Pantai Reklamasi Pusong, Lhokseumawe – Aceh

Rating: 82 out of 100, by 65 users
Pesisir Pantai Reklamasi pusong - Aceh : Pantai Reklamasi Pusong, Lhokseumawe – Aceh

Pantai Reklamasi Pusong yang berada di kota bagian utara Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, yakni Lhokseumawe. Kota ini memang tidak terlalu besar, tapi cukup banyak menyimpan keindahan alam yang tiada tara. Akan tetapi, rata-rata kebanyakan dari tempat wisata yang ada disini tidak begitu dikenal oleh banyak orang karena memang jarang terekspos. Contohnya Pantai Reklamasi Pusong ini.

Lokasi dan Transportasi

Untuk menuju ke pantai reklamasi pusong ini, anda terlebih dahulu harus menuju ke pulau pusong. Akses untuk menuju ke Pulau pusong ini sendiri pun sampai sekarang masih cukup sulit. Anda hanya bisa menggunakan perahu atau menyewa speedboat untuk menuju ke pulau pusong ini jika anda dari Lhokseumawe.

Jika anda dari Lhokseumawe, anda terlebih dahulu harus menggunakan angkutan kota atau yang biasa disebut labi-labi oleh masyarakat aceh ini untuk menuju ke pinggiran laut. Tarif dari labi-labi ini berkisar antara Rp 2.000 – Rp 3.000 per orang nya.

Lalu, setelah anda sampai di pinggir atau tepian laut, anda bisa menyebrang ke pulau pusong dengan menggunakan jasa perahu yang tersedia di pinggiran atau tepian laut itu. Atau anda juga bisa menggunakan jasa sewa speedboat.

Untuk menyewa speedboat ini sehari penuh, diperlukan biaya yang cukup besar, yaitu sekitar Rp 300.000. cukup mahal memang, namun mau tidak mau anda harus menyewa speedboat ini untuk menuju ke pantai reklamasi pusong ini dan juga untuk keamanan dan kenyamanan anda selama di perjalanan. Karena resiko kecelakaan menggunakan speedboat lebih kecil dari pada menggunakan perahu biasa.

Disekitar pantai reklamasi pusong ini, tidak terdapat tempat makan, jadi jika anda merasa lapar, anda harus menyeberang kembali ke tepian laut Lhokseumawe. Karena disanalah yang tersedia berbagai macam warung makan, yang tentunya makanan khas daerah aceh. Danterdapat juga beberapa warung oleh-oleh khas daerah aceh di daerah tersebut

pantai reklamasi pusong - Aceh : Pantai Reklamasi Pusong, Lhokseumawe – Aceh

Wisata

Pulau Pusong hanyalah sebuah pulau kecil, pulau ini di kelilingi oleh hamparan karang-karang yang indah, akan tetapi daratannya termasuk tanah yang gersang. Luas hamparan karangnya malah dua kali lebih besar dari luas pulau itu sendiri, anda bisa melihatnya sendiri saat air laut sedang surut, tinggi airnya juga hanya jadi sebatas lutut. Penduduk di pulau ini lumayan banyak, ada sekitar 8000 jiwa untuk sebuah pulau yang luasnya tak lebih dari 6 hektar.

Sebenarnya, dulu pulau ini lumayan luas, tapi karena adanya abrasi air laut, dan sering terjadinya pengerukan pasir untuk dijual, menyebabkan pantai dan juga pulau pusong ini tidak seluas ukurannya dulu, saat masih alami. Pantai yang berada di pulau pusong inilah yang dinamakan dengan Pantai Reklamasi Pusong.

Pemandangan yang di suguhkan disini juga sangat indah, anda bisa merasakan segarnya udara laut dan juga bisa memandang laut lepas yang terhampar bebas di depan mata anda, benar-benar indah bukan. Anda juga bisa melihat pemandangan bukit-bukit yang merupakan bagian dari bukit barisan.

Pantai ini tidak begitu ramai di kunjungi oleh masyarakat sekitar, karena mungkin harus menyebrangi laut dulu dari kota Lhokseumawe. Maka, hal itulah yang membuat sebagian orang jarang datang ke pantai ini, padahal pantai ini tidak kalah indah dari pantai-pantai lainnya, pasirnya juga lembut, meski memang ada beberapa tempat yang di kerubungi oleh karang, tapi justu karang-karang itu membuat pemandangan alam yang ada di sepanjang pesisir pantai reklamasi pusong jadi lebih memukau.

Tips

1. Pantai Reklamasi Pusong ini terletak di sebuah pulau kecil bernama Pusong, dan tentu saja untuk menyeberang harus menggunakan kapal, jadi jika anda memutuskan untuk berangkat pada pagi hari, maka sebelum berangkat, ada baiknya anda membeli makan siang atau bisa membawa dan menyiapkannya sendiri dari rumah anda, karena belum tentu di tempat ini ada orang menjual makanan.

2. Jangan lupa untuk mengecek lagi barang bawaan anda. Pastikan bahwa keperluan anda sudah lengkap semuanya, dan pastikan juga anda membawa pelampung untuk berjaga-jaga, karena belum tentu disana ada yang menyediakan penyewaan pelampung.

3. Bagi anda yang takut kulit anda terbakar saat berenang, lebih baik anda membawa sunblock atau krim pelindung kulit dari sengatan cahaya matahari lainnya, karena anda tahu sendiri kalau Indonesia adalah Negara tropis, jadi pasti cuacanya lumayan panas.

4. Bagi anda yang datang bersama teman-teman, ada caranya jika anda ingin berlibur secara hemat, anda tidak perlu tinggal di penginapan, anda tinggal berkemah saja di daerah sekitar pantai, malamnya anda bisa menikmati api unggun sembari melihat keindahan laut di malam hari, pemandangan langit di kala malam hari juga tak kalah indahnya. Dan ini akan membuat liburan anda semakin menyenangkan.

5. Sebenarnya, ada baiknya jika anda datang ke pantai ini saat air laut sedang surut, karena pasti anda bisa mencari kerang-kerang yang terseret oleh air laut ke pantai ini, atau anda bisa menemukan karang yang bagus untuk menjadi hiasan akuarium anda dirumah, tapi ingat jangan karang yang masih hidup ya, karna itu adalah pelanggaran, carilah yang sudah mati.

Galeri foto dari artikel tentang Pantai Reklamasi Pusong, Lhokseumawe – Aceh

Ada 2 foto di dalam Pantai Reklamasi Pusong, Lhokseumawe – Aceh artikel. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 2 foto high-res.

Pesisir Pantai Reklamasi pusong - Aceh : Pantai Reklamasi Pusong, Lhokseumawe – Acehpantai reklamasi pusong - Aceh : Pantai Reklamasi Pusong, Lhokseumawe – Aceh

Apa pendapatmu tentang Pantai Reklamasi Pusong, Lhokseumawe – Aceh

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Reklamasi Pusong, Lhokseumawe – Aceh Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Kepulauan Wayag, Raja Ampat &#
Saat ini Indonesia Khususnya Papua mempunyai tujuan wisata baru yang sedang menjadi incaran ...

Raja Ampat yang Mempesona
Sejumlah turis tampak asyik bersantap dan mengobrol santai sambil memandang lepas ke arah ...

pantai Bakaro, Papua Barat
Desa Bakaro pada dasarnya adalah semak-semak yang jarang ditempati oleh masyarakat. Namun sejak ...

Pantai Salira di Serang Banten
Dahulu banyak orang menyebut Pantai Salira Indah sebagai Marina Ancol-nya Banten. Karena pantai ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Plengkung Banyuwangi “The S
Pantai Ketaping, Kota Pariaman – Sumat
Pantai Santolo Garut
Pantai Kemala Balikpapan – Tempat
Pantai Teluk Makmur, Dumai – kepulauan
Pantai Randusanga Indah, Brebes – Jawa
Pantai Pasir Panjang, Singkawang –
Taman Wisata 17 Pulau, Riung – Flores

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.