Pantai Pulau Awi, Batam – Kepulauan Riau

Rating: 86 out of 100, by 129 users
pulau awi - Kepulauan Riau : Pantai Pulau Awi, Batam – Kepulauan Riau

Pulau Batam merupakan sebuah pulau yang terletak di bagian barat Indonesia yang populer sebagai salah satu Pusat industri dan perdagangan di Indonesia. Sebab di Pulau Batam ini dapat kita jumpai ratusan pabrik mulai dari pabrik barang elektronik hingga pabrik-pabrik makanan dan minuman. Sejak telah diberlakukannya otonomi daerah di Pulau Batam ini, maka pembangunan Pulau Batam dan sekitarnya berhasil dengan kemajuan yang cukup pesat. Bahkan tingkat pertumbuhan ekonomi di Pulau Batam menduduki peringkat ke-3 setelah Kota Medan di Sumatera Utara dan Kota Palembang di Sumatera Selatan.

Tidak hanya dari segi pertumbuhan ekonomi saja, Pulau Batam ini juga sudah mencanangkan program Visit Batam 2010 pada tahun 2010 yang lalu sebagai tahun kunjungan pariwisata Batam yang telah di promosikan oleh Pemerintah ke berbagai daerah dan mancanegara. Penyelenggaraan program tersebut sangat sukses, terbukti dengan meningkatnya jumlah wisatawan yang berkunjung ke Pulau Batam setiap tahunnya. Bahkan beberapa diantara wisatawan tersebut adalah wisatawan yang berasal dari luar negeri.

Salah satu yang menjadi pusat perhatian dan daya tarik pariwisata di Pulau Batam adalah wisata bahari. Seperti sudah kita ketahui sebelumnya bahwa Pulau Batam ini memiliki berbagai jenis wisata bahari yang terdapat di pesisir pantainya maupun di pulau-pulau sekitarnya dengan nuansa yang berbeda antara satu sama lain. Bahkan wisata-wisata bahari di Pulau Batam ada yang termasuk ke dalam kategori kelas internasional karena pesonanya bisa disejajarkan dengan pantai-pantai populer lainnya di Indonesia.

Beberapa dari pantai tersebut, salah satunya adalah Pantai Pulau Awi !, Tahukah Anda tentang kawasan pantai tersebut ? Pulau Awi, mendengar namanya mungkin sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Pulau Batam dan sekitarnya. Karena Pulau Awi ini merupakan pulau kecil yang cukup populer dengan keindahan panorama bawah laut yang terdapat di dalamnya.

Lokasi Dan Transportasi

Pulau ini terletak bagian timur dari Jembatan Barelang atau di bagian selatan dari Pulau Batam dan dapat ditempuh dari Kampung Tua di Pulau Batam yang bernama Kampung Piayu Laut hanya dengan jarak tempuh sekitar 1 kilometer saja dan waktu tempuh berkisar antara 5 sampai 10 menit.

Bagi Anda yang tertarik untuk berwisata bahari di Pulau Awi, Anda dapat menggunakan transportasi berupa perahu boat milik para nelayan yang terdapat di Kampung Piayu Laut, salah satu Kampung Tua yang terdapat di pesisir pulau Batam. Biaya untuk menyebrang pun cukup terjangkau, hanya dengan Rp. 10.000,- saja untuk biaya antar jemput Anda sudah dapat menikmati indahnya panorama di Pulau Awi. Sekedar Tips bagi Anda, jika sudah sampai di Pulau Awi tentukanlah kapan Anda akan dijemput oleh nelayan untuk memastikan. Atau Anda juga dapat meminta nomor ponsel nelayan yang bisa dihubungi untuk menjemput Anda setelah berwisata di Pulau Awi.

Wisata

Pulau ini menyimpan wisata bahari yang panoramanya tidak kalah dengan wisata bahari yang terdapat di pantai-pantai yang lainnya. Wisata bahari tersebut berupa pantai yang bernama Pantai Pulau Awi. Pantai Pulau Awi ini bukanlah pantai yang luas, hanya membentang sekitar 100 meter saja.

Namun, eksotisme yang terdapat di pantai ini sangat menarik berupa alamnya yang masih fresh, terlihat tanaman bakau yang tumbuh subur di salah satu bagian pulau, pasir putihnya yang tampak mendominasi di sisi pesisir pantai, air laut yang tampak berwarna biru dan jernih membentang dengan indahnya.

Tak lupa pula dengan keanekaragaman biota laut yang terdapat di bawah laut seperti berbagai jenis ikan berwarna-warni dan bebatuan karang yang sudah mulai terlihat dengan jarak pandang hanya 15 – 20 meter saja dari pesisir pantai. Bahkan kabarnya ada berpuluh-puluh jenis ikan yang terdapat di bawah laut pantai ini. Sesekali terlihat ikan-ikan kecil yang berenang kesana kemari di sekitar bebatuan karang dengan lincahnya. Sungguh merupakan suatu kombinasi alam yang indah.

Di Pantai Pulau Awi ini wisatawan dapat melakukan berbagai kegiatan seperti berenang, menyelam ataupun sekedar bersantai di pasir putihnya yang eksotis sembari merasakan hangatnya sinar matahari.

Karena kondisi air lautnya yang jernih dan potensi bahari di dalamnya memungkinkan para wisatawan untuk melakukan kegiatan Snorkling. Namun sayangnya di Pantai Pulau Awi ini sama sekali belum tersedia fasilitas Snorkling bagi para wisatawan, sehingga bagi wisatawan yang ingin melihat panorama bahari di pulau ini harus membawa peralatan snorkling sendiri.

Seperti halnya di pantai-pantai lainnya, bagi para wisatawan yang ingin melakukan kegiatan Snorkling juga harus mendapatkan informasi tentang waktu-waktu tertentu yang boleh digunakan untuk melakukan kegiatan Snorkling. Karena kadang kala ombak di pantai ini cukup kuat karena tiupan angin dan terkadang sangat tenang. Nah, kondisi ombak yang sangat tenang ini bisa digunakan oleh para wisatawan yang ingin melakukan kegiatan Snorkling.

Berwisata ke Pantai Pulau Awi ini bisa menjadi alternatif liburan bagi Anda yang menyukai wisata bahari. Selain Anda dapat melihat keanekaragaman makhluk hidup di bawah laut, Anda juga dapat merasakan suasana liburan yang menyenangkan sekedar untuk melepas penat setelah melakukan berbagai aktifitas yang padat.

Bagi Anda yang juga menggemari hobbi fotografi, kawasan Pantai Pulau Awi ini pun sangat cocok menjadi sebuah karya fotografi dalam bidikan lensa kamera Anda. Panorama alamnya yang menarik khas pantai dengan sisinya yang terdapat hutan bakau merupakan kombinasi yang sangat eksotis jika diabadikan dalam lensa kamera. Namun lebih menarik lagi apabila Anda menggunakan kamera yang bisa memotret keindahan panorama di bawah laut Pantai Pulau Awi ini.

Pulau Awi adalah sebuah pulau kecil di selatan Batam. Pulau Kura Kura terletak di sebelah barat jembatan berelang, maka pulau awi ini terletak di sisi timurnya.

Ada juga ubur-ubur di bibir pantai ini. Orang melayu menyebutnya ampai – ampai. Ampai-ampai sekepalan tangan itu sering terlihat menepi, bahkan seolah hendak naik ke darat. Kehadiran ubur-ubur di pantai pulau awi tentu bukan pertanda baik buat manusia. Karena hampir pasti, ubur-ubur adalah spesies yang menyengat.

Tentakelnya tampak melamba-lambai di dalam air, siap menyengat manusia yang coba-coba mendekat. Kalau sampai kena tentakel, sakitnya luar biasa. Rasa sakit akan tetap terasa selama berhari-hari, dan bekas sengatannya di kulit baru akan hilang setelah beberapa minggu.

Satu lagi yang patut diwaspadai adalah keberadaan ikan Lepu, sejenis ikan berbisa yang berdiam di dasar pasir atau diantara batu karang. Kalau duri punggungnya sampai terinjak, kaki bisa bengkak berbulan-bulan disertai rasa sakit yang menyiksa. Terinjak tiga duri saja di punggung ikan lepu bisa menyebabkan kematian. Hindari menginjak dasar laut ketika sedang berenang, atau kalau tak kuat mengapung lama-lama pakailah alas kaki.

kegiatan menyelam di pulau awi - Kepulauan Riau : Pantai Pulau Awi, Batam – Kepulauan Riau
hamparan pasir putih di pulau awi - Kepulauan Riau : Pantai Pulau Awi, Batam – Kepulauan Riau

 

Galeri foto dari posting tentang Pantai Pulau Awi, Batam – Kepulauan Riau

Ada 7 potret di dalam Pantai Pulau Awi, Batam – Kepulauan Riau posting. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 7 potret high-res.

panorama perairan pulau awi - Kepulauan Riau : Pantai Pulau Awi, Batam – Kepulauan Riaupulau awi - Kepulauan Riau : Pantai Pulau Awi, Batam – Kepulauan Riauubur ubur di pulau awi - Kepulauan Riau : Pantai Pulau Awi, Batam – Kepulauan Riauhamparan pasir putih di pulau awi - Kepulauan Riau : Pantai Pulau Awi, Batam – Kepulauan Riauikan lepu - Kepulauan Riau : Pantai Pulau Awi, Batam – Kepulauan Riaukegiatan menyelam di pulau awi - Kepulauan Riau : Pantai Pulau Awi, Batam – Kepulauan Riau
Diposting pada 18 July 2014 - Oleh tanzil - Kategori Kepulauan Riau.
Tag: subur, wisata pantai, Pantai Pulau Kepulauan Riau, bawah laut, Lokasi Pantai Pulau awi, pulau, transportasi .

Apa pendapatmu tentang Pantai Pulau Awi, Batam – Kepulauan Riau

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Pulau Awi, Batam – Kepulauan Riau Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Barombong Makassar
Pantai Barombong terletak di makasar, tepatnya di kecamantan Tamalate, Makasar. Menawarkan wisata pantai ...

Pantai Ujung Batee di Aceh yan
Pantai Ujung Batee cenderung ramai dikunjungi pada pagi hari, dan ombaknya yang lembut ...

Pantai Bolihutuo, Pesisir Telu
Ketika Anda berkunjung ke Gorontalo, sisihkan waktu untuk meluncur ke arah barat kota ...

Pantai Nampu di Wonogiri
Pantai Nampu, mungkin anda bertanya-tanya dimana pantai ini. Atau mungkin terasa asing munkin ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Ngandong, Gunung Kidul – Yo
Pantai Harapan Nusa Tenggara Timur
Pantai Bandengan (Tirta Samudera) Jepara
Pantai Ambalat, Kutai Kertanegara –
Pantai Kenjeran Surabaya – Kenjera
Pantai Kuta, Pantai Matahari Terbenam di
Pantai Popoh Tulung Agung
Pantai Goa Cina, Malang – Jawa Timur

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.