Pantai Malalayang, Manado – Sulawesi Utara

Rating: 88 out of 100, by 114 users
perpaduan batuan hitam dan pantai malalayang - Sulawesi Utara : Pantai Malalayang, Manado – Sulawesi Utara

Pantai Malalayang merupakan sebuah pantai yang terletak di ujung selatan Kota Manado, Sulawesi Utara. Pantai ini merupakan pantai yang paling dekat dengan pusat kota Manado sekitar 4 kilometer saja, yang bisa ditempuh dalam waktu 10 menit saja. Untuk menuju ke pantai ini bisa menggunakan mobil pribadi atau kendaraan umum.

Karena letaknya yang sangat dekat dengan pusat kota, sehingga membuat pantai ini selalu ramai dikunjungi oleh warga Manado dan sekitarnya bersama anggota keluarga. Selain itu untuk berlibur ke pantai ini tidak membutuhkan biaya yang besar dan pemandangan bawah lautnya juga indah.

Akses

Untuk sampai di pantai ini, dibutuhkan waktu sekitar 10 menit dari pusat kota Manado dengan menggunakan angkutan umum. Jaraknya sekitar 4 kilometer saja. Pantai ini menjadi satu-satunya tempat wisata rakyat yang murah meriah, karena aksesnya dekat dan mudah ditempuh.

Sebuah pantai yang asri dan memiliki kombinasi lengkap dengan Teluk Manado yang memanjakan mata siapapun yang melihatnya. Lokasinya berada di Kecamatan Malalayang Kelurahan Malalayang II yang sangat mudah dijangkau dari mana pun. Dari arah Bandara Udara Sam Ratulangi dapat ditempuh melalui jalur darat, dengan waktu tempuh sekitar 30 menit apabila tanpa terjebak kemacetan.

Dari pusat Kota Manado jika travellers tak membawa kendaraan pribadi bisa dengan mudah kok untuk mencapai pantai ini. Dengan menaiki angkot atau “otto” arah Malalayang kita nanti bakal diantar menuju pantai tersebut, namun akan diturunkan di dekat terminal Malalayang dan harus jalan kaki beberapa meter.

Sampai di lokasi, anda juga tak akan dipusingkan dengan hal lain, karena lahan parkir kendaraan tersedia di Pantai Malalayang. Bila tak menggunakan kendaraan pribadi angkutan umum pun ada yang melewati tempat ini. Pantai Malalayang merupakan lokasi wisata strategis dan terjangkau.

stan makanan di pantai malalayang - Sulawesi Utara : Pantai Malalayang, Manado – Sulawesi Utara
pesona pantai malalayang - Sulawesi Utara : Pantai Malalayang, Manado – Sulawesi Utara

Wisata

Kondisi pantai malalayang dipenuhi batu-batu hitam seperti batu-batu kali (sungai) yang terdapat di sepanjang pantai. Deburan ombaknya yang relatif tenang, sangat cocok untuk tempat bersantai bersama keluarga. Bagi pecinta diving atau menyelam, harus mengeluarkan biaya ekstra untuk menyewa perahu untuk menuju ke lokasi diving atau taman laut. Di pantai ini terdapat tempat yang menyewakan peralatan menyelam.

Banyak wisatawan yang memilih tempat ini, menjadi tujuan wisata bersama keluarga di akhir pekan, karena biayanya murah serta pemandangan bawah lautnya yang indah. Bahkan, jenis-jenis ikan khas perairan Sulawesi yang sebagian sudah langka ada di pantai Malalayang.

Kondisi struktur pantainya dipenuhi dengan batu-batu hitam, seperti batu kali (sungai) yang keras serta terdapat disepanjang pantai. Kondisi ombaknya pun relatif tenang, sehingga sangat cocok untuk tempat bersantai.

Jika melakukan diving di tempat lain, harus mengeluarkan biaya ekstra untuk menyewa perahu, di pantai Malalayang ini, penunjung cukup menyediakan peralatan diving yang disewakan, kemudian turun ke pantai langsung menuju lokasi spot dive, atau lokasi taman laut.

Pengunjung yang melakukan diving disini, mengaku puas dengan pemandangan bawagh laut yang ber-aneka ragam flora dan fauna dalam laut pantai Malalayang yang sangat indah.

Pantai Malalayang merupakan satu-satunya obyek wisata laut yang paling dekat dari wilayah kota manado, sehingga di setiap akhir pekan tempat ini, di banjiri pengunjung yang berasal dalam kota maupun luar kota Manado.

Yang tidak kalah menarik di pantai ini adalah barisan warung – warung atau stan penjual makanan yang berjejer di tepi pantai membuat pantai ini sebagai tempat wisata kuliner warga Manado selain sebagai wisata pantai itu sendiri. Karena kesadaran warga setempat dan keseriusan pemerintah kecamatan Malalayang, stan-stan kuliner disini berjejer rapi dan seragam. Lokasi ini sekarang dinamai “Lokasi Pedagang Lapangan Kreatif”.

Kuliner yang paling diminati di pantai ini adalah pisang goreng. Makanan rakyat yang biasa disingkat pisgor ini memang paling laris diantara makanan lainnya. Sambil menyaksikan pemandangan matahari terbenam atau sunset, pengunjung biasanya menikmatinya lezatnya pisang goreng tersebut. Bagi orang Manado sendiri, makan pisang goreng tidak lengkap rasanya tanpa ditemani dengan dabu-dabu, sambal khas Manado.

Pantai ini memiliki banyak hal yang menarik untuk dinikmati. Diantaranya taman laut yang masih alami dengan berbagai jenis koral warna warni dan spesies ikan berbagai jenis.

Diving Di pantai malalayang

Bersiaplah untuk melakukan diving di Pantai Malalayang, Manado, Sulawesi Utara untuk mengintip keindahan alam bawah lautnya yang tak kalah indah dengan Bunaken. Untuk mencapai spot diving, Anda hanya perlu berjalan kaki saja. Segerombolan kelinci laut siap menyambut awal perjalanan diving, sejurus kemudian kawanan binatang laut seperti gurita, sotong, frog fish, dragonet, serta ikan badut menjadi pemandangan yang tak ada habisnya. Tetapi, perlu berhati-hati dengan leaf scorpionfish, sejenis hewan laut yang bentuknya seperti daun ini memiliki racun yang cukup berbahaya.

Terus menyelam sampai Anda menemukan sebuah obyek unik yang hanya di Pantai Malalayang, obyek yang lain dari yang lain. Sebuah  replica patung Yesus dengan tinggi sekitar 50cm dengan posisi tangan memberkati ini memang sengaja diletakkan di bawah laut Pantai Malalayang.  Salah satu view unik pemotretan alam bawah laut. Selain itu, berbagai biota laut ukuran mikro dapat ditemukan di area bawah laut Pantai Malalayang, sangat cocok untuk Anda yang baru pemula belajar memotret di bawah laut.

Pantai yang satu ini bahkan pernah menjadi tempat bersejarah untuk memecahkan rekor Guinness Book. Sejumlah 2.486 diver secara bersamaan melakukan penyelaman di Pantai Malalayang selama 30 menit. Moment ini diabadikan dengan dibangunnya sebuah patung gurita di tepi Pantai Malalayang. Cuaca yang cerah dan arus yang bergerak perlahan membuat jarak pandang cukup bagus dan merupakan saat tepat untuk diving. Sebelum melakukan diving, pastikan Anda mencari informasi tentang arus laut di diving center.

Satu lagi yang unik dan pasti Anda suka, Anda pun bisa ikut menanam koral di bawah laut seperti memelihara tumbuhan Anda sendiri. Sebagai salah satu bentuk pelestarian alam, banyak pusat diving yang memfasiltasi penanaman koral tersebut. Nah, hal ini membuat Anda tak cukup sekali ke Malalayang, karena kunjungan berikutnya Anda pasti berharap melihat tanaman koral Anda tumbuh dan ikut mewarnai alam bawah laut pantai cantik yang satu ini,

Sunset di tepi Pantai Malalayang, menyemburkan cahaya warna warni dominasi keemasan yang membuat Anda sejenak bertahan lebih lama di pinggir Pantai Malalayang. Ratusan kali jepretan kamera Anda masih terasa tak cukup untuk mengabadikan keindahan sunset Pulau Malalayang.

Kuliner Khas Pantai Malalayang Nan Mendunia

BERSANTAI dan menikmati kuliner khas, dengan suasana pantai Teluk Manado. Tepatnya di Pantai Malalayang, pantai indah nan mendunia. Di pantai inilah pernah terjadi pemecahan dua rekor dunia (Guinnes World Records). Yaitu rekor menyelam massal yang diikuti 2000 penyelam Indonesia dan luar negeri, serta rekor upacara bendera hari Kemerdekaan di dalam air dengan jumlah peserta terbanyak di dunia.

Lokasi kuliner khas ini dibuka dari pagi hingga malam hari. Aneka jenis makanan pun disediakan. Umumnya berupa kuliner khas racikan Manado, mulai dari tinutuan, mie, naskun (nasi kuning), pisgor (pisang goreng), gorgor (goroho goreng), milu rebus dan bakar, gohu, atau tahu isi. Minumannya pun beragam, mulai kopi, kopsus, teh, dan jus, serta minuman ringan lainnya.

‘’Biasanya pagi banyak yang memesan tinutuan dan tinu campur (tinutuan campur mie) dan naskun. Nanti kalau siang sampe sore, yang banyak dicari adalah pisgor dan beberapa gorengan lain, seperti tahu isi atau goroho,’’ kata Marni, salah seorang pedagang pantai Malalayang ini.

Memang sudah sejak beberapa tahun sebelumnya, pantai Malalayang, menjadi lokasi bersantai warga. Dari pagi sampai malam, kawasan ini selalu disinggahi warga, serta wisatawan. Apalagi sejak tahun lalu, kawasan ini sudah ditata rapi dan seragam, sehingga menjadi tempat menyenangkan untuk bersantai, sambil menikmati aneka jajanan khas.

Tak heran, kalau lokasi yang kemudian diberi nama kawasan kuliner Pedagang Lapangan Kreatif Malalayang, sudah menjadi lokasi favorit warga Manado. Pagi hari, terlihat banyak warga yang bersantai dan menikmati aneka menu untuk sarapan, sambil menikmati suasana pantai Manado yang tenang. Begitu juga pada siang sampai sore hari. Dan menjelang matahari tenggelam, banyak warga Manado terlihat duduk santai di lokasi ini menunggu sunset, sambil menikmati pisgor plus dabu-dabu, ditambah kopi atau teh.

kota Manado selain punya sebutan Kota Tinutuan dikenal pula dengan negeri nyiur melambai yang memang benar sebutan itu disandangkan untuk kota eksotis ini karena di banyak sudut kota ini tertata rapi pohon-pohon tinggi menjuntai dengan daun bak penari melambaikan tangannya mengajak menari siapapun yang melihatnya.

Bebatuan alami khas pantai ini terhampar seolah berserakan kian berkilau menambah lengkap pemandangan di sini. Beda bebatuannya dengan pantai yang lain adalah teksturnya yang halus dan bulat-bulat seperti ulekan cabe yang terpoles alami. Tak lupa warung-warung yang menjajakan aneka makanan khas Manado yang memanjakan lidah bisa sebagai penawar lapar dikala menikmati indahnya pantai dengan semilir anginnya.

Pisang Goroho dengan sambal dabu-dabunya, milu  (jagung) rebus, mie cakalang, gohu (asinan pepaya yang sedikit pedas), dan masih banyak lagi kuliner khas Manado yang dijajakan ala kaki lima bisa kita nikmati di tepian pantai ini.  Oleh karena itu pantai ini sudah menjadi daya tarik wisatawan tersendiri yang gemar berwisata kuliner untuk mencicipi makanan khas Manado tanpa jauh-jauh meninggalkan pusat kota.

Galeri gambar dari artikel tentang Pantai Malalayang, Manado – Sulawesi Utara

Ada 6 gambar di dalam Pantai Malalayang, Manado – Sulawesi Utara artikel. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 6 gambar high-res.

sunset di pantai malalayang - Sulawesi Utara : Pantai Malalayang, Manado – Sulawesi Utaradiving di malalayang tidak kalah dari bunaken - Sulawesi Utara : Pantai Malalayang, Manado – Sulawesi Utaraperpaduan batuan hitam dan pantai malalayang - Sulawesi Utara : Pantai Malalayang, Manado – Sulawesi Utarapesona pantai malalayang - Sulawesi Utara : Pantai Malalayang, Manado – Sulawesi Utaraserunya diving bersamaan di berbagai spot - Sulawesi Utara : Pantai Malalayang, Manado – Sulawesi Utarastan makanan di pantai malalayang - Sulawesi Utara : Pantai Malalayang, Manado – Sulawesi Utara

Apa pendapatmu tentang Pantai Malalayang, Manado – Sulawesi Utara

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Malalayang, Manado – Sulawesi Utara Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Jamursba Medi, Sorong &
Pantai Jamursba Medi – Kota Sorong memiliki banyak keindahan alam, sebagian besar objek ...

Pantai Suak Ribee, Meulaboh
Pantai suak Ribee berada di kecamatan Pahlawan, Meulaboh, selain suasana yang indah, juga ...

Pantai Lombang, Sumenep –
Pantai lombang terletak di Sumenep Madura. Apabila anda berkunjung ke Pulau Madura, sempatkanlah ...

Pantai Trenggole, Gunungkidul
Gunungkidul di DI Yogyakarta punya banyak pantai yang indah untuk dikunjungi, salah satunya ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Balian, Jembrana – Bali
Pantai Sembulang, Batam – Kepulaua
Pantai Senggigi, Pesona Eksotisme Ombak
Pantai Ujung Negoro Jawa Tengah
Bajo Pulo ( Pulau Bajo ), Sumbawa –
Pantai Sekongkang, Sumbawa – NTB
Pantai Ule, Pulau Sumbawa.- Nusa Tenggar
Pantai Putri Serayi / Jawai, Sambas –

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.