Pantai Sawang, Lhokseumawe – Aceh

Rating: 86 out of 100, by 129 users
Pantai Sawang - Aceh : Pantai Sawang, Lhokseumawe – Aceh

Pantai Sawang – berada di sebuah kota di Provinsi Nangroe Aceh Darussalam yakni Kota Lhokseumawe, kota ini memiliki banyak pantai yang sangat indah. Itu adalah salah satu keuntungan dari kota Lhokseumawe yang berada di ujung pulau sumatera.

Akan tetapi ada hal buruknya juga, seperti yang sudah kita ketahui, bencana alam seperti tsunami itulah yang ditakutkan. Tapi tenang saja, keindahan pantai-pantai yang ada di kota Lhokseumawe tidak semuanya luntur, contohnya saja Pantai Sawang ini.

Lokasi dan Transportasi

Pantai sawang ini, letaknya tidak terlalu jauh dari kota Lhokseumawe. Pantai sawang ini berada di Desa Sawang, atau lebih tepatnya tepat nya pantai sawang ini berjarak kira-kira kurang lebih 29 kilometer dari pusat kota Lhokseumawe, Kecamatan Samudera. Dengan waktu tempuh kurang lebih sekitar satu jam perjalanan menggunakan mobil.

Untuk menuju ke pantai sawang ini, anda bisa bebas memilih ingin menggunakan alat transportasi yang anda inginkan. Anda bisa menggunakan kendaraan sendiri, dan anda juga bisa menggunakan angkutan umum atau kendaraan umum.

Pantai sawang ini terletak di pusat desa Sawang, dan untuk menuju ke pantai sawang ini sangatlah mudah. Karena lokasi atau letaknya berada di tepi jalan raya. Yaitu Jalan Raya Sawang menuju Selat Beliah. Jika anda menggunakan kendaraan sendiri dan jika anda berangkat dari Lhokseumawe, anda membutuhkan waktu kurang lebih sekitar satu jam perjalanan untuk mencapai lokasi dari pantai sawang ini.

Jika anda menggunakan kendaraan umum, anda bisa menggunakan angkutan kota atau yang sering disebut labi-labi oleh masyarakat aceh. Anda bisa menggunakan angkutan kota atau labi-labi yang datang dari arah tanjung batu, labi-labi itu akan melintasi lokasi pantai sawang ini. Biaya yang harus anda keluarkan untuk membayar jasa labi-labi ini kurang lebih sekitar Rp 2.000 – Rp 3.000*) per orang nya.

Hamparan Pasir Di Pesisir Pantai Sawang - Aceh : Pantai Sawang, Lhokseumawe – Aceh
Suasana Senja Di Pantai Sawang - Aceh : Pantai Sawang, Lhokseumawe – Aceh

Selain menggunakan labi-labi, ada juga bisa menggunakan kendaraan umum lainnya, seperti taksi. Untuk taksi, anda bisa menemukan nya di daerah tanjung batu, untuk biaya taksi itu tergantung dari jarak tempuh kita, karena taksi ini menggunakan argometer.

Wisata

Pantai sawang adalah pantai yang sangat indah, dan garis pantai ini juga termasuk panjang untuk ukuran pantai-pantai yang biasanya. Airnya memang tidak sejernih air laut biasanya, dan pasirnya juga berwarna kecoklatan, tapi hal itu tidak mengurangi keindahan panorama Pantai Sawang ini.

Pantai ini banyak menarik minat dari para wisatawan, baik wisatawan nasional, maupun internasional, mereka kagum melihat keindahan pantai sawang yang bentuknya seperti mangkuk, atau setengah lingkaran ini.

Para wisatawan paling sering berkunjung jika matahari mulai terbenam, inilah momen-momen yang paling banyak di tunggu-tunggu sebagian besar pengunjung pantai sawang, karena katanya pada saat sunset, mataharinya terlihat seolah-olah terbenam lurus di ujung Pantai Sawang.

Maka dari itu, banyak muda-mudi yang nongkrong di Pantai ini setiap sorenya, padahal ada saja yang selalu datang setiap hari, namun itu tetap tidak membuat mereka bosan untuk mengunjungi pantai ini.

Pemandangan lain yang bisa kita lihat adalah beberapa aktifitas dari warga setempat yang berada di sekitar perairan Pantai Sawang, karena sebagian besar penduduk desa sawang bermata pencaharian sebagai nelayan, ikan yang sering ditangkap pun tidak tanggung-tanggung lagi, sangat banyak dan ukurannya juga lumayan besar. Jika anda ingin membeli ikan, lebih baik langsung beli dari nelayannya, siapa tau akan sedikit lebih murah.

Ramainya pantai ini, membuat beberapa penduduk setempat membuka lahan kecil-kecilan di areal sekitar Pantai, seperti menjual makanan ringan, jajanan pasar, minuman, dan makanan olahan asli desa ini, yaitu telur asin bebek desa sawang.

Anda bisa mencicipinya sembari menikmati pemandangan di pantai, karena telur asin khas desa sawang ini hanya di jual disini. Jadi, anda tak perlu takut merasa lapar ketika tengah bersantai di pantai ini. Sudah banyak pedagan makanan yang siap untuk memanjakan lidah anda dengan beberapa kuliner khas desa Sawang.

Tips

1. Anda memang bisa berjemur di pantai sawang ini, tetapi bukan berarti resiko terbakar matahari bisa terjadi. Jadi siapkan sunblock untuk mencegah kulit anda terbakar sinar matahari. Apalagi, cuaca di Lhokseumawe tergolong panas.

2. Pastikan bawaan anda lengkap dan tidak berlebihan juga. Karena akan memberatkan bawaan anda ketika berwisata. Otomatis, makin banyak barang bawaan yang harus anda jaga.

3. Jika anda tidak bisa berenang, namun ingin bermain air di pantai ini, sebaiknya bawalah pelampung sendiri. Apalagi jika pantai sedang ramai, terkadang anda tidak kebagian untuk menyewa pelampung yang hanya sedikit.

4. Nah, satu lagi, ada baiknya jika anda makan dulu sebelum berenang, untuk menghindari masuk angin dan juga kram perut. Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati?

5. Datanglah agak sore. Setelah anda puas bermain di pantai, anda juga bisa melihat indahnya sunset dari pantai sawang ini.

Begitu banyak potensi alam yang indah di kota Lhokseumawe ini. Jadi, jika anda berlibur ke kota Lhokseumawe, jangan lewatkan tempat menarik yang satu ini, tidak ada salahnya anda mampir dan bersantai di pantai ini, keindahan alam memang tidak bisa di tandingi.

 

Galeri dari cerita tentang Pantai Sawang, Lhokseumawe – Aceh

Ada 5 gambar di dalam Pantai Sawang, Lhokseumawe – Aceh cerita. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 5 gambar high-res.

Keindahan Perairan Pantai Sawang - Aceh : Pantai Sawang, Lhokseumawe – AcehPantai Sawang - Aceh : Pantai Sawang, Lhokseumawe – AcehPesona Pantai Sawang - Aceh : Pantai Sawang, Lhokseumawe – AcehSuasana Senja Di Pantai Sawang - Aceh : Pantai Sawang, Lhokseumawe – AcehHamparan Pasir Di Pesisir Pantai Sawang - Aceh : Pantai Sawang, Lhokseumawe – Aceh
Diposting pada 18 July 2014 - Oleh tanzil - Kategori Aceh.
Tag: pasir, nelayan, Lokasi Sawang, Foto Sawang, Wisata Alam Pantai Sawang, kawasan Sawang, Informasi Sawang .

Apa pendapatmu tentang Pantai Sawang, Lhokseumawe – Aceh

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Sawang, Lhokseumawe – Aceh Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Kondang Bandung, Malang
Pantai Kondang Bandung merupakan salah satu pantai cantik yang tersembunyi di Kabupaten Malang ...

Tanjung Bajau Beach, Singkawan
Kota Singkawang akan memiliki objek wisata baru. Pihak swasta akan mengelola lokasi wisata ...

Pantai Bozihona, Nias –
Pulau Nias, berbicara tentang pulau ini tentunya kita telah mengetahui bahwa pulau yang ...

Pantai Widarapayung Cilacap
Pantai Widarapayung merupakan sebuah pantai yang terletak di Desa Widarapayung, Kecamatan Binangun, Kabupaten ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Pulau Peucang Ujung Kulon
Pantai Matras di Pulau Bangka Belitung
Pantai Paradiso, Sabang – Sumatera Uta
Pantai Wedhi Ireng, Blitar – Jawa Timu
Pantai Soka, Tabanan – Bali
Pantai Jumiang, Madura – Jawa Timu
Pantai Balat, Sumbawa – NTB
Pulau Berhala, Sumatera Utara

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.