Pulau Gangga, Minahasa Utara – Sulawesi Utara

Rating: 82 out of 100, by 62 users
Ikan Nemo Di Pulau Gangga - Sulawesi Utara : Pulau Gangga, Minahasa Utara – Sulawesi Utara

Perairan Talaud sendiri, kawasannya di huni oleh beberapa pulau yang indah, diantaranya adalah Gangga, Talise, Bangka, Tadila dan Lihaga. Pulau Tadila dan Lihaga adalah dua pulau kecil yang tak berpenduduk. Sedangkan pulau-pulau lainnya dihuni oleh warga setempat yang kebanyakan adalah berasal dari suku Talaud yang memiliki beragam etinis. Mereka juga sebagian besar bermata pencaharian nelayan.

Tak ada yang tahu persis apakah nama ‘Gangga’ memiliki keterkaitan dengan sungai terkenal yang ada di negara India, tapi yang pasti pulau ini menggenggam keindahan yang sungguh menawan. Di pulau Gangga terdapat dua desa yang yang di diami oleh para warganya.

Yang pertama terbangun di sana adalah desa Gangga I. Desa ini adalah desa yang terbesar. Penduduknya terbanyak dan wilayahnya lebih luas dari desa lainnya. Warga desa Gangga I mayoritas di huni oleh etnis sangihe. Sementara tetangganya desa Gangga II etnis Gorontalo sebagian besar menjadi penghuni rumah-rumah sederhana yang terbangun di sana.

Meski memiliki perbedaan keyakinan dan etnis, aktivitas kehidupan mereka sehari-hari di penuhi oleh keharmonisan. Bahkan menurut informasi terbaru, tak lama lagi sebuah kecamatan baru yang terdiri dari pulau Gangga, Talise dan Kinabuhutan akan terbentuk di sana. Desa Gangga I nantinya akan ‘di daulat’ menjadi ibukota kecamatannya. Karena lokasi desa ini berada di pertengahan kawasan tersebut.

Dua buah sekolah dasar, sebuah sekolah menegah pertama telah terbangun di pulau Gangga. Terkecuali kepala-kepala sekolahnya, murid-muridnya adalah putra-putri para warga desa Gangga I dan II. Kepala sekolah mereka bertempat tinggal di Talise dan Likupang.

Pantai pulau gangga - Sulawesi Utara : Pulau Gangga, Minahasa Utara – Sulawesi Utara
Keindahan Pulau Gangga - Sulawesi Utara : Pulau Gangga, Minahasa Utara – Sulawesi Utara

Tak seperti di masa lalu yang mesti berjalan kaki atau mendayung perahu kayu, kegiatan para warganya kini telah menggunakan jalan yang sudah terbangun di pulau ini. Meski tak terlalu besar, namun jalan tersebut kerap menjadi sarana penghubung yang bisa di lalui oleh 2 sepeda motor yang berjalan bersamaan.

Lokasi

Berlokasi di kecamatan Likupang, pulau yang menjadi bagian wilayah dari kabupaten Minahasa Utara (Minut) sekaligus perairan Talaud ini teramat sayang untuk di lewatkan. Terutama bila anda kebetulan telah berada di Manado.

Tak terlalu sukar untuk mendatangi pulau Gangga. Dari kota Manado, sebuah mini bis ber-rute Manado-Likupang bisa di naiki dari terminal Paal 2. Perjalanan ke arah utara ibukota Sulawesi Utara ini akan di tempuh selama kurang lebih 2 jam. Perjalanan lalu bisa di lanjutkan dengan menaiki speedboat atau perahu kayu di kawasan pasar Likupang.

‘Taksi-taksi perahu’ ini bertarif 15 ribu rupiah per-orangnya. Dengan moda transportasi laut tersebut pulau Gangga bisa di capai dalam waktu sekitar 40 menit.

Bagi penyuka jalan-jalan yang bermaksud mengunjungi pulau Gangga, Ada hal penting yang perlu di perhatikan. Taksi-taksi perahu yang berangkat dari pasar Likupang memiliki jadwal keberangkatan yang tidak sama. Jika tak ingin tertinggal atau menunggu perahu terlalu lama hal ini harus di perhatikan.

Namun, taksi-taksi ini bisa di bayar lebih bila memang ingin bergegas untuk sampai di beberapa pulau yang ada di sana. Biaya sewanya tergantung dari jarak pulau yang ingin di tuju.

Wisata

Bagi para wisatawan dan pendatang, Gangga menawarkan perairannya yang indah dan tenang. Snorkeling, memancing dan menyelam adalah beragam aktivitas menarik yang bisa di lakukan di sana. Buat yang berminat, keaneka ragaman biota lautnya juga bisa jadi bahan.

Kealamian Pulau Gangga sendiri masih sangat terjaga. Sekitar hampir 80 persen alam yang ada di daerah ini belum terjamah sedikitpun. Sebagian besar masyarakat juga berprofesi sebagai nelayan yang turut menjaga pulau tersebut.

Keindahan Pulau Gangga menjanjikan pengalaman diving yang tidak akan terlupakan. Kekayaan biota laut yang bervariasi dari terumbu karang warna-warni sampai berbagai jenis ikan khas Samudera Indonesia dan Pasifik juga menjadi favorit untuk fotografi bawah laut. Pulau Gangga juga menjadi starting point ideal bagi siapapun yang akan melakukan kegiatan diving di tempat lain, seperti Bangka, Bunaken, dan Selat Lembeh.

Selain diving dan snorkeling, sunrise dan sunset dari Pulau Gangga juga tidak boleh dilewatkan. Mengabadikan momen indah tersebut sambil mendengarkan deburan ombak tentu membuat kita semakin menghargai indahnya alam Indonesia.

Akomodasi

Tidak usah khawatir akan soal penginapan. Dari situs resminya Pulau Gangga juga memiliki resort bernama serupa, Gangga Island Resort & Spa. Apabila tidak mau repot, pihak resort dapat menjemput Anda dari Bandara Manado hingga ke resort. Bungalow yang terbuat dari kayu dibuat sedemikian rupa menghadap pantai.

Fasilitas seperti AC, kipas, televisi satelit, air panas, hingga mini bar dijamin membuat liburan Anda makin nyaman. Segala keindahan dan kealamian Pulau Gangga dapat menjadi alternatif favorit liburan di samping Taman Laut Bunaken.

Perairan pulau Gangga menyimpan taman laut yang mempesona.

Di kedalamannya adalah tempat tinggal bagi ratusan spesies ikan. Demikian pula bunga-bunga karang yang jarang terjamah. di Sulawesi Utara, selain Bunaken, pulau Gangga punya kecantikan yang setara. Perairannya selalu jadi rujukan bagi para penyuka olah raga selam maupun snorkeling.

Letaknya yang tak begitu jauh dari Likupang menjadikan pulau Gangga bisa di kunjungi dalam waktu singkat. Anda bisa datang ke sana di pagi hari dan kembali ke daratan Sulawesi Utara di petang harinya. Namun bila ingin bermalam terdapat penginapan yang bernama Gangga Island Resort.

Terbangun di bawah kerindangan dedaunan tanaman palm, bungalow-bungalow miliki penginapan ini juga terpagari oleh taman-taman khas kawasan tropis yang berbaur dengan keindahan pasir pantai yang berwarna putih cerah.

Gaya Minahasa menjadi arsitektur yang menghiasi bangunan bungalownya. Teras-terasnya langsung berhadapan dengan perairan di lepas pantai dan pulau-pulau yang cantik di sekitarnya. Kamar-kamarnya terlengkapi dengan AC atau fan, mini bar lengkap dengan tea dan coffee makernya, TV dengan channel-channel Internasional dan kamar mandi yang sudah dilengkapi dengan shower.

Bagi yang ingin berenang di air tawar, penginapan ini menyediakan fasilitas kolam renang dan olah raga lainnya. Gangga Island resort juga memiliki fasilitas restaurant yang bisa di kunjungi di waktu-waktu makan. Para tamu bisa menikmati sajian kuliner khas Indonesia dan sajian hidangan Internasional.

Bila ingin bersantai dan rileks, pasung SPA bisa di kunjungi. Layanan terapi bergaya keluarga Minahasa ini adalah juga salah satu fasilitas yang di tawarkan oleh Gangga Resort, selain jasa aromaterapi tradisional khas Indonesia.

 

Galeri gambar dari informasi tentang Pulau Gangga, Minahasa Utara – Sulawesi Utara

Ada 12 potret di dalam Pulau Gangga, Minahasa Utara – Sulawesi Utara informasi. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 12 potret high-res.

Pesona Pulau Gangga - Sulawesi Utara : Pulau Gangga, Minahasa Utara – Sulawesi UtaraPulau Gangga - Sulawesi Utara : Pulau Gangga, Minahasa Utara – Sulawesi UtaraSekawanan Lumba   Lumba Di Pulau Gangga - Sulawesi Utara : Pulau Gangga, Minahasa Utara – Sulawesi UtaraSuasana Perairan Pulau Gangga - Sulawesi Utara : Pulau Gangga, Minahasa Utara – Sulawesi UtaraSuasana Senja Di Pulau Gangga - Sulawesi Utara : Pulau Gangga, Minahasa Utara – Sulawesi UtaraSunset di Pulau Gangga - Sulawesi Utara : Pulau Gangga, Minahasa Utara – Sulawesi Utara

Apa pendapatmu tentang Pulau Gangga, Minahasa Utara – Sulawesi Utara

Tinggalkan Komentarmu soal Pulau Gangga, Minahasa Utara – Sulawesi Utara Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Gili Keramat, Sumbawa –
Pulau Sumbawa adalah salah satu pulau yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Barat. ...

Kampung Wisata Enggros – Jay
Kampung Wisata Enggros – Indonesia yang kaya akan budaya, bisa menjadi daya tarik ...

Pantai Koka, Sikka – NTT
Pantai Koka merupakan salah satu pantai di Kabupaten Sikka, Propinsi Nusa Tenggara Timur. ...

Pantai Batu Payung, Bengkayang
Pantai ini sebenarnya merupakan perkampungan nelayan Batu Payung, Bengkayang. Dinamakan Pantai Batu Payung, ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Kaliantan, Lombok – NTB
Pantai Toronipa, Kendari – Sulawe
Pantai Namalatu, Ambon – Maluku
Pantai Lenggoksono, Malang – Jawa
Pantai Bingin, Badung – Bali
7 Pantai Di Indonesia Dengan Ombak Terba
Pulau Gam, Raja Ampat – Papua
Pantai Jayanti Cianjur yang Indah dan Me

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.