Pantai Ujung Batee di Aceh yang Menawan

Rating: 91 out of 100, by 96 users
perahu nelayan di pantai ujung batee - Aceh : Pantai Ujung Batee di Aceh yang Menawan

Pantai Ujung Batee cenderung ramai dikunjungi pada pagi hari, dan ombaknya yang lembut bergulung saling menyusul namun relatif tenang, menjadikannya tempat favorit pilihan para orang tua untuk membawa anak-anaknya berenang di sini. Jaraknya tak jauh dari Kota Banda Aceh, hanya 20 menit bila ditempuh dengan kendaraan pribadi, Dalam perjalanan menuju pantai ini, pengunjung melihat benteng Indra Parta yang merupakan salah satu benteng peninggalan bersejarah. Selain itu, pemandangan sepanjang jalan juga asri, tak ramai & berpolusi.

Kendaraan umum pun melewati lokasi pantai ini.asirnya yang landai dan berpasir hitam membuat anak-anak paling asyik membuat istana pasir dan berlama-lama bermain kejar-kejaran ombak. Di beberapa titik pantai Ujung Batee yang memanjang masih bisa terlihat sisa-sisa peninggalan benteng Indra Parta yang sudah terendam air laut.

Setelah tsunami, pantai ini menjadi sedikit unik. Bila berjalan menuju arah laut, maka semakin lama pasti akan semakin dalam. Tapi, di pantai ini, ada bagian di mana bila berjalan menuju arah laut, semakin dangkal air nya. Bukan berarti semakin menuju laut semakin dangkal hanya sebagian saja (jarak dangkalnya sekitar 200 meter saja)

Ini secara tak langsung menunjukkan bahwa pantai tersebut mengalami abrasi, pengikisan secara perlahan namun pasti. Menikmati matahari pagi sambil bersantai di kerimbunan beberapa pohon pantai yang masih bertahan dari terjangan tsunami dua tahun lalu, terasa menenangkan hati. Anginnya yang semilir makin membuai perasaan yang nyaman memandang birunya langit dan lautan.

Pantai Ujung Batee ini berlokasi di Kecamatan Mesjid Raya, Banda Aceh. Pantai ini sering dikunjungi saat weekend maupun hari libur karena lokasi nya yang tak terlalu jauh dari kota Banda Aceh (yaitu sekitar 17 km atau sekitar 20-30 menit bila menggunakan kendaraan pribadi). Pantai ini akan lebih ramai dikunjungi pada pagi hari (bukan berarti sepi di siang atau sore hari) sebab pemandangan matahari terbit (sunrise) saat indah.

Dalam perjalanan menuju pantai ini, pengunjung melihat benteng Indra Parta yang merupakan salah satu benteng peninggalan bersejarah. Selain itu, pemandangan sepanjang jalan juga asri, tak ramai & berpolusi.

Setelah tsunami, pantai ini menjadi sedikit unik. Bila berjalan menuju arah laut, maka semakin lama pasti akan semakin dalam. Tapi, di pantai ini, ada bagian di mana bila berjalan menuju arah laut, semakin dangkal air nya. Bukan berarti semakin menuju laut semakin dangkal ya!! hanya sebagian saja (jarak dangkalnya sekitar 200 meter saja).

Awalnya saya terkaget-kaget melihat sekelompok orang bermain sepak bola di tengah lautan, saya pikir ada dibangun sebuah tembok atau pembatas di sekitar situ agar mereka bisa bermain bola, tapi setelah bertanya ke orang sekitar, ternyata itu adalah gundukan pasir yang bergeser dari pinggir pantai.

Lalu, karena penasaran, saya mencoba berjalan menuju gundukan pasir.. memang awalnya semakin dalam (bahkan dalamnya sekitar 120-130meter) namun perlahan-lahan semakin dangkal dan tiba lah saya ke tempat gundukan tersebut. Rasanya seperti berjalan di atas air..hehehehe..

Tapi setelah itu, jangan coba-coba berjalan terlalu jauh ya..sebab bisa tenggelam. Konon katanya, setelah gundukan tersebut, ada pasir hidup yang siap mengisap..

ujung batee - Aceh : Pantai Ujung Batee di Aceh yang Menawan
perahu nelayan di pantai ujung batee - Aceh : Pantai Ujung Batee di Aceh yang Menawan

Sepanjang jalan dari Ujong Batee ke Banda Aceh, terlihat Kedai-kedai desa yang buka maupun telah tutup. Hanya satu dua orang pria duduk sambil merokok di depannya.

ada tempat namanya Restoran Ujung Batee,
di Jl. Raya Krueng Raya Km 20,pinggir pantai Ujung Batee,
yang menjual makanan udang, ikan bakar,dll.
dari sana , …view nya sangat bagus sambil santai menghadap pantai Ujung batee

Galeri dari cerita tentang Pantai Ujung Batee di Aceh yang Menawan

Ada 7 gambar di dalam Pantai Ujung Batee di Aceh yang Menawan cerita. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 7 gambar high-res.

pantai ujung batee - Aceh : Pantai Ujung Batee di Aceh yang Menawanpantai ujung batee pasir putih - Aceh : Pantai Ujung Batee di Aceh yang Menawanpantai ujung batee - Aceh : Pantai Ujung Batee di Aceh yang Menawanperahu nelayan di pantai ujung batee - Aceh : Pantai Ujung Batee di Aceh yang Menawansunset ujung batee - Aceh : Pantai Ujung Batee di Aceh yang Menawansunset di pantai ujung batee - Aceh : Pantai Ujung Batee di Aceh yang Menawan

Apa pendapatmu tentang Pantai Ujung Batee di Aceh yang Menawan

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Ujung Batee di Aceh yang Menawan Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Jelangkung, Malang –
Pantai Jelangkung adalah sebuah pantai di pesisir selatan Pulau Jawa yang secara administratif berada di ...

Pulau Asu, Nias – Sumatera U
Pulau Nias, mungkin yang pertama kali ada di benak Anda ketika mendengar nama ...

Pantai Sadranan Menakjubkan di
Pantai Sadranan berada di daerah Wonosari, Gunung Kidul, +/- 70km dari Jogjakarta. Jalur ...

Pantai Wediawu, Malang – Jaw
Lokasi Pantai Wediawu adalah sebuah pantai di pesisir selatan yang terletak di tepi Samudera Indonesia masih ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Batu Sulung dan Desa Karduluk, Su
Pantai Cermin Ulee Lheue – Banda Aceh
Pantai Purwahamba yang Teduh dan Indah K
Pantai Tidung Kepulauan Seribu
Pantai Natsepa Ambon
Pantai Angsana, Tanah Bumbu – Kali
Pantai Pasir Putih Parbaba, Danau Toba &
Pantai Wedhi Ireng, Blitar – Jawa Timu

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.