Pantai Setoko, Batam – Kepulauan Riau

Rating: 86 out of 100, by 130 users
keindahan pantai setoko - Kepulauan Riau : Pantai Setoko, Batam – Kepulauan Riau

Kepulauan Riau merupakan sebuah provinsi di Indonesia yang di dominasi oleh berbagai pulau-pulau kecil disekitarnya. Pulau-pulau tersebut membentang disekitar lautan luas Samudera Indonesia dengan indahnya.

Pulau Bintan salah satunya, pulau ini adalah pulau terbesar yang terdapat di Provinsi Kepulauan Riau dimana terdapat Kota Tanjung Pinang sebagai pusat pemerintahan, administrasi dan sebagai ibukotanya. Kemudian ada Pulau Natuna yang merupakan sebuah Kabupaten di Kepulauan Riau yang populer dengan sektor sumber daya alam berupa minyak bumi, gas alam dan pertambangan.

Dan juga Pulau Batam yang populer sebagai perindustrian dan perdagangan. Selain bergerak dalam beberapa sektor perekonomian, pulau-pulau tersebut mempunyai potensi wisata yang sangat indah dan eksotis. Seperti wisata bahari, wisata sejarah, wisata budaya maupun wisata kuliner.

Berbicara tentang wisata bahari, Kepulauan Riau dan sekitarnya menyimpan banyak Potensi bahari yang beraneka ragam. Mulai dari pantai, panorama pantai, panorama bawah laut hingga terumbu karang yang sangat langka di dunia yang terdapat di sebuah pulau kecil. Kawasan wisata baharinya sendiri mempunyai dua pilihan yang sesuai keinginan wisatawan, seperti pantai yang ramai dan pantai yang sepi.

Pantai-pantai tersebut dapat dipilih sebagai alternatif wisata bagi para wisatawan yang lebih menyukai suasana keramaian atau suasana yang tenang. Adanya wisata bahari tersebut memberikan nilai tambah tersendiri bagi Provinsi Kepulauan Riau. Tentunya harus diserta dengan pengelolaan yang cukup baik agar bisa menarik minat para wisatawan.

Salah satu wisata bahari yang terdapat di Batam atau Kepulauan Riau adalah Pantai Setoko. Mendengar namanya mungkin masih begitu asing di telinga masyarakat Pulau Batam dan sekitarnya. Pantai ini memang tidak sepopuler pantai-pantai lainnya seperti beberapa pantai di kecamatan Nongsa, Pantai Melur ataupun Pantai Marina.

Lokasi

Kawasan wisata Pantai Setoko ini terletak di Pulau Galang, tepatnya di Kampung Setoko yang merupakan salah satu kampung pesisir di Kepulauan Riau. Dapat dilalui dari jalur Jembatan III atau Jembatan Raja Ali Haji Barelang dengan waktu tempuh hanya sekitar 45 – 50 menit saja dari Kota Batam. Pantai ini belum begitu populer, sehingga apabila wisatawan bertanya tentang keberadaan pantai ini mungkin hanya sedikit saja yang mengetahuinya. Jalur yang dilalui untuk menuju ke lokasi wisata Pantai Setoko ini sudah cukup baik, terbukti dengan jalannya yang sudah beraspal dan sama sekali tidak terdapat kerusakan pada infrastruktur jalan.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke kawasan Pantai Setoko ini, Anda bisa mengambil jalur dari Jembatan Barelang. Dengan jalur Jembatan I, Jembatan II, hingga Jembatan III. Kemudian dari Jembatan III, masuk ke arah kanan hingga sampai di Kampung Setoko. Waktu yang ditempuh hanya berkisar 45 – 50 menit, kecuali disaat terjadinya kemacetan di beberapa titik di sepanjang jalur.

pantai setoko, kepulauanriau - Kepulauan Riau : Pantai Setoko, Batam – Kepulauan Riau
keindahan pantai setoko - Kepulauan Riau : Pantai Setoko, Batam – Kepulauan Riau

Wisata

Pantai Setoko merupakan sebuah pantai pasir putih yang memiliki panorama begitu eksotis serta keunikan tersendiri dan tidak kalah menariknya dengan pantai-pantai yang telah populer tersebut, bahkan setiap wisatawan yang datang ke pantai ini selalu terpesona dengan keindahannya.

Suasana pantai ini memang terlihat sepi dan tenang dengan hamparan birunya laut tampak dari kejauhan dan pepohonan yang berbaris rapi di pesisirnya menambah keindahan pantai ini, serta suasana pantai yang sangat bersih dibandingkan pantai-pantai lainnya yang ramai dikunjungi oleh wisatawan. Suasana pantai yang seperti ini sangat cocok bagi wisatawan yang menginginkan suasana tenang.

Selain digunakan sebagai tempat wisata, di pantai ini pun wisatawan dapat memanfaatkannya untuk mencari inspirasi dan ide, berjalan-jalan menelusuri pesisirnya, atau sekedar refreshing diri sejenak setelah melakukan kegiatan yang padat, atau ‘mengasingkan’ diri dari suasana ramai dan kepadatan kota.

Pantai Setoko ini termasuk pantai yang cukup dangkal dan ombaknya pun terlihat tenang, sehingga wisatawan di pantai ini dapat berenang hingga jarak beberapa meter dari tepi pantai sembari menikmati keindahan-keindahan di hamparan pantainya yang sangat luas. Setelah puas berenang, wisatawan dapat berjemur di hamparan pasir putihnya sambil merasakan hangatnya sinar matahari, tak lupa pula air kelapa asli yang dijual oleh salah seorang pedagang minuman di kawasan pantai ini untuk sekedar melepas dahaga agar terasa segar kembali.

Tiket masuk ke kawasan Pantai Setoko ini pun sangat terjangkau, hanya dengan membayar tiket seharga Rp. 3.000,- per orang, Anda sudah dapat menikmati seluruh panorama keindahan yang ada di sekitar kawasan wisata Pantai Setoko ini. Harga tersebut juga sudah termasuk retribusi biaya parkir sepeda motor.

Kawasan Pantai Setoko ini juga sangat cocok menjadi lokasi event-event penting seperti family gathering, kegiatan outbond ataupun kegiatan outdoor adventure bagi anggota pecinta alam. Selain itu kawasan pantai ini juga cocok bagi Anda yang mempunyai hobbi fotografi. Hampir di setiap sudut pantai ini, selalu menarik untuk dijadikan objek potret pada lensa kamera Anda seperti keindahan lautnya yang biru dengan pepohonan yang menghiasinya, atau pasir putihnya yang bersih.

 

Galeri dari posting tentang Pantai Setoko, Batam – Kepulauan Riau

Ada 5 foto di dalam Pantai Setoko, Batam – Kepulauan Riau posting. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 5 foto high-res.

pantai setoko, kepulauanriau - Kepulauan Riau : Pantai Setoko, Batam – Kepulauan Riaupantai setoko - Kepulauan Riau : Pantai Setoko, Batam – Kepulauan RiauSuasana pantai setoko - Kepulauan Riau : Pantai Setoko, Batam – Kepulauan Riaukeindahan pantai setoko - Kepulauan Riau : Pantai Setoko, Batam – Kepulauan RiauPanorama pantai setoko - Kepulauan Riau : Pantai Setoko, Batam – Kepulauan Riau

Apa pendapatmu tentang Pantai Setoko, Batam – Kepulauan Riau

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Setoko, Batam – Kepulauan Riau Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Jayanti Cianjur yang In
Keberadaan Pantai Jayanti memang belum sepopuler Pangandaran, Ciamis, atau Pelabuhan ratu, Sukabumi. Tapi ...

Pantai Sirombu, Nias – S
Sebagian besar masyarakat Indonesia pasti mengetahui pulau yang satu ini. Pulau yang merupakan ...

Pantai Lawata, Bima – NT
Pantai Lawata – Pantai merupakan suguhan wisata yang umum di Indonesia khususnya di ...

Pantai Gurah, Blitar – Jawa
Panorama alam di Pantai Gorah tak kalah indahnya dengan Pantai Modangan. Pasir pantai ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Ballina, Karangasem – Bali
Pantai Leli Pulau Rote – Seindah N
Indahnya Pantai Mutun Plus Bonus Pulau T
Pesona Baru Pantai Siung
Pantai Ponjuk Talango, Madura – Jawa t
Pantai Air Manis Padang Sumatera Barat
Pulau Bokor, kepulauan seribu – DKI Ja
Pantai Bugel Panjaitan, Kulon Progo R

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.