Pantai Bentenan, Manado – Sulawesi Utara

Rating: 87 out of 100, by 119 users
penginapan pantai bentenan - Sulawesi Utara : Pantai Bentenan, Manado – Sulawesi Utara

Banyaknya wisata pantai, begitulah memang keadaan geografis Sulawesi Utara. Salah satunya adalah Pantai Bentenan. Pantai ini masuk dalam pemerintahan kabupaten Minahasa Tenggara. Pantai ini belum begitu ramai oleh para pengunjung karena keindahannya terhalangi oleh kesulitan transportasi yang kurang mendukung pencapaian ke pantai ini. Jarak dari pusat kota Manado mungkin sekitar 90 kilometer dengan waktu tempuh hampir 2 jam lebih.

Pantai Bentenan merupakan sebuah pantai indah yang memiliki pasir berwarna putih kecoklatan muda. Pantai ini memiliki garis pantai yang luar biasa panjang karena tidak ada batu karang besar maupun bebatuan kecil yang memotong pantai ini dan karena lokasinya sedikit menjorok kedalam, pantai ini membentuk seperti teluk kecil. Dipinggir pantai pasir putih ini tumbuh pagar alam berupa pohon-pohon kelapa yang membentuk garis panjang mengikuti sepanjang pantai. Pantai ini cukup landai dan nyaman untuk melakukan beberapa jenis kegiatan olahraga.

Transportasi

Menuju pantai ini belum disediakan transportasi unum yang langsung sampai menuju Pantai Bentenan ini, karena dari jalan raya utama (jalan Ratahan – Kotamobagu) harus menggunakan ojek atau alternatif pilihan lain yang cukup sedikit ketersediaannya. Jarak Pantai Bentenan dari pusat kota Manado sekitar 90 kilometer, 2 jam pertama akan melintasi jalan luar kota yang beraspal bagus, hampir setengah jam berikutnya akan melewati jalan kecil yang hanya menuju pantai dan dibeberapa titik terdapat kerusakan jalan.

Menggunakan kendaraan pribadi atau mobil sewaan yang rata-rata harganya Rp 250.000 per hari, bisa mengikuti jalan antar kota dari Manado menuju Tomohon, dari tomohon menuju Kawangkoan, lanjut menuju Langowan, kemudian menuju Ratahan. Di sekitar Ratahan sini akan ditunjukan jalan menuju Pantai Bentenan. Setelah itu tinggal mengikuti jalan yang ada saja, sedangkan untuk pengguna transportasi umum bisa menggunakan bus antar kota dari Terminal Karombasan dengan jurusan Ratahan, atau kalau tidak ada bisa menggunakan bus menuju Tomohon terlebih dahulu, setelah turun di Terminal Tomohon baru menggunakan bus menuju Ratahan.

Sesampainya di Ratahan, anda harus mencari ojek atau angkutan ‘bukan umum’ yang bisa membawa anda ke lokasi tujuan utama Pantai Bentenan. Tidak ada persiapan khusus yang harus dilakukan sebelum menuju ke pantai Bentenan ini, hanya uang tunai yang cukup untuk berjaga-jaga karena belum ada fasilitas ATM disekitar sini.

Fasilitas

Resort pantai yang paling terkenal adalah Bentenan Beach Resort, di resort inilah disediakan peralatan persewaan untuk melakukan olah raga air, diving dan snorkeling seperti biasa, olah raga yang cukup melekat dengan pantai-pantai di Sulawesi Utara. Atau anda bisa juga menikmati keindahan pantai tanpa biaya dan tanpa repotnya menggunakan peralatan dengan berjemur di pantai, berenang dan jalan-jalan di pinggir pantai. Yang uniknya di resort ini disediakan bebek-bebek air, sejenis becak air, perahu individu dengan maksimal penumpang 2 orang yang digerakan dengan cara mengayuh dengan kaki yang bentuk perahunya menyerupai bebek.

Jarang di temukan di resort-resort lain, karena di resort ini memiliki kolam buatan sendiri yang cukup lebar berada di dekat pantai. Jadi dengan pemandangan pantai yang sangat dekat membawa kita seakan-akan mengapung dengan bebek air di atas Laut Sulawesi. Untuk menginap di resort ini pun cukup enak karena kamarnya yang berupa cottage dengan pemandangan langsung kepantai akan diberikan cukup murah kepada pengunjung yang menyewanya. Memandang dari daratan ke arah pantai, terlihat sebuah pulau kecil dengan dataran yang cukup tinggi menyerupai bukit kecil yang bernama Pulau Bentenan.

Pulau ini sampai sekarang belum berpenghuni karena bentuk permukaan pulaunya yang tidak mendukung. Daratan di Pulau Bentenan tersebut menyerupai batu, karena pinggir-pinggir pulaunya tidak landai dan kelihatan sekali bahwa itu bukan pasir. Namun meskipun bebatuan, pulau tersebut cukup subur terbukti dengan banyaknya tanaman-tanaman hijau yang tumbuh lebat diatasnya. Dari daratan menuju pulau ini bisa dicapai menggunakan perahu nelayan yang ada maupun speed boat. Mungkin hanya sekitar 5 menit sudah sampai.

Kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan di dalam pulau ini mungkin hanyalah berfoto-foto dengan background Pantai Bentenan, ataupun berjalan-jalan mengelilingi pulau tersebut namun rasanya akan sedikit sulit karena permukaannya yang berbentuk batuan terjal. Namun jika suatu saat pulau itu menjadi lokasi wisata private pastinya akan menyenangkan sekali untuk bisa tinggal didalamnya dan sedikit merasakan ‘memiliki’ pulau pribadi.

Sama seperti di pantai, karena pantai ini jarang terlihat ramai, dalam waktu tertentu mungkin kita juga bisa merasakan pantai ‘pribadi’. Kenikmatan di pantai ini juga di tambah dengan makanan khas pantai dengan beberapa olahan menu ikan, di pantai ini juga tersedia restoran yang berada diatas air, seperti rumah panggung di atas air atau semacamnya.

Keramaian dipantai ini tidak dapat diprediksikan, mungkin akan sedikit lebih ramai saat bulan-bulan pertengahan tahun saat liburan tiba. Untuk harga disini relatif stabil, tidak mengikuti keramaian pasar seperti beberapa pantai yang lain. Namun untuk penginapan resort harganya cukup mahal, karena sesuai dengan keindahan dan fasilitas yang mereka berikan.

Dan sebagai oleh-oleh dari sini coba tanyakan pada penduduk sekitar mengenai kain Bentenan, kain ini sangat terkenal dan menjadi icon Bentenan. Berbentuk kain tenun khas penduduk asli Sulawesi Utara atau disebut Minahasa dengan bahan baku dari benang katun. Pernah menjadi kain yang terkenal di dunia karena kualitas dan sambungan kainnya yang membentuk lingkaran tanpa ada potongan/jahitan (seperti sarung, namun tidak dijahit untuk disambung namun benar-benar langsung menyatu).

Sebenarnya kain bentenan memiliki beberapa motif yang sebenarnya hampir-hampir mirip, mungkin kebanyakan hanya orang Sulawesi Utara yang mengerti perbedaan motifnya. Seperti batik, bagi orang yang tidak tahu akan menganggap semua motifnya sama saja.

Bentenan memiliki pasir pantai berwarna putih kecoklatan. Garis pantai ini sangat panjang karena tidak ada batu karang maupun bebatuan yang memotong pantai ini. Lokasi pantai ini agak menjorok ke dalam dan membentuk teluk kecil.

pesisir pantai Bentenan - Sulawesi Utara : Pantai Bentenan, Manado – Sulawesi Utara
pantai bentenan - Sulawesi Utara : Pantai Bentenan, Manado – Sulawesi Utara

Di tepi pantai tumbuh pohon – pohon kelapa di sepanjang pantai. Kondisi perairan pantai ini cukup landai sehingga nyaman untuk melakukan berbagai aktivitas olahraga air.

Berlibur ke pantai ini akan semakin lengkap jika Anda menikmati makanan khas pantai yang disajikan di sini. Beberapa olahan menu ikan dapat Anda pesan saat berlibur ke pantai ini. Ada pula restoran di atas air sehingga Anda dapat menikmati seafood dengan suasana yang lebih nyaman.

 

Kumpulan Gambar dari artikel tentang Pantai Bentenan, Manado – Sulawesi Utara

Ada 5 gambar di dalam Pantai Bentenan, Manado – Sulawesi Utara artikel. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 5 gambar high-res.

Panorama Pantai bentenan - Sulawesi Utara : Pantai Bentenan, Manado – Sulawesi Utarapantai bentenan - Sulawesi Utara : Pantai Bentenan, Manado – Sulawesi Utarapenginapan pantai bentenan - Sulawesi Utara : Pantai Bentenan, Manado – Sulawesi Utarapesisir pantai Bentenan - Sulawesi Utara : Pantai Bentenan, Manado – Sulawesi Utarasenja di Pantai Bentenan - Sulawesi Utara : Pantai Bentenan, Manado – Sulawesi Utara
Diposting pada 4 July 2014 - Oleh tanzil - Kategori Sulawesi Utara.
Tag: seafood, minahasa, speed boat, keindahan pantai, laut, bati, libur .

Apa pendapatmu tentang Pantai Bentenan, Manado – Sulawesi Utara

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Bentenan, Manado – Sulawesi Utara Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Teluk Penyu Cilacap
Pantai Teluk Penyu Cilacap adalah Kawasan pantai yang membujur dari utara (Pelabuhan Perikanan ...

Pantai Purwahamba yang Teduh d
Suburnya tumbuhan nyiur meneduhkan suasana di tepi pantai. Kenyamanan ini semakin bertambah indah ...

Gili Kondo, Lombok – NTB
Tak salah Lombok disebut sebagai Pulau Seribu Gili. Deretan pulau eksotis mengelilingi Lombok. ...

Pantai Dato Majene Sulawesi Ba
Pantai Dato Majene merupakan pantai tropis unik dan salah satu pantai andalan terletak ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Tablolong & Gua Kristal, Kup
Pantai Pulau Merah, Banyuwangi – Jawa
Pantai Pandan, Sibolga – Sumatera
Pantai Wediawu, Malang – Jawa Timur
Pantai Parai Tenggiri Pantai Eksotik di
Pantai Lamaru Balikpapan – Potensi
Pulau Burung ( Pulau Manuk ), Serang 
Pantai Tanjung Bemban, Batam – Kepulau

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.