Pulau Tikus – Bengkulu

Rating: 82 out of 100, by 66 users
Penghuni Dasar laut Pulau Tikus - Bengkulu : Pulau Tikus – Bengkulu

Di Sumatera, tepatnya di Provinsi Bengkulu, ada sebuah pulau yang menyimpan sejuta pesona alam. Pulau ini menawarkan panorama alam yang indah baik di daratan maupun di bawah laut, sehingga menjadi salah satu tempat wisata favorit bagi wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke Bengkulu.

Lokasi dan Akomodasi

Pulau Tikus berada sekitar 10 km di sebelah barat Bengkulu. Tentunya untuk menuju pulau ini, anda harus menggunakan alat trasportasi air seperti speed boat ataupun perahu nelayan. Anda bisa naik dari pantai jakat, pantai tapak paderi ataupun dari pelabuhan pulau baai. Jika dari pantai jakat, waktu tempuh adalah ±60 menit, dari pantai tapak paderi ±30 menit dan dari palabuhan pulau baai adalah ±40 menit.

Sedangkan untuk menuju tiga spot pelabuhan tersebut anda bisa menggunakan kendaraan apa saja baik kendaraan umum ataupun pribadi. Untuk kendaraan umum, anda bisa menggunakan angkutan kota atau angkot berwarna kuning yang bisa anda temukan di Jalan Suprapto untuk menuju Pantai Tapak Paderi, atau angkot berwarna biru untuk mengantar anda ke pelabuhan pulau baai. Angkot biru ini bisa anda temukan di sekitar wilayah lingkar barat. Tarif angkot adalah Rp 2.000 sekali naik.

Untuk anda yang menggunakan kendaraan umum, anda bisa menitipkan kendaraan anda di pelabuhan tersebut, tapi untuk keamanan sebaiknya menggunakan kendaraan umum saja agar tak perlu cemas dengan kendaraan anda yang ditinggal. Atau jika anda tidak ingin repot, anda bisa memesan paket wisata menuju pulau ini. Tetapi, anda harus menunggu kuota peserta cukup. Biasanya minimal 10 orang.

Wisata

Pulau Tikus, sebuah pulau kecil berukuran 60×100 meter atau sekitar 0,85 Ha. Pulau ini merupakan pulau karang yang memiliki kekayaan biota laut sehingga merupakan tempat yang sangat cocok bagi para penggemar diving ataupun snorkeling. Tak hanya itu, pulau ini menjadi lokasi yang pas untuk memancing karena banyaknya jenis-jenis ikan yang sering berenang di sekitaran karang.

Keindahan Perairan Pulau Tiikus - Bengkulu : Pulau Tikus – Bengkulu
Penghuni Dasar laut Pulau Tikus - Bengkulu : Pulau Tikus – Bengkulu

Di pulau ini, berdiri sebuah mercusuar dan bangunan yang menjadi tempat para penjaga mercusuar tersebut di sisi timur pulau. Sayangnya, karena abrasi gelombang laut, bangunan yang semula ada ada lima itu, kini hanya bersisa dua buah, sedangkan tiga lainnya hancur. Mercusuar ini pun sudah lebih dari dua kali dipindahkan untuk mengantisipasi hancurnya mercusuar tersebut karena abrasi.

Walaupun begitu, tetap saja keindahan pulau ini sangat sayang untuk dilewatkan, tak hanya biota laut yang membuat anda terpesona, pemandangan alam dengan warna air laut yang biru jernih ini pun mampu menghipnotis anda. Terumbu karang yang ada di dalam laut, bisa dengan jelas anda lihat dari permukaan. Jadi bagi anda yang tak ingin menyelam pun bisa menikmati keindahan alam ini.

Kekayaan biota laut ini pun diperkaya dengan adanya bermacam-macam ikan hias, kepiting maupun udang. Sedangkan di atas pulau, anda bisa melihat beragam tumbuhan seperti pohon waru, ketapang, kelapa dan nyamplung. Keindahan faunanya pun bisa anda saksikan dengan beberapa jenis burung seperti burung bangau hitam, burung dara laut, burung pecuk padi dan burung kwak maling.

Hal menarik lain yang mungkin sangat disayangkan jika anda lewatkan adalah, naiknya penyu hijau dan penyu sisik untuk bertelur. Sayangnya hal ini hanya terjadi di malam hari. Jadi bagi anda yang ingin melihatnya, bisa membawa tenda untuk bermalam di sini. Selain menikmati indahnya langit malam di atas pulau, anda juga bisa melihat aktifitas penyu tersebut.

Memang pulau ini tidak memiliki penginapan layaknya tempat wisata lainnya, hal ini dikarenakan keadaan pulau yang tak memungkinkan untuk didirikan bangunan karena rawannya abrasi. Jadi, bagi anda yang tidak memiliki tenda, anda bisa menumpang di bangunan rumah tempat penjaga mercusuar untuk bermalam. Anda tak perlu khawatir, walaupun malam hari, pulau ini tetap ramai terutama oleh para pemancing.

Ingin menaiki mercusuar? Tentu bisa. Asal anda sudah meminta izin pada penjaganya agar anda diperbolehkan masuk. Kapan lagi bisa melihat indahnya hamparan air laut dari atas sebuah mercusuar. Satu lagi yang tak boleh di lewatkan, sunset dan sunrise. Tentunya akan tampak indah ketika anda berada di tengah-tengah laut, sambil menikmati halusnya pasir putih di bibir pantai.

Pulau Tikus memiliki garis pantai berpasir putih yang menariknya menjadi lokasi penyu sisik (eretmocheIys imbricata) dan penyu hijau (cheloma mydas) bertelur. Di kawasan ini juga terdapat ekosistem karang dan biota laut. Jenis karang yang dimaksud diantaranya adalah acroporase, poriter, fungia, pociIIopora, montipora, dansarcophiton.

Pulau kecil ini juga merupakan habitat bagi berbagai jenis burung, seperti burung dara laut (duluca bicolor), burung bangau hitam (egresa sacra), burung kwak maling (nytcicuray sp) dan burung pecuk padi (polocrocoray sulsinostris). Sementara itu, jenis flora yang dominan tumbuh di kawasan pulau adalah nyampiung (caiophylum inophylum), ketapang (terminalia cetapa), waru, kelapa (cocos nucifera Sp), dan lainnya.

Pulau Tikus dahulu merupakan tempat kapal-kapal untuk berlabuh dan berlindung dari hantaman badai ombak laut Samudra Indonesia. Sebuah mercusuar masih dapat dilihat tegak berdiri di pulau ini.

Terumbu karang yang sangat luas di sekitar pulau ini mampu melindungi pulau dari abrasi. Sayangnya, keberadaan terumbu karang di Pulau Tikus mengalami degradasi karena berbagai faktor yang mengakibatkan semakin berkurangnya luas Pulau Tikus.

Tips

1. Jika anda menggunakan paket wisata, sebaiknya ajak rombongan agar cepat mencapai kuota. Tetapi, sangat jarang ada paket yang menawarkan bermalam di pulau karena minimnya fasilitas di pulau.

2. Bagi anda yang non-paket dan ingin berhemat, bawalah makanan sendiri. Memang sangat jarang penjual makanan di Pulau Tikus, kalaupun sedang ada, tentu harganya mahal.

3. Untuk anda yang ingin bermalam, sebaiknya bawa tenda sendiri agar tidak bingung untuk mencari tempat beristirahat.

4. Pastikan kunjungan Anda ke Pulau Tikus di saat cuaca aman dan musim yang bagus. Pulau ini tidak bisa dikunjungi saat badai.

 

Galeri gambar dari informasi tentang Pulau Tikus – Bengkulu

Ada 5 potret di dalam Pulau Tikus – Bengkulu informasi. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 5 potret high-res.

Keindahan Perairan Pulau Tiikus - Bengkulu : Pulau Tikus – BengkuluMercusuar pulau tikus bengkulu - Bengkulu : Pulau Tikus – BengkuluPenghuni Dasar laut Pulau Tikus - Bengkulu : Pulau Tikus – BengkuluSuasana Senja Di Pulau Tikus - Bengkulu : Pulau Tikus – BengkuluTerumbu karang Yang Indah di pulau tikus - Bengkulu : Pulau Tikus – Bengkulu

Apa pendapatmu tentang Pulau Tikus – Bengkulu

Tinggalkan Komentarmu soal Pulau Tikus – Bengkulu Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Penyusuk dan Pulau Lamp
Kira-kira 6 km ke arah utara dari pantai Remodong, terdapat sebuah semenanjung yang ...

Pantai Base G, Jayapura –
Pantai Base G merupakan salah satu pantai berpasir putih di Jayapura.  jaraknya hanya ...

Pantai Teleng Ria Pacitan Jawa
Pantai Teleng Ria merupakan salah satu pantai yang menjadi objek wisata pantai paling ...

Pantai Kampung Baru, Bulungan
Berjarak sekitar kurang lebih 90 Km dari kota Tanjung Selor, Kampung Baru-Mangkupadi merupakan ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Kusamba di Pulau Bali
Pantai Sayang Heulang, Garut – Jawa Ba
Pulau Bacan, Halmahera Selatan – M
Hidden Bay, Raja Ampat – Papua
Pulau Adonara, Flores – NTT
Pantai Senggigi Lombok
Pantai Lhok Nga di Banda Aceh
Gili Sunut, Lombok – NTB

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.