Pantai Alue Naga – Banda Aceh

Rating: 82 out of 100, by 64 users
Suasana Pesisir Pantai Alue Naga - Aceh : Pantai Alue Naga – Banda Aceh

Banda Aceh merupakan pusat pemerintahan Provinsi Aceh. Kota ini terletak di ujung utara pulau sumatera. Letaknya yang berada di pesisir ini membuat Banda Aceh dijuluki sebagai “Kota Panas”, karena memang udara di kota ini terasa lumayan panas pada siang hari. Letak yang di Pesisir ini juga membuat Kota Banda Aceh memiliki banyak pantai yang sangat indah, bahkan banyak pantai di Aceh sudah terkenal di Indonesia.

Kalau kita kaji dari namanya, Alue Naga terdiri dari kata Alue dan Naga. Dalam bahasa Aceh Alue memiliki arti Alur (muara sungai). Pantai ini memang merupakan tempat bertemunya antara dua jenis air yang berbeda, air laut dan air sungai karena letaknya yang di sebelah muara sungai lamnyong. Dinamai Alue Naga mungkin karena muara sungai di sini dahulunya berkelok-kelok sehingga mirip naga, atau mungkin dahulu pernah ditemukan naga di tempat ini. Itu hanya hipotesis.

Lokasi Dan Transportasi

Pantai Alue Naga merupakan salah satu pantai yang ada di Banda Aceh. Pantai ini berada di Kecamatan Syiah Kuala, kurang lebih 7 KM dari pusat kota, jika mengendarai kendaraan bermotor pantai ini dapat ditempuh selama kurang lebih 15 menit perjalanan dari pusat kota. Perjalanan menuju pantai ini menyusuri tepian sungai dengan jalan yang beraspal. Sepanjang perjalanan kita bisa menikmati indahnya tanaman mangrove dan pohon cemara yang tertata rapi. Ada juga kapal-kapal nelayan yang sedang melabuh dan tersusun rapi di tepi muara sungai itu.

Wisata

Pantai Alue Naga memiliki dua bagian utama yaitu sisi kiri dan sisi kanan dari muara sungai lamnyong karena pantai ini terbelah oleh muara sungai tersebut.

Pantai bagian kiri memiliki garis pantai dan pasir yang lebih luas dan bagian kanan memiliki pasir yang lebih sedikit, di bagian pantai ini banyak diberikan tembok batu untuk menghindari terjangan ombak.

Pantai Alue Naga mungkin tidak memiliki pasir yang putih, seputih beberapa pantai lainnya yang ada di Aceh. Namun, kita akan merasakan sensasi yang berbeda di pantai ini, terutama pada waktu sore menjelang senja. Pantai ini terkenal juga sebagai “Pantai Galau” di kalangan mahasiswa/i Unsyiah. Suasana tentram, damai, dan semilir angin di pantai ini lah yang mungkin dapat membuang semua kegalauan itu.

Bukan hanya bergalau. Banyak hal bisa kita lakukan di pantai ini. Sore hari menjelang senja akan terlihat anak-anak muda bermain bola di tepi pantai. Di sepanjang tembok batu buatan kita juga bisa melihat para pemancing yang memainkan kailnya atau kita juga bisa mencoba memancing sendiri.

Fasilitas

Pengunjung pantai ini ada juga yang tujuannya sekedar bersantai, berkumpul dan bercengkrama bersama sahabat ataupun keluarganya. Duduk ditepian pantai sambil menikmati makanan ringan dan air kelapa muda, ah segarnya. Makanan dan minuman bisa dibeli di warung dan kios yang ada di dekat pantai. Di sana dijual berbagai aneka makanan dan minuman. Para pengunjung juga sering membawa makanan sendiri.

Selain itu, pantai ini juga sering menjadi lokasi tujuan organisasi-organisasi kampus sebagai lokasi pelatihan, outbond, gathering, dan sebagainya. Di dekat warung, kita bisa melihat kebun yang ditanami pohon naga.

Hangatnya Sunset Alue Naga

Ada satu hal yang paling spesial dari pantai ini. Bagi anda para pecinta matahari terbenam (sunset) pantai ini adalah surganya pecinta sunset, menurut saya. Saya sering datang ke pantai ini untuk menantikan detik-detik terbenamnya matahari di ufuk barat. Yang perlu diperhatikan, jika ingin menikmati sunset di pantai ini lihat dulu kondisi langit harus benar-benar cerah.

Memang, di banda Aceh kita bisa menyaksikan detik-detik terbenamnya matahari dari berbagai pantai. Namun, menurut saya lokasi terbaik ada di sini, mungkin karena jarak pandang ke arah barat lebih jauh dan pegunungan yang ada di bagian baratnya tidak terlalu tinggi sehingga tidak menghalangi, namun dapat memberi kesan pemandangan yang lebih indah. Detik detik beralihnya langit dan laut biru menjadi kuning kemerahan sangat sayang sekali untuk dilewati.

Sunset Alue Naga memang sudah diakui keindahannya. Tak heran jika banyak pengunjung yang datang sudah mempersiapkan kamera untuk mengabadikan momen ini, membuat siluet dari tubuh mereka dibalik sinar matahari dan berfoto.

 

Pesisir Pantai Alue Naga - Aceh : Pantai Alue Naga – Banda Aceh
Warung Tempat Bersantai Di pantai Alue Naga - Aceh : Pantai Alue Naga – Banda Aceh

Kumpulan Gambar dari posting tentang Pantai Alue Naga – Banda Aceh

Ada 6 potret di dalam Pantai Alue Naga – Banda Aceh posting. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 6 potret high-res.

Pantai Alue Naga, Banda Aceh - Aceh : Pantai Alue Naga – Banda AcehPesisir Pantai Alue Naga - Aceh : Pantai Alue Naga – Banda AcehSuasana Pesisir Pantai Alue Naga - Aceh : Pantai Alue Naga – Banda AcehSunset Indah Pantai Alue Naga - Aceh : Pantai Alue Naga – Banda AcehWarung Tempat Bersantai Di pantai Alue Naga - Aceh : Pantai Alue Naga – Banda AcehPantai Alue Naga Kota Banda Aceh - Aceh : Pantai Alue Naga – Banda Aceh

Apa pendapatmu tentang Pantai Alue Naga – Banda Aceh

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Alue Naga – Banda Aceh Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Teluk Bima, Sumbawa – NTB
Laut flores di sebelah utara, selat Sape di sebelah timur dan  Samudera Hindia ...

Kepulauan Seribu, DKI Jakarta
Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu adalah sebuah kabupaten administrasi di DKI Jakarta. Wilayahnya meliputi gugusan ...

Pantai Namalatu, Pantai Santai
Ambon tidak akan pernah bosan menawarkan kemolekan alam tropis pada tiap wisatawan. Tidak ...

Pantai Camplong Madura
Satu lagi Kawasan wisata yang indah di Madura, yaitu Pantai Camplong. Kawasan wisata ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Minajaya, Sukabumi – Jawa B
Pulau Bangka – Sumatera selatan
Pulau Kenawa, Sumbawa – NTT
Pantai Jolosutro Blitar
Pulau Angso Duo, Pariaman – Sumatera B
Pantai Tropical, Sumbawa – NTB
Pantai Torowamba, Sumbawa – NTB
Pantai Balian, Jembrana – Bali

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.