Pantai Sembulang, Batam – Kepulauan Riau

Rating: 86 out of 100, by 130 users
keindahan pesisir pantai sembulang - Kepulauan Riau : Pantai Sembulang, Batam – Kepulauan Riau

Pulau Batam maupun wilayah-wilayah di Kepulauan Riau tidak akan terlepas dari unsur bahari. Wisata bahari tersebut seolah sudah menjadi ciri khas tersendiri bagi provinsi kepulauan. Hampir setiap pesisir di pulau-pulau tersebut mempunyai ragam wisata bahari yang eksotis, bahkan antara satu pantai dengan pantai yang lainnya mempunyai keunikan yang berbeda seperti beberapa pantai yang dikelola bagi wisatawan yang menyukai suasana ramai ataupun beberapa pantai khusus yang dikelola bagi wisatawan yang lebih menyukai suasana tenang, dan biasanya pantai dengan suasana tenang seperti itu lebih disukai oleh para wisatawan yang berasal dari mancanegara.

pantai sembulang - Kepulauan Riau : Pantai Sembulang, Batam – Kepulauan Riau
pondok di pantai sembulang - Kepulauan Riau : Pantai Sembulang, Batam – Kepulauan Riau

Ataupun keunikan yang lainnya, seperti beberapa pantai yang di dominasi oleh pasir putih sementara beberapa pantai yang lainnya hanya di dominasi oleh bebatuan ataupun tanahnya yang merah. Hal tersebut memberi kesan tersendiri bagi para wisatawan yang mengunjunginya.

Di sebuah Pulau yang dilintasi oleh Jembatan Barelang, ada sebuah pantai yang masih alami dan bersuasana tenang. Nama pantai tersebut Pantai Sembulang, dinamakan Sembulang karena pantai ini berada di Kota Sembulang yang merupakan ibukota dari Kecamatan Galang tepatnya terletak di pesisir perairan Pulau Rempang. Jaraknya pun tidak terlalu jauh jika ditempuh dari Kota Batam, hanya 75 kilometer dan dapat ditempuh dalam waktu 1,5 jam dengan kecepatan rata-rata 40 km/jam.

Tentunya jalur tersebut melintasi Jembatan IV atau Jembatan Sultan Zainal Abidin, Barelang. Kota Sembulang sendiri bukanlah kota yang ramai seperti Kota Batam yang begitu terlihat suasana perkotaan serta suasana lalu lalang kendaraan di sekitarnya. Ya, meski di hari libur sekalipun Kota Sembulang ini tetap tidak begitu ramai.

Meskipun begitu, panorama alam di sekitar jalur yang dilalui membuat fikiran terasa fresh kembali karena jalur yang dilalui banyak melewati bentangan pepohonan maupun perkebunan-perkebunan milik warga yang memberikan kesan sejuk. Selain itu di sekitar jalur juga terlihat rumah-rumah penduduk dengan nuansa perkampungan yang alami, jarak antar rumah penduduk pun bisa dikatakan cukup jauh.

Transportasi

Bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke Pantai Sembulang tidaklah sulit. Perjalanan dapat ditempuh dari Kota Batam melintasi Jembatan Barelang hingga Jembatan ke IV yang bernama Jembatan Sultan Zainal Abidin. Kemudian dari Jembatan IV bisa langsung berbelok ke arah kiri hingga mencapai Kota Sembulang, Pulau Rempang. Jalur yang dilintasi pun sangat bagus, sebab tidak terdapat kerusakan pada infrastuktur jalan rayanya. Jarak yang ditempuh dari Kota Batam ke Kota Sembulang sekitar 75 kilometer, dan dapat ditempuh dalam waktu 1,5 jam kecuali terjadi kemacetan di sekitar kawasan Jembatan Barelang.

Wisata

Di sekitar Kota Sembulang maupun di sekitar Jembatan Barelang memang sudah lama terkenal dengan perkebunan Buah Naga sehingga di kawasan Barelang sendiri juga terdapat berbagai minuman hasil olahan dari buah naga yang dijual di beberapa toko di sekitarnya. Masyarakat di sekitar Kota Sembulang ini pun begitu ramah dengan para wisatawan, bahkan dengan senang hati memberikan petunjuk untuk mencapai lokasi wisata Pantai Sembulang ini.

Pantai Sembulang sendiri merupakan pantai yang sudah cukup populer di kalangan masyarakat Kota Batam dan sekitarnya, hanya saja pengunjung pantai ini tidak seramai pantai Mirota maupun Pantai Nongsa yang hampir setiap harinya selalu diramaikan oleh wisatawan yang datang dari berbagai penjuru. Namun, justru karena suasana Pantai Sembulang yang tidak ramai tersebut, maka Pantai Sembulang sangat dikhususkan bagi para wisatawan yang lebih menyukai suasana tenang dan jauh dari keramaian. Bahkan di hari libur pun hanya terlihat beberapa wisatawan saja yang mengunjungi Pantai Sembulang ini.

Dengan air lautnya yang berwarna biru, serta pepohonan yang tumbuh disekitarnya menambah keindahan suasana pantai ini. Jika di pantai-pantai yang lain selalu di dominasi oleh pasirnya yang berwarna putih dan lembut, di Pantai Sembulang ini yang mendominasi adalah pasirnya yang berwarna kuning. Namun, ada satu yang menjadi ciri khas dari pantai ini yang jarang ditemukan di pantai-pantai lainnya. Ya, pantai ini terkenal dengan deru ombaknya yang terdengar begitu deras seolah memberi eksotisme tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung. Deru ombaknya tidak seperti pantai-pantai lainnya yang begitu tenang. Maka dari itulah, suasana dan panorama alam di sekitar Pantai Sembulang ini sangat cocok untuk mencari ide segar dan inspirasi

Selain itu, dari Pantai Sembulang juga akan terlihat panorama Kota Tanjung Pinang yang merupakan ibukota Provinsi Kepulauan Riau yang terletak di Pulau Bintan. hanya terlihat samar-samar saja karena jaraknya yang jauh sekali. Bangunan-bangunan gedungnya juga terlihat sangat megah dan berdiri kokoh dari kejauhan. Menambah eksotisme tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung ke Pantai Sembulang. Di beberapa bagian di tepi pantai Sembulang terdapat banyak gazebo yang ukurannya tidak terlalu kecil yang cukup buat 5-7 orang. Gazebo tersebut dapat disewa oleh para wisatawan dengan harga Rp. 20.000,- per gazebo.

Kuliner

Bagi wisatawan yang ingin merasakan hidangan khas Melayu, di sekitar jalur pun banyak terdapat rumah makan yang menyajikan hidangan khas Melayu. Sekedar berbelanja oleh-oleh, di kawasan tersebut juga menjual buah naga yang terkenal sebagai buah yang banyak mengandung khasiat bagi kesehatan. Selain itu juga terdapat berbagai macam hasil olahan buah naga.

 

Kumpulan Gambar dari info tentang Pantai Sembulang, Batam – Kepulauan Riau

Ada 4 foto di dalam Pantai Sembulang, Batam – Kepulauan Riau info. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 4 foto high-res.

keindahan pesisir pantai sembulang - Kepulauan Riau : Pantai Sembulang, Batam – Kepulauan Riaupantai sembulang - Kepulauan Riau : Pantai Sembulang, Batam – Kepulauan Riauperahu nelaya di pantai sembulang - Kepulauan Riau : Pantai Sembulang, Batam – Kepulauan Riaupondok di pantai sembulang - Kepulauan Riau : Pantai Sembulang, Batam – Kepulauan Riau
Diposting pada 20 July 2014 - Oleh tanzil - Kategori Kepulauan Riau.
Tag: Wisata Rempang, hidangan, wisata pantai, di tepi pantai, eksotik, eksotis, kuliner .

Apa pendapatmu tentang Pantai Sembulang, Batam – Kepulauan Riau

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Sembulang, Batam – Kepulauan Riau Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Charlita, Nias –
Pulau Nias merupakan sebuah pulau kecil yang berada di Provinsi Sumatera Utara, berbatasan ...

Pantai Bagedur Lebak Banten Se
Salah satu objek Wisata yang dimiliki Indonesia adalah Pantai Bagedur.  Pantai cantik nan ...

Pantai Jolosutro Blitar
Blitar adalah salah satu kabupaten yang berada di area Laut Selatan, karena itu ...

Pantai Karang Paranje, Garut
Pantai Karang Paranje adalah salah satu objek wisata pantai di Kabupaten Garut yang ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Temajuk, Sambas – Kalimanta
Pulau Asei, Jayapura – Papua
Pantai Sabang nan Eksotis di Ujung Pulau
Pantai Teupin Layeu dan Pantai Teupin Si
Pantai Skouw Sae, Jayapura – Papua
Pantai Yakoba, Jayapura – Papua
Pantai Siring Kemuning, Madura – Jawa
Pantai Losari di Makassar

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.