Pantai Nambo, Kendari – Sulawesi Tenggara

Rating: 88 out of 100, by 113 users
Nambo Beach - Sulawesi Tenggara : Pantai Nambo, Kendari – Sulawesi Tenggara

Pantai Nambo terletak di Sulawesi Tenggara, berada 12 km di sebelah selatan Kota Kendari. Merupakan salah satu obyek wisata pantai favorit di Sulawesi Tenggara. Pada hari libur banyak dipadati para pengunjung yang berwisata di pantai ini. Melihat minat dari para pengunjung mengunjungi Pantai Nambo, maka dari itu Pemkot Kendari melakukan perbaikan di beberapa fasilitas seperti parkir, toilet, dan beberapa gazebo yang berfungsi untuk para pengunjung agar merasa nyaman. Untuk kedepannya, obyek wisata pantai Nambo dijadikan salah satu tempat wisata andalan di kota Kendari.

Lokasi

Lokasi Pantai Nambo terletak di Kelurahan Nambo, Kecamatan Abeli, Kabupaten Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara dan berjarak sekitar 12 kilometer dari pusat kota Kendari. Pantai ini memang belum banyak dikenal secara luas. Hanya masyarakat lokal saja yang sering berkunjung ke pantai ini. Namun justru hal tersebutlah yang membuat pantai ini cocok untuk disinggahi. Suasana yang tenang, udara yang sejuk, hamparan pasir putihnya yang lembut dan landai serta pemandangan yang indah semakin menambah daya tarik pantai ini.

Akses

Pantai Nambo adalah destinasi wisata paling favorit di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Pantai ini punya hamparan pasir putih yang membentang lebih dari 300 meter. Ombaknya tenang, airnya pun jernih.

Pantai ini hanya 15 km dari pusat Kota Kendari, sekitar 30 menit perjalanan. Menuju pantai ini adalah sebuah perjalanan yang mengasyikkan. Menyusuri Teluk Kendari, melihat hutan bakau, menikmati tambak, meresapi aktivitas bahari para warga.

Sebelum tiba di Pantai Nambo, Anda akan menembus perbukitan. Jalannya berkelok dengan tebing dan jurang di kiri-kanan. Namun, panoramanya cukup menyegarkan untuk menghempaskan penat yang dibawa dari kota. Pantai Nambo sangat pas untuk berbagi keceriaan bersama orang-orang tercinta.

Pengunjung bisa mencapai Obyek wisata di Sulawesi Tenggara ini dengan mudah menggunakan transportasi umum ataupun menggunakan kendaraan pribadi. Jika Anda dari Bandar Udara Walter Monginsidi, perjalanan membutuhkan waktu sekitar 20 menit. Jika Anda dari Pelabuhan Kendari, Anda bisa menggunakan perahu tradisional yang disebutketinting atau kole-kole.

Fasilitas dan Akomodasi

Fasilitas penunjang pun dibangun, cukup memanjakan pengunjung. Ada area parkir yang luas, dua unit kamar bilas, 31 unit gazebo, sebuah villa, serta warung makanan dan minuman yang berderet rapi di pinggir pantai. Anda tak percuma membayar tiket masuk Rp 2.000 untuk dewasa dan Rp 1.500 untuk anak-anak

Jika Anda ingin menginap di sekitar Pantai Nambo tersedia juga berbagai pilihan penginapan dari hotel melati sampai hotel berbintang. Beberapa hotel dekat Pantai namboyang direkomendasikan yaitu Plaza Inn dan Swiss Belhotel kendari.

Obyek Wisata

Hamparan pasir putih yang dimiliki Pantai Nambo merupakan panorama yang indah di tempat ini. Para pengunjung dapat menikmati dengan berbagai kegiatan, seperti bermain pasir, bermain air laut, berlari, voli pantai, dan lain sebagainya.

Pohon kelapa yang berjejer rapi menambah keindahan pantai ini. Anda bisa bersantai di bawah pohon kelapa sambil menikmati kelapa muda yang bisa Anda dapatkan di pedagang-pedagang di sekitar lokasi pantai. Jika Anda ingin menikmati pantai dengan pemandangan matahari tenggelamnya, datanglah pada sore hari. Selain bisa menikmati wisata alam Pantai Nambo, pengunjung dapat menyaksikan aktivitas para nelayan suku Bajo yang tinggal tidak jauh dari lokasi pantai. Mata pencaharian suku Bajo yaitu sebagai nelayan, mereka berlayar dan mencari ikan.

Untuk masuk ke pantai Nambo, tiket tanda masuk masing-masing untuk tiket orang kami menjual sebesar 2500/kepala. Sedangkan jika memiliki motor sebesar 10.000 dan Mobil sejumlah 20.000/unit, namun hal ini kadang pengunjung ada juga yang tidak dibebani pembayaran.

Ombaknya tenang, airnya jernih. Sangat cocok untuk mandi dan berenang di laut. Dari kejauhan, pengunjung bisa melihat pemukiman nelayan Suku Bajo. Kalau beruntung, Anda bisa lihat mereka mencari ikan di lautan tak jauh dari garis Pantai Nambo.

Keindahan alam ini makin sempurna sambil menikmati segarnya kelapa muda. Padanan yang pas dalam bingkai suasana pantai tropis. Deretan penjual di masing-masing lapaknya menyuguhkan kelapa muda yang segar. Tak hanya itu, keramahan penjualnya pun jadi bonus tersendiri dalam liburan Anda. Terlebih lagi, menjadi berkah bagi Pak Yasir dan puluhan warga lain yang berjualan di sana.

Transformasi dari Hutan Bakau

Pantai Nambo bukanlah pantai biasa, apalagi menyangkut asal-muasalnya. Tahukah Anda, pantai ini dulunya hutan bakau yang cukup lebat. Sekarang, kondisi Pantai Nambo sangat kontras dengan yang lama. Tak tersisa pohon bakau yang tumbuh kecuali di selatan, itu pun hanya dua atau tiga. Adalah seorang pengusaha lokal yang menemukan pasir putih di tengah hamparan hutan bakau. Baginya, itu adalah potensi bagus untuk dikembangkan sebagai tempat wisata.

Wisata Pantai Nambo Di Kendari - Sulawesi Tenggara : Pantai Nambo, Kendari – Sulawesi Tenggara
pantai nambo kendari - Sulawesi Tenggara : Pantai Nambo, Kendari – Sulawesi Tenggara

Pengusaha itu pun membeli lahan di sana, yang sebelumnya adalah milik warga. Ia kembangkan menjadi objek wisata. Pohon bakau pun dihilangkan karena tidak bernilai estetik ‘wisata pantai pasir putih’. Ia mengelola pantai itu secara swasta. Warga setempat, termasuk Pak Yasir, diajak meramaikan ‘pantai baru’ yang dikelolanya. Sejak itu muncullah identitas Pantai Nambo seperti yang ada sekarang.

Sekitar tahun 2000-an, pemerintah daerah mengambil alih Pantai Nambo. Jadilah pantai ini milik Pemda Kota Kendari. Pemerintah pun lebih gencar mengembangkan Pantai Nambo. Pohon bakau di tengah laut lantas dibersihkan, tak bersisa, agar tak ada halangan untuk memandang batas horison laut dengan birunya langit tempat itu. Benar saja, Pantai Nambo memang cocok untuk menyaksikan sunrise.

Pemerintah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), mengandalkan Pantai Nambo  ini sebagai obyek wisata unggulan di daerah tersebut sebab sangat mudah dijangkau, baik oleh wisatawan lokal maupun wisatawan luar daerah.

Menurut warga setempat, lokasi pantai ini dahulunya merupakan hutan bakau yang cukup lebat. Hingga salah seorang pengusaha lokal menemukan hamparan pasir putih di tengah lebatnya hutan bakau tersebut. Pengusaha tersebut lalu membeli sebagian lahan di sana, yang sebelumnya adalah milik warga, lalu dikembangkannya menjadi lokasi obyek wisata. Warga lokal pun diajak untuk meramaikan obyek wisata baru ini. Hingga akhirnya sekitah tahun 2000-an, pemerintah daerah mengambil alih pantai ini. Di tangan pemerintah daerah, obyek wisata ini semakin dikembangkan. Pohon bakau yang ada di tengah laut dibersihkan agar tidak terdapat halangan antara batas horizon laut dengan birunya pemandangan langit. Area parkir, gazebo maupun kamar mandi umum pun mulai dibangun oleh pemerintah setempat.

Kini di lokasi pantai ini sudah terdapat banyak pohon kelapa yang tumbuh seolah berbaris memenuhi bibir pantai. Selain menambah kecantikan pantai ini, pohon kelapa ini juga dapat dijadikan sebagai tempat berteduh saat terik matahari menerpa. Bila Anda merasa kehausan pun, jangan khawatir karena terdapat banyak penjual kelapa muda di sepanjang pantai ini. Di pagi maupun sore hari, lokasi pantai ini pun cukup indah untuk menikmati suasana sunrise maupun sunset yang dipadu dengan suasana tenang pantai ini.

Galeri foto dari berita tentang Pantai Nambo, Kendari – Sulawesi Tenggara

Ada 4 gambar di dalam Pantai Nambo, Kendari – Sulawesi Tenggara berita. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 4 gambar high-res.

Pantai Nambo - Sulawesi Tenggara : Pantai Nambo, Kendari – Sulawesi TenggaraWisata Pantai Nambo Di Kendari - Sulawesi Tenggara : Pantai Nambo, Kendari – Sulawesi TenggaraNambo Beach - Sulawesi Tenggara : Pantai Nambo, Kendari – Sulawesi Tenggarapantai nambo kendari - Sulawesi Tenggara : Pantai Nambo, Kendari – Sulawesi Tenggara
Diposting pada 23 June 2014 - Oleh tanzil - Kategori Sulawesi Tenggara.
Tag: penginapan, wisata bahari, nelayan, kelapa, garis pantai, Obyek wisata Nambo, Pulau Sulawesi Tenggara .

Apa pendapatmu tentang Pantai Nambo, Kendari – Sulawesi Tenggara

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Nambo, Kendari – Sulawesi Tenggara Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Petanahan Kebumen
Pantai petanahan merupakan pantai yang terdapat di kecamatan Petanahan, atau sebelah selatan kota ...

Kepulauan Pianemo ( kepulauan
Keindahan yang disuguhkan lautan Raja Ampat seakan tak pernah ada habisnya bahkan di ...

Pantai Tanjung Lesung Kehangat
Pantai Tanjung Lesung, Pantai indah yang berada di ujung Pulau Jawa ini tidak ...

Pantai Rancabuaya Garut
Pantai Rancabuaya adalah salah satu pantai di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Indonesia. Pantai ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Sorake, Surganya Surfer di Nias
Pulau Belitong – Ingin Mati Tua Sa
Tips Tetap Trendy Saat Liburan di Pantai
Pantai Kuala Geulumpang, Langsa –
Pantai Jumiang, Madura – Jawa Timu
Pulau Saronde, Gorontalo Utara – G
Pantai Kura – kura, bengkayang – Kal
Pantai Pasir Putih Holtekamp, Jayapura &

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.