Pantai Nirwana, Bau Bau – Sulawesi Tenggara

Rating: 86 out of 100, by 127 users
Sunset Di Pantai Nirwana - Sulawesi Tenggara : Pantai Nirwana, Bau Bau – Sulawesi Tenggara

Buton, nama pulau yang terletak di bagian selatan provinsi Sulawesi Tenggara ini merupakan tempat di mana kota Bau-Bau berada. Pusat kota nya terletak hampir tak berjarak dengan pelabuhan, se tipikal kota dagang atau kota maritime lain di Indonesia. Sebagai salah satu provinsi yang terdiri atas beberapa pulau besar dan kecil, laut dan pantai tentu nya mendominasi panorama hampir di mana pun kita berada.

Pantai adalah pemandangan sehari-hari bagi masyarakat lokal, namun bagi para pendatang dan wisatawan pantai-pantai yang berada di kepulauan Buton teramat sayang untuk di lewatkan. Bau-Bau sendiri memiliki pantai di beberapa bagian kota nya, Pantai Nirwana dan Pantai Lakeba adalah diantara nya.

Pantai Nirwana

Keindahan ikan-ikan kecil berwarna-warni yang berkejaran hilir mudik di sela-sela terumbu karang bisa di saksikan di pantai ini. Claw Fish , salah satu spesies ikan yang jarang terlihat di dekat pantai bisa di nikmati siapa pun yang melakukan aktivitas snorkling atau pun menyelam di kedalaman dengan peralatan selam yang lebih lengkap. Bila beruntung, penyu-penyu laut pun bisa terlihat di pantai yang jarak nya tak lebih dari 30 menit perjalanan dari pusat kota ini, selain juga biota laut yang lain tentu nya.

Pulau Kadatua dan Pulau Siompu akan terlihat membentang di hadapan pantai Nirwana, membuat siapa saja yang tengah berdiri atas di pasir pantai nya yang lembut, takjub akan karunia Tuhan nya. Nyiur hijau yang tertiup semilir angin seakan berdiri bersama siapa pun yang datang berkunjung, menemani nya menikmati nuansa nan indah.

Nirwana juga menawarkan keindahan pantai yang memiliki kombinasi warna air laut yang menarik. Tak seperti pantai-pantai lain yang hanya memiliki satu atau paling banyak dua kombinasi warna, pantai ini memiliki 3 kombinasi warna air laut sekaligus yaitu putih, biru muda dan biru tua kehijauan. Ketiga nya dengan jelas terpisah satu sama lain, dan di tambah oleh terpaan sinar matahari di atas riak-riak nya akan membuat terkesima siapa pun yang memandang nya.

Bila badan telah terasa letih menikmati pemandangan atau tak ingin pasir yang lembut menempel terlalu banyak di sela jemari kaki, ‘Gode-Gode’ bisa di manfaatkan. Penduduk sekitar telah membangun sejenis gubuk yang di bangun dari kayu ini bagi pengunjung yang ingin melepas penat.

Pantai nirwana sebuah kawasan obyek wisata bahari yang terletak di bibir pantai barat kota Bau-Bau yang dengan kekayaan dan keunikannya sebagai satu pantai yang memiliki berbagai keunggulan dalam dunia wisata bahari.

Lokasi wisata alam pantai Nirwana yang berada di kelurahan Sula kecamatan Betoambari Kota Bau-Bau selain memiliki panorama alam yang indah juga dapat dimanfaatkan untuk ajang olah raga Diving dan therapy untuk penyembuhan beberapa jenis penyakit.

Jika selama ini, warga Kota Bau-Bau hanya memanfaatkan lokasi Pantai Nirwana sebagai lokasi rekreasi dengan keindahan nyiur dan hamparan pasir putih sepanjang sekitar setengah kilometer kini warga juga dapat melakukan kegiatan penyelaman (Diving).

Hal ini terungkap setelah beberapa pekan terakhir mulai tampak aktivitas para turis mancanegara melakukan kegiatan Diving dan pemotretan bawah laut. Keindahan terumbu karang juga menjadi daya tarik tersendiri para turis untuk melakukan kegiatan wisata di Pantai Nirwana.

Bagi warga Kota Bau-Bau, pantai Nirwana tidak hanya sebatas lokasi rekreasi, namun ada yang memanfaatkannya sebagai kegiatan therapy untuk mengobati beberapa jenis penyakit seperti asma dan gangguan saluran pernapasan. Ini hanya dilakukan dengan cara berendam dalam kesegaran air laut Pantai. Meski belum banyak yang mengetahui, namun bagi mereka yang telah mencoba, khasiatnya telah dibuktikan.

Potensi wisata Pantai Nirwana tak cukup dengan pemandangan pantai dan indahnya terumbu karangnya. Namun, tak jauh dari lokasi pantai, juga terdapat sebuah Gua dengan permandian air payau memanjang sekitar 50 meter.

Masyarakat kelurahan Sula menyebutnya Gua Moko yang konon pada masa lalu lokasi ini digunakan sebagai sumber mata air yang dapat digunakan untuk kebutuhan sehari hari karena tak pernah kering. Lokasi gua ini berada pada bagian selatan Pantai Nirwana. Untuk menjangkau lokasi hanya dibutuhkan waktu tak kurang dari 10 menit dengan berjalan menelusuri pantai ke arah selatan.

Untuk memudahkan menjangkau lokasi Gua Moko, kini telah dibuka jalan masuk dari lokasi jalan umum dan dpat dilalui kendaraan. Jika ditelusuri, sepanjang kawasan Gua Moko menuju pantai nirwana terdapat terowongan memanjang dan dipenuhi sumber mata air payau. Anda penasaran? silahkan kunjungi Pantai Nirwana Bau-Bau dan nikmati pula segarnya air dalam Gua Moko.

Pantai Nirwana berada di Kecamatan Betoambari, Kota Bau-Bau, Buton, Sulawesi Tenggara. Pantai ini hanya berjarak sekira 10 menit dari Bandara Betoambari.

Panorama Di Pantai Nirwana - Sulawesi Tenggara : Pantai Nirwana, Bau Bau – Sulawesi Tenggara
Keindahan Bawah Laut Pantai Nirwana - Sulawesi Tenggara : Pantai Nirwana, Bau Bau – Sulawesi Tenggara

Pantai ini begitu indah, khas pantai-pantai di Indonesia bagian timur. Pasirnya putih dan lembut, dan air lautnya biru jernih membentang luas hingga cakrawala. Nyaris tidak ada ombak sama sekali di pantai ini.

Pantai Nirwana merupakan atraksi wisata yang terkenal di Bau-Bau. Bagaimana tidak, pantainya begitu tenang dan cocok untuk piknik bersama keluarga. Airnya pun jernih, menggoda siapapun untuk berenang ke dalamnya.

Di tepi pantai, terdapat beberapa saung untuk wisatawan berteduh sambil makan siang dan menikmati suasana pantai. Asyiknya lagi, Pantai Nirwana masih sepi, membawa Anda seakan di pantai pribadi.

Kabarnya, pantai ini juga memiliki pemandangan matahari terbit terbaik di Bau-Bau. Namun, kecantikannya sudah tidak terbantahkan, baik saat matahari terbit maupun terbenam.

Tips

• Untuk menuju lokasi di atas dari pusat kota, bila tidak ada kendaraan roda empat, anda dapat menyewa ojek dengan biaya yang wajar sebesar Rp.10.000 – Rp. 15.000 / orang

• ‘Gode-gode’ dapat di gunakan selama anda berada di pantai (tidak ada batasan waktu)

• Tidak ada pungutan biaya untuk masuk ke pantai Nirwana, kecuali iuran warga sebesar Rp. 2000 / orang di akhir pekan di pantai Nirwana.

• Bawalah air minum / cairan secukup nya karena sinar matahari yang panas berpotensi menyebabkan dehidrasi.

• Bila anda membawa bekal makanan dari rumah, pastikan juga anda membawa kantong plastik untuk membuang sampah / sisa makanan, tidak semua pantai menyediakan tempat pembuangan sampah yang layak dalam jumlah yang cukup. Jagalah selalu kebersihan.

 

Galeri dari artikel tentang Pantai Nirwana, Bau Bau – Sulawesi Tenggara

Ada 5 potret di dalam Pantai Nirwana, Bau Bau – Sulawesi Tenggara artikel. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 5 potret high-res.

Pemandangan Senja Hari Di Pantai Nirwana - Sulawesi Tenggara : Pantai Nirwana, Bau Bau – Sulawesi TenggaraSunset Di Pantai Nirwana - Sulawesi Tenggara : Pantai Nirwana, Bau Bau – Sulawesi TenggaraKeindahan Bawah Laut Pantai Nirwana - Sulawesi Tenggara : Pantai Nirwana, Bau Bau – Sulawesi TenggaraPanorama Di Pantai Nirwana - Sulawesi Tenggara : Pantai Nirwana, Bau Bau – Sulawesi TenggaraPantai nirwana - Sulawesi Tenggara : Pantai Nirwana, Bau Bau – Sulawesi Tenggara

Apa pendapatmu tentang Pantai Nirwana, Bau Bau – Sulawesi Tenggara

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Nirwana, Bau Bau – Sulawesi Tenggara Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Kertasari, Sumbawa R
Sumbawa Barat dikenal dengan jajaran pantainya yang indah dan sebagian masih ‘perawan’, dari ...

Pantai Tirtamaya, Indramayu
Sebagai sebuah kota yang berada di belahan utara Pulau Jawa, Indramayu menyimpan banyak ...

Pantai Ratenggaro, Sumba ̵
Salah satu pantai terindah di indonesia, Pantai Retenggaro terletak di Kabupaten Kodi, Sumba, ...

Pantai Waijarang, Lembata R
Pantai Waijarang di desa Waijarang, kecamatan Nubatukan, Kabupaten Lembata,  perlahan mulai dikenal orang. ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pulau Farondi, Raja Ampat – Papua
Pantai Melur, Batam
Pantai Nguyahan, Gunungkidul – Yog
Pantai Watu Ulo Jember
Pantai Jimbaran dan Kedonganan Bali R
Pulau Bacan, Halmahera Selatan – M
Pantai Kukup Indahnya Gua Karang, Ikan H
Pantai Kondang Bandung, Malang – Jawa

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.