Pantai Tanjung Bira

Rating: 91 out of 100, by 91 users
tanjung bira - Tanjungg Bira : Pantai Tanjung Bira

Pantai Tanjung bira terkenal dengan pantai pasir putihnya yang cantik dan menyenangkan. Airnya jernih, baik untuk tempat berenang dan berjemur. Disini kita dapat menikmati matahari terbit dan terbenam dengan cahayanya yang berkilau nenbersit pada hamparan pasir putih sepanjang puluhan kilometer.

Pantai bira yang sudah terkenal hingga mancanegara, kini sudah ditata secara apik menjadi kawasan wisata yang patutu di andalkan. Berbagai sarana sudah tersedia, seperti perhotelan, restoran, serta sarana telekomunikasi, pantai bira berlokasi sekitar 41 km kearah timur dari kota bulukumba. dengan pelabuhan penyeberangan fery yang menghubungkan daratan Sulawesi Selatan dengan pulau selayar.

Tanjung Bira merupakan pantai pasir putih yang cukup terkenal di Sulawesi Selatan. Pantai ini termasuk pantai yang bersih, tertata rapi, dan air lautnya jernih. Keindahan dan kenyamanan pantai ini terkenal hingga ke mancanegara. Turis-turis asing dari berbagai negara banyak yang berkunjung ke tempat ini untuk berlibur.

Pantai Tanjung Bira sangat indah dan memukau dengan pasir putihnya yang lembut seperti tepung terigu. Di lokasi, para pengunjung dapat berenang, berjemur, diving dan snorkling. Para pengunjung juga dapat menyaksikan matahari terbit dan terbenam di satu posisi yang sama, serta dapat menikmati keindahan dua pulau yang ada di depan pantai ini, yaitu Pulau Liukang dan Pulau Kambing.

Tanjung Bira terletak di daerah ujung paling selatan Provinsi Sulawesi Selatan, tepatnya di Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba.

Tanjung Bira terletak sekitar 40 km dari Kota Bulu Kumba, atau 200 km dari Kota Makassar. Perjalanan dari Kota Makassar ke Kota Bulukumba dapat ditempuh dengan menggunakan angkutan umum berupa mobil Kijang, Panther atau Innova dengan tarif sebesar Rp. 35.000,-. Selanjutnya, dari Kota Bulukumba ke Tanjung Bira dapat ditempuh dengan menggunakan mobil pete-pete (mikrolet) dengan tarif berkisar antara Rp. 8.000,- sampai – Rp. 10.000,-. Total waktu perjalanan dari Kota Makassar ke Tanjung Bira sekitar 3 – 3,5 jam.

pasir putih pantai tanjung bira - Tanjungg Bira : Pantai Tanjung Bira
wisata pantai tanjung bira - Tanjungg Bira : Pantai Tanjung Bira

Jika pengunjung berangkat dari Bandara Hasanuddin, langsung menuju ke terminal Malengkeri (Kota Makassar) dengan menggunakan taksi yang tarifnya sekitar Rp. 40.000,-. Di terminal ini kemudian naik bus tujuan Bulukumba atau yang langsung ke Tanjung Bira.

Di kawasan wisata Tanjung Bira, angkutan umum beroperasi hanya sampai sore hari. Jika pengunjung harus kembali ke Kota Makassar pada sore itu juga, di sana tersedia mobil carteran (sewaan) dengan tarif Rp. 500.000,-.

Biaya tiket masuk ke lokasi Pantai Tanjung Bira sebesar Rp. 5.000,-.

Kawasan wisata Pantai Tanjung Bira dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti restoran, penginapan, villa, bungalow, dan hotel dengan tarif mulai dari Rp. 100.000,- hingga Rp. 600.000,- per hari. Di tempat ini juga terdapat persewaan perlengkapan diving dan snorkling dengan tarif Rp. 30.000,-. Bagi pengunjung yang selesai berenang di pantai, disediakan kamar mandi umum dan air tawar untuk membersihkan pasir dan air laut yang masih lengket di badan. Bagi pengunjung yang ingin berkeliling di sekitar pantai, tersedia persewaan motor dengan tarif Rp. 65.000,-. Di kawasan pantai juga terdapat pelabuhan kapal ferry yang siap mengantarkan pengunjung yang ingin berwisata selam ke Pulau Selayar.

Sumber: www.sulsel.go.id

Galeri gambar dari konten tentang Pantai Tanjung Bira

Ada 6 foto di dalam Pantai Tanjung Bira konten. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 6 foto high-res.

tanjung bira - Tanjungg Bira : Pantai Tanjung Birawisata pantai tanjung bira - Tanjungg Bira : Pantai Tanjung Birapantai di bira bulukumba - Tanjungg Bira : Pantai Tanjung BiraPantai Tanjung Bira - Tanjungg Bira : Pantai Tanjung Birapasir putih pantai tanjung bira - Tanjungg Bira : Pantai Tanjung Birapemandangan di pantai tanjung bira - Tanjungg Bira : Pantai Tanjung Bira
Diposting pada 7 September 2009 - Oleh PasirPantai.com - Kategori Tanjungg Bira.
Tag: pantai tanjung bira, bira, tanjung bira, pulau, pantai, berenang, pantai bira .

Apa pendapatmu tentang Pantai Tanjung Bira

64 Komentar to “Pantai Tanjung Bira”

  1. Wah bagus sekali buat aku yg udh lama gak ke Bira

  2. wa luar biasa infonya ,foto -fotonya juga bagu nih

  3. rencananya nii….saya mau ke tanjung bira pii..saya buta bgt ma yg namanya makassar…bz d bantu gg? jalan” apa aja yg d tempuh biar bisa sampai ketanjung bira dari pelabuhan kapal ferry makassar…rencananya saya mo bawa kendaraan sndirii…please help me…?

  4. oh i’am so exciting pulang liburan ke tanjung bira
    dimana yah saya bisa mendapatkan poto yg lebih banyak lagi
    aku sih belom pernah kesan cuman dengar2 doang
    tapi sekarng I can not wait for a hollyday
    aku orang bone tapi tinggal di luar negeri
    senang seklai kalo bisa berteman orang ditanjung bira biar tau lebih banyak lagi sekalian ketemu di bira kalo pass liburan
    jadi klo ada yg mau jadi temen gua
    email di kynajd@yahoo.co.uk
    thank’s

  5. asw…
    subhanallah ….
    janni pengen bangeet k tanjung bira ini.
    suatu asat pasti bisa ….

  6. bira skitar 4-6 jam dr makassar,klo wikend sbaiknya brangkt dr makassar subuh+pesen penginapannya dulu krn dsana penginapan terbatas bgt dan kadang sering dpake buat acara kantor jadi rame bgt.highly recomen deh pokonya

  7. kapan ya ke Tanjung Bira lg? banyak kenangan indahku d sn?

  8. baguuuuuuuus bangeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeet pantainya!! nice site juga! thanks aloads ya :D

  9. Subhanallah…….kapan bisa kesana yaaaa?????

  10. sdh mnginjkkn kaki di bulukumda tapi bkin bete jgnkan k pantai bira jaln2 k kota bulukmba aj nggax.aws ntar ak ksna lg nggx ad alsn to nggx k bira.

  11. kangn bngt sama panti bira.sayang jauh dari sul sel.

  12. rindu bgt mow k bira lg …..
    kngn zm pasir putihx…

  13. pingin ke bira tp kapan ya bisax,tp biarlah kan ada pepatah jauh di mata dekat di hati.biar jauh tanjung bira tetap di hati

  14. BIRA………… beeeee nyesel deee klo nggak ke BIRA.
    Diliat di foto ajha dah indah di pndang mta gmna klo diliat secara lngsung wiiiiiihhhhhhh Indaaaaaahhhhhh buanget…

  15. lma ga ke bira, kngen bnget am pmandanganx ….
    ap lgi skrg hmmmm psti indah bnget…..
    klo aq plg kmpung psti aq ke bira, kn dkt dri rmh aq….

  16. tanjung bira…
    wuiiih… keren…
    rugi klo ke bulukumba tp g ke sana..

  17. wah jd kangen ma kampng ne..?

  18. Informasi yang bagus, kalau bisa dikoreksi biar tidak terjadi salah tafsir. Photo diatas yang ada kapal Phinisi itu tepatnya di Desa Ara, bukan di Tanjung Biranya.
    Terima kasih.

  19. aku orang bira, kalau ad yg butuh bantuan atau info tentang bira, bisa hbungi ak di email bira_indah@yahoo.co.id

  20. kalau mau ke bira hubungi andi genting gang I no 1 Surabaya soalnya andi asli orang bira

  21. AKU KANGEN KAMPUNGKU…….BIRA….PASIR PUTIHHHHHHHHH UDAH KEREN SEKARANG

  22. Tertarik Banget kesana…
    Berapa no telp yang bisa dihubungi utk dapat informasi hotel
    tks

  23. ehm,, pengen kesana,,,

    Moga dpt voucer gratisss…

  24. wowwwwwwwwwwwwwww sumpahhhhhhhhhhhhh krennnnnnnnnnnn bgtttttttttttttt
    nga rugi perjalanan jauhhhhhhhhhhhhhh
    pas nyampe,,,,,,,,,,,,,,,,,,, wowwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww capeknya kebayarrrrrrrrrrrr
    iam satisfied,,,,,,,,

  25. asli Sulsel… tp belom pnh ke Tanjung Bira :(
    kmrn pas mudik, sempet nyari2 info penginapan di sana,
    tp malah nemu cottage yg dikelola org asing… tarifnya USD…
    wish one day, i could go there

  26. ayo ketanjung bira….nyesel klo ga liat,,,pantainxa..apa lgi di pulau lihukangxa,,,huuufffzz asik banget,,,bisa liat kura2….di dalam kerambak,,,bisa foto2 gi ………pokoknxa asik deahhhhhhhhhh,,,,,,,,

  27. klo mau keliling2 ketanjung bira…aq siap aterin deahhh,,,pooknxa nxampe puaaas,,,,soaalxa aq bawa perahu…..di pantai bira-pulau lihukan,jadi kalo anda,kepingin liat terumbuk karang,hubungi aja deah di no ini,081355792176..aq siap bantu anda yg pingin ke tanjung bira,,maksih…………,

  28. Tanjung Bira sorga Dunia, Leo Gemini

  29. Aq kangen banget ma bira apa lagi ARA,,i2 kmpung hlmnq,,dha lma g plang so aqx lg d kendari,,,pokox lw plang lngsung k pantai bira,,,(nakku-nakku kalia bela) :)

  30. bosan di bira

  31. bTuL bnget tanjung bira sngat keren!!!!!

  32. gua dah pernah kesna 1 kali………..
    emang si dari makassar 4-5 jam perjalanan,,,, untung joki gua jago!!! jjaaaaaaaaaaaaaaaaaaaauuuuuuuuuuuuuuuuuhhhhhh banget,,,

    tapi pas sampe d bira,,,, Gile!!! kebayar dah semua, sampe2 lebih!!!

    btw add gua yach d fb.
    azwan.ruslim@yahoo.com

  33. ayo e tanjung bira….lebaran niiich…., nyesel loooh..,kalo ga ke sana….sekaligus ke pulau lihukang…tu yng deket pantai bira..,di sana kamu bisa liat2…pantaixa yg begitu indaaah..,di tambah lagi ada kerambak kura2…plus bisa menginap di..,vila loooh…gua siap anterin….,telpon ja klo datang kebira…ea…,nama nxa pulau lihukang….,ni no aq…,081355792176

  34. Tertarik ke bira pas desember ini. Apakah waktu yg tepat utk berkunjung ke sana? Berbicara tentang ombak dll. Karena rencananya bawa keluarga besar. Apakah ada hotel/villa/cottages yg punya akses langsung ke pantai, dan punya kolam renang di dalamnya? Ada rekan2 di sini yang kenal dengan pemandu wisata di sana. Jadi bisa sekalian keliling spot2 indah di sana. Bisa hubungi saya di 08161340201 atau email ke uzihoc@gmail.com. Terima kasih sebelumnya

  35. Iya tanjung bira emang sangat indah n keren abiiizzz,meskipun bru sekali ke sana she,kpn lg yah bs ke bulkum…?

  36. yg pengen k tg.bira tlpn gw aje d 081280755320 , ane kbtlan tingGal dsoNo ,

  37. sebentar lagi aq akan berangkat kesana..hihihihiyyy…
    snorkling…diving…i like it….

  38. Z selaku putra daerah Bulukumba sangat berterimakasih dgn dieksposx kawasan wisata tanjung bira di website ini, perlu Z tambahkan Bulukumba tdk hx terkenal dgn pantai Birax tp di kabupaten yg berjulukan butta panrita lopi ini jg terkenal dgn pusat pembuatan perahu phinisi di Indonesia, perahu buatan daerah ini mampu mengarungi samudra hingga Kanada dan Afrika hx menggunakan layar. Di Bulukumba kota berlayar ini jg terdapat tanah adat ammatoa Kajang yg pakaianx serba hitam, bkn cuma i2 sj yg bisa Anda nikmati di Kabupaten yg menjadi sentra selatan sulsel, Anda bisa menikmati panorama Bravo bawakaraeng, perkebunan karet Lonsum, makam dato tiro, makam sultan dg raja, gua passe’ dan passuhra, pantai mandalaria, pantai samboang, pantai merpati. dll. SILAHKAN DATANG DAN KUNJUNGI BERBAGAI TEMPAT WISATA DI BUMI ORANG-ORANG AHLI PEMBUAT PERAHU PHINISI BERLAYAR…

  39. Z selaku putra daerah Bulukumba sangat berterimakasih dgn dieksposx kawasan wisata tanjung bira di website ini, perlu Z tambahkan Bulukumba tdk hx terkenal dgn pantai Birax tp di kabupaten yg berjulukan butta panrita lopi ini jg terkenal dgn pusat pembuatan perahu phinisi di Indonesia, perahu buatan daerah ini mampu mengarungi samudra hingga Kanada dan Afrika hx menggunakan layar. Di Bulukumba kota berlayar ini jg terdapat tanah adat ammatoa Kajang yg pakaianx serba hitam, bkn cuma i2 sj yg bisa Anda nikmati di Kabupaten yg menjadi sentra selatan sulsel, Anda bisa menikmati panorama Bravo bawakaraeng, perkebunan karet Lonsum, makam dato tiro, makam sultan dg raja, gua passe’ dan passuhra, pantai mandalaria, pantai samboang, pantai merpati. dll. SILAHKAN DATANG DAN KUNJUNGI BERBAGAI TEMPAT WISATA DI BUMI ORANG-ORANG AHLI PEMBUAT PERAHU PHINISI BERLAYAR…blog:www.sangpenjelajahbulukumba.blogspot.com dan FB: darus sang penjelajah

  40. buuuh , subhanaallah amazing banget insyaallah kalo ada usaha bisa jalan jalan kesana :) semoga gua jadi orang sukses amiin ;)

  41. bira adalah daerah menyenagkan buat yang ingin menikmati alam bahari,,air yg jernih,pasir yg lembut serta keindahan alam bawah airnya akan membuatmu terasa di surga..ini adalah tempatku lahir namun selalu kutinggalkan karena berlayar dan aku ingin selalu kembali…

  42. bira adalah daerah menyenangkan buat yang ingin menikmati alam bahari,,air yg jernih,pasir yg lembut serta keindahan alam bawah airnya akan membuatmu terasa di surga..ini adalah tempatku lahir namun selalu kutinggalkan karena berlayar dan aku ingin selalu kembali…085266798184

  43. keindahan terbaru di pantai tanjung bira yang baru z temukan (13 nov 2011) ada di dasar laut yg gag perlu jauh jauh ke tengah laut. cukup sediakan/ sewa kecamata renang, teman2 akan menikmati indahnya warna warni ikan dan kerang..

  44. wah kern tuh taun baru sekarang mesti di pantai bira …kudu dan wajib help me dong orang maksar

  45. aku rencanax mw kesana bulan 2……
    smoga nanti berjalan sesuai rencana….

  46. ke bira ajha yang butuh di pandu call me…….kbetulan gw kerja di sana

  47. Beautiful…

  48. aq tuh udah pernah kebira.
    emngsih bira itu pemandangan nya indah banget,sejuk lagi.
    nggk bakalan rugi dehh klo kalian jalan jalan ke tanjung bira :)
    plus nginap juga yahh biar lebih mersakan keindahanx di malam hari

  49. bira !!! luv yue somace …. :)

  50. ya ampyuuuuunnnn, buagusssnyaaa….

    mauuu kesana..

  51. Bangga jadi orang bira ,, sungguh indah kampung halamanku

    >> buat kawan2 yang udah nlpn gw di 081280755320 ,, harapan gw smoga semua petunjuk yang udah gw beri’n bermanfaat buat kawan2 semua.
    happy holiday

    terimakasih
    ” Lelaki dari Tangjung Bira “

  52. [...] Tanjung Bira terletak di daerah ujung paling selatan Provinsi Sulawesi Selatan, tepatnya di Kecamatan Bonto Bahari,  Kabupaten Bulukumba. [...]

  53. rasakan sensasi yang beda di Tangjung Bira

  54. ditanjung bira bs snorkling ga yah?
    ada persewaan alat2 snorkling ga?

  55. saya senang jadi orang bira karna mempunyai keindahan alam yg indah di sekitar tanjung bira

  56. Wow.. Keren Banget Tempatnya..
    InformasiNya juga cukup Lengkap. Pasti bakal coba kesana.. :)

  57. [...] Tanjung Bira terletak di daerah ujung paling selatan Provinsi Sulawesi Selatan, tepatnya di Kecamatan Bonto Bahari,  Kabupaten Bulukumba. [...]

  58. trims infonya, bermanfaat banget untuk kami sekeluarga

  59. mw ka ketanjung bira dulu,,,kangen teman” dsana

  60. bisa minta bantuan terangin cara ke pantai bira dari makasar y??saya tinggal dekat losari, rencana saya dan suami beserta 1 anak berumur 9 bulan mau berlibur ksana dan rencana mau sewa kendaraan,,,kira2 dari t4 saya k bira berapa jam, tz fasilitas disana lengkap ga?ada guset house ga ya?soalnya saya butuh semacam kompor jg tuh msak air panas dan angetin bu2r buat anak saya, tq…

  61. Waaahh,,, indah bngetz yah tanjung “BIRA”..
    Ntii pngen jl2 k zna lgi aah… Utk liburan…
    Tngguind aquw yaah…

  62. Menarik sekali di sulawesi ada wisata sebagus itu, perlu dicoba nich.trma kasih informasinya.

  63. kaya di film2, indah banget. birunya sangat damai

  64. Pasir putih bira memang merupakan salah satu kekayaan alam sulsel yang tak kalah indahnya jika dibandingkan dgn pantai di propinsi lain bahkan dimanca negara sekalipun. I love pantai bira !

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Tanjung Bira Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Surga Dunia di Karimun Jawa
Mendengar kata pantai dan laut, pasti  yang terlintas di pikiran anda adalah Bali, ...

Pantai Wediombo Gunung Kidul Y
Terletak kurang lebih 30 km ke arah selatan kota Wonosari, Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai ...

Pantai Petitenget dan Pura Kun
antai ini terkenal memiliki keindahan pesisir yang berbalut pasir berwarna putih. Gelombang ombak ...

Pantai Kuta, Wisata Dunia di I
Saat mendengar nama Pantai Kuta, siapa yang tidak tahu?. Kuta merupakan salah satu ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Congot di muara Sungai Bogowonto
Pantai Petitenget dan Pura Kuno
Pantai Karma Kandara Wisata Favorit di U
Surga Dunia di Karimun Jawa
Ke Belitong Tak Lengkap Tanpa Kopi
Pantai Tanjung Bira
Pantai Batu Bedaun di Kepulauan Bangka
Pantai Pulau Sikuai Sumatera Barat

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.