Pantai Tapak Paderi – Bengkulu

Rating: 85 out of 100, by 132 users
Panorama Pantai Tapak Paderi - Bengkulu : Pantai Tapak Paderi – Bengkulu

Provinsi Bengkulu yang berbatasan langsung dengan Samudera Indonesia memiliki garis pantai yang panjang dan menawan. Jika Anda berkunjung ke Bengkulu maka wajib mengunjungi salah satu tujuan wisata favorit masyarakat Bengkulu ini.

Pantai Tapak Paderi merupakan objek wisata yang lengkap berupa wisata pantai dan wisata sejarah. Tidaklah mengherankan karena memang menjadikannya andalan Wisata Bengkulu. Pantai ini langsung terhubung dengan Pantai Panjang dan Pantai Jakat sehingga menjadi keistimewaan tersendiri.

Pantai Tapak Padri awalnya merupakan pusat pelabuhan laut pertama di Bengkulu. Pantai ini juga sekaligus penunjang transporasi laut pemerintah Inggris di Bengkulu saat itu yang berjarak 100 meter dari Benteng Marlborough.

Di wilayah ini atas perintah Gubernur Jenderal Thomas Stamford Raffless dibangun benteng pertahanan dan juga pusat pemerintahan perwakilan Kerajaan Inggris. Benteng tersebut bagitu ternama di Nusantara yaitu Benteng Marlborought Di pantai ini juga, terdapat kampung China yang yang dahulunya merupakan pusat.

Dari bagian atas Tapak Padri dapat Anda lihat keindahan laut Bengkulu. Pesona keindahan alamnyaseakantiada akhir.Matahari terbenam merupakan pemandangan yang tidak boleh Anda lewatkan. Anda juga dapat menikmati jagung bakar di pantai ini atau menggunakan perahu untuk menikmati suasana danau buatan yang terletak di pinggir pantai.

Pantai Tapak Paderi bersama dua obyek wisata lainnya yaitu Fort Marlborough dan Monumen Thomas Parr menjadi kawasan yang paling banyak dikunjungi masyarakat Bengkulu. Terutama saat bulan Ramadhan sambil menunggu terbitnya matahari pagi yang indah.

Pantai Tapak Paderi juga biasanya digunakan sebagai pusat Festival Tabot Bengkulu. Dalam festival ini Anda akan disajikan kemeriahkan pertunjukan seni, pasar, pameran kriya, aneka lomba, rebana, tari tabot, dan beragam acara seni lainnya.

Lokasi

Letak Pantai Tapak Paderi, berada tepat di depan Benteng Marlborough, berada di antara dua buah pantai yakni Pantai Panjang dan Pantai Jakat. Letaknya pun tak jauh dari pusat kota, hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk mencapai tempat ini. Karena kemudahan akses menuju pantai ini, anda bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Selain itu, anda juga bisa menggunakan angkutan umum misalnya angkot, ojek dan taksi.

Jika anda berencana menggunakan angkutan umum seperti angkot, anda bisa mencari angkot berwarna hijau dari terminal panorama, lalu berhenti di Jalan Suprapto (prapto). Ketika sudah sampai di sini, lanjutkan dengan menaiki angkot dengan warna kuning. Jangan lupa beritahu pada sopir bahwa anda ingin menuju Pantai Tapak Paderi, karena angkot dengan warna kuning cukup fleksibel dengan permintaan penumpang yang ingin mengunjungi beberapa spot wisata yang ada di dekat Pantai Tapak Paderi ini. Ongkos yang anda keluarkan untuk tiap angkot adalah Rp 2.000,- saja.

Sedangkan bagi anda yang ingin menggunakan kendaraan pribadi, rute yang anda ambil jika start awal di samakan yakni dari terminal panorama, berjalanlah ke arah barat dan melewati Jalan Raya Air Sebakul, ikuti saja jalan ini hingga anda memasuki Jalan Wage Rudolf Supratman dan memasuki Jalan Irian, kemudian berbelok ke kiri. Ikuti saja jalan, sekitar 6,6 km ambil belokkan ke kanan dan anda memasuki Jalan Sumatera. Setelah itu anda akan memasuki Jalan Kapten Pierre Tendean, lanjut belok ke kanan lalu ke kiri, kemudian anda telah memasuki Jalan Nusyirwan Jainul.

Jalan terus hingga anda memasuki Jalan Ibnu Hajar, ikuti jalan ini hingga anda menemukan tikungan yang cukup besar, kemudian berbelok ke kanan lalu anda akan menemukan pertigaan. Ambil jalan ke kiri untuk memasuki Bencoolen Street, lalu melewati dua buah bundaran. Tak jauh dari sini, anda bisa menemukan Pantai Tapak Paderi di sebelah kanan jalanan.

Selain angkot, anda juga bisa menggunakan ojek ataupun taksi. Atau, jika anda ingin mengendarai kendaraan sendiri, namun tidak ada kendaraan, jangan khawatir, karena ada banyak penyewaan motor di kota Bengkulu ini.

Akomodasi

Karena lokasi Pantai Tapak Paderi strategis, membuat Anda mudah untuk mendapatkan akomodasi. Berikut ini beberapa hotel yang bisa menjadi referensi : Hotel Raffles City Raffles City, Hotel Nala Sea Side Cottage, Hotel Puri Bidadari Beach, Hotel Permata Gading, Hotel Pasir Putih Resort, Hotel Grand Marina, Hotel Malibu Beach Hotel, Hotel Empang Wisata

Wisata

Pantai Tapak Paderi, adalah sebuah pantai dengan panorama alam yang indah, serta menyimpan cerita sejarah pada masa penjajahan. Dulunya, merupakan dermaga utama yang ada di wilayah Bengkulu, namun seiring waktu berjalan, dermaga tersebut hancur terkikis ombak yang kini akhirnya diubah menjadi sebuah objek wisata yang sangat sayang jika di lewatkan ketika anda mendatangi Kota Bengkulu.

Untuk memasuki kawasan pantai, anda dikenakan biaya masuk Rp 1.000 untuk anak-anak dan Rp 2.000 untuk dewasa, sedangkan untuk kendaraan roda dua dikenakan biaya Rp 1.000, roda empat Rp 2.000 dan roda enam Rp 4.000, cukup murah jika dibandingkan dengan apa yang akan anda nikmati di pantai ini.

Di pantai ini tentunya anda bisa berenang ataupun hanya menikmati indahnya air laut serta pasir pantai yang hangat. Tak hanya itu, anda juga bisa memancing di sebuah danau buatan di pinggir pantai ini dengan menggunakan perahu yang telah disediakan. Sayangnya, saat ini tanggul danau sudah jebol, sehingga air laut sudah masuk ke dalam danau.

Suasana Pantai Tapak Paderi - Bengkulu : Pantai Tapak Paderi – Bengkulu
Pantai Tapak Paderi - Bengkulu : Pantai Tapak Paderi – Bengkulu

Dulunya, danau buatan ini dihuni oleh ikan mujair, ikan bulan dan ikan nila. Ketika anda memancing di sini, tak hanya mendapatkan ikan, anda juga akan melihat indahnya hamparan air laut sehingga tak membuat anda bosan untuk menunggu mendapatkan ikan.

Jika anda ingin bersantai sambil mengunyah sesuatu, tak perlu bingung. Ada banyak penjual makanan dan minuman di kawasan Pantai Tapak Paderi dan tentunya yang paling diminati adalah jagung bakar.

Satu lagi keistimewaan Pantai Tapak Paderi ini adalah, adanya sebuah panggung pertunjukkan yang biasa digunakan ketika diadakannya Festival Tabot di kota Bengkulu. Acara tahunan ini selalu menjadi daya tarik masyarakat lokal, maupun wisatawan. Festival Tabot ini, merupakan sebuah festival yang diadakan untuk memperingati wafatnya cucu Nabi Muhammad yakni Imam Husein bin Ali bin Abu Tholib

Sebuah pantai akan terasa kurang lengkap jika tidak menawarkan suasana sunset, yakni suasana ketika matahari mulai tenggelam di ufuk barat. Begitupun Pantai Tapak Paderi ini. Pemandangan yang bisa anda lihat ketika sunset, tampak menghipnotis mata anda untuk tak berkedip, apalagi jika dinikmati bersama orang-orang terdekat anda, baik sahabat, keluarga ataupun kekasih anda. Maka dari itu, pantai ini akan sangat ramai dikunjungi ketika sore tiba, karena momen sunset inilah yang paling di tunggu-tunggu.

Kuliner

Seafood  merupakan makanan favorit di sini, kebanyakan dibakar bersama bumbu khas. Martabak juga merupakan salah satu makanan kegemaran orang Bengkulu. Untuk kuliner disekitar pantai maka Anda bisa menikmati jangung dan pisang bakar khas Bengkulu.

Tips

1. Jika anda ingin berhemat, sebaiknya bawa makanan sendiri dari luar. Karena harga makanan di tempat-tempat wisata biasanya hampir dua kali lipat dari harga normal.

2. Datanglah di sore hari, selain panas tidak terlalu menyengat, anda juga tidak terlalu lama untuk melihat suasana ketika sunset di pantai ini

3. Jika anda tak ingin ketinggalan festival Tabot yang memadukan nilai religius, tradisi, sejarah dan kemeriahan. Datanglah pada tanggal-tanggal yang bertepatan dengan 1-10 Muharam dalam tanggalan Islam.

 

Kumpulan Gambar dari informasi tentang Pantai Tapak Paderi – Bengkulu

Ada 6 gambar di dalam Pantai Tapak Paderi – Bengkulu informasi. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 6 gambar high-res.

Panorama Pantai Tapak Paderi - Bengkulu : Pantai Tapak Paderi – BengkuluPantai Tapak Paderi - Bengkulu : Pantai Tapak Paderi – BengkuluSuasana Pantai Tapak Paderi - Bengkulu : Pantai Tapak Paderi – BengkuluSuasana Senja di Pantai Tapak Paderi - Bengkulu : Pantai Tapak Paderi – BengkuluSunset di Pantai Tapak Paderi - Bengkulu : Pantai Tapak Paderi – BengkuluKeindahan Pantai Tapak Paderi - Bengkulu : Pantai Tapak Paderi – Bengkulu

Apa pendapatmu tentang Pantai Tapak Paderi – Bengkulu

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Tapak Paderi – Bengkulu Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Hamadi, Jayapura –
Kota Jayapura memang memiliki potensi yang sangat besar untuk menjadi sebuah kota wisata. ...

Pantai Setoko, Batam – K
Kepulauan Riau merupakan sebuah provinsi di Indonesia yang di dominasi oleh berbagai pulau-pulau ...

Pantai Nampu di Wonogiri
Pantai Nampu, mungkin anda bertanya-tanya dimana pantai ini. Atau mungkin terasa asing munkin ...

Pantai Jamursba Medi, Sorong &
Pantai Jamursba Medi – Kota Sorong memiliki banyak keindahan alam, sebagian besar objek ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Kuta, Pantai Matahari Terbenam di
Pantai Batu Mejan, Badung – Bali
Pantai Pasir Kuning, Tempilang – B
Pantai Indrayanti yang Indah
Pantai Cermin Serdang Sumatera Utara
Pulau Walo, Raja Ampat – Papua
Pulau Siladen, Manado – Sulawesi Utara
Pantai Pasir Panjang, Singkawang –

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.