Pantai Lalos, Tolitoli – Sulawesi Tengah

Rating: 89 out of 100, by 110 users
wisatawan di pantai lalos - Sulawesi Tengah : Pantai Lalos, Tolitoli – Sulawesi Tengah

Secara umum, Tolitoli adalah kabupaten di bibir perairan Laut Sulawesi. Adapun ibu kota Tolitoli dan beberapa kecamatan di sekitarnya berada di sepanjang pesisir Teluk Dondo. Seperti lembah, kota ini dikelilingi gugusan pegunungan dengan Teluk Dondo di tengah-tengah dan berbatasan dengan Laut Sulawesi di mulut teluk.

Tak heran, pantai menjadi pemandangan di sepanjang jalan di Tolitoli. Adapun hamparan pegunungan menghijau dipenuhi tanaman cengkeh. Tak kurang 12.000 hektar areal tanaman cengkeh yang menghampar di gugusan pegunungan, yang oleh masyarakat setempat disebut lembah cengkeh.

Pantai Lalos terletak di desa Lalos Kecamatan Galang, Kabupaten Tolitoli. Dari pusat kota Tolitoli, Belum ada angkutan umum yang melayani perjalanan tetap ke lokasi ini. Jika mencarter angkot untuk pergi dan pulang dari Kota Tolitoli dengan kisarah harga sewa Rp 50.000 sampai Rp.100.000,- pulang pergi.

Namun demikian, prasarana jalan raya cukup memadai dari pusat kota hingga sampai di lokasi wisata. Sehingga, Bila punya kendaraan pribadi akan sangat menyenangkan berlibur ke pantai ini.

Jarak tempuh pantai ini tidak terlalu jauh hanya sekitar 15 menit dari Bandara Sultan Bantilan Lalos. Begitupun jika ditempuh dari Kota ToliToli ada sekitar 12 KM arah Utara. Pantai ini cukup indah sebagai salah satu obyek wisata, karena memiliki pantai dengan pasir putih, apalagi jika jelang senja kita dapat menikmati pemandangan Sun-Set yang tak kalah menarik yang ada di pantai Kute di Provinsi Bali.

Hingga saat ini, Pantai Lalos adalah objek wisata yang menjadi tempat kunjungan favorit masyarakat Tolitoli. Pantainya indah dengan laut yang memiliki gradasi warna hijau muda dan biru tua.

Pasir pantai berwarna kuning dan orange. Ombak cukup tenang. Dari laut, pantai memiliki latar pemandangan pegunungan dan perkebunan kelapa masyarakat lokal.

Beberapa pohon seperti beringin dan ketapang dibiarkan tumbuh di pinggir pantai sebagai peneduh. Selain itu, karena pantainya menghadap ke arah barat, matahari pagi tidak akan terlalu menyilaukan pandangan mata.

wisatawan di pantai lalos - Sulawesi Tengah : Pantai Lalos, Tolitoli – Sulawesi Tengah
suasana senja hari di pantai lalos - Sulawesi Tengah : Pantai Lalos, Tolitoli – Sulawesi Tengah

Sebagian masyarakat lokal turut serta mengelola pantai Lalos dengan menyiapkan tempat berganti pakaian sekaligus mandi air tawar. Beberapa warga turut serta menjual makanan, menyewakan pelampung (ban dalam mobil)

Untuk alternatif tempat beristirahat, disediakan semacam balai-balai sederhana yang bisa disewa kisaran harga Rp 15.000.

Adapun kegiatan yang dapat di lakukan di pantai lalos selain sekedar jalan-jalan pengunjung juga dapat memanfaatkan kondisi alam sekitar objek, seperti malakukan aktifitas olahraga air, diantaranya memancing berenang dll.

Disore harinya banyak juga pengunjung yang datang ke pantai lalos , selain untuk berenang ada juga yang hanya datang manikmati indahnya suasana pantai sambil menanti matahari tenggelam yang di kenal dengan sebutan (sunset), menikmati indahnya sunset di pantai lalos sama halnya juga menikmati indahnya sunset di kuta BALI. Dilokasi ini juga manjadi salah satu objek pengambilan gambar oleh para photografer lokal di Kabupaten Tolitoli.

Meskipun pantai Lalos ToliToli saat ini baru terdapat beberapa tempat rekreasi. Sebelumnya tempat ini merupakan tempat rekreasi keluarga, namun karena banyak warga yang setiap hari libur Sabtu dan Minggu mendatangi pantai ini untuk sebagai tempat rekrasi. Melihat keadaan ini, maka dijadikan sebagai tempat rekreasi bagi warga yang ingin menggunakan namun dikenakan biaya. Pada hari hari besar atau liburan, Pantai Lalos diserbu warga kota ToliToli. Meskipun dengan fasilitas sangat minim seperti Banana Boat, gasebo dan paviliun.

Kota ToliToli sangat minim tempat hiburan, dan juga tempat wisata pantai. Kalau toh ada, masih belum dikelola dengan baik terutama hiburan tempat rekreasi, di Pantai Lalos masih apa adanya. Karena itu sebagai salah satu pengelola tempat rekrasi dan hiburan bagi masyarakat yang ingin menikmati fasilitas rekreasi dan hiburan, disiapkanlah fasilitas rekreasi pantai seperti; Banana Boat, Gasebo, dan Paviliun dilengkapi dengan musik dengan harga dapat dijangkau masyarakat. juga telah menyiapkan berbagai fasilitas bagi pencinta diving, karena disekitar pantai Lalos memiliki taman laut dengan trumbu karang dan aneka jenis ikan yang indah sama indahnya dengan trumbu karang serta jenis ikan yang ada di Taman Laut Bunaken Manado Sulawesi Utara. Keindahan pantai di Tolitoli memang belum setenar Pantai Kuta di Bali atau Pantai Bira di Bulukumba, Sulawesi Selatan. Namun, keindahan ini memikat hati wisatawan mancanegara. Tahun 2007 saja setidaknya tiga kali pantai-pantai di Tolitoli dikunjungi rombongan wisatawan dari Belanda, Filipina, dan beberapa negara lain.

Rombongan ini masuk ke Tolitoli menggunakan kapal pesiar. Rombongan wisatawan ini melakukan perjalanan laut mulai dari Manado, Gorontalo, Tolitoli, Palu, dan ke Majene, Sulawesi Barat. Mereka mengagumi keindahan pantai ini, apalagi dengan matahari terbenamnya.

Selebihnya, pengunjung pantai di Tolitoli adalah wisatawan lokal warga setempat dan warga dari kabupaten tetangga. Dari Palu, perjalanan menuju Tolitoli bisa ditempuh dengan dua cara, melalui darat dan udara. Melalui udara, perjalanan menggunakan pesawat perintis dengan waktu tempuh 45 menit dengan jadwal penerbangan dua kali sepekan.

Adapun perjalanan darat, terutama melalui pantai timur, kendati cukup jauh sekitar 12 jam mengendarai mobil sebenarnya mengasyikkan. Palu-Tolitoli akan melalui Kabupaten Parigi Moutong. Ini artinya akan melewati pesisir Teluk Tomini.

Perjalanan juga akan menempuh pendakian dan penurunan di Pegunungan Tinombala. Kendati ada bagian jalan di Tinombala yang rusak, hal itu tidak mengurangi dan mengganggu keindahan sepanjang jalan. Kabut di antara pepohonan, udara segar, dan pemandangan lembah yang luas nan hijau, perkebunan cengkeh, adalah keindahan yang bisa dinikmati dalam perjalanan menembus Gunung Tinombala.

Di pantai lalos ini kita benar-benar bisa menikmati panorama yang indah termasuk jelang senja menikmati indahnya Sun-Set sama ketika seperti menikmati indahnya Sun-Set di Pantai Kute Provinsi Bali. Hanya saja ada yang berbeda, kalau di Pantai Kute Provinsi Bali terlihat berjejer sejumlah hotel berbintang dengan fasilitas yang memadai dapat dinikmati para wisatawan dari manca negara, namun pantai Lalos ToliToli Sulawesi Tengah benar-benar obyek wisata yang alami, yang nampak terlihat ada jalan beraspal ada juga ada jalan tanah. Namun demikian pantai Lalos memiliki ciri khas pantai yang alami sebagai obyek wisata yang akan dinikmati oleh wisatawan baik lokal maupun wisatawan manca negara .

Kumpulan Gambar dari konten tentang Pantai Lalos, Tolitoli – Sulawesi Tengah

Ada 5 gambar di dalam Pantai Lalos, Tolitoli – Sulawesi Tengah konten. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 5 gambar high-res.

suasana senja hari di pantai lalos - Sulawesi Tengah : Pantai Lalos, Tolitoli – Sulawesi Tengahwisatawan di pantai lalos - Sulawesi Tengah : Pantai Lalos, Tolitoli – Sulawesi Tengahhamparan pasir pantai lalos - Sulawesi Tengah : Pantai Lalos, Tolitoli – Sulawesi Tengahkeindahan panorama pantai lalos - Sulawesi Tengah : Pantai Lalos, Tolitoli – Sulawesi Tengahpantai lalos - Sulawesi Tengah : Pantai Lalos, Tolitoli – Sulawesi Tengah
Diposting pada 30 May 2014 - Oleh tanzil - Kategori Sulawesi Tengah.
Tag: lampung, kawasan Lalos, sulawesi selatan, pantai kuta, pemandangan, Lokasi Pantai Lalos, diving .

Apa pendapatmu tentang Pantai Lalos, Tolitoli – Sulawesi Tengah

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Lalos, Tolitoli – Sulawesi Tengah Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Pelang Paduan Pesona Ke
Salah satu objek wisata pantai yang menarik di Jawa Timur adalah Pantai Pelang ...

Pantai Samas Bantul Yogyakarta
Pantai Samas adalah pantai yang terletak di Desa Srigading, Sanden, Bantul atau sekitar ...

Pantai Wane, Sumbawa – N
Pantai Wane – Pantai yang indah dan alami merupakan salah satu suguhan favorit ...

Pantai Cermin Serdang Sumatera
Pantai Cermin adalah salah satu kecamatan yang berada di wilayah Kabupaten Serdang Bedagai ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Ai Loang, Sumbawa – NTB
Pantai Tanjung Tinggi, Tanjung Pandan &#
Pulau Buabua, Halmahera Barat – Ma
Pengertian Pantai
Pantai Lawata, Bima – NTB
Pantai Losari di Makassar
Pantai Krakal Gunung Kidung – Kein
Pantai Anoi Hitam, Sabang – Aceh

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.