Pantai Teluk Makmur, Dumai – kepulauan riau

Rating: 85 out of 100, by 133 users
Suasana Pondok di tengah Pantai Teluk Makmur - Kepulauan Riau : Pantai Teluk Makmur, Dumai – kepulauan riau

Dengan banyaknya jumlah pulau yang dimiliki oleh Indonesia, membuat negara ini mempunyai garis pantai yang sangat panjang. Sebagai negara kepulauan, sudah sewajarnya provinsi-provinsi yang ada di Indonesia mempunyai pantai sebagai salah satu objek wisata di wilayahnya.

Riau adalah salah satu provinsi di Indonesia, dimana wilayah administrasinya temasuk beberapa pulau kecil. Salah satu kotanya yang berbatasan dengan laut, yaitu Dumai sudah tentu mempunyai pantai. Pantai Teluk Makmur adalah pantai yang bisa ditemui ketika sedang berkunjung ke kota Dumai.

Lokasi

Untuk menuju ke Pantai Teluk Makmur, maka pengunjung harus berangkat menuju bagian utara Kota Dumai, Riau. Pantai ini posisi tepatnya berada diantara perbatasan 2 kelurahan yang berbeda, yaitu kelurahan Medang Kampai dan Tasik Bunga Tujuh. Kedua kelurahan tersebut merupakan bagian dari kecamatan Dumai Timur.

Panorama Pantai Teluk Makmur - Kepulauan Riau : Pantai Teluk Makmur, Dumai – kepulauan riau
Suasana senja di pantai teluk makmur - Kepulauan Riau : Pantai Teluk Makmur, Dumai – kepulauan riau

Objek wisata Teluk Makmur berada di sebelah utara kota Dumai, tepatnya berada di Kecamatan Medang Kampai dan Tasik Bunga Tujuh di Kecamatan Dumai Timur. Objek Wisata Teluk Makmur menjadi andalan Wisata Riau.

Wisata

Pantai Teluk Makmur mempunyai daratan berpasir yang luasnya tidak terlalu besar. Pantai ini mempunyai garis pantai yang dipenuhi dengan batuan besar. Batuan tersebut sengaja disusun di sepanjang garis pantai untuk menahan gempuran ombak yang menerjang daerah pinggiran pantai tersebut. Pada saat pasang ombaknya bisa naik hingga membuat daratan Pantai Teluk Makmur menjadi lebih sempit seiring dengan berjalannya waktu.

Bila terus dibiarkan seperti itu, maka kemungkinan besar dalam beberapa puluh tahun kedepan Pantai Teluk Makmur akan menghilang. Oleh karena itulah batuan besar disusun menutupi garis pantai yang langsung menghadap ke laut. Setidaknya batuan tersebut akan bisa menahan gempuran ombak agar tidak merusak Pantai Teluk Makmur hingga beberapa tahun mendatang.

Meskipun ada banyak batuan yang disusun disepanjang bibir pantai, namun Pantai Teluk Makmur masih mempunyai daratan berpasir yang merupakan ciri khas pantai pada umumnya. Sehingga pengunjung yang datang ke pantai ini masih memperoleh ruang untuk bermain atau sekedar bersantai diatas pasir pantai. Sayangnya disekitar pasir pantai ini ada beberapa batuan yang menyebar diatasnya.

Sepertinya batuan tersebut merupakan sisa dari batuan yang digunakan sebagai penahan ombak di Pantai Teluk Makmur. Bila batu-batu ini disingkirkan, maka pengunjung bisa memperoleh ruang yang lebih luas lagi. Sehingga bisa bermain di Pantai Teluk Makmur tanpa khawatir tersandung batuan yang dibiarkan tergeletak diatas pasir.

Pantai Teluk Makmur mempunyai aliran air kecil yang mengarah menuju ke perairan pantai. Lebar aliran air ini tidak begitu besar, namun mempunyai debit air yang konstan. Dimana alirannya terus mengalir menuju ke perairan Pantai Teluk Makmur, meskipun pada saat musim kemarau. Aliran ini berasal dari air sungai yang salah satu ujungnya berakhir di lautan yang ada di Pantai Teluk Makmur. Karena aliran ini merupakan pertemuan antara air yang berasal dari sungai dengan perairan laut, maka airnya bersifat payau.

Aliran air yang terdapat di Pantai Teluk Makmur terlihat meliuk-liuk mengikuti kontur permukaan dimana dia mengalir. Pada beberapa bagian terlihat aliran air ini mengalir diantara bebatuan yang memang banyak terdapat di Pantai Teluk Makmur.

Akibat aliran air yang bergerak terus-menerus melewati kontur permukaan tanah, maka daerah yang dilewati oleh aliran ini menjadi lebih rendah dari permukaan tanah yang ada di kedua sisinya. Namun aliran air ini tidaklah dalam. Kedalamannya hanya mencapai mata kaki orang dewasa. Sehingga pengunjung bisa dengan aman menjejakkan kaki mereka kedalam air dan berjalan mengikuti aliran air tersebut.

Kawasan objek wisata Teluk Makmur mempunyai banyak pesona alam diantaranya berupa pantai dan perkampungan wisata melayu yang berhadapan langsung dengan pulau rupat dan selat Malaka. Mempunyai potensi wisata yang sangat baik dalam melakukan rekreasi bersama keluarga untuk melepas lelah di akhir pekan. Di Pantai Teluk Makmur wisatawan dapat bermain selancar, berperahu, dan berjemur ditengah alam yang indah ditambah dengan adanya rumah tua yang berarsitektur melayu.

Pondok di tengah pantai teluk makmur

Pada salah satu sudut Pantai Teluk Makmur terdapat bangunan berupa pondok yang berdiri diatas perairan pantai. Pondok yang terbuat dari bahan baku kayu ini ditopang oleh tiang penyangga dibawahnya mirip seperti desain rumah panggung. Desain panggung ini memungkinkan pondok bisa berdiri meskipun bangunannya berada diatas perairan Pantai Teluk Makmur. Karena tiang penyangga dibawahnya bisa menyediakan fondasi relatif kuat yang menyediakan pijakan relatif kuat bagi pondok pada dasar perairan Pantai Teluk Makmur.

Karena pondok tersebut berada diatas perairan, maka pengunjung yang pergi ke pondok memerlukan suatu akses. Itulah guna jembatan kayu yang dibangun pada tepi Pantai Teluk Makmur. Jembatan kayu ini menghubungkan langsung daratan pantai yang ada didekatnya dengan pondok yang berada diatas air.

Meskipun desainnya relatif sederhana, namun dikanan dan kiri jembatan telah terpasang pagar. Pagar ini bisa memberikan pengamanan tambahan bagi para pengunjung yang ingin menyebrang dari tepi pantai untuk menuju ke pondok yang ada diatas perairan Teluk Makmur. Terutama bagi pengunjung yang menyebrang dengan membawa anak kecil.

Bila sudah berada diatas pondok, maka bangunan ini bisa memberikan pandangan yang lebih luas. Baik itu pemandangan ke sekitar area Pantai Teluk Makmur, maupun pemandangan langsung menghadap ke laut. Pandangan luas ke sekeliling lingkungan Pantai Teluk Makmur bisa diperoleh dari atas pondok, karena bangunan ini lebih tinggi dari daratan yang ada didekatnya.

Jadi bangunan ini memang sengaja dibuat relatif lebih tinggi ketimbang bangunan dengan desain rumah panggung pada umumnya. Apalagi pondok ini dibuat terbuka, hanya dengan pagar pembatas disekelilingnya. Sehingga pengunjung yang sedang berada diatas pondok bisa memperoleh pemandangan ke berbagai penjuru Pantai Teluk Makmur tanpa halangan.

 

Galeri foto dari konten tentang Pantai Teluk Makmur, Dumai – kepulauan riau

Ada 4 foto di dalam Pantai Teluk Makmur, Dumai – kepulauan riau konten. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 4 foto high-res.

Panorama Pantai Teluk Makmur - Kepulauan Riau : Pantai Teluk Makmur, Dumai – kepulauan riauPesisir Pantai Teluk Makmur - Kepulauan Riau : Pantai Teluk Makmur, Dumai – kepulauan riauSuasana Pondok di tengah Pantai Teluk Makmur - Kepulauan Riau : Pantai Teluk Makmur, Dumai – kepulauan riauSuasana senja di pantai teluk makmur - Kepulauan Riau : Pantai Teluk Makmur, Dumai – kepulauan riau

Apa pendapatmu tentang Pantai Teluk Makmur, Dumai – kepulauan riau

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Teluk Makmur, Dumai – kepulauan riau Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Kukup Indahnya Gua Kara
Pantai Kukup terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, sekitar 1 km di sebelah ...

7 Pantai Di Indonesia Dengan O
Surfing, olahraga seru untuk Anda yang ingin menantang ombak. Indonesia pun menjadi destinasi ...

Pantai Batu Kerbuy, Madura 
Pantai Batu Kerbuy – Indonesia memang beriklim tropis, karena itu pastilah cuacanya cenderung ...

Pantai Wediombo Gunung Kidul Y
Terletak kurang lebih 30 km ke arah selatan kota Wonosari, Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Kampung Baru, Bulungan – Kalima
Pantai Ujong Blang, Lhokseumawe –
Pantai Sawarna Wisata Surga di Banten
Pantai Kalaki, Sumbawa – NTB
Pantai Karang Paranje, Garut – Jawa Ba
Pantai Pasir Enam, Jayapura – Papu
Pantai Karang Hawu, Sukabumi – Jaw
Pantai Jungwok Keindahan Tersembunyi di

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.