Pulau Teulaga Tujoh, Langsa – Aceh

Rating: 82 out of 100, by 66 users
pesisir pantai pulau teulaga tujoh - Aceh : Pulau Teulaga Tujoh, Langsa – Aceh

Pulau Teulaga Tujoh Merupakan sebuah pulau yang padat penduduknya dan merupakan satu satunya pulau yang ada penghuninya di banding pulau-pulau di sebelahnya.

Di tengah-tengah pulau terdapat sebuah desa yang bernama desa teulaga tujoh. Desa ini memiliki luas sekitar 4 hektar yang ditinggali sekitar 700 kepala keluarga.

Lokasi dan Transportasi

Lokasi Pulau Pusong atau pulau teulaga tujoh ini berada di ujung timur kota Langsa, berbatasan dengan selat Malaka. Tepatnya berada di kecamatan Langsa Timur, kota Langsa. Perjalanan dari kota Langsa menuju pelabuhan berjarak sekitar 8 Kilometer dan perjalanan dari pelabuhan untuk menyebrang ke pulau teulaga tujoh berjarak sekitar 6 Mil atau memakan waktu sekitar 30 menit dengan menggunakan perahu bermesin.

Pengunjung yang akan datang kesini dapat menempuh perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun dengan menggunakan kendaraan angkutan umum. Jika pengunjung akan menggunakan kendaraan pribadi, maka dari pusat kota Langsa, pengunjung dapat langsung melintasi sepanjang jalan Jenderal Ahmad Yani mengarah ke wilayah Kota Manyak Payed.

Tidak jauh dari Jalan Jenderal Ahmad Yani, akan ada simpang tiga. Pengunjung dapat berbelok ke kiri menuju ke jalan Haji Agus Salam. Terus saja melintasi jalan ini sampai akhirnya bertemu simpang tiga lagi, yang merupakan ujung jalan Haji Agus Salam.

Jika lurus maka pengunjung akan masuk ke jalan Teuku Amir Hamzah dan jika belok ke kiri, pengunjung akan menuju pelabuhan Kuala Langsa. Pengunjung dapat berbelok ke kiri menuju ke pelabuhan Kuala Langsa. Terus saja melintasi jalanan aspal menuju pelabuhan, maka pengunjung pun akan tiba di pelabuhan Kuala Langsa.

Setibanya di pelabuhan Kuala Langsa, pengunjung dapat menitipkan kendaraan di pelabuhan dengan membayar biaya parkir Rp.2.000 dan melanjutkan perjalanan dengan mengunakan perahu bermesin. Ongkos yang di bayar untuk menyebrang sekitar Rp.15.000 untuk sekali penyebrangan.

Jika pengunjung yang menuju kesini akan menggunakan kendaraan umum, maka dari terminal kota Langsa, pengunjung dapat naik angkot dengan trayek jurusan Langsa – Kuala Langsa. Dengan membayar ongkos sekitar Rp.5.000, pengunjung akan diantar sampai ke pelabuhan Kuala Langsa.

Wisata

Pulau teulaga tujoh ini dahulunya juga memiliki nama lain, yaitu bernama pulau pusong, yang sampai sekarang nama pulau pusong masih melekat di pulau ini. Nama pulau teulaga tujoh sendiri diberikan karena ada cerita legenda dahulunya di pulau ini.

Dahulu menurut legenda, di pulau kecil yang bersebelahan dengan pulau pusong ini adalah tempatnya bermukim para tujuh Aulia. Para Aulia tersebut dahulunya sering mandi di telaga yang terdapat di pulau itu.

Namun hingga kini, jika pengunjung yang datang berniat ingin melihat telaga tersebut, maka pengunjung tidak akan menemukannya. Menurut cerita, telaga tersebut akan dapat di lihat oleh orang-orang yang memiliki sifat baik yang sedang tersesat di pulau itu

Berdasarkan legenda itulah akhirnya pulau pusong diberi nama oleh masyarakat setempat dengan nama pulau teulaga tujoh. Nama tersebut diberi dengan maksud untuk mengenang kisah para Aulia tersebut yang terkenal berjiwa mulia dan banyak memberi kebaikan di pulau itu. Diharapkan masyarakat desa yang berada di pulau tersebut selalu mengingat dan meniru kebaikan dari para Aulia tersebut.

Perjalanan anda dari kota Langsa menuju ke pulau Teulaga Tujoh ini dijamin tidak akan membosankan. Karena sepanjang perjalanan, anda akan disuguhkan dengan pemandangan pohon-pohon bakau yang terdapat di sebelah kiri dan kanan jalan. Saat penyeberangan pun anda akan disuguhkan dengan hamparan hutan bakau ini lagi.

Setibanya di pulau, anda akan menjumpai rumah-rumah panggung penduduk yang terbuat dari kayu serta kapal-kapal nelayan yang bersandar. Karena memang sebagian besar penduduk di pulau ini bermata pencaharian sebagai nelayan. Penduduk di pulau ini pun ramah-ramah terhadap pengunjung yang datang, dijamin anda akan betah saat berada di pulau ini.

Selain keramahan tersebut, anda pun akan disuguhkan dengan pemandangan pulau yang indah. Anda dapat melihat pantai pulau yang berpasir ditanami dengan berbagai macam tanaman seperti kacang laut dan daun katang-katang. Terdapat pula jenis tumbuhan Bintagur laut dan beberapa jenis mangrove di pulau ini.

Di seberang pulau, anda akan menjumpai bangau-bangau yang terbang dengan bebasnya. Terdapat pula berbagai jenis hewan yang hidup di pulau itu, seperti kera, kelelawar, elang, burung camar, burung pelatuk, burung raja udang dan masih banyak lagi jenis hewan lainnya.

pesisir pantai pulau teulaga tujoh - Aceh : Pulau Teulaga Tujoh, Langsa – Aceh
perairan pulau teulaga tujoh - Aceh : Pulau Teulaga Tujoh, Langsa – Aceh

Di pulau ini pengunjung akan jauh dari suara bising kendaraan. Karena memang di pulau ini tidak dapat dilalui oleh kendaraan seperti motor ataupun mobil. Hanya ada jalan setapak yang menghubungkan setiap jalan di pulau ini. Sangat cocok untuk anda yang menginginkan suasana yang tenang dan jauh dari suara kebisingan.

Tips

1. Bawalah penutup kepala seperti topi atau payung, karena cuaca disana sangat panas.

2. Bawalah uang dan perlengkapan pribadi secukupnya, jangan sampai memberatkan perjalanan anda.

3. Jika anda membawa kendaraan pribadi, sediakan kunci pengaman tambahan saat di parkir di pelabuhan.

4. Sediakan obat anti mabuk jika anda tidak tahan dengan gelombang laut saat menyebrang nanti.

5. Bersikaplah yang sopan di pulau, maka anda akan diterima dengan sangat baik oleh masyarakat setempat.

 

Galeri dari berita tentang Pulau Teulaga Tujoh, Langsa – Aceh

Ada 3 gambar di dalam Pulau Teulaga Tujoh, Langsa – Aceh berita. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 3 gambar high-res.

perairan pulau teulaga tujoh - Aceh : Pulau Teulaga Tujoh, Langsa – Acehpesisir pantai pulau teulaga tujoh - Aceh : Pulau Teulaga Tujoh, Langsa – Acehpulau teulaga tujoh - Aceh : Pulau Teulaga Tujoh, Langsa – Aceh

Apa pendapatmu tentang Pulau Teulaga Tujoh, Langsa – Aceh

Tinggalkan Komentarmu soal Pulau Teulaga Tujoh, Langsa – Aceh Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Pintu Kota, Ambon ̵
Propinsi Maluku dengan Ibukota Ambon, merupakan salah satu kota di pesisir pantai dengan ...

Pantai Terbaya Lampung
Kota Agung merupakan Ibu Kota Kabupaten Tanggamus, Lampung, Indonesia. Kota kecil ini merupakan ...

Pantai Jumiang, Madura –
Pantai Jumiang – Eksotika alam Pulau Madura, memang memiliki potensi yang cukup besar ...

Pantai Tanjung Dewa, Tanah Lau
Pantai Tanjung Dewa terletak di Desa Tanjung Dewa Kecamatan Panyipatan Kabupaten Tanah Laut. ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Tidung Kepulauan Seribu
The Passage, Raja Ampat – Papua
Pantai Kampung Baru, Bulungan – Kalima
pantai Tanjung Karang, Palu – Sulawesi
Pantai Batu Payung, Bengkayang – L
Pulau Teulaga Tujoh, Langsa – Aceh
Pantai Parai Tenggiri Pantai Eksotik di
Pantai Tanjung Bemban, Batam – Kepulau

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.