Pantai Sumur Tiga, Sabang – Aceh

Rating: 89 out of 100, by 110 users
Sunrise di Pantai Sumur Tiga - Aceh : Pantai Sumur Tiga, Sabang – Aceh

Permata tanah air seolah tak akan ada habisnya, dari setiap kepulauan menawarkan pesona, berjajar pulau – pulau kecil yang menarik. Pulau Weh salah satunya, merupakan sebuah pulau eksotis di ujung utara pulau Sumatera. Disini pula terletak kota Sabang, kota yang secara geografis berada di ujung paling barat dari Indonesia, nol kilometer Indonesia dimulai disini dan ditandai dengan tugu Nol Kilometer.

Karena terletak di sisi timur pulau Weh, pantai Sumur Tiga sangat cocok untuk menyaksikan matahari terbit. Yang unik, jika di daerah timur Indonesia anda perlu bangun sebelum jam 6 pagi untuk melihat sunrise, di pantai Sumur Tiga jam 6.30 pagi pun suasana masih remang-remang.

Kota Sabang, terutama di Jalan Perdagangan, penuh dengan bangunan – bangunan tua peninggalan Belanda yang menyajikan pemandangan historis dan segera membawa angan – angan ke masa kolonial dulu. Kini, sebagian besar bangunan tersebut di fungsikan sebagai Bank, toko, dan kantor pemerintahan. Disini juga ada kuliner khas Sabang yang wajib untuk di cicipi. Mie Jalak namanya, mie kuning kecil – kecil, berkuah panas, disajikan dengan telur setengah matang, dan potongan kecil ayam. Sungguh nikmat rasanya, Mie Jalak bisa di temui di Toko Pulau Indah di Jalan Perdagangan.

Namun bukan hanya bangunan tua dan kulinernya yang menjadi andalan wisata di Pulau Weh. Yang membuat Pulau Weh menjadi terkenal adalah pantai berpasir putih dan spot – spot menyelam maupun snorkeling yang indah. Pemandangan bawah lautnya merupakan surga bagi ikan berwarna warni, dan terumbu karang yang terbentuk sejak ratusan bahkan ribuan tahun yang lalu.

Belum dapat dikatakan eksotis bila Pulau Weh tidak mempunyai pantai – pantai indah. Ada beberapa pantai yang namanya cukup tersohor, diantaranya adalah pantai kasih, pantai sumur tiga dan pantai iboih. Diantara ketiga pantai tersebut, pantai sumur tiga lah yang memiliki pantai berpasir putih paling bagus, lengkap dengan pohon kelapa, dan air laut yang bening. Hamparan pasir putih dan laut biru jernih akan segera membuat anda jatuh hati.

Pantai Sumur Tiga adalah pantai yang terdapat di sebelah timur dari Pulau Weh. Untuk mencapai pantai ini, membutuhkan perjalanan sekitar 15 menit dari kota Sabang. Pantai ini termasuk ke dalam jajaran pantai yang paling panjang di pulau ini.

Nama dari pantai Sumur Tiga pun karena keberadaan dari bentang alam yang ada di sana. Nama sumur tiga diambil dari keberadaan sumur yang memang ada di titik pantai. Pantai ini terbentang dari “ Iemeulee” sampai dua mil ke selatan. Sumur tiga juga berarti akan keberadaan dari tiga sumur yang ada di sana walaupun sebenarnya ada lima sumur yang ada sana.

Sumur yang pertama dikenal dengan istilah Sumur Satu berada di selatan dari Iemeulee yang merupakan awal dari pantai ini. sedangkan sumur yang kedua disebut dengan Sumur Dua. Pada baris pantai ini akan terlihat pasir pantai yang curam dan juga pemandangan pepohonan yang memberikan keindahan pantai yang khas.

Sedangkan sumur yang ketiga adalah nama dari pantai Sumur Tiga itu sendiri. Di sinilah terdapat sebuah bungalows yang juga dinamakan dengan Pantai Sumur Tiga. Sedangan sumur yang keempat adalah sebuah bunker yang dibangun dengan kekuatan dari banyaknya pekerja pada masa perang dunia kedua. Sedangkan sumur yang terakhir yaitu sumur kelima disebut dengan Sumur Lima yang berada di bagian paling akhir dari pantai ini. di sinilah juga terdapat resort yang menandakan perkembangan dunia wisata di pantai ini.

Pantai ini juga terkenal dengan keberadaan dari koral yang menghiasi bibir pantai. Pada jalan selatan yang ada di pantai ini tampak keindahan bentang alamnya. Sampailah pada area yang diberi nama dengan Anoi Itam. Ini adalah sebuah tempat yang sangat terkenal di antara penduduk kota banda Aceh. Daerah ini memiliki pasir pantai yang berwarna hitam. Inilah yang merupakan bunker besar buatan Jepang dan juga merupakan jajaran koral yang sangat indah.

Pembangunan resort dan hotel semakin meningkat di setiap waktu di daerah pantai ini. Inilah yang semakin menambah daya tarik dari keindahan Pantai Sumur Tiga ini.

Lokasi dan Transportasi

Pantai sumur tiga merupakan salah satu kawasan wisata yang berada di Pulau Sabang. Letaknya tidak jauh dari Pusat kota Sabang. Tentunya anda harus menuju Pulau Weh terlebih dahulu dan anda akan tiba di pelabuhan Balohan.

Kurang lebih hanya sekitar 10 menit perjalanan menggunakan perjalanan darat untuk sampai ke lokasi dari Pantai Sumur Tiga ini jika dari pelabuhan. Untuk menuju ke lokasi Pantai Sumur Tiga, anda bisa menggunakan beberapa pilihan angkutan yang anda inginkan, bisa menggunakan kendaraan sendiri dan anda juga bisa memanfaatkan kendaraan umum yang tersedia.

Jika anda menggunakan kendaraan umum anda bisa bebas memilih ingin menggunakan kendaraan umum jenis apa. Bisa menggunakan taksi (sama dengan angkot di kota-kota lain), becak motor, dan ada juga jasa ojek

Jika anda menggunakan taksi, anda jangan heran, karena yang disebut dengan taksi disini sama dengan angkot atau angkutan kota di daerah-daerah lain. Menggunakan mobil jenis sedan dan kijang LGX.

Namun sistem operasinya sama dengan sistem yang diterapkan oleh taksi. Jika anda memilih untuk menggunakan taksi (angkot) anda harus mengeluarkan biaya untuk membayar ongkos kurang lebih sekitar Rp 2.000 – Rp 50.000*) per orang nya, tergantung dari jarak yang anda tempuh.

Akan tetapi, Jika anda menggunakan jasa becak motor, anda harus mengeluarkan biaya kurang lebih Rp 20.000*) sekali naik dengan jarak dalam kota Sabang. Kendaraan ini memiliki kapasitas maksimal 2–3 orang. Lalu jika anda menggunakan jasa ojek, biaya yang harus anda keluarkan untuk membayar ongkos nya kurang lebih sekitar Rp 15.000*) per orangnya untuk tarif dalam kota Sabang.

Atau anda juga bisa menyewa atau merental mobil di tempat jasa penyewaan mobil yang ada dikota sabang. Dengan biaya kurang lebih sekitar Rp 350.000 – Rp 500.000*) dengan waktu penyewaan maksimal 8 jam. Lalu anda juga bisa menyewa sepeda motor, dengan biaya sewa Rp 60.000 – Rp 100.000*).

Jadwal Ferry

1. Kapal Ferry Ekonomi Class berangkat jam 11.00 dan 16.00, harga tiket Rp. 28.000 / orang
2. Kapal Cepat Bahari Express berangkat jam 09.30 dan 16.00 harga tiket Rp 68.000 / orang
3. Kecuali Hari Senin dan Jumat Ferry berangkat jam 14.00

Dari Pelabuhan Balohan bisa naik angkutan Umum Rp. 5.000 / orang, atau taksi tarifnya antara Rp. 20.000 – 25.000.

Jika ingin menginap di Pantai Sumur Tiga, ada beberapa penginapan yang termasyur antaranya Santai Sumur Tiga dan Casanemo.

Resort

Pantai Sumur Tiga memiliki pasir putih yang bersih dan juga jernih. Sangat menarik memang untuk menjadi bahan obyek untuk foto. Belum lagi dengan laut yang berwarna biru serta terumbu karang dan batu-batu karang di sekitar pinggir pantai membuat pemandangan di Pantai Sumur Tiga menjadi lebih menarik. Yang menarik dari Pantai Sumur Tiga ini adalah ketika malam tiba. Suasana romantis dengan suara debur ombak jelas bisa membuat suasana malam hari menjadi lebih indah. Ditambah dengan segelas kopi atau coklat yang semakin menambah kesan liburan kamu.

Pemandangan dari atas Santai Sumur Tiga. Tampak di bawah adalah Pantai Sumur Tiga. Penginapan ini terletak persis di depan Pantai Sumur Tiga, pantai cantik dengan pasir putih yang terhampar luas. Ombaknya lumayan besar, apalagi jika senja menjelang, deburnya bagai nyanyian surgawi. Suka sekali mendengarnya.

Salah satu resort yang terkenal adalah resort Santai Sumur Tiga dan Casanemo. Setiap bungalow memiliki dua tempat tidur, atau satu tempat tidur besar dilengkapi dengan kulkas kecil dan dispenser. Kamar mandinya juga sudah dilengkapi dengan air panas dan air dingin. Setiap Balkon sudah dilengkap dengan hammock, enak untuk bersantai sambil memandang laut lepas yang terhampar di depan mata, Hammock ini bisa juga dijadikan tempat tidur yang nyaman saat malam tiba.

Penginapan Santai Sumur Tiga dibangun paska Tsunami, terbuat dari gedek bambu serta kayu. Sangat menyatu dengan alam sekitarnya yang berbatu karang. Listrik yang digunakan pun berasal dari panas surya. Karena tidak mengandalkan listrik dari PLN, listrik selalu tersedia di sini, tidak seperti di Iboih. WI-FI pun tersedia, yang menjadi nilai tambah lagi buat penginapan ini.

Dulu tempat ini tidak menerima tamu wisatawan lokal, dengan alasan kalau tamu lokal terlalu berisik dan jorok. Tapi itu dulu. Sekarang penginapan ini terbuka untuk siapa saja asal bisa mengikuti aturan yang berlaku di situ. Penginapan ini masuk dalam buku Lonely Planet Dunia loh, jadi kalau mau menginap di sini lebih baik membuat reservasi dari jauh – jauh hari.

Satu hal lagi yang paling saya suka dari Santai Sumur Tiga, selain suasana yang nyaman dan pemandangan pantai yang cantik, adalah ketika makan malam tiba. Biasanya setiap tamu yang pertama kali datang akan ditanyakan apakah mereka mau makan di dalam atau di luar. Jika mereka ingin makan di dalam, makanan hanya akan tersedia jam 7 malam.

Rate di Santai Sumur Tiga Sabang

1.Bungalows weekdays Rp 258.000/malam sudah termasuk tax dan service
2.Bungalows weekends Rp 308.000 / malam sudah termasuk tax dan service
3.Ekstra matras Rp 50.000 / malam
Catatan : Maksimum 3 orang dewasa di setiap kamar.
4.Breakfast Rp. 33.800 / orang sudah termasuk tax dan service
5.Untuk makan malam harga tergantung menu yang dibuat saat itu

Informasi umum mengenai pantai di Pulau Weh

Secara umum, pantai-pantai di Pulau Weh sangat recommended untuk dikunjungi. Sarana transportasi (mobil dan sepeda motor sewa) sangat mudah didapat dan harganya pun terbilang wajar, Rp. 100.000/hari untuk sepeda motor dan Rp. 500.000/10 jam untuk mobil tipe L300 yang bisa muat hingga 10 orang, sudah termasuk bensin dan upah sopir. Infrastruktur jalan di pulau Weh pun sudah sangat baik, hampir tidak ada jalan berlubang.

Anda tak perlu khawatir tidak bisa mengenakan baju renang di pantai, bahkan banyak yang bilang di pulau Weh adalah satu-satunya tempat di propinsi Aceh yang mengizinkan pemakaian bikini di pantai-pantai area penginapan. Namun tentu saja anda wajib menggunakan covering clothes (celana pendek, kaos, atau beach-dress) jika keluar dari area pantai. Yang perlu diperhatikan adalah larangan beraktivitas di pantai dan laut pada hari Jumat. Pemerintah setempat melarang semua aktivitas melaut pada hari tersebut dan beberapa hari libur Islam. Jika melanggar ada denda yang harus dibayar.

Keindahan pesisir pantai Di Pulau Weh - Aceh : Pantai Sumur Tiga, Sabang – Aceh
Keindahan Alam Di Pulau Weh - Aceh : Pantai Sumur Tiga, Sabang – Aceh

Wisata

Nama Pantai yang satu ini juga di ambil karena lokasinya, di Areal Pantai ini tersebar 5 buah sumur air tawar, nah lokasi yang paling luas dan paling lebar adalah daerah dimana sumur ketiga berada, maka dari itulah Pantai ini dinamakan Pantai Sumur Tiga.

Kalau dilihat-lihat dan dihitung secara keseluruhan, sebenarnya Pantai ini sangat panjang, bahkan merupakan pantai terpanjang di kota Sabang. Pasirnya benar-benar amat putih dan halus, Air Lautnya juga begitu biru dan jernih, sehingga anda bisa melihat bagaimana indahnya Karang–karang dan coral yang ada di dasar Laut ini.

Pantai ini juga memiliki berbagai spesies ikan yang cantik-cantik, benar-benar pemandangan yang memanjakan mata, tidak hanya di atas air, pemandangan di bawah laut juga tidak kalah menakjubkan, wajar saja banyak turis yang selalu ingin menyelam di Pantai ini.

Untuk anda yang tak punya peralatan, jangan khawatir, sudah ada beberapa tempat penyewaan alat snorkeling atau diving disekitar pantai. Sayangnya, untuk diving, anda harus memiliki sertifikat dan izin untuk melakukan kegiatan tersebut demi keamanan.

Bila anda sengaja bersantai-santai di pesisir pantai sembari menunggu indahnya momen-momen sunset, anda bisa membeli sate gurita di sekitar Pantai tersebut, dan memakannya selagi sunset sedang berlangsung. Dijamin, begitu anda pulang dari berlibur di kota sabang, anda pasti akan segera ingin kembali ke Pantai yang benar-benar indah ini.

Jika anda ingin menhabiskan malam disekitar pantai ini, anda tidak perlu bingung. Anda bisa melihat berbagai penginapan, hotel ataupun bungalow yang tersedia di sekitar Pantai Sumur Tiga ini. Harganya pun bermacam-macam tergantung jenis penginapan serta kelas dari kamar yang anda ambil.

Tips

1. perawatan

Indonesia adalah Negara dengan iklim Tropis. Jadi sudah tentu kalau panasnya sangat menyengat, tapi hampir semua turis tidak ada yang pernah menyadari panasnya sengatan matahari di Pantai itu, kenapa? Tentu saja karena asyik berenang dan menyelam. Jadi bagi anda yang sangat menjaga kulit anda, pastikan kalau anda sudah memakai Sunblock agar kulit anda tidak gosong, setelah itu bersenang-senanglah di tengah laut bersama teman-teman anda.

2. Peralatan

kalau anda ingin diving, snorkeling, ataupun Surfing, lebih baik anda jangan terlalu terbawa nafsu untuk buru-buru menyelam dan sebagainya, sebelumnya pastikan bahwa peralatannya sudah lengkap dan aman, dan kalau ini adalah pengalaman pertama anda, lebih baik anda pergi bersama orang yang lebih ahli, hanya untuk berjaga-jaga kalau terjadi hal yang tidak diinginkan.

3. transportasi

Kalau anda berlibur ke pulau weh, lebih baik kalau anda menyewa sepeda saja, selain lebih murah, anda bisa lebih leluasa untuk melihat keadaan setempat yang sangat indah, karena jarak antara masing-masing tempat wisaata tidak terlalu jauh, jadi anda bisa berhemat, sekalian berolahraga.

Dari sekian banyak sisi atraktif untuk ditelusuri di pulau Weh, di antaranya:

1. Pantai Permai

Laut berair jernih di sekitar Pulau Weh terletak menyambung dengan pantai-pantai permai yang meneduhkan hati. Pantai Sumur Tiga, misalnya, menyenangkan sebagai tempat bersantai di siang hari sambil bersantap dan menatap lautan yang terbingkai pohon-pohon kelapa.

2. Pantai Gapang

Pantai Gapang relatif lebih sepi jika dibandingkan pantai Sumur Tiga ataupun pantai Iboih. Pantainya pun relatif lebih kecil, tapi soal pemandangan jelas tidak kalah cantik.

Pantai Gapang merupakan pantai berpasir putih yang teduh, dengan beberapa pohon waru laut yang cukup rindang di sepanjang bibir pantai. Di pohon waru tersebut tergantung 2 buah ayunan tradisional dari ban mobil bekas yang biasa digunakan pengunjung anak-anak untuk bermain. Jika anda penikmat olahraga diving, di pantai Gapang terdapat dive center yang cukup recommended, Lumba-Lumba Dive Resort.

Tidak banyak yang dapat dilakukan di pantai Gapang selain bersantai menikmati pemandangan dan berenang. Tempat ini sangat cocok bagi anda yang menginginkan pantai yang sepi.

Terletak di antara pantai Sumur Tiga dan pantai Anoi Itam, benteng Jepang dapat ditempuh sekitar 15 menit naik mobil dari kedua titik pantai tersebut. Dari jalan raya, anda perlu trekking ringan kurang lebih 10 menit. Lumayan terjal jalan masuk yang harus dilalui. Namun jangan menyerah, sesampainya di atas anda akan disuguhi hamparan samudera hindia yang terbentang luas. Tidaklah mengherankan jika tempat ini dijadikan benteng untuk mengawasi pergerakan kapal musuh pada masa pendudukan Jepang di Indonesia.

Tidak dikenakan biaya untuk masuk ke benteng Jepang ini, anda hanya perlu membayar biaya parkir seikhlasnya jika membawa mobil atau motor.

3. Situs Menyelam Rupawan

The Canyon adalah situs yang tepat berada di depan KM 0. Alam bawah airnya bak hutan subur di bawah laut. Ada sea fans yang tumbuh berdempetan dan besar-besar bagaikan jutaan kipas cantik yang sedang berdansa, dan lembah-lembah berbentuk geometris yang harus dilihat. Arus Paleeh adalah situs menyelam tempat Anda bisa bertemu black tip

4. Penginapan untuk Segala Karakter Traveler

Iboih Inn yang bagaikan private tree house di pinggir laut, sesuai bagi Anda yang berjiwa petualang. Lokasinya dekat dengan dive center di Rubiah. Sementara itu Pulau Weh Dive Resort terbilang cukup mewah dengan gaya Bali dan pilihan kamar villa menghadap Laut Andaman.

5. Menatap Pemandangan Indah dari Benteng Jepang

Lokasi pulau Weh yang strategis membuat Jepang mendirikan benteng dan bunker pada masa Perang Dunia II. Kini reruntuhan benteng tersebut menjadi tempat menatap pemandangan alam yang memikat mata.

Galeri foto dari cerita tentang Pantai Sumur Tiga, Sabang – Aceh

Ada 13 potret di dalam Pantai Sumur Tiga, Sabang – Aceh cerita. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 13 potret high-res.

Pesona Pantai Sumur Tiga di Pulau Weh - Aceh : Pantai Sumur Tiga, Sabang – Acehpulau weh - Aceh : Pantai Sumur Tiga, Sabang – Acehrindangnya suasana pantai Sumur Tiga - Aceh : Pantai Sumur Tiga, Sabang – AcehKeindahan Alam Di Pulau Weh - Aceh : Pantai Sumur Tiga, Sabang – AcehKeindahan pesisir pantai Di Pulau Weh - Aceh : Pantai Sumur Tiga, Sabang – AcehSisa   sisa reruntuhan benteng Jepang terlihat di sebelah kiri - Aceh : Pantai Sumur Tiga, Sabang – Aceh

Apa pendapatmu tentang Pantai Sumur Tiga, Sabang – Aceh

Satu Komentar to “Pantai Sumur Tiga, Sabang – Aceh”

  1. Yang bisa menikmati wisatwan asing yang banyak uangnya.hehhee

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Sumur Tiga, Sabang – Aceh Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Lombang, Sumenep –
Pantai lombang terletak di Sumenep Madura. Apabila anda berkunjung ke Pulau Madura, sempatkanlah ...

Pantai Teleng Ria Pacitan Jawa
Pantai Teleng Ria merupakan salah satu pantai yang menjadi objek wisata pantai paling ...

Pantai Bajulmati, Malang ̵
Selatan Jawa memang terkenal dengan keindahan pantainya yang tidak perlu lagi dipertanyakan. Termasuk ...

Pantai Selong Belanak, Lombok
Setiap jajaran pantai yang ada di Pulau Lombok tentu selalu menarik perhatian untuk ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Pandan, Sibolga – Sumatera
Pantai terindah di Lombok
Pantai Kura – kura, bengkayang – Kal
Pantai Laguna Ujung Lancang Lampung
Pantai Dreamland Pecatu Bali – Kei
Pantai Pok Tunggal, Gunung Kidul –
Pantai Ujung Genteng ( Pantai Nirwana ),
Pantai Base G, Jayapura – Papua

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.