Pantai Melayu, Batam – Kepulauan Riau

Rating: 86 out of 100, by 127 users
Hamparan Pasir Di Pantai Melayu, Batam - Kepulauan Riau : Pantai Melayu, Batam – Kepulauan Riau

Jika kita berbicara tentang wisata bahari, mungkin sudah banyak orang-orang di dunia ini yang menggemari jenis wisata yang satu ini. Dikarenakan wisata bahari ini menyajikan pesona keindahan yang unik dan tak kalah menarik dengan wisata-wisata lainnya. Para pecinta wisata bahari bisa melihat langsung eksotika keindahan ragam berbagai jenis makhluk hidup di bawah laut. Selain itu panorama yang terbentang di sepanjang perairan seperti hijaunya perbukitan, pulau-pulau yang mengelilingi, kapal-kapal yang melintasi hingga panorama matahari terbenam pun menjadi alasan bagi mereka untuk menikmati keindahannya.

Indonesia yang merupakan negara Kepulauan memiliki ratusan ribu pulau-pulau yang tersebar di sekelilingnya, baik pulau-pulau yang besar maupun pulau-pulau yang kecil hingga pulau yang tak berpenghuni. Pulau-pulau tersebut dikelilingi oleh perairan yang luas dan menyimpan keanekaragaman biota laut yang terdapat di dalamnya. Ya, karena Potensi seperti itulah maka wisata bahari adalah salah satu wisata yang paling populer di Indonesia.

Berbicara tentang wisata bahari, Pulau Batam yang merupakan sebuah pulau yang terletak bagian Barat Indonesia tepatnya di Provinsi Kepulauan Riau juga menyimpan berbagai keanekaragaman wisata bahari yang terdapat di sekelilingnya. Wisata bahari di Pulau Batam adalah wisata yang begitu potensial untuk dikembangkan oleh Pemerintah Kota Batam mengingat Pulau Batam adalah Pulau yang letaknya sangat strategis dikelilingi oleh perairan yang terdapat di sekitar pesisirnya.

Ada banyak pantai yang terdapat di Pulau Batam, masing-masing pantai tersebut menyimpan keindahan yang berbeda antara pantai yang satu dengan pantai yang lain. Salah satu pantai tersebut adalah Pantai Melayu. Mungkin bagi masyarakat Pulau Batam pantai ini sudah cukup populer bahkan hampir sebahagian besar masyarakat Pulau Batam mengetahui kawasan Pantai ini.

Lokasi

Pantai Melayu terletak di Kelurahan Rempang Cate, tepatnya di desa Kalat Rempang, Galang. Dan letaknya cukup jauh dari Jembatan I atau Jembatan Tengku Fisabilillah, Barelang yang mencapai 23 KM. Keadaan pantai Melayu di hiasi oleh panorama perairannya yang masih asri dan jernih, di sepanjang pesisir pantai juga terdapat pasir-putih putih yang lembut dan tumbuhan nyiur yang menambah keindahan panorama pantai. Perairan di Pantai ini dari kejauhan terlihat berwarna biru dengan panorama di sekitarnya yang indah, serta riak ombaknya pun tampak begitu tenang.

Fasilitas

Seperti halnya kawasan Pantai yang telah dikelola dengan baik, maka pihak pengelola kawasan Pantai Melayu ini juga menyediakan berbagai fasilitas dan sarana kegiatan bagi para wisatawan. Salah satu fasilitas yang disediakan adalah Banana Boat, bagi Anda yang menyukai olahraga yang menantang dan menguji adrenalin di sekitar Pantai, Anda bisa mencoba melakukan kegiatan ini.

Harga yang ditawarkan untuk satu kali sewa Banana Boat pun cukup terjangkau, hanya dengan Rp. 20.000,- per orang, Anda sudah dapat menikmati wahana Banana Boat yang akan menguji adrenalin Anda di sekitar pantai. Harga tersebut termasuk dengan harga sewa pelampung yang disediakan khusus oleh pihak pengelola. Selain itu, Pihak Pengelola juga menyediakan Ban / Tubing yang dapat disewa oleh para wisatawan bagi yang sekedar ingin mengapung di laut.

Sarana dan prasarana juga disediakan oleh pihak pengelola seperti Toilet dan tempat bersantai secara lesehan yang terdapat di bawah pohon yang rindang di sekitar pantai. Tempat bersantai tersebut disewakan dengan harga yang cukup terjangkau atau Anda bisa bernegosiasi tawar-menawar dengan pihak pengelola.

Kegiatan

Bagi Anda yang tidak membawa bekal makanan, jangan khawatir , Karena di kawasan Pantai Melayu ini juga terdapat warung makan yang menyediakan berbagai macam hidangan laut maupun hidangan-hidangan lainnya yang dapat Anda pesan sesuai selera Anda. Selain itu di Pantai juga banyak pedagang-pedagang yang menjual berbagai macam hidangan ringan seperti Sate dan Rujak. Jumlah pedagang juga semakin meningkat pada hari libur atau pada saat-saat tertentu ketika Pantai ini ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Dikarenakan Pantai Melayu adalah pantai yang ramai cukup populer di Pulau Batam. Maka sudah dapat dipastikan pantai ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Wisatawan tersebut berasal dari sekitar Pulau Batam atau ada juga beberapa yang datang dari luar daerah. Bahkan jumlahnya dapat mengalami peningkatan beberapa kali lipat di hari libur.

Meskipun kawasan pantai ini merupakan kawasan pantai yang sangat eksotis namun nyatanya para wisatawan yang berkunjung tampaknya belum begitu menyadari untuk menjaga kebersihan alam dan lingkungan sekitar. Terbukti dengan banyak ditemukannya sampah-sampah plastik maupun pembungkus makanan yang berserakan di sekitar pantai.

Untuk biaya tiket masuk ke kawasan Pantai ini juga sangat terjangkau, hanya dengan Rp. 4.000,- Anda sudah dapat menikmati beraneka ragam keindahan yang terdapat di Pantai ini. Harga tersebut juga sudah termasuk biaya retribusi parkir.

Wisata Pantai Melayu bisa Anda kunjungi sebagai alternatif liburan bagi Anda dan keluarga Anda yang menggemari wisata bahari. Selain bisa menikmati panorama alam yang disuguhkan oleh kawasan Pantai ini, Anda juga akan mendapatkan pengalaman dari beberapa kegiatan pantai yang disediakan oleh Pihak pengelola.

Hamparan Pasir Di Pantai Melayu, Batam - Kepulauan Riau : Pantai Melayu, Batam – Kepulauan Riau
Berenang Di Pantai Melayu, Batam - Kepulauan Riau : Pantai Melayu, Batam – Kepulauan Riau

Wisata Pantai Melayu

Kali ini saya akan mengajak pembaca jalan-jalan ke salah satu objek wisata yang ada di Batam yaitu Pantai Melayu, yang letaknya berada di kampung Kalat, pulau Rempang, Batam, Kepulauan Riau. Menikmati semilirnya angin laut, hangatnya pasir pantai dan segarnya air laut akan anda dapatkan di sini. Bagi anda yang memiliki hobby memancing, jangan lupa membawa peralatan pancing karena di beberapa sudut pantai ini terdapat spot memancing ikan yang ideal.

Berenang merupakan agenda wajib para pengunjung. Kondisi air laut yang tenang sangat ideal untuk aktifitas berenang  di Pantai Melayu ini. Namun kewaspadaan harus tetap dijaga. Setelah puas bermain air maka bersantai dengan duduk-duduk di tepi pantai bersama keluarga dan teman menjadikan sebuah pengalaman yang tidak terlupakan.

Sajian kuliner khas pesisir hasil laut bisa anda dapatkan dengan mudah dan harganya terjangkau di Pantai Melayu Batam ini. Karena banyak warung dan penjual yang menjualnya. Seperti kelapa muda, aneka olahan ikan, udang dan cumi. Bahkan bila beruntung anda dapat membeli langsung ikan segar dari nelayan yang baru melaut.

Di lokasi pantai ini kita bisa menemui beberapa pedagang yang menjajakan dagangannya seperti pedagang makanan laut siap santap yang berupa sate udang, rempeyek udang, kepiting goreng dll. Ada juga penjual makanan-makanan ringan disekitar pantai. Kita juga bisa menyewa tikar di kedai-kedai didekat pantai. Untuk harga sewa tikar para penyewa bisa membayar Rp. 15,000 dan uang jaminan Rp. 10,000 yang akan dikembalikan ketika penyewa pengembalikan tikar tersebut.

Kita bisa menikmati hamparan pasir putih sepanjang pantai sambil berpiknik ria bersama keluarga atau pun teman dan orang dekat kita. Tempat yang teduh di tepi pantai membuat kita akan betah berlama-lama di lokasi pantai, ini dikarenakan banyaknya pepohonan yang rindang sepanjang pantai. Dihari libur biasanya banyak juga para pengunjung yang menghabiskan waktu di pantai dengan membakar ikan.

Pantai ini juga cukup aman untuk berenang bagi anak-anak maupun orang dewasa. Ombaknyapun cukup tenang dan tidak terlalu dalam hanya sekitar satu meter, walaupun berada 20 meter dari bibir pantai. Dipantai ini sudah ada penjaga pantai yang siap menjaga keselamatan pengunjung dan menolong pengunjung jika sewaktu-waktu ada sebuah insiden di lokasi pantai.

Satu lagi yang tidak kalah menarik adalah menikmati indahnya pemandangan alam pantai ketika Sunset tiba. Matahari akan terasa indah masuk kedalam cakrawala diantara pulau-pulau kecil yang terlihat jauh dari lokasi pantai.

Bagi anda yang memiliki waktu luang saat berada di Batam tentu sangat tepat jika anda juga bisa menikmati suasana indah di Pantai Melayu Barelang.

 

Galeri gambar dari cerita tentang Pantai Melayu, Batam – Kepulauan Riau

Ada 6 gambar di dalam Pantai Melayu, Batam – Kepulauan Riau cerita. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 6 gambar high-res.

Berenang Di Pantai Melayu, Batam - Kepulauan Riau : Pantai Melayu, Batam – Kepulauan RiauFasilitas untuk Bersantai di Pantai Melayu, Batam - Kepulauan Riau : Pantai Melayu, Batam – Kepulauan RiauHamparan Pasir Di Pantai Melayu, Batam - Kepulauan Riau : Pantai Melayu, Batam – Kepulauan RiauMenikmati Adrenalin Bermain Banana Boat di Pantai Melayu, Batam - Kepulauan Riau : Pantai Melayu, Batam – Kepulauan RiauPondok pondok Di Pinggir Pantai Melayu, Batam - Kepulauan Riau : Pantai Melayu, Batam – Kepulauan RiauSuasana Pantai Melayu, Batam - Kepulauan Riau : Pantai Melayu, Batam – Kepulauan Riau

Apa pendapatmu tentang Pantai Melayu, Batam – Kepulauan Riau

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Melayu, Batam – Kepulauan Riau Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Srau di Balik Deretan P
Pantau Srau tersembunyi di balik deretan perbukitan 25 km sebelah barat kota Pacitan ...

Palm Beach (Taman Impian Pasir
Palm Beach dahulu dikenal Taman Impian Pasir Panjang yang letaknya bersebelahan dengan Taman ...

Pantai Kukup Indahnya Gua Kara
Pantai Kukup terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, sekitar 1 km di sebelah ...

Pantai Ujung Genteng ( Pantai
Pantai ujung genteng di jawa barat adalah pantai nirwana. Kesunyian yang terpendam dan ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Trenggole, Gunungkidul -Yogyakart
Pantai Sereg, Cianjur – Jawa Barat
Pulau Saronde, Gorontalo Utara – G
Pantai Harapan Nusa Tenggara Timur
Pulau Sabolon, Flores – NTT
Pantai Base G, Jayapura – Papua
Pantai Air Manis Padang Sumatera Barat
Kepulauan Seribu, DKI Jakarta

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.