wilayah Kota Donggala. Pantai Tanjung Karang menjadi obyek wisata favorit bagi warga Palu.

 

 

Kumpulan Gambar dari artikel tentang pantai Tanjung Karang, Palu – Sulawesi Tengah

Ada 7 gambar di dalam pantai Tanjung Karang, Palu – Sulawesi Tengah artikel. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 7 gambar high-res.

Panorama Pantai Tanjung Karang - Sulawesi Tengah : pantai Tanjung Karang, Palu – Sulawesi TengahPantai Tanjung Karang - Sulawesi Tengah : pantai Tanjung Karang, Palu – Sulawesi TengahPesisir Pantai Tanjung Karang - Sulawesi Tengah : pantai Tanjung Karang, Palu – Sulawesi TengahFasilitas di Pantai Tanjung Karang - Sulawesi Tengah : pantai Tanjung Karang, Palu – Sulawesi TengahGugusan Karang di Pantai Tanjung Karang - Sulawesi Tengah : pantai Tanjung Karang, Palu – Sulawesi TengahKeindahan Pantai Tanjung Karang - Sulawesi Tengah : pantai Tanjung Karang, Palu – Sulawesi Tengah

Apa pendapatmu tentang pantai Tanjung Karang, Palu – Sulawesi Tengah

Tinggalkan Komentarmu soal pantai Tanjung Karang, Palu – Sulawesi Tengah Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai APRA, Cianjur – Jawa
Namanya pantai APRA. Pantai ini terletak dekat dengan muara sungai Cisadea dan biasanya ...

Pantai Batu Bedaun di Kepulaua
Pantai Batu Bedaun Terletak di kampung Bukit Kuala, Kelurahan Sinar Jaya, Kecamatan Sungailiat ...

Pantai Dato Majene Sulawesi Ba
Pantai Dato Majene merupakan pantai tropis unik dan salah satu pantai andalan terletak ...

Surga Dunia di Karimun Jawa
Mendengar kata pantai dan laut, pasti  yang terlintas di pikiran anda adalah Bali, ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Pulau Peucang Ujung Kulon
Pantai Suluban, Eksotisme di Balik Batu
Pulau Gam, Raja Ampat – Papua
Pantai Ngurtafur, Kepulauan Kei –
Pantai Randusanga Indah, Brebes – Jawa
Pantai Namalatu, Pantai Santai, Pantai P
Pantai Air Manis Padang Sumatera Barat
Pulau Um, Sorong – Papua

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.