Pantai Pusong, Sangkalan – Aceh

Rating: 88 out of 100, by 116 users
sebagian nelayang di pantai pusong - Aceh : Pantai Pusong, Sangkalan – Aceh

Pantai Pusong Sangkalan berjarak 3 Km (tiga kilometer) dari Kota Blangpidie Ibu Kota Kabupaten Aceh Barat Daya, Pantai Pusong Sangkalan berhadapan dengan Samudera Hindia masih sangat asri dan bersih, pasirnya yang bersih dan agak kasar.

Nama Pusong digunakan karena di Samudera Hindia dengan jarak 1 KM dari bibir pantai tertadapat “Pusong” (Pulau Gosong). Sangkalan adalah nama wilayah kemukiman dimana Pantai itu berada. Selain nama tersebut, pantai ini dikenal juga dengan nama Pantai Bali. Nama pantai Bali sebenarnya bukan nama yang resmi, menurut penduduk setempat banyak menyebutkan karena keindahan pantai tersebut tidak kalahnya dengan keindahan Pantai di Bali.

Ada juga pendapat mengatakan karena ketika pertama sekali dibuka sebagai kawasan wisata, banyak wisatawan manca Negara yang datang menikmati keindahan pantai dengan bermain selancar dan berjemur ria dengan mengunakan bikini yang dinggap tabu oleh masyarakat setempat, mereka tidak ingin Pantai Pusong Sangkalan dijadikan sebagai kawasan wisata seperti di Bali yang sangat bebas dan merusak tatanan budaya setempat

Pantai Pusong Sangkalan berhadapan dengan Samudera Hindia masih sangat asri dan bersih, pasirnya yang bersih dan agak kasar. Ombaknya yang besar sangat menantang untuk bermain selancar. Air lautnya yang biru sangat indah dan membuat mata betah berlama-lama memandang lautan lepas yang tak bertepi itu. Kebesaran Tuhan semakin dahsyat ketika kita di senja hari menikmati indahnya sunset, mata kita dibuat tak akan lepas menatap matahari yang masuk kedalam air inchi demi inchi.

panorama wisata pantai Pusong - Aceh : Pantai Pusong, Sangkalan – Aceh
suasana senja - Aceh : Pantai Pusong, Sangkalan – Aceh

Kalau anda mengunjungi pantai ini dipagi hari jam 6.00 sampai dengan jam 10.00 WIB, anda akan berkesempatan melihat nelayan tradisional yang sedang Tarek Pukat (menjaring ikan dengan pukat yang ditarik dari laut ke darat). Sebuah tontonan yang menarik juga melihat dua kelompok nelayan yang menarik masing-masing ujung pukat ke daratan. Kelompok nelayan yang berjumlah 10 sampai 15 orang ini manarik pukat sambil mengeluarkan suara-suara teriakan kecil dan melantunkan syair-syair yang sangat indah.

Pulau Pusong Sangkalan adalah pulau kecil seluas 1 KM2 yang dulunya hanyalah daratan kecil yang gersang dan dikelilingi hamaparan karang yang sangat indah. Hamparan karang dua kali lebih luas dari daratannya dan bila air sedang surut kita bisa berjalan diatasnya dengan air setinggi lutut. Menjalajahi hamparan karang yang sangat indah membuat kita bisa melupakan waktu, kita bisa melihat ikan-ikan karang yang beraneka warna dan bentuk, belum lagi kalau kita menyelam, sungguh akan menemukan taman laut yang sangat luas dan indah dan tentunya masih perawan. Untuk mencapai pulau tersebut saat ini tidak ada angkutan khusus kesana, anda bisa menumpang perahu atau menyewa satu perahu motor sekitar Rp 300.000 /hari.

Galeri dari posting tentang Pantai Pusong, Sangkalan – Aceh

Ada 4 potret di dalam Pantai Pusong, Sangkalan – Aceh posting. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 4 potret high-res.

sebagian nelayang di pantai pusong - Aceh : Pantai Pusong, Sangkalan – Acehsuasana senja - Aceh : Pantai Pusong, Sangkalan – Acehpanorama wisata pantai Pusong - Aceh : Pantai Pusong, Sangkalan – Acehpantai Pusong - Aceh : Pantai Pusong, Sangkalan – Aceh
Diposting pada 28 June 2014 - Oleh tanzil - Kategori Aceh.
Tag: Pantai Pulau Pusong, Pantai Pusong, Informasi Pantai Pusong, wisata alam, wisatawan, wisata pantai, pantai bali .

Apa pendapatmu tentang Pantai Pusong, Sangkalan – Aceh

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Pusong, Sangkalan – Aceh Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Sili, Sumbawa – N
Sumbawa memiliki banyak tempat eksotis, dan tempat-tempat tersebut belum merupakan destinasi unggulan, karena ...

Pantai Melayu, Batam – Kepul
Jika kita berbicara tentang wisata bahari, mungkin sudah banyak orang-orang di dunia ini ...

Pantai Lampuuk, Aceh Besar
Pantai Lampuuk merupakan salah satu primadona wisata Aceh Besar. Pantai ini selalu ramai ...

Pantai Ujung Batee di Aceh yan
Pantai Ujung Batee cenderung ramai dikunjungi pada pagi hari, dan ombaknya yang lembut ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Tanjung Dewa, Tanah Laut – Kali
Wisata ke Pulau Tidung Kepulauan Seribu
Pantai Padang – Padang Bali 20 Bes
Pantai Teluk Uber di Bumi Laskar Pelangi
Pantai Bingin, Badung – Bali
Gili Kondo, Lombok – NTB
Pantai Ngantep, Malang – Jawa Timur
Wisata Pantai Lasiana, Kupang – NT

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.