Pantai Piayu Laut, Batam – Kepulauan Riau

Rating: 86 out of 100, by 128 users
pantai piayu laut bersebelahan langsung dengan jalan raya - Kepulauan Riau : Pantai Piayu Laut, Batam – Kepulauan Riau

Pulau Batam adalah sebuah pulau yang terletak di Provinsi Kepulauan Riau yang mempunyai berbagai kawasan wisata bahari yang terdapat di hampir sebahagian besar pesisir pulaunya. Kawasan di pesisir Pulau Batam sendiri adalah kawasan yang terkenal oleh perkampungan-perkampungan yang berusia lebih dari 180 tahun yang disebut Kampung Tua. Wisata bahari yang terdapat di Pulau Batam bukan hanya keindahan pantainya saja yang dapat dinikmati oleh para wisatawan.

Lokasi

Piayu laut terletak di bagian paling ujung semenanjung piayu. Jauh sekali dari Batam Center. Kalau anda mau ke sini, dari pertigaan panbil mall arah Batam Center, beloklah ke kiri. Lurus saja terus, jangan berbelok di persimpangan mana pun. Ketika melewati jalan yang rusak, tetaplah berjalan lurus. Ketika jalan aspal habis dan berubah menjadi jalan tanah berkerikil, janganlah ragu, tetap jalan terus. Dan di sana, di ujung jalan tadi, jalan yang sempat diragukan itu, di situlah Kampung Piayu Laut. 14 km jauhnya dari Panbill Mall.

Suasana perairan pantai piayu laut - Kepulauan Riau : Pantai Piayu Laut, Batam – Kepulauan Riau
Panorama Pantai Piayu Laut - Kepulauan Riau : Pantai Piayu Laut, Batam – Kepulauan Riau

Lima kilometer terakhir sebelum piayu laut jalan akan naik turun bukit. Dari puncak-puncak bukit kita bisa dengan leluasa melihat panorama laut teluk duriangkang. Garis pantai yang dipenuhi tanaman bakau berbatasan dengan laut biru nan luas, sungguh indah dipandang mata. Dari salah satu bukit kita juga bisa melihat jembatan satu barelang di sebelah barat.

Salah satu wisata bahari yang terdapat di Pulau Batam adalah Pantai Piayu Laut. Sebahagian besar masyarakat Pulau Batam pasti sudah tak asing dengan pantai yang satu ini, karena pantai ini termasuk pantai yang paling indah di Pulau Batam selain pantai Mirota yang juga sudah sangat populer di kalangan wisatawan. Pantai Piayu Laut ini terletak di salah satu titik Kampung Tua yang terletak di Pulau Batam, kampung tersebut bernama Kampung Tanjung Piayu Laut.

Fasilitas

Sebagian besar pihak-pihak pengelola yang mengelola wisata bahari Pantai Piayau Laut ini  juga menyediakan berbagai fasilitas sarana maupun prasarana permainan di pantai yang disediakan bagi para wisatawan. Pengelolaan tersebut semakin gencar seiring dengan adanya Program Pemerintah yang bertajuk Visit Batam 2010 yang diselenggarakan pada tahun 2010 yang lalu.

Kampung Tanjung Piayu Laut

Kampung Tanjung Piayu Laut ini merupakan kampung yang masyarakatnya masih mempertahankan tradisi dan budaya tradisional khas Melayu, hal tersebut dibuktikan dengan bangunan rumah penduduk yang sebahagian besar masih terbuat dari papan, bahkan beberapa rumah di kampung tersebut juga masih menggunakan daun kelapa sebagai atapnya. Dikarenakan karakteristik tradisional itulah yang menjadikan Kampung Tanjung Piayu Laut ini menjadi salah satu Kampung Tua yang terkenal di Pulau Batam.

Wisata pantai

Pantai Piayu Laut memiliki panorama yang sangat indah. Lautnya yang berwarna biru jernih tampak dari kejauhan, dengan bebatuan karang yang menghiasi di sekitarnya. Pantai Piayu laut ini bukanlah pantai yang memiliki pasir-pasir seperti pantai-pantai yang lain. Namun ke-eksotisan pantai tersebut tidak kalah menariknya dari pantai-pantai yang lain. Apalagi bagi wisatawan yang memiliki hobbi memancing, karena di pantai ini juga disediakan kawasan khusus yang bisa digunakan untuk memancing tepatnya di sebelah selatan Pantai Piayu Laut dimana ada banyak terdapat bebatuan karang yang cukup besar.

Satu hal yang unik dari kawasan ini, wisatawan bisa berjalan sedikit menuju ke Puncak Bukit Piayu Laut yang tidak begitu jauh dari kawasan Pantai. Maka yang akan di dapatkan adalah nuansa keindahan yang sangat eksotis di sekitarnya. Dari atas bukit, Pantai Piayu Laut terlihat akan memancarkan berbagai warna, seperti warna hijau dan biru, kemudian beberapa pulau kecil yang mengelilingi Pulau Batam terlihat seperti gundukan bukit yang berwarna hijau dari kejauhan seperti pulau Momoi, pulau Awi dan pulau Anak Mati.

Selain itu akan juga terlihat dari kejauhan Jembatan I atau Jembatan Tengku Fisabilillah, Barelang yang berdiri kokoh sebagai icon Pulau Batam. Puncak Bukit Piayu sendiri merupakan puncak bukit yang bisa dikatakan cukup tinggi dengan rumput-rumput yang tumbuh di sekitarnya.

Pihak pengelola Pantai Piayu Laut juga mempunyai ragam kegiatan yang disediakan untuk para wisatawan. Seperti kegiatan kayaking yang merupakan kegiatan berkayak di laut, kegiatan ini merupakan kegiatan yang menguji adrenalin sekaligus menguji nyali para wisatawan.

Bagi wisatawan yang ingin melakukan kegiatan kayaking ini, bisa meminta petunjuk terlebih dahulu kepada pihak pengelola. Tentunya kegiatan kayaking ini bukan sembarangan dapat dilakukan oleh wisatawan karena harus didampingi oleh para pelatih yang sudah ahli. Namun satu hal yang harus diperhatikan adalah kegiatan kayaking ini hanya dilakukan ketika air laut sedang pasang, jika air laut surut maka kegiatan kayaking ini ditiadakan untuk sementara.

Pantai Piayu Laut ini bukanlah pantai yang ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Hanya terlihat beberapa saja yang datang bahkan di hari libur. Biasanya yang datang ke Pantai ini hanya wisatawan yang berasal dari luar negeri, sebab mayoritas dari mereka lebih menyukai suasana yang tenang dan tradisional. Menurut informasi, kawasan ini pun sudah lama dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar pesisir pantai sebagai tempat mencari nafkah dengan melakukan usaha membuat batu bata.

Karena keindahannya yang eksotis ini, biasanya Pantai Piayu Laut juga tak lepas dari objek potret kamera para fotografer yang mengambil tema panorama alam. Mereka mengabadikan setiap sudut-sudut di Pantai Piayu Laut ini seperti lautnya biru hingga pohon-pohon yang terdapat disekitar pantai. Dikarenakan perpaduan antara keduanya akan menghasilkan kombinasi yang indah dalam sebuah karya fotografi.

Kuliner

Untuk menikmati kuliner seafood di Piayu Laut anda bisa Mencoba untuk berwisata kuliner seafood di sekitar Piayu Laut yaitu Lover Seafood Restaurant. Lover Seafood Restaurant memiliki tampilan yang lebih modern dan koleksi seafood yang lebih lengkap dan bervariasi. Untuk Kelongnya Lover Seafood lebih menjorok ke tengah laut jadi bisa dibilang kita menikmati seafood benar-benar diatas laut.

Air laut yang biru kehijauan dengan permukaan yang tenang memberikan suasana nyaman dan sejuk. Semilir angin laut membuat suasana semakin maknyus untuk menikmati seafood di saat senja menjelang itu. Diseberang kelong terdapat pulau kecil yang hijau oleh hutan yang masih lebat karena tidak berpenghuni.

Koleksi seafood yang ada disini cukup lengkap. Ada ikan karang seperti kakap dan kerapu, rajungan hingga kepiting besar, udang hingga lobster, tentu yang selalu ada adalah gonggong dan tapis, yang unik adalah “hepo” / “brother lobster” karena bentuknya mirip lobster hanya tidak memiliki ekor dan”antena/ sungut”. Dan masih banyak lagi jenis hewan laut Lainya.

 

Galeri dari informasi tentang Pantai Piayu Laut, Batam – Kepulauan Riau

Ada 5 gambar di dalam Pantai Piayu Laut, Batam – Kepulauan Riau informasi. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 5 gambar high-res.

bermain kayaking di pantai piayu laut - Kepulauan Riau : Pantai Piayu Laut, Batam – Kepulauan RiauHamparan Pasir Di pesisir pantai piayu laut - Kepulauan Riau : Pantai Piayu Laut, Batam – Kepulauan RiauPanorama Pantai Piayu Laut - Kepulauan Riau : Pantai Piayu Laut, Batam – Kepulauan Riaupantai piayu laut bersebelahan langsung dengan jalan raya - Kepulauan Riau : Pantai Piayu Laut, Batam – Kepulauan RiauSuasana perairan pantai piayu laut - Kepulauan Riau : Pantai Piayu Laut, Batam – Kepulauan Riau

Apa pendapatmu tentang Pantai Piayu Laut, Batam – Kepulauan Riau

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Piayu Laut, Batam – Kepulauan Riau Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Taman Nasional Bali Barat
Kalau Anda merasa bosan dengan mengunjungi lokasi wisata yang konvensional, dalam arti yang ...

Pantai Bugel Panjaitan, Kulon
Pantai Bugel, salah satu pantai di kawasan Panjaitan, Kulon Progo. Perjalanan ke Bugel ...

Pantai Parai Tenggiri Pantai E
Pantai Parai Tenggiri yang letaknya di daerah Sungai Liat menjadi tujuan pertama para ...

Pantai Lawar, Sumbawa –
Pantai Lawar – Sajian wisata alam yang beragam dan berbeda merupakan kekayaan alam ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Kuta, Pantai Matahari Terbenam di
Pantai Kijing, Pontianak – Kaliman
Pantai Bias Putih Bali Timur – Sal
Pantai Pelang Paduan Pesona Keindahan di
Kampung Wisata Enggros – Jayapura
Pantai Pulau Awi, Batam – Kepulaua
Pantai Namalatu, Ambon – Maluku
Pantai Mbuu, Ende – NTT

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.