Pantai Trikora, Bintan – Batam

Rating: 85 out of 100, by 133 users
Panorama Pantai Trikora - Kepulauan Riau : Pantai Trikora, Bintan – Batam

Eksotisme wisata bahari di Indonesia memang tidak terkalahkan dengan wisata bahari di mancanegara. Terbukti, setiap tahunnya wisata bahari di Indonesia selalu dipenuhi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Apalagi jika kita berbicara dengan Pantai Kuta atau Pantai Nusa Dua yang terdapat di Pulau Dewata, Pantai tersebut sudah diakui oleh wisatawan mancanegara sebagai salah satu pantai terindah di dunia.

Eksotisme wisata bahari sendiri bukan hanya terlihat dari panorama alam disekitarnya saja, seperti sunset atau pun panorama birunya laut. Tetapi yang menjadi keunikannya adalah kehidupan berbagai jenis spesies ikan maupun hewan serta tumbuhan laut lainnya yang tumbuh di bawah laut. Panorama bawah laut tersebut menjadi kombinasi yang unik dan menarik bagi wisatawan yang menggemari wisata bahari.

Pantai Trikora Pulau Bintan - Kepulauan Riau : Pantai Trikora, Bintan – Batam
pondok peristirahatan di Pantai Trikora - Kepulauan Riau : Pantai Trikora, Bintan – Batam

Begitu juga dengan Pulau Batam maupun Provinsi Kepulauan Riau, Provinsi yang sudah sangat populer sebagai kawasan perindustrian dan perdagangan terbesar di Indonesia ini juga menyimpan wisata bahari yang tak kalah uniknya dibandingkan wisata bahari di Pulau Bali.

Wisata ini seakan-akan menjadi eksotisme tersendiri bagi para wisatawan yang berasal dari luar daerah maupun mancanegara. Hampir di setiap pulau tepatnya di kawasan pesisirnya selalu terdapat banyak wisata bahari berupa pantai yang indah dengan panorama sekelilingnya yang sangat eksotis. Salah satunya adalah di Pulau Bintan, di kawasan ini juga terdapat sebuah pantai yang eksotis dan tak kalah menariknya dari pantai Lagoi yang terdapat di sebelahnya.

Nama pantai tersebut adalah Pantai Trikora. Sebahagian besar masyarakat Kepulauan Riau sudah tidak asing dengan pantai yang satu ini. Meskipun tidak tahu asal usulnya dinamakan Pantai Trikora, karena tidak ada satupun papan nama yang bertuliskan nama pantai ini.

Pantai ini merupakan salah satu pantai yang indah yang terdapat di Pulau Bintan, tepatnya bersebelahan dengan kawasan Pantai Lagoi yang merupakan Pantai terindah di Pulau Bintan yang berkelas internasional. Namun jangan salah, meskipun pantai Trikora ini hanya bersebelahan dengan Pantai Lagoi yang populer tersebut, Pantai Trikora ini juga menyajikan keindahan panorama yang tak kalah menariknya di bandingkan kawasan Pantai Lagoi.

Lokasi

Pantai Trikora terletak di Propinsi Kepulauan Riau. Tepatnya berada di Desa Malang Rapat, Kecamatan Gunung Kijang, Pulau Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, Sumatera.

Akses

Perjalanan dapat ditempuh dari Tanjung Pinang sampai ke perbatasan Kabupaten Bintan. Jalan menuju ke sana sudah bagus dan lebar hingga dapat dilalui empat lajur mobil.

Meski minim angkutan umum, perjalanan ke Pantai Trikora dapat Anda lakukan dengan membawa kendaraan pribadi atau kendaraan sewaan. Sebagai referensi, untuk biaya sewa mobil biasanya sekitar Rp. 400.000,- sudah termasuk jasa sopir.

Fasilitas dan Akomodasi

Fasilitas dan akomodasi di sekitar Pantai Trikora relatif lengkap, seperti hotel mewah hingga guesthouse dengan tarifnya terjangkau, mulai dari Rp. 250.000,-/malam. Di sana juga tersedia pondok-pondok tempat beristirahat yang bisa disewa seharian dengan biaya Rp. 30.000,-. Selain itu fasilitas yang tersedia di Pantai ini adalah sebuah ban yang juga dapat disewa oleh para wisatawan yang ingin berenang atau mengapung di laut, harga untuk satu ban hanya dipatok Rp. 10.000,-.

Tersedia juga berbagai macam olahraga air seperti banana boat, kano, layang-layang dan sebagainya.

Fasilitas lain seperti toilet dan tempat bilas badan juga tersedia. Cukup dengan Rp. 3000,- saja, Anda bisa membilas badan sepuasnya. Dalam hal kuliner pun, Anda tidak akan mengalami kesulitan. Berbagai jenis makanan berjejer di sepanjang pantai siap untuk disantap.

Wisata

Pantau Trikora ini memiliki eksotika panorama yang indah di sepanjang 25 kilometer hamparan pantai yang membentang dengan indahnya. Seperti halnya Pantai Lagoi, Pantai Trikora ini juga merupakan sebuah pantai yang di dominasi oleh pasir putih di tepiannya. Selain itu terdapat juga berbagai jenis tumbuhan di sekitar pantai yang memberikan kesejukan bagi para wisatawan.

Satu yang unik dari pantai ini adalah terdapat bebatuan yang ukurannya sangat besar, bebatuan tersebut terletak di sekitar hamparan pantai dan biasanya digunakan oleh para wisatawan yang hobbi memancing.

Dari sekitar hamparan pantai para wisatawan juga dapat melihat pulau-pulau yang terletak di seberang pantai Trikora. Pulau-pulau tersebut adalah pulau-pulau kecil yang masih termasuk dalam gugusan pulau-pulau di Provinsi Kepulauan Riau, bahkan beberapa dari pulau tersebut merupakan pulau yang tidak berpenghuni.

Pantai Trikora sendiri mempunyai pembagian kawasan, mulai dari Pantai Trikora I hingga Pantai Trikora IV. Namun yang anehnya, pembagian kawasan pantai ini juga tidak ada bertuliskan papan nama disetiap kawasannya.

Menurut informasi, jarak antara ke empat kawasan pantai Trikora tersebut cukup dekat. Yang paling sering dikunjungi oleh para wisatawan adalah pantai Trikora IV yang suasananya masih alami, sehingga para wisatawan yang berkunjung ke pantai ini pun dapat bersantai sejenak sambil menikmati eksotisme panorama alam yang membentang di sekitarnya.

Pantai Trikora ini setiap harinya selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan dari berbagai kalangan. Bahkan pada hari libur, para pengunjung pantai Trikora ini jumlahnya mencapai dua kali lipat atau lebih yang berasal dari Pulau Bintan, Pulau Batam, dan sekitarnya. Pihak pengelola pantai ini pun sama sekali tidak meminta biaya apapun dari para wisatawan untuk masuk ke kawasan pantai ini atau wisatawan dapat masuk ke pantai ini secara gratis.

Namun yang sangat disayangkan adalah, Pantai Trikora ini hanya dikelola seadanya saja, tidak semaksimal pengelolaan Pantai Bintan yang disebelahnya. Sehingga kawasan pantai ini hanya dikunjungi oleh kalangan wisatawan lokal.

Selain pemandangannya yang indah, air yang bersih dan dangkal bisa menjadi sarana Anda dan keluarga untuk mandi dengan menggunakan pelampung. Anda juga bisa menikmati keindahan bawah lautnya dengan cara ber-snorkling, dan pastinya dengan alat yang sudah lengkap yang bisa Anda sewa di lokasi pantai.

Di garis pantai yang memiliki panjang kurang lebih 25 Kilometer ini tumbuh pepohonan yang bisa menjadi tempat untuk berteduh menikmati ombak. Seperti pohon kelapa, pohon bakau, serta pohon lain yang dapat melindungi Anda dari sengatan sinar matahari. Apalagi batu-batunya yang besar semakin menambah keindahan pantai ini.

Selain menikmati keindahan pantai, Anda dan keluarga juga bisa melakukan kegiatan memancing di pantai ini. Biasanya pada akhir pekan, batu-batu besar di bibir pantai, menjadi tempat yang asyik untuk para pemancing. Bagi Anda yang hobi berpetualang, akan lebih seru untuk mencicipi wisata laut atau mengarungi perairan di sekitar pantai.

Keindahan ombak dan semilir angin juga semakin lengkap jika dinikmati di dalam pondok untuk beristirahat di sekitar pantai. Biasanya, Anda cukup mengeluarkan uang Rp. 30.000,- untuk dapat beristirahat di pondok tersebut. Beberapa hotel di sana juga menyediakan paket tur menelusuri pulau tak berpenghuni, menyelam dan permainan pantai seperti banana boat, kano, bermain layang-layang dan masih banyak lagi.

Usai menikmati keindahan dan wahana di sana, Anda juga bisa memanjakan lambung Anda dengan berbagai jenis kuliner yang menggoda selera makan. Seperti menu masakan laut yang dengan mudah dapat Anda temukan di sepanjang pantai. Selain itu juga terdapat makanan khas Sumatera, yakni Otak-otak yang terbuat dari ikan laut atau cumi-cumi. Perpaduan makanan dan keindahan pantai akan terasa tiada duanya.

 

Galeri foto dari berita tentang Pantai Trikora, Bintan – Batam

Ada 6 gambar di dalam Pantai Trikora, Bintan – Batam berita. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 6 gambar high-res.

Pantai Trikora Pulau Bintan - Kepulauan Riau : Pantai Trikora, Bintan – BatamPesisir Pantai Trikora - Kepulauan Riau : Pantai Trikora, Bintan – BatamPesona Pantai Trikora - Kepulauan Riau : Pantai Trikora, Bintan – Batampondok peristirahatan di Pantai Trikora - Kepulauan Riau : Pantai Trikora, Bintan – BatamKeindahan Pantai Trikora - Kepulauan Riau : Pantai Trikora, Bintan – BatamPanorama Pantai Trikora - Kepulauan Riau : Pantai Trikora, Bintan – Batam

Apa pendapatmu tentang Pantai Trikora, Bintan – Batam

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Trikora, Bintan – Batam Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Modangan, Malang – Ja
Kota Malang dikenal menyimpan banyak pantai yang indah. Pantai-pantai eksotik itu membentang mulai ...

Pantai Ngliyep Malang
Ingin berwisata di pantai memanjakan kaki menyusuri hamparan pasir putih yang berkilauan dan ...

Pantai Popoh Tulung Agung
Pantai ini merupakan salah satu obyek wisata pantai yang terletak di Tulung Agung, ...

Pantai Lagoi, Batam – Ke
Pantai Lagoi, Pantai ini sangat populer di kalangan masyarakat Batam maupun masyarakat sekitar ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Mirota, Batam – Kepulauan R
Pulau Weigo, Raja Ampat – Papua
Pantai Parai Tenggiri Pantai Eksotik di
Pulau Burung ( Pulau Manuk ), Serang 
Pulau Asu, Nias – Sumatera Utara
Pantai Manikin, Kupang – Nusa Teng
Pantai Tanjung Taipa, Kendari – Sulawe
Pantai Canggu Surga Terkenal Para Pesela

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.