Pulau Batu Berlayar, Samadua – Aceh

Rating: 82 out of 100, by 64 users
Keindahan Pulau Batu Beerlayar - Aceh : Pulau Batu Berlayar, Samadua – Aceh

Batu Berlayar adalah susunan batu-batu granit raksasa dimana terdapat 2 batu besar yang berdiri vertikal sehingga berbentuk seperti layar dengan pulau pasir putih sebagai kapal nya. Susunan batu seperti itulah yang membuat penduduk Belitung menamakan tempat ini Batu Berlayar. Pulau kecil seukuran lapangan tenis ini anda salah satu lokasi yang bagus untuk anda yang melakukan tour island atau menyelam.

Lokasi

Pantai Batu Berlayar terletak di pesisir Kec. Sama Dua, Kabupaten Aceh Selatan. Hampir sama dengan pulau gosong, pulau ini terletak tidak jauh dari pantai tanjung kelayang, berkisar 10-15 menit. Pulau ini memiliki panorama yang indah di sekitar lepas pantai. Selain indah dengan pemandangannya, di pantai ini juga bisa dijadikan tempat untuk memancing ikan. Pulau Batu Berlayar ini berukuran sangat mini. Kita dapat mengitari keliling pulau ini hanya dengan berjalan kaki dalam waktu kurang dari 10 menit.

Wisata

Pulau Batu Berlayar terdiri atas 2 batu granite utama yang berdiri vertikal setinggi kurang lebih 10 meter. Di sekitarnya terdapat banyak batu-batu granit dengan formasi yang tidak kalah artistik. Pulau ini terletak tidak jauh dari daratan utama pulau Belitung, masih berada di area pantai Tanjung Kelayang di sisi pantai sebelah Barat.

Ada satu bagian yang unik dari pulau Berlayar, yaitu sebuah batu granit di tepi pantai yang sebagian tertutup air dimana bagian atasnya berbentuk seperti sirip ikan hiu atau mirip juga dengan gigi ikan hiu. Belum ada nama batu ini, jadi mari kita namakan saja Batu Shark Fin (sirip hiu). Batu ini sering diabadikan oleh para fotografer karena bentuknya yang unik dengan mercusuar pulau Lengkuas sebagai latar belakang pemandangan.

Di pulau ini, pasir putih di pulau ini hanya akan tampak pada saat air laut surut, artinya perahu hanya akan bisa berlabuh pada saat air surut juga. Jadi jika anda ingin singgah ke pulau Batu Berlayar ini, harap tanyakan kepada pengendara boat anda kapan waktu yang tepat. Berkunjung ke Batu Berlayar adalah bagian dari tour island hopping yang paling disenangi oleh wisatawan di Belitung.

Laut di sekitar pulau sangat indah dan dangkal, dengan air laut jernih dan banyak juga terdapat terumbu karang. Tetap HATI-HATI, kadangkala ada banyak Bulu Babi (Sea Urchin) sejenis binatang laut berduri seperti landak dengan duri-duri yang tajam setajam jarum. Pastikan anda menggunakan sepatu atau sandal jika berjalan di atas air khususnya di pantai sisi Timur dari pulau ini.

Bagaimanapun juga melakukan aktivitas snorkeling adalah aktivitas yang menyenangkan di sekitar pulau Batu Berlayar ini khususnya di pantai sebelah Barat dimana terdapat banyak terumbu karang dengan ikan yang banyak. Jika anda melakukan snorkeling harap hati-hati karena kadang kala arus laut cukup kuat. Pastikan anda menggunakan jaket pelampung pada saat melakukan aktivitas snorkeling.

Pulau Batu Berlayar Dari Kejauhan - Aceh : Pulau Batu Berlayar, Samadua – Aceh
Keindahan Pulau Batu Beerlayar - Aceh : Pulau Batu Berlayar, Samadua – Aceh

Tidak hanya batu granitnya saja yang indah, keberadaan biota laut seperti ikan-ikan cantik dan bintang laut di pulau ini juga menjadi pemandangan indah yang disajikan dari pulau ini.

Tips berwisata ke pulau

  • Persiapkanlah diri anda sebelum berwisata ke pulau, mulai dari kondisi tubuh Anda, pakaian ganti serta kantong anti air untuk barang elektronik.
  • Sewalah life jacket, selain untuk keselamatan Anda, life jacket bisa anda gunakan untuk bersnolkeling.
  • Banyak pulau yang bisa anda kunjungi di sekitar Batu Belayar, dan jaraknya relatif dekat seperti Pulau Lengkuas, Pulau Burung, Pulau Kepayang dan Pulau Pasir, jadi jika anda ingin mengunjungi pulau-pulau lain silahkan atur dan pergunakan waktu anda dengan sebaik-baiknya.

 

Galeri foto dari informasi tentang Pulau Batu Berlayar, Samadua – Aceh

Ada 7 foto di dalam Pulau Batu Berlayar, Samadua – Aceh informasi. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 7 foto high-res.

Panorama Pulau Batu Berlayar - Aceh : Pulau Batu Berlayar, Samadua – AcehPesona Pulau Batu Berlayar - Aceh : Pulau Batu Berlayar, Samadua – AcehPulau Batu Berlayar Dari Kejauhan - Aceh : Pulau Batu Berlayar, Samadua – Acehpulau Batu Berlayar - Aceh : Pulau Batu Berlayar, Samadua – Acehbatu berlayar, aceh - Aceh : Pulau Batu Berlayar, Samadua – AcehKeindahan formasi Bebatuan Pulau Batu Berlayar - Aceh : Pulau Batu Berlayar, Samadua – Aceh

Apa pendapatmu tentang Pulau Batu Berlayar, Samadua – Aceh

Satu Komentar to “Pulau Batu Berlayar, Samadua – Aceh”

  1. Panorama yg sngat indah,

Tinggalkan Komentarmu soal Pulau Batu Berlayar, Samadua – Aceh Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Leli Pulau Rote –
“Leli”, kedengarannya seperti nama seorang perempuan cantik n anggun. Kalau yang mendengarnya pecinta ...

Pantai Pulau Awi, Batam –
Pulau Batam merupakan sebuah pulau yang terletak di bagian barat Indonesia yang populer ...

Pantai Tropical, Sumbawa ̵
Pantai Tropical – Pantai yang sangat sepi dan jarang di kunjungi bukan berarti ...

Pantai Jogan, Gunung Kidul 
Pantai Jogan adalah salah satu pantai di Indonesia yang memiliki keunikan yang mungkin ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Kondang Merak Pesisir Selatan Jaw
Pantai Parang Kusumo Budaya dan Tradisi
Pantai Tureloto, Nias – Sumatera utara
Pantai Tasik Ria, Manado – Sulawesi Ut
Pantai Rongkang Bangkalan Madura
Pantai Medewi,Jembrana – Bali
Gili Laba, Sumbawa Timur – NTB
Pantai Citepus, Sukabumi – Jawa Barat

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.