Pantai Ujong Blang, Lhokseumawe – Aceh

Rating: 85 out of 100, by 136 users
pantai ujong blang saat ramai pengunjung - Aceh : Pantai Ujong Blang, Lhokseumawe – Aceh

Pantai Ujong Blang – Pernahkah anda mendengar nama dari pantai ini ? Ujong Blang adalah pantai yang menjadi kebanggaan masyarakat Lhokseumawe. Pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, baik dari wisatawan lokal maupun wisatawan asing karena panorama yang dihadirkan mampu membuat anda terpesona.

sunset di pantai ujong blang - Aceh : Pantai Ujong Blang, Lhokseumawe – Aceh
hamparan pasir pantai ujong blang - Aceh : Pantai Ujong Blang, Lhokseumawe – Aceh

Pada tahun 2012 lalu, Pantai Ujong Blang ini diresmikan sebagai salah satu destinasi wisata oleh Kementrian Pariwisata RI. Hanya saja, pantai yang telah lama dijadikan tujuan rekreasi masyarakat Lhokseumawe, Aceh Utara, dan wilayah tengah Aceh ini, masih terlihat polos tanpa tambahan infrastuktur penunjang. Hanya jejeran pesangarahan kecil yang dibangun oleh warga sekitar untuk tempat meraup untung dari pengunjung pantai.

Lokasi, Transportasi dan Retribusi

Pantai Ujong Blang ini terletak sekitar tiga kilometer ke utara kota Lhokseumawe. Tepatnya di Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe. Pantai ini memiliki garis pantai yang panjang, bahkan sampai ke empat wilayah desa, yaitu desa Ujong Blang, desa Ulee Jalan, desa Hagu Barat Laut dan desa Hagu Tengah.

Jika anda tertarik untuk menikmati objek wisata pantai satu ini, maka anda dapat menuju ke pantai ini dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun dengan menggunakan kendaraan becak motor.

Jika anda menggunakan kendaraan pribadi, maka dari pusat kota anda dapat langsung menuju ke jalan Iman, terus saja mengikuti alur jalan iman ini yang mengarah ke utara kota, sampai akhirnya anda akan masuk ke jalan samudera. Terus saja mengikuti jalan samudera ini , maka anda akan tiba di bibir pantai. Jika sudah berada di bibir pantai, anda dapat belok ke kiri. Tidak jauh berjalan di depan maka anda akan tiba di lokasi pantai Ujong Blang ini.

Jika anda akan menggunakan kendaraan becak motor, maka anda tinggal memberi tahu sopir kendaraan untuk menuju ke pantai Ujong Blang ini, maka sopir akan segera mengantarkan anda ke lokasi ini dengan lebih cepat. Tarif yang di pasang becak motor ini sekitar Rp.15.000.

Untuk masuk ke area pantai Ujong Blang ini, maka pengunjung akan dikenakan tiket masuk. Jika pengunjung datang kesini pada waktu lebaran, maka harga tiket masuk pun akan naik. Seperti tiket masuk untuk sepeda motor, saat lebaran akan dikenakan biaya sebesar Rp.5.000, sedangkan untuk mobil pribadi akan dikenakan tiket sebesar Rp.10.000, jika pengunjung datang berombongan maka akan dikenakan biaya tiket sekitar Rp.15.000 sampai Rp.20.000.

Di pantai ini terdapat pula berbagai wahana permainan yang disewakan oleh penduduk sekitar pantai. Pengunjung dapat menyewa ban jika ingin bermain air di pantai. Harga sewa ban ini untuk ukuran ban besar sekitar Rp.10.000 sedangkan untuk ban kecil di pasang tarif sekitar Rp.3.000 untuk waktu sewa selama 1 jam. Selain itu pengunjung dapat pula menyewa boat warga untuk berkeliling sekitar wilayah pantai ini.

Wisata

Pantai Ujong Blang merupakan pantai yang sangat terkenal di bagian kota Lhokseumawe ini. Di beri nama pantai Ujong Blang karena di pantai itu terdapat desa yang bernama desa Ujong Blang.

Jika di artikan dalam bahasa Aceh, maka kata ujong memiliki arti ujung, sedangkan kata blang memiliki arti hamparan kebun kosong. Jika di artikan lagi maka berarti dahulunya daerah Lhokseumawe merupakan daerah ujung, dengan wilayah yang merupakan rawa dan areal tanah kosong.

Pantai Ujong Blang ini terkenal dengan pantai nya yang indah. Di depan pantai terhampar lautan Samudera Hindia yang terlihat berwarna biru menyejukkan pikiran, dengan deburan ombaknya yang tenang. Pasir pantai yang putih dan lembut sering pula digunakan oleh pengunjung untuk bermain, seperti membenamkan badan di dalam pasir atau membuat rumah rumahan pasir.

Selain itu pengunjung dapat pula menikmati terbenamnya matahari atau bahkan menunggu terbitnya matahari. Pemandangan yang indah ini sering ditunggu tunggu oleh pengunjung yang datang ke lokasi pantai ini.

Pengunjung dapat pula melihat kegiatan nelayan sehari seharinya di tempat ini, karena memang di lokasi pantai ini masyarakat setempat kebanyakkan bermata pencarian sebagai nelayan. Jika pengunjung ingin memancing, maka pengunjung pun dapat pula memancing ikan di pantai ini.

Pengunjung tidak perlu khawatir jika kelaparan di pantai ini, karena terdapat banyak warung warung penjual yang menjual berbagai macam makanan dan minuman yang tersebar di sepanjang pantai Ujong Blang ini.

Di warung ini pengunjung dapat membeli berbagai aneka jus ataupun air kelapa muda. Makanan yang spesial di pantai Ujong Blang adalah rujak Aceh. Rujak Aceh merupakan menu yang paling laris dicari oleh wisatawan yang berkunjung kesini. Karena selain rasanya yang khas, harganya pun relatif murah.

Tidak ada harga sewa tetap yang di pasang pemilik boat, pengunjung dapat tawar menawar harga, semakin pengunjung pandai menawar maka semakin murah pula harga sewa yang diberikan. Jika pengunjung datang kesini pada hari hari libur atau hari besar, biasanya banyak pemuda masyarakat sekitar yang menyediakan permainan lempar gelang dengan hadiah yang cukup lumayan.

Lokasinya yang dekat dengan kota lhokseumawe membuat warga sangat mudah untuk mencari lokasi pantai tersebut. Dan bukan hanya masyarakat kota lhokseumawe dan aceh utara saja yang berkunjung, tetapi banyak juga warga daerah kabupaten lain yang ada di propinsi aceh.

Pantai ini selalu ramai di kunjungi para wisatawan. Jika anda berkunjung ke Aceh, maka tempat yang satu ini sangat sayang untuk di lewatkan. Apalagi ketika musim liburan tiba, anda juga bisa memainkan beberapa permainan di pantai ini.

Tips

  1. Bawalah penutup kepala seperti topi atau payung, karena letaknya yang dekat dengan laut sehingga membuat cuaca di pantai ini sangat panas. Bila perlu bawalah sunblock.
  2. Bawalah barang bawaan secukupnya, jangan sampai memberatkan perjalanan anda.
  3. Berhati hatilah saat bermain di area pantai, karena gelombang air laut terkadang tidak dapat di prediksi.
  4. Datanglah ke pantai ini pada pagi atau sore hari karena cuaca akan lebih nyaman untuk anda bersantai di pantai

 

Galeri foto dari informasi tentang Pantai Ujong Blang, Lhokseumawe – Aceh

Ada 5 foto di dalam Pantai Ujong Blang, Lhokseumawe – Aceh informasi. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 5 foto high-res.

hamparan pasir pantai ujong blang - Aceh : Pantai Ujong Blang, Lhokseumawe – Acehpantai ujong blang saat ramai pengunjung - Aceh : Pantai Ujong Blang, Lhokseumawe – Acehpantai ujong blang - Aceh : Pantai Ujong Blang, Lhokseumawe – Acehsaat senja di pantai ujong blang - Aceh : Pantai Ujong Blang, Lhokseumawe – Acehsunset di pantai ujong blang - Aceh : Pantai Ujong Blang, Lhokseumawe – Aceh

Apa pendapatmu tentang Pantai Ujong Blang, Lhokseumawe – Aceh

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Ujong Blang, Lhokseumawe – Aceh Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Pasir Kencana, Sumbawa
Pantai Kencana – Sumbawa memang sangat terkenal dengan keindahan alamnya, terutama keindahan alam ...

Pantai Bungus, Padang – Suma
Pantai Bungus merupakan daerah tempat dimana orang melepaskan lelah dari sibuk nya rutinitas ...

Pantai Karapyak, Ciamis – Ja
Ada sejumlah objek wisata pantai di Kabupaten Ciamis selain Pantai Pangandaran dan Pantai Batu ...

Pantai Namalatu, Pantai Santai
Ambon tidak akan pernah bosan menawarkan kemolekan alam tropis pada tiap wisatawan. Tidak ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Angsana, Tanah Bumbu – Kali
Pantai Melawai, Balikpapan – Kalim
Pantai Baloiya, Kota Banteng – Sul
Keindahan Pulau Rote tak kalah dengan Pu
Pantai Bukit Batu, Damar – Belitun
Pantai Kartini Jepara
Pantai Likupang, Bitung – Sulawesi
Pantai Pangandaran Daya Tarik Istimewa

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.