Pulau Seumadu, Lhokseumawe – Aceh

Rating: 82 out of 100, by 67 users
Pulau Seumadu, Lhokseumawe - Aceh : Pulau Seumadu, Lhokseumawe – Aceh

Terkenal sebagai tempat wisata pilihan di Kota Lhokseumawe. Hal ini dikarenakan indahnya pemandangan dan suasana yang bisa anda temukan disini, belum lagi akses yang mudah untuk mencapai lokasi. Pulau ini juga dikenal dengan nama Pantai Rancong.

Lokasi dan Transportasi

Pulau Seumadu terletak di Kecamatan Muara Satu, Kota Lhokseumawe. Tempat wisata ini berada tidak jauh komplek perumahan PT Arun yakni perusahaan yang bergerak di bidang perminyakkan terbesar di provinsi Aceh. Jaraknya adalah sekitar 12 km dari pusat kota Lhokseumawe.

Rute yang harus anda ambil untuk menuju lokasi ini adalah, cukup mengikuti Jalan Banda Aceh-Medan. Tak jauh dari sini anda akan menemukan gerbang perumahan PT Arun, kemudian berbeloklah ke kiri. Jalan yang anda lalui cukup bagus dan luas. Sekitar 100 meter anda akan melihat tulisan selamat datang di Pulau Seumadu dan anda telah sampai ke lokasi pantai.

Wisatawan Di Pantai Pulau Seumadu - Aceh : Pulau Seumadu, Lhokseumawe – Aceh
Pulau Seumadu, Batuphat, Lhokseumawe - Aceh : Pulau Seumadu, Lhokseumawe – Aceh

Wisata

Pulau Seumadu, dulunya bernama Pantai Rancong. Namun, seiring waktu berjalan, sekarang lebih sering disebut Pulau Seumadu. Asal muasal berubahnya nama ini, sebenarnya memiliki cerita yang nyata. Di wilayah ini, dulunya menjadi tempat tinggal para istri kedua yang tinggal bersama suaminya.

Salah satu dari suami itu bernama Pak Jali. Ia kemudian membangun sebuah warung makanan di dekat Pantai Rancong dengan nama Warung Seumadu. Ia merupakan orang pertama yang mendirikan warung makan yang kemudian diikuti warga lainnya. Sejak saat itu, orang-orang mulai menyebut tempat ini dengan sebutan Pulau Seumadu.

Ketika anda memasuki wilayah Pulau Seumadu, anda akan terpesona dengan hamparan pasir dan air laut yang sangat indah. Pulau ini menjadi wisata andalan masyarakat Lhokseumawe dan wilayah di sekitarnya, untuk melepas penat ataupun sekedar menghabiskan waktu liburan.

Untuk memasuki pulau ini memang ada sebuah jembatan penghubung yang sudah dibangun oleh salah seorang warga sekitar. Untuk itu, terkadang anda diminta uang Rp 1.000 per orang untuk biaya perbaikan dan perawatan jembatan.

Jika anda membawa kendaraan, anda akan dikenakan biaya parkir Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat dan Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua. Keuntungannya, biaya parkir yang anda bayarkan ini bisa anda gunakkan untuk mencoba menaiki perahu bebek secara gratis.

Anda bisa menemukan lokasi perahu bebek ini di area teluk yang dangkal didekat warung makan yang menjual makanan cepat saji. Sayangnya, anda hanya memiliki waktu 15 menit untuk mencoba menaiki perahu bebek tersebut karena anda harus bergantian dengan pengunjung lainnya.

Perahu bebek tersebut hanya bisa anda gunakkan di area teluk, karena jika anda sudah menyebrang, ditakutkan anda akan menuju area laut yang dalam. Jika anda ingin merasakkan deburan ombak yang indah, anda tinggal menyebrangi jembatan yang tadi.

Tetapi, kendaraan anda tidak bisa dibawa, karena jembatan ini berupa jembatan darurat yang sederhana. Jika tidak ada jembatan ini, anda terpaksa menyewa boat untuk menyebrang.

Di depan warung yang sama, anda bisa menyalurkan hobi memancing anda disini. Sudah disediakan fasilitas berupa tempat duduk yang bisa anda gunakkan untuk memancing ikan. Biasanya, di hari-hari biasa (senin-jum’at) ada beberapa nelayan yang mengambil ikan di tempat ini.

Hal ini dikarenakan pada hari-hari biasa pengunjung tidak terlalu membludak, sedangkan pada hari-hari libur, pengunjung bisa mencapai empat kali lipat dari pengunjung di hari biasa.

Di pulau ini banyak di tumbuhi pohon-pohon terutama pohon cemara, jadi anda bisa bersantai di bawah pohon sambil menikmati beberapa makanan yang dijual di area pulau ini. Umumnya, jika di hari biasa kebanyakkan pasangan muda mudi yang datang ke area pulau ini. Tapi, jika di hari libur, mulai dari muda mudi yang datang berpasangan ataupun berombongan serta beberapa keluarga akan terlihat di kawasan Pulau Seumadu ini.

Buat anda yang gemar bernyanyi, salurkan hobi anda di salah satu warung yang menyediakan fasilitas karaoke. Anda bisa membawa kaset sendiri ataupun menggunakan kaset yang tersedia di warung tersebut. Kapan lagi bisa memeriahkan suasana Pulau Seumadu dengan suara anda yang akan menghibur.

Di area pulau ini, sudah disediakan fasilitas pelengkap. Seperti tempat parkir resmi, sehingga anda bisa merasa aman meninggalkan kendaraan anda. Toilet juga sudah cukup banyak di sini, yakni sekitar enam buah. Karena Aceh merupakan provinsi yang kental dengan agama, tentunya sudah disediakan juga tempat untuk beribadah yakni disediakannya tempat solat bagi para wisatawan yang datang di jam-jam solat.

Tips

1. Bawalah barang bawaan anda secukupnya agar tidak merepotkan anda ketika berwisata di Pulau Seumadu ini.

2. Jika ingin berhemat, anda bisa membawa makanan sendiri. Tetapi jika anda ingin memancing ataupun menggunakan perahu bebek, ada baiknya sedikit membeli jualan mereka. Karena lokasi tempat memancing berada di wilayah salah satu warung makanan.

3. Jika membawa anak kecil, sebaiknya ajak bermain atau mandi di wilayah teluk yang dangkal dengan tujuan keselamatan.

4. Jangan lupa bawa penutup kepala ataupun sunblock jika anda ingin mengurangi resiko panas.

 

Galeri gambar dari informasi tentang Pulau Seumadu, Lhokseumawe – Aceh

Ada 4 potret di dalam Pulau Seumadu, Lhokseumawe – Aceh informasi. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 4 potret high-res.

Pesisir Pantai Pulau Seumadu - Aceh : Pulau Seumadu, Lhokseumawe – AcehPulau Seumadu, Batuphat, Lhokseumawe - Aceh : Pulau Seumadu, Lhokseumawe – AcehPulau Seumadu, Lhokseumawe - Aceh : Pulau Seumadu, Lhokseumawe – AcehWisatawan Di Pantai Pulau Seumadu - Aceh : Pulau Seumadu, Lhokseumawe – Aceh

Apa pendapatmu tentang Pulau Seumadu, Lhokseumawe – Aceh

Tinggalkan Komentarmu soal Pulau Seumadu, Lhokseumawe – Aceh Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Talise, Palu – Sulawe
Pantai Talise, Sulawesi tengah merupakan obyek wisata pantai dengan memiliki panorama alam yang indah ...

Pantai Teluk Penyu Cilacap
Pantai Teluk Penyu Cilacap adalah Kawasan pantai yang membujur dari utara (Pelabuhan Perikanan ...

Pantai Piayu Laut, Batam ̵
Pulau Batam adalah sebuah pulau yang terletak di Provinsi Kepulauan Riau yang mempunyai ...

Pantai Bingin, Badung –
Pantai BINGIN berlokasi di bali selatan. Ombak di pantai ini memang sangat bagus ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pulau Tomia, Wakatobi – Sulawesi Tengg
Pulau Farondi, Raja Ampat – Papua
Pantai Watu Ulo Jember
Taman Nasional Bali Barat
pantai kata, Pariaman – Sumatera B
Pantai terindah di Lombok
Pantai Tanjung Tinggi, Tanjung Pandan &#
Pantai Karang Paranje, Garut – Jawa Ba

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.