Pantai Batu Berdaun, Lingga – Kepulauan Riau

Rating: 89 out of 100, by 109 users
salah satu contoh batu bedaun - Kepulauan Riau : Pantai Batu Berdaun, Lingga – Kepulauan Riau

Pantai Batu Berdaun, nama pantai yang unik. Pantai Batu Berdaun terletak 4 kilometer dari kota Dabo Singkep, Kabupaten Lingga, Propinsi Kepulauan Riau. Nama Batu Berdaun sendiri karena terdapat sebuah tumpukan batu yang diatasnya tumbuh semacam pohon yang berukuran sedang, yang bagi penggemar bonsai disebut “Saike”.

Pantai ini merupakan salah satu objek wisata yang sering dikunjungi oleh warga kabupaten Lingga khususnya kecamatan Singkep. Keunikan pantai ini tidak hanya batu berdaun itu sendiri, namun pantai ini juga indah. Pasir pantainya berwarna putih yang terbentang luas antara Desa Kampung Baru dengan Desa Kebun Nyiur. Bukan hanya itu, pantai ini diapit oleh sebuah kolong (sejenis danau kecil) dengan airnya yang berwarna hijau.

Karena merupakan ikon wisata dari kabupaten Lingga, pada malam pergantian tahun, pantai ini menjadi pusat acara tahun baru.

pantai batu bedaun - Kepulauan Riau : Pantai Batu Berdaun, Lingga – Kepulauan Riau
pantai batu berdaun pohon tumbuh di atas batu - Kepulauan Riau : Pantai Batu Berdaun, Lingga – Kepulauan Riau

Saat mata memandang ke arah laut, kita bisa melihat beberapa kelong (rumah kecil yang digunakan warga Singkep untuk mencari ikan) yang berada di tengah laut. Karena memang sebagian besar warga pesisir Singkep bermata pencaharian sebagai nelayan.

Ada dua pantai yang mempunyai nama pantai Batu Berdaun di provinsi Kep. Bangka Belitung. Yang pertama adalah pantai Batu Berdaun yang berada di Desa Rajik Kecamatan Simpang Rimba Kabupaten Bangka Selatan dan pantai Batu Berdaun yang berada di Desa Matras Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka Induk.

Pantai Batu Bedaun Sungailiat
pantai Batu Berdaun yang berada di Sungailiat Kabupaten Bangka Induk. Dinamakan batu berdaun karena tidak jauh dari bibir pantai arah laut ada sebongkah gugusan batu dan sebuah pohon yang terlihat begitu kontras tumbuh diantara bebatuan tersebut.

Pantai Batu Berdaun juga memiliki pasir putih yang luas & panjang. Di ujung kiri pantai terdapat gugusan bebatuan granit yang tertata apik menambah kecantikan pantai.

Ada sebuah dermaga labuh yang terlihat tidak terawat terlihat dari konstruksinya yang telah rusak. Dermaga ini dulunya adalah tempat tambat labuh nelayan sekitar tetapi saat ini telah beralih fungsi sebagai tempat memancing pengunjung pantai.

Fasilitas di pantai ini tergolong lengkap, bahkan dibibir pantai terlihat sedang di bangun sebuah resort yang akan semakin menambah daya tarik pantai ini.

Pantai batu bedaun sungiliat bersebelahan dengan pantai parai tengiri, namun pantai ini mempunyai ciri khas sehinggan masyarakat sungailiat menyebutnya pantai batu bedaun karena di tengah laut pinggiran pantai ini terdapat sebuah pulau batu granit kecil yang ditumbuhi satu pohon dan rumput hijau sehingga pantai ini dinamakan pantai batu berdaun.

Pantai batu bedaun bangka ini memiliki pasir putih juga serta sebuah darmaga yang terbuat dari kayu yang kokoh biasnya darmaga ini dijadikan para travelling unutk memancing dan photographer, fasilitas dipantai ini cukup lengkap karena sepanjang bibir pantai ada tempat resort unutk minum dan mencicipi masakan laut pantai batu bedaun bangka, sungailiat, eksotik wisata pantai batu bedaun sungailiat bangka.

Jika berkunjung pantai batu bedaun jangan lupa membawa peralatan memancing karena dipantai ini spot untuk memancing lumayan sangat mengasyikkan,  karena terdapat batu karang batu granit serta pesona hamparan pohon kelapa, eksotik wisata pantai batu bedaun sungailiat bangka.

Pantai Batu Bedaun Rajik
Pantai Batu Berdaun terletak di Desa Rajik Kecamatan Simpang Rimba Kabupaten Bangka Selatan, berjarak sekitar 135 km dari Kota Toboali dan dapat ditempuh selama 1 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat.

Disekitar pantai banyak ditumbuhi pohon kelapa dan pohon bakau. Pasirnya yang halus dan berwarana kekuning – kuningan , airnya jernih kebiru – biruan cocok untuk berenang dan kegiatan memanciang .Dibibir pantai banyak terdapat bebatuan yang cukup besar yang dipergunakan oleh pengunjung untuk duduk dan santai sambil mrnikamati keindahan pantai .Dari pantai bisa dilihat bebatuan besar yang disekitar nya ditumbuhi sebuah pohon dimana daun – daunya merambat diatas batu tersebut .

Bagi siapapun yang menyukai memancing, berenang, berjemur atau fotografi, Batu Berdaun Rajik adalah pilihan spesial untuk anda dan keluarga menghabiskan masa liburan. Pantai yang menawan ini membangkitkan energi kita untuk mendapatkan inspirasi yang tak terbatas guna mengapresiasi karya ilahi yang indah alami.

Nama batu berdaun sendiri diberikan karena dipantai ini terdapat sebuah batu yang ditumbuhi pohon yang bagi para penggemar Bonsai dinamakan saike,entah sudah berapa tahun usia pasti pohon yang tumbuh diatas batu itu, pada mulanya pohon yang tumbuh di batu tersebut adalah pohon leban pantai, namun kini pohon cemara anginpun tumbuh di batu tersebut. Itulah mungkin kenapa pantai ini di namakan pantai batu berdaun yakni batu yang terdapat daun atau ditumbuhi pohon.

Galeri dari artikel tentang Pantai Batu Berdaun, Lingga – Kepulauan Riau

Ada 6 gambar di dalam Pantai Batu Berdaun, Lingga – Kepulauan Riau artikel. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 6 gambar high-res.

batu berdaun - Kepulauan Riau : Pantai Batu Berdaun, Lingga – Kepulauan Riaupesisir pantai batu bedaun - Kepulauan Riau : Pantai Batu Berdaun, Lingga – Kepulauan Riaugugusan karang di pantai batu bedaun - Kepulauan Riau : Pantai Batu Berdaun, Lingga – Kepulauan Riausalah satu contoh batu bedaun - Kepulauan Riau : Pantai Batu Berdaun, Lingga – Kepulauan Riaupantai batu bedaun - Kepulauan Riau : Pantai Batu Berdaun, Lingga – Kepulauan Riaupantai batu berdaun pohon tumbuh di atas batu - Kepulauan Riau : Pantai Batu Berdaun, Lingga – Kepulauan Riau

Apa pendapatmu tentang Pantai Batu Berdaun, Lingga – Kepulauan Riau

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Batu Berdaun, Lingga – Kepulauan Riau Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Sabang nan Eksotis di U
Sabang terletak di ujung Pulau Sumatera, tepatnya pada Provinsi Nangroe Aceh Darussalam. Untuk ...

Pantai Waiwo, Raja Ampat ̵
Kalau anda mendengar Raja Ampat pastilah langsung terbayang pemandangan bawah lautnya yang sangat ...

Pantai Kuala Parek, Langsa 
Pantai Kuala Parek – sebuah pantai memang sudah tak asing lagi berada di ...

Pantai Sanur Bali – Meli
Pantai Sanur adalah sebuah tempat pelancongan pariwisata yang terkenal di pulau Bali. Tempat ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Jelenga, Sumbawa – NTB
Pantai Firdaus Kema, Minahasa Utara –
Pantai Citepus, Sukabumi – Jawa Barat
Pantai Lawata, Bima – NTB
Pantai Pangandaran Ciamis Jawa Barat
Pantai Rantung, Sumbawa – NTB
Pantai Oi Fanda, Sumbawa – NTB
Sinka Island Park, Singkawang – Kalima

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.