Pantai Tanjung Taipa, Kendari – Sulawesi Tenggara

Rating: 85 out of 100, by 132 users
Pantai Tanjung Taipa - Sulawesi Tenggara : Pantai Tanjung Taipa, Kendari – Sulawesi Tenggara

Manisnya beraneka jenis mangga bakal anda nikmati bila berkunjung ke pantai ini persis di musim berbuah nya. Golek, Arum Manis, Hiku dan mangga Macan adalah ragam jenis mangga yang bisa di dapat kan di kawasan pantai ini. Karena itulah mengapa pantai ini di kenal dengan nama “ Taipa ” yang dalam bahasa setempat berarti ‘mangga’.

Pantai yang berada di provinsi Sulawesi Tenggara ini bisa dicapai paling lama 2 jam ke arah timur dari ibukota nya, Kendari. Perjalanan ke Kendari sendiri bisa di tempuh selama kurang lebih 1 jam penerbangan dari kota Makassar.

Lokasi

Pantai Taipa terletak di Kecamatan Lembo Kabupaten Konawe Utara, bagian Timur Provinsi Sulawesi Tenggara dengan jarak tempuh transportasi ±65 kilometer sebelah Utara Kota Kendari. Posisi koordinat Pantai Taipa berada pada 03°43’44.98 LS dan 122°23’31.72 BT. Adapun batas-batas wilayah Desa Taipa sebagai berikut:

Sebelah Utara             : berbatasan dengan Laut Banda

Sebelah Timur            : berbatasan dengan Laut Banda

Sebelah Selatan          : berbatasan dengan Kecamatan Sawa

Sebelah Barat             : berbatasan dengan Kecamatan Lasolo

Dari Bandara Wolter Monginsidi, Kendari bisa menggunakan kendaraan umum. Jika menggunakan taksi dengan argo tarifnya sekitar Rp. 30.000, menggunakan ojek tarifnya sekitar Rp. 25.000, dan jika menggunakan angkot tarifnya sekitar Rp. 15.000. Jika berencana bermalam di Pantai Tanjung Taipa ini, tersedia cottage dengan tarif sewa mulai dari Rp. 500.000 per malam. Ada pula saung atau pendopo yang disewakan dengan harga yang cukup terjangkau bagi wisatawan yang ingin meminimalisir biaya penginapan dengan tarif mulai dari Rp. 100.000 per malam.

Wisata

Ragam jenis buah mangga bukan satu-satu nya yang bisa di nikmati di pantai Taipa, pemandangan pantai nya yang menawan di sertai kesegaran udara nya bakal memikat hati siapa saja yang datang ke sini.

Di pantai Taipa bisa di saksikan ribuan kepiting yang menutupi sebagian pasir putih nya, bergerak cepat merangkak kea rah laut. Ombak yang menerjang pantai pun semakin menyeret sebagian kepiting-kepiting itu berarak menjauhi pantai, menghilang ke kedalaman lautan Banda. Sungguh memberikan pemandangan unik tersendiri.

Pantai yang mengingatkan kita akan pantai Balekambang di Malang- Jawa Timur ini juga memiliki deretan nyiur hijau yang berdiri bak tirai yang menutupi alur pantai nya. Keadaan geografis pantai nya yang landai akan memancing minat siapa saja untuk berenang di kejernihan laut bersama ikan-ikan bergaris putih-hitam yang bersahabat, tak mengenal takut untuk bersentuhan dengan anggota tubuh manusia. Atau pun sekedar berendam, membasahi diri merasakan kesegaran nya. Tak perlu khawatir bila ingin membilas badan dengan air tawar, sumur air tawar berada tak jauh dari bibir pantai.

Tempat peristirahatan atau sering di sebut gazebo juga tersedia di pantai ini. Sembari bercengkerama menikmati pesona pantai, obrolan ringan bisa sesekali di selingi dengan suapan ‘gogos’ hangat (nasi ketan berbungkus daun pisang yang di bakar) bersama kunyahan sate ‘pokea’ (sate kerang) di lidah anda. Di pantai ini juga di tawarkan ikan bakar beraneka ragam lengkap dengan sambal khas buatan lokal. Benar-benar memberikan tambahan bagi kelengkapan perjalanan kuliner anda.

Buat yang memiliki jiwa petualang, pantai Taipa menawarkan tantangan tersendiri. Pantai ini memiliki bukit yang mengharuskan siapa saja untuk mendaki serta memanjat tebing nya untuk melihat panorama pantai yang lengkap tak berbatas dari ketinggian. Di awali dengan menaiki anak tangga di bagian bawah bukit, batuan terjal dan sedikit tajam akan segera menghadang, menjadikan nya rintangan tersendiri bagi yang bernyali.

Pantai ini sesungguh nya masih berada di kawasan suaka alam Tanjung Taipa, tak heran bila burung Maleo – salah satu spesies burung yang langka – sering kali terlihat di sebelah timur kawasan pantai ini. Pengalaman menyaksikan burung Maleo yang bertelur dan mengubur telur-telur mereka ke dalam pasir sungguh merupakan cerita yang layak di tuturkan kepada teman, saudara ataupun kerabat, selain tentu nya kisah akan kecantikan panorama laut dan nuansa pantai nya.

Gazebo di Pantai tanjung Taipa - Sulawesi Tenggara : Pantai Tanjung Taipa, Kendari – Sulawesi Tenggara
Suasana Senja Di Pantai tanjung Taipa - Sulawesi Tenggara : Pantai Tanjung Taipa, Kendari – Sulawesi Tenggara

Tips berkunjung ke Pantai Tanjung Taipa:

• Bila berminat untuk mendaki bukit yang ada di pantai ini, sebaik nya membawa sepatu bersol gerigi dan sarung tangan untuk melindungi tangan anda dari tajam nya batu karang dan semak belukar.

 

Galeri dari artikel tentang Pantai Tanjung Taipa, Kendari – Sulawesi Tenggara

Ada 5 foto di dalam Pantai Tanjung Taipa, Kendari – Sulawesi Tenggara artikel. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 5 foto high-res.

Keindahan Pantai tanjung Taipa - Sulawesi Tenggara : Pantai Tanjung Taipa, Kendari – Sulawesi TenggaraPantai Tanjung Taipa - Sulawesi Tenggara : Pantai Tanjung Taipa, Kendari – Sulawesi TenggaraPesisir Pantai tanjung Taipa - Sulawesi Tenggara : Pantai Tanjung Taipa, Kendari – Sulawesi TenggaraSuasana Senja Di Pantai tanjung Taipa - Sulawesi Tenggara : Pantai Tanjung Taipa, Kendari – Sulawesi TenggaraGazebo di Pantai tanjung Taipa - Sulawesi Tenggara : Pantai Tanjung Taipa, Kendari – Sulawesi Tenggara

Apa pendapatmu tentang Pantai Tanjung Taipa, Kendari – Sulawesi Tenggara

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Tanjung Taipa, Kendari – Sulawesi Tenggara Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pulau Berhala, Sumatera Utara
Pulau Berhala – hamparan pasir putih yang hangat berhias batu-batu vulkanik dengan ukuran ...

Pantai Pandansimo Bantul Yogya
Pantai Pandansimo berada di Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan, kurang lebih 20 kilometer arah ...

Pulau Temajo, Singkawang – K
Pulau Temajo berada tidak jauh dari Sungai Durian arah ke kota Singkawang. Untuk ...

Pantai Karang Tawulan, Tasikma
Pantai Karang Tawulan merupakan pantai indah dengan hamparan aneka bentuk pulau-pulau karang mini ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Kasih, Sabang – Aceh
Pantai Gosong, Singkawang – Kalima
Pantai Lembah Putri, Kalipucang –
Pantai Trikora, Bintan – Batam
Pantai Dato Majene Sulawesi Barat
Pantai Rontu, Sumbawa – NTB
Pantai Sumur Tiga, Sabang – Aceh
Pantai Takisung, Banjarmasin – Kal

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.