Pantai Tanjung Kelayang, Belitung – Bangka

Rating: 85 out of 100, by 132 users
Suasana Sena di Pantai tanjung kelayang - Belitong : Pantai Tanjung Kelayang, Belitung – Bangka

Pantai Tanjung Kelayang adalah salah satu pantai yang ada di kecamatan Sijuk, Belitung. Tapi jangan tertukar dengan pantai yang ada di pulau Bangka dengan nama yang sama pula. Pantai Tanjung Kelayang di Belitung bisa dicapai dari bandara Hanandjoeddin, Tanjung Pandan dalam waktu sekitar 45 menit. Seperti pantai-pantai lain yang terdapat di pulau Bangka dan Belitung.

Pantai Tanjung Kelayang juga dipenuhi dengan gugusan batuan besar. Namun ada satu gugusan batuan yang menarik dan hanya ada di pantai ini, yaitu batu yang berbentuk seperti kepala burung. Gugusan batuan ini membentuk pulau mini. Karena itulah masyarakat disini juga menyebut gugusan batuan tersebut dengan pulau Burung.

Dari kejauhan nampak sebuah mercusuar berwarna putih menjulang tinggi. Ini adalah mercusuar yang berdiri diatas pulau Lengkuas yang berada tidak jauh dari pantai Tanjung Kelayang. Anda bisa menuju pulau Lengkuas dengan menyewa kapal dari pantai Tanjung Kelayang. Jika pergi ke pantai Tanjung Tinggi yang berada tidak jauh dari pantai Tanjung Kelayang, maka anda akan mendapati terumbu karang yang tersebar di sekitar pantai.

Sayangnya di pantai Tanjung Kelayang tidak ada terumbu karang yang berada dekat bibir pantai. Anda harus menaiki kapal setidaknya sejauh 800 meter dari pantai Tanjung Kelayang untuk menemui terumbu karang terdekat. Lokasi terumbu karang ini berada di dekat pulau Lengkuas. Ketika anda sudah berada di pantai Tanjung Kelayang, saya sarankan sekalian saja mampir juga ke pulau Lengkuas.

Pulau ini sangat indah dengan daya tarik utamanya berupa menara mercusuar. Coba saja naik ke atas dan saksikan indahnya panorama lautan dari puncak Mercusuar. Belum lagi pesona terumbu karang yang ada di dekat perairan pulau lengkuas yang dangkal. Cocok untuk kegiatan snorkling.

Lokasi

Pantai Tanjung Kelayang terletak di kecamatan Sijuk sekitar 27 Km dari Tanjungpandan ibukota Kabupaten Belitung. Pantai Tanjung Kelayang merupakan salah satu tujuan tempat wisata di Belitung. Tanjung Kelayang memiliki pesisir sepanjang kurang lebih 1,5 Km dengan lebar pantai ± 7 m pada saat pasang tertinggi dan ± 10 m pada saat pasang terendah. Pantai ini memiliki luas sekitar 60 Hektar.

Akomodasi

Jika anda ingin menginap di tepi pantai, sebenarnya ada cottages yang berdiri di pantai Tanjung Kelayang. Namun sebaiknya anda konfirmasi kesediaan cottages terlebih dahulu jika memang ingin pergi dan menginap disini, karena jumlahnya tidak terlalu banyak.

Selain itu cottages ini juga relatif sederhana. Saya sarankan lebih baik menginap di tempat lain, misalnya di Lor In yang ada di pantai Tanjung Tinggi, 2 km dari pantai tanjung Kelayang. Lor In menawarkan pilihan cottages yang bagus dan nyaman untuk menginap selama liburan di Belitung.

Wisata

Kapal Nelayan Bersandar di Pantai Tanjung Kelayang, Bila menjelang sore hari, pantai ini akan dipenuhi oleh kapal nelayan yang baru kembali dari laut. Ada banyak pasak kayu yang berdiri tidak jauh dari bibir pantai Tanjung Kelayang. Pasak inilah yang digunakan oleh para nelayan untuk menambatkan kapalnya tidak jauh dari bibir pantai Tanjung Kelayang.

Di salah satu bagian pantai, terdapat juga jembatan kayu kecil yang juga digunakan oleh nelayan lokal untuk menyandarkan kapalnya. Anda bisa meniti jembatan ini untuk melihat air pantai dari atas jembatan. Biasanya kalau lagi tidak melaut, nelayan pemilik kapal akan menyewakan kapalnya untuk mengantarkan para turis ke pulau Lengkuas yang berada tidak jauh dari pantai Tanjung Kelayang.

Disekitar lokasi pantai Tanjung Kelayang terdapat pondok yang menyediakan makanan seperti berbagai macam sup dengan bahan baku ikan kerisi, ikan bulat, ikan jebong, atau ikan ilak. Selain itu ada makanan lain yang umum ditemukan, seperti nasi goreng, capcay, dan balado udang. Berbagai macam minuman juga tersedia di pondok tersebut.

Gugusan Batuan Yang Berbentuk Mirip Kepala Burung

Karena keindahan terumbu karangnya, pantai Tanjung Kelayang dijadikan salah satu lokasi persinggahan dalam acara Sail Wakatobi Belitung pada tahun 2011 lalu. Pantai Tanjung Kelayang ini juga digunakan sebagai salah satu tempat penutupan Sail Wakatobi Belitung yang dimeriahkan oleh tarian tradisional dan pesta kembang api. Acara penutupan ini dilaksanakan tepat disamping bibir pantai.

Diawali dengan penampilan anak-anak dengan pakaian berwarna-warni. Anak-anak ini menampilkan tarian “Belitung Bergema” dibawah teriknya sinar matahari. Tarian ini adalah kreasi dari seniman lokal yang menceritakan bagaimana kehidpuan anak pantai dan para nelayan Belitung yang mencari nafkah dengan cara menangkap ikan.

Salah satu kegiatan yang diadakan pada selama sail Wakatobi Belitung adalah percobaan pemecahan rekor bermain catur dalam air dengan pemain terbanyak yang akan dicatat oleh Museum Rekor Indonesia (MURI). Penyelam yang ikut serta dalam percobaan pemecahan rekor ini selain dari masyarakat sipil juga melibatkan penyelam dari angkatan laut Indonesia.

Pada saat acara Sail Wakatobi Belitung berlangsung ada puluhan kapal layar kecil yang menambatkan diri didekat pantai Tanjung Kelayang. Pada saat itu anda bisa menyaksikan barisan tiang dengan layar yang sudah tergulung menyembul ke atas kapal-kapal tersebut. Diantara kapal layar yang bersandar ada juga yang bertipe catamaran dengan dua lambung. Pantai Tanjung Kelayan adalah tempat persinggahan terakhir bagi kapal-kapal yang mengikut acara sail Wakatobi Belitung, sebelum kembali ke negara masing-masing.

Dengan pantai berpasir dan laut biru yang tenang serta panorama pohon kelapa di sepanjang pesisirnya menjadikan pantai ini sangat cocok untuk Anda yang ingin bersantai sambil berenang atau sekedar berjemur diantara bebatuan granit yang tersusun menakjubkan. Bagi Anda yang hobi fotografi, Tanjung Kelayang adalah tempat yang pas untuk memuaskan hobi Anda.

Di pantai ini kira-kira kira-kira 100 meter dari pantai. Terdapat batu-batuan granit yang berbentuk seperti pulau dan mirip seperti burung. Karena pulau ini mirip dengan burung, maka orang memberi nama tempat ini dengan nama Tanjung Kelayang. Salah satu jenis burung yang banyak dijumpai di daerah ini. Ukuran dari pulau kecil itu kira-kira 50m persegi. Terlihat indah dan unik.

Tanjung Kelayang merupakan semenanjung yang menjorok ke arah Utara. Dengan pulau granit batu kelayang terletak sebelah Timur, Tanjung Kelayang adalah pantai pasir putih yang membentang sepanjang beberapa kilometer. Dari Tanjung Kelayang terhampar pantai pasir putih sejauh kurang lebih 4km sampai ke Tanjung Tinggi.

Pantai sebelah Timur merupakan tempat yang baik untuk berenang, karena permukaan dasar pantai jernih dan berpasir putih. Tempat ini juga baik jika anda ingin bermain di tepi pantai karena permukaan pantai yang lebar.

Pantai sebelah Timur adalah pintu masuk Tanjung Kelayang, di sini hanya ada pasir putih, tidak ada granit di pantai. Dari sana pengunjung biasanya berjalan sepanjang pantai kurang lebih 300m ke arah Utara, dimana bisa ditemukan bebatuan granit, tersebar sepanjang ujung semenanjung dan juga di permukaan laut. Salah satunya yang berbentuk seperti burung kelayang tadi.

Sementara itu pantai sisi Barat memiliki pemandangan berbeda. Panjang pantai tidak sepanjang sisi Timur karena di sisi Barat terdapat lebih banyak batu-batu granit. Pemandangan unit dari pantai sisi Barat adalah 3 pulau kecil, kira-kira 300m dari bibir pantai. Dikombinasikan dengan bebatuan granit besar yang tersebar di permukaan laut, pemandangan di sisi Barat menjadi lebih menarik, terutama pada saat matahari terbenam. Tempat terbaik untuk menikmati pemandangan pantai sisi Barat adalah dari puncak batu-batu granit di area ujung dari semenanjung.

Tanjung kelayang merupakan juga tempat start jika anda ingin tur ke pulau-pulau kecil di sekitar tanjung kelayang, seperti pulau lengkuas, pulau burung, pulau batu berlayar. di sekitar pantai terdapat banyak perahu nelayan yang bisa disewa. Dengan jarak yang begitu dekat dari pantai, perjalanan dengan perahu kurang lebih 30 menit dan anda bisa berjalan mengitari pulau-pulau yang tidak berpenghuni itu karena sepanjang pulau dikelilingi oleh pasir putih.

batu garuda - Belitong : Pantai Tanjung Kelayang, Belitung – Bangka
Hamparan Pasir Putih Pantai tanjung kelayang - Belitong : Pantai Tanjung Kelayang, Belitung – Bangka

Jangan lupa membawa persediaan air minum dan snack karena tidak ada air minum dan tidak ada orang di pulau-pulau itu. kecuali di pulau lengkuas, kita akan mendapati penjaga mercusuar yang sangat ramah, tapi tetap walaupun pulau ini berpenghuni, mereka tidak menyediakan air minum.

Pantai Tanjung Kelayang merupakan salah satu lokasi syuting film Laskar Pelangi, selain Pantai Tanjung Tinggi. Di sana terdapat hamparan pasir putih dan bebatuan granit besar. Pemandangannya sungguh dahsyat

Anda tentu masih ingat adegan Lintang yang sesekali mengantar sang ayah menuju perahu saat hendak melaut, atau sebaliknya kala anak cerdas itu menghampiri sang ayah saat tiba dari menangkap ikan, itulah Pantai Tanjung Kelayang.

Sekalipun tak sepopuler Pantai Tanjung Tinggi yang memang sudah menjadi brand film Laskar Pelangi, bukan berarti Pantai Tanjung Kelayang tak rupawan. justru Pantai Tanjung Kelayang adalah pantai favorit selama liburan di Pulau Belitung.

Ada juga jembatan yang sengaja dibangun bagi para pengunjung supaya leluasa menikmati keindahan Pantai Tanjung Kelayang. Hati-hati, pemandangan dari jembatan ini bisa membuat kita melayang, saking terpesonanya kita dengan kecantikan Pantai Tanjung Kelayang.

Dari jembatan inilah, setidaknya dari jarak yang lumayan dekat, kita bisa menyaksikan bebatuan yang berbentuk kepala burung garuda. Disamping itu, dari jembatan ini kita juga bisa memancing, seraya melihat ikan-ikan yang berkeliaran dibawah air laut yang jernih.

Galeri gambar dari informasi tentang Pantai Tanjung Kelayang, Belitung – Bangka

Ada 6 foto di dalam Pantai Tanjung Kelayang, Belitung – Bangka informasi. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 6 foto high-res.

Keindahan Pantai tanjung kelayang - Belitong : Pantai Tanjung Kelayang, Belitung – BangkaPantai tanjung kelayang - Belitong : Pantai Tanjung Kelayang, Belitung – BangkaSuasana Pesisir Pantai tanjung kelayang - Belitong : Pantai Tanjung Kelayang, Belitung – BangkaSuasana Sena di Pantai tanjung kelayang - Belitong : Pantai Tanjung Kelayang, Belitung – Bangkabatu garuda - Belitong : Pantai Tanjung Kelayang, Belitung – BangkaHamparan Pasir Putih Pantai tanjung kelayang - Belitong : Pantai Tanjung Kelayang, Belitung – Bangka

Apa pendapatmu tentang Pantai Tanjung Kelayang, Belitung – Bangka

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Tanjung Kelayang, Belitung – Bangka Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Tanjung Pakis Karawang
Pantai Tanjung Pakis terletak di Kabupaten Karawang Jawa Barat, tepatnya berada di Desa ...

Pulau Khayangan, makasar – S
Kota Makassar memang di anegurahi kekayaan wisata bahari yang tak terhingga. Berada di ...

Gili Banta, Bima – NTB
Indonesia memang memiliki banyak sekali pulau-pulau kecil, dan hampir sebagian besar masih merupakan ...

Pantai Batu Berdaun, Lingga &#
Pantai Batu Berdaun, nama pantai yang unik. Pantai Batu Berdaun terletak 4 kilometer ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Trenggole, Gunungkidul -Yogyakart
Pantai Tirtamaya, Indramayu – Jawa Bar
Pantai Poto Batu, Sumbawa – NTB
Pantai Sindangkerta, Tasikmalaya – Jaw
Pantai Sayang Heulang, Garut – Jawa Ba
Pantai Ngetun, Gunungkidul – Yogyakart
Pulau Ular, Sumbawa – NTB
Pantai Sirombu, Nias – Sumatera Ut

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.