Pantai Pasir Padi, Pangkalpinang – Bangka Belitung

Rating: 86 out of 100, by 128 users
Panorama Gugusan Bebatuan di Pantai Pasir Padi - Bangka : Pantai Pasir Padi, Pangkalpinang – Bangka Belitung

Pantai Pasir Padi adalah pantai terdekat yang bisa ditempuh dari Pangkalpinang, ibukota provinsi Bangka Belitung. Karena jaraknya inilah, pantai ini menjadi favorit untuk warga yang tinggal di sekitar pusat kota. Pantai Pasir Padi mempunyai perairan yang cukup dangkal hingga berjarak 300 meter dari bibir pantai. Sehingga relatif lebih aman untuk anak-anak yang ingin berenang di pantai. Setelah 300 meter dari bibir pantai, kedalamannya meningkat tajam. Meskipun perairannya dangkal , kadang ada pengunjung yang lupa dan jalan sampai jauh sekali dari bibir pantai. Agar tetap aman anda bisa melihat batas bendera yang ditancapkan beberapa meter sebelum kedalamannya meningkat tajam.

Ketika memasuki gerbang selamat datang pantai Pasir Padi, anda masih harus masuk lagi ke dalam sebelum bisa melihat bibir pantai. Penduduk di sekitar pantai tidak terlalu banyak. Anda masih akan menemui pepohonan lebat di kanan dan kiri jalan menuju ke dalam pantai. Setelah mendekati pantai anda akan menemui loket untuk pembayaran tiket masuk. Untuk motor tiket masuknya adalah Rp 2.000. Sementara untuk mobil anda harus membayar Rp 4.000. Dari loket masuk ini, anda akan diarahkan ke jalan menuju ujung kiri pantai.

Disekitar jalan ini anda akan menemui ladang ilalang di kanan dan kiri jalan. Batang ilalang ini akan menyembul keluar dengan ujungnya yang di penuhi dengan bulu putih. Cukup indah jika anda berhenti sejenak dan memperhatikannya. Namun sebagian besar pengunjung hanya lewat saja, karena memang tujuan mereka adalah memasuki pantai.

Tepat di ujung kiri pantai terdapat Hotel Serrata Terrace. Tidak jauh dari hotel ini terdapat fasilitas permainan outbound dengan dua menara pantaunya yang menghadap ke laut. Di lokasi ini anda juga bisa menyewa motor ATV beroda empat dan bermain mengitari track yang disediakan. Siapkan juga baju ganti, karena beberapa bagian dari track bisa dipenuhi lumpur bekas luapan hujan.

Akses

Apabila Anda berasal dari luar provinsi, untuk mencapai Bangka Belitung, Anda dapat menggunakan jalur transportasi udara melalui Bandara Depati Amir. Sedangkan akses menuju ke Pantai Pasir Padi ini tidaklah sulit, Anda bisa memilih menggunakan mobil pribadi, mobil rental, atau juga menggunakan angkutan umum. Biasanya, tarif menyewa mobil adalah sebesar Rp. 300.000,- (Agustus 2013) dari bandara.

Hanya saja, tarif segitu bukanlah untuk pemakaian satu hari penuh, melainkan hanya selama setengah hari saja. Untuk angkutan umum, hanya cukup merogoh rupiah sebesar Rp. 2000,- saja. Transportasi lain selain menggunakan angkutan umum, Anda dapat juga menggunakan taksi, karena jaraknya cukup dekat biasanya sopir taksi tidak menggunakan argo, mereka akan menawarkan harga mulai Rp. 30.000,- sampai Rp. 50.000,- (Agustus 2013).

Harga Tiket

Untuk dapat merasakan suasana indah di Pantai Pasir Padi ini, Anda akan membayar biaya retribusi sebesar Rp. 10.000,- (Agustus 2013) serta biaya parkir kendaraan. Untuk motor Rp.2000,- dan mobil Rp.4000,-.

Fasilitas dan Akomodasi

Apabila Anda datang berlibur ke Pantai Pasir Padi ini, Anda tidak perlu bingung mengenai penginapan, karena fasilitas lengkap seperti hotel berbintang, restoran, hingga warung makan juga akan memenuhi selera kuliner Anda.

Di ujung sebelah kanan pantai terdapat fasilitas lapangan bola. Lapangan bola ini hanyalah berupa dua buah gawang dengan lantai berupa pasir pantai. Jadi bermain bola disini tidak seperti bermain di lapangan rumput yang mulus, karena bola seringkali nyangkut di pasir. Namun bermain bola di pantai juga seru jika niat anda adalah untuk bersenang-senang bukannya berkompetisi serius. Anda juga harus berhati-hati ketika menggiring bola di tepi lapangan. Karena biasanya ada rumput yang mempunyai duri tajam. Karena durinya kecil, biasanya rumput ini tidak berbahaya, hanya mengganggu saja jika terinjak.

Banyak penjaja makanan kecil di sekitar pantai. Biasanya mereka bermodalkan meja dan menjajakan berbagai makanan dan minuman ringan seperti kacang atau minuman teh botol. Anda juga bisa menikmati jagung bakar yang dijual oleh pedagang di pinggir pantai. Jagung ini dibakar dengan mentega dan anda bisa memilih untuk ditambahkan saos sambal biar pedas. Sambil makan jagung bakar anda bisa menikmati semilirnya angin pantai. Jagung bakar ini biasanya dijual dengan harga Rp 5.000 hingga Rp. 7000.

Objek Wisata

Panorama Gugusan Bebatuan di Pantai Pasir Padi - Bangka : Pantai Pasir Padi, Pangkalpinang – Bangka Belitung
Suasana Senja Di Pantai Pasir Padi - Bangka : Pantai Pasir Padi, Pangkalpinang – Bangka Belitung

Tidak jauh dari bibir pantai ada gugusan batuan yang ditumpuk membentuk daratan kecil. Sebenarnya gugusan batu ini adalah sisa dari batuan penahan ombak yang dipasang di beberapa bagian bibir pantai. Ada beberapa pohon yang tumbuh di daratan gugusan batuan ini. Anda bisa berjalan dari bibir pantai untuk menikmati pemandangan laut atau sekedar meniti jalan di atas gugusan bebatuan. Jika tengah pasang, gugusan batuan ini bisa dikelilingi oleh air laut.

Keunikan lain dari pantai ini yaitu memiliki garis pantai sepanjang 300 meter dengan ombak yang tenang, warna pasirnya yang putih dan padat. Oleh karena itu, dengan kondisi pasir pantainya yang padat, terkadang warga setempat menggunakan pantai ini sebagai arena adu balap motor.

Keinginan Anda untuk berenang, snorkeling, voli pantai, sepakbola atau sekedar bermain layang-layang dapat Anda lakukan di lokasi wisata pantai ini. Apalagi, angin di sekitaran pantai yang cukup kencang akan semakin menyemarakkan suasana liburan Anda. Pemandangan matahari terbenam khas tepi pantai juga sangat romantis untuk dinikmati bersama orang terkasih Anda.

Tidak hanya sampai di situ, apabila Anda bosan dengan kegiatan berenang dan ingin mencoba kegiatan wisata lain, Anda dapat berlayar sekitar 2 Mil dari bibir pantai. Di sana, Anda dapat melakukan penjelajahan di dua pulau kecil yang mempesona, yaitu Pulau Panjang dan Pulau Semujur. Tidak kalah indah dari Pantai Pasir Padi, di pulau ini pun Anda akan mendapat pengalaman yang tidak dapat Anda lupakan setelah pulang dari Bangka Belitung.

Pondok Kecil Bagian Dari Restoran Biru Laut

Beberapa restoran berdiri menghadap pantai. Ada restoran yang mempunyai konsep berupa pondok-pondok kecil yang berjejer bersebelahan. Anda bisa memilih pondok yang masih kosong dan memesan makanan dari pondok tersebut. Jika beruntung anda bisa memperoleh pondok yang tepat berada di bibir pantai pada saat ramai. Dari beberapa restoran yang ada di pantai Pasir Padi pangkalpinang, mungkin yang paling menarik adalah restoran berbentuk kapal.

Restoran ini berdesain panggung yang menopang bangunan berbentuk kapal. Setengah bagian dari restoran ini menjorok ke laut, sehingga dari kejauhan nampak seperti kapal yang sedang bersandar di tepi pantai. Bagian atas dari bangunan restoran berupa tenda yang ditambatkan dengan kabel ke sekeliling bangunan berbentuk kapal tersebut.

Makanan yang disajikan di restoran di pantai Pasir Padi tidak jauh dari menu masakan laut, seperti hidangan dari ikan, cumi-cumi, udang, dan kepiting. Anda juga bisa menikmati es kelapa yang segar sambil duduk di restoran. Salah satu hidangan khas lokal yang bisa anda cicipi di restoran ini adalah siput gonggong. Saya kurang tahu di daerah lain siput laut dengan daging berwarna putih bersih ini disebut dengan nama apa. Namun di Bangka, siput ini disebut oleh warga sekitar dengan nama siput gonggong.

Siput ini hidup dibawah permukaan pasir pantai. Biasanya ada warga sekitar yang mengumpulkan siput gonggong pada saat pantai sedang surut dan menjualnya ke restoran-restoran yang ada di sekitar pantai.

 

Kumpulan Gambar dari posting tentang Pantai Pasir Padi, Pangkalpinang – Bangka Belitung

Ada 5 foto di dalam Pantai Pasir Padi, Pangkalpinang – Bangka Belitung posting. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 5 foto high-res.

Panorama Gugusan Bebatuan di Pantai Pasir Padi - Bangka : Pantai Pasir Padi, Pangkalpinang – Bangka BelitungPantai Pasir Padi - Bangka : Pantai Pasir Padi, Pangkalpinang – Bangka BelitungSuasana Senja Di Pantai Pasir Padi - Bangka : Pantai Pasir Padi, Pangkalpinang – Bangka BelitungSunset di Pantai Pasir Padi - Bangka : Pantai Pasir Padi, Pangkalpinang – Bangka Belitungkeindahan Pantai Pasir Padi - Bangka : Pantai Pasir Padi, Pangkalpinang – Bangka Belitung
Diposting pada 18 July 2014 - Oleh tanzil - Kategori Bangka.
Tag: warung, kelapa, Obyek Wisata Pantai Pasir padi, resto, pulau bangka belitung, air laut, pangkalpinang .

Apa pendapatmu tentang Pantai Pasir Padi, Pangkalpinang – Bangka Belitung

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Pasir Padi, Pangkalpinang – Bangka Belitung Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Duta Wisata Lampung 
Pantai Duta Wisata Lampung merupakan salah satu tujuan wisata  utama bagi masyarakat dalam ...

Pantai Jimbaran dan Kedonganan
Pantai Jimbaran dan Kedonganan adalah merupakan tempat dimana para nelayan berlabuh dan pusat ...

Pantai Widarapayung Cilacap
Pantai Widarapayung merupakan sebuah pantai yang terletak di Desa Widarapayung, Kecamatan Binangun, Kabupaten ...

7 Pantai Di Indonesia Dengan O
Surfing, olahraga seru untuk Anda yang ingin menantang ombak. Indonesia pun menjadi destinasi ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Jungwok Keindahan Tersembunyi di
Pantai Jelangkung, Malang – Jawa Timur
Pulau Bangka – Sumatera selatan
Pantai Ngantep, Malang – Jawa Timur
Pantai Teluk Penyu Cilacap
Pantai Mbuu, Ende – NTT
Pantai Jasri, Karangasem – Bali
Pulau Asu, Nias – Sumatera Utara

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.