Pulau Jemur, Riau

Rating: 82 out of 100, by 67 users
pulau jemur - Kepulauan Riau : Pulau Jemur, Riau

Sebagai salah satu kabupaten di Provinsi Riau, Rokan Hilir merupakan sebuah daerah yang juga menyimpan banyak sekali objek-objek wisata yang layak untuk dikunjungi.

Kabupaten dengan luas 8.941 kilometer persegi, serta berpusat dikota Bagansiapiapi tersebut, menjadi salah satu daerah yang begitu dikenal karena letaknya yang begitu strategis. Pasalnya daerah ini, berada sangat dekat dengan salah satu perlintasan perdagangan internasional, yakni Selat Malaka.

Lokasi

Pulau yang hanya memiliki luas sekitar 250 hektar tersebut, terletak sekitar 72,4 kilometer dari pusat kota Bagansiapiapi tersebut. Disamping itu, pulau yang menawarkan banyak sekali objek wisata dengan pesona indah dan begitu memikat ini, juga berada tidak jauh dari perbatasan Negara Malaysia, yakni sekitar 64,3 kilometer dari sebuah pelabuhan di Negara tersebut.

Lokasinya Pulau Batu Mandi, juga sangat aman untuk melakukan berbagai jenis kegiatan berwisata air, seperti berenang, snorkling, ataupun memancing.

Untuk sampai di lokas Pulau Jemur, kita dapat mengunakan jasa Perahu Bermotor atau Speedboat, dengan kapasitas angkut penumpang sekitar 60 hingga 100 orang, dari kota Bagansiapiapi.

Waktu yang ditempuh untuk sampai di Pulau Jemur sekitar kurang lebih 2 jam. Saat ini, juga belum terdapat fasilitas penginapan mewah indah dipulau tersebut, kita dapat menggunakan perlengkapan berkemah biasa bila ingin menginap disana.

Wisata

Terdapat beberapa objek wisata andalan yang dapat kita kunjungi serta temukan ketika berwisata dikabupaten Rokan Hilir. Mulai dari wisata kebudayaan yang penuh dengan keunikan, serta beberapa objek wisata yang menawarkan banyak sekali sajian alam, dengan pesona indah dan begitu memikat. Salah satu objek wisata andalan yang layak untuk kita kunjungi dikabupaten Rokan Hilir, yakni Kepulauan Arwah.

Kepulauan yang terdiri dari beberapa gugusan pulau-pulau kecil tersebut, begitu dikenal dengan keindahan pemandagan alamnya yang sangat indah dan eksotik. Diantara rangkaian gugusan pulau tersebut, yakni Pulau Jemur, Pertandangan, Batu Mandi, Batu Adang, Batu Berlayar, Tokong Mas, Tokong Simbang, Labuhan Bilik, serta Tokong Pucung, yang terlihat berbaris serta tersusun dengan indah, dan berpadu guna menghiasi suasana alam disekitar Kepulauan Arwah.

Salah satu pulau yang paling dikenal oleh berbagai wisatawan, serta menjadi pusat wisata dari objek wisata Kepulauan Arwah, yakni Pulau Jemur.

Pesona alam yang terdapat di Pulau Jemur sungguh terlihat begitu mempesona. Kita dapat menyaksikan hamparan pantai dengan beberapa vegetasi jenis tanaman, membentang luas dan indah berpadu dengan butiran pasir yang berwarna kuning bersih.

Pulau Jemur, juga sangat dikenal dengan kekayaan lautnya berupa berbagai jenis terumbu karang serta ikan, yang begitu melimpah. Berbagai jenis kegiatan berwisata air dapat kita lakukan disekitar perairan pulau tersebut, diantaranya yakni Snorkling, Diving, serta memancing.

Terdapat juga banyak sekali objek wisata, yang dapat kita kunjungi pada pulau diperairan Selat Sunda tersebut. Diantaranya yakni beberapa peninggalan sejarah seperti Gua peninggalan Jepang, Mercusuar, Puing-puing bangunan peninggalan benteng Jepang, Batu Panglima Layar, serta berbagai sajian pesona bahari lainnya yang pastinya mampu memberikan kesan takjub bagi jutaan pasang mata, yang datang dan berkunjung ke Pulau Jemur.

Selain itu, Pulau Jemur juga dikenal dengan sebutan Pulau “Pak Ku” yang berarti Penyu Utara. Nama tersebut diberikan oleh para penduduk asli yang tinggal disekitar pesisir pantai Kabupaten Rokan Hilir.

Hal tersebut seperti membuktikan kebenaran sejarah, akan keberadan habitat penyu sejak lama di pulau tersebut. Nah, salah satu objek wisata yang paling banyak mengundang wisatawan lokal serta asing untuk datang ke Pulau Jemur, yakni untuk menyaksikan habitat asli dari Penyu Hijau.

Pulau Jemur, sejatinya memang dijadikan sebagai salah satu areal serta kawasan konservasi dan penangkaran penyu, yang bertujuan untuk melindungi habitat jenis Penyu Hijau atau Chelonia Mydas. Dimana penangkaran penyu tersebut merupakan hasil kerjasama antara Bappeda Rokan Hilir, dengan beberapa pihak Navigasi dan Angkatan Laut.

Menurut penuturan dari pihak pengelola, penangkaraan penyu tersebut, semakin meningkatkan populasi dan tingkat kehidupan penyu yang terdapat di Pulau Jemur hingga mencapai 90 persen. Wah, bermanfaat sekali ya?

Kita juga dapat menyaksikan pemandangan dimana ribuan penyu-penyu hijau berukuran kecil yang telah menetas, hasil dari penangkarang yang dilakukan oleh pihak terkait, berjalan lambat dengan indah diatas pasir ketika dilepaskan menuju lautan bebas. Salah satu pemandangan mengagumkan dan pastinya sangat langka untuk ditemukan. Nah, Pemandangan eksotik tersebut, pastinya dapat kita nikmati ketika berkunjung dan berwisata ke Pulau Jemur.

Disamping itu, kita juga dapat menyaksikan pemandangan lain, yakni dimana beberapa induk penyu berukuran besar tengah mendarat di Pulau Jemur guna bertelur.

Sunset Pulau Jemur - Kepulauan Riau : Pulau Jemur, Riau
Penyu hijau di Pulau Jemur - Kepulauan Riau : Pulau Jemur, Riau

Namun, untuk menikmati sajian wisata yang satu ini, sebaiknya kita harus sedikit lebih bersabar. Pasalnya penyu-penyu tersebut baru akan muncul dan dapat terlihat dimalam hari. Pemandang ini, juga menjadi salah satu sajian wisata yang banyak sekali ditunggu-tunggu oleh wisatawan yang rela untuk terus terjaga, agar dapat menyaksikan pemandangan eksotik tersebut.

Sebagai daerah pusat wisata, kita dapat mengunjungi berbagai sajian pesona bahari yang ditawarkan dari beberapa pulau lainnya di Kepulauan Arwah melalui Pulau Jemur. Diantaranya, yakni menikmati pesona dari sebuah pulau berbentuk bebatuan berwarna hitam, serta menjulang tinggi bernama Pulau Batu Mandi.

Pulau ini, juga begitu dikenal dengan kekayaan alam bawah lautnya yang sangat indah. Kita dapat menyaksikan berbagai jenis terumbu karang serta ikan dengan berbagai corak dan warna, yang terlihat begitu jelas karena jernihya air laut disekitar peraiaran pulau tersebut.

Di Sini Tempat Penyu Hijau Berjemur

Nama Pulau Jemur juga lekat dengan istilah ‘Pak-ku’ yang dalam bahasa Hokkian berarti penyu dari utara. Istilah ‘Pak-ku’ hingga kini masih sering digunakan oleh para nelayan pesisir Riau. Lalu kenapa pulau ini dinamai demikian?

Dunia mencatat, gugusan Kepulauan Arwah terutama Pulau Jemur merupakan satu-satunya habitat penyu hijau yang masih lestari. Penyu hijau juga dikenal sebagai spesies penyu langka dan terancam punah. Kiranya inilah alasan kenapa masyarakat menyebutnya demikian.

Di kawasan ini pernah dicanangkan penangkaran penyu hijau. Namun belakangan diketahui program tersebut terhenti. Untungnya, wisatawan tetap bisa menyaksikan satwa unik ini meski harus memilih waktu yang tepat, terutama di malam hari.

Hanya saja Anda tak akan menemukan keramaian di sini. Pulau Jemur bukanlah kawasan yang ditinggali manusia. Hanya terdapat satu pos TNI Angkatan Laut dan puluhan personil yang sibuk memantau dan mengatur navigasi, selebihnya keindahan alam, nuansa tenang dan aliran angin laut yang menari-nari.

Beningnya air laut juga menjadi daya tarik tak terelakkan. Di sisi pantai, kita dapat menyaksikan pasir putih menjadi dasar laut yang diikuti terumbu karang warna-warni. Namun kiranya Anda harus meninggalkan papan selancar saat berjalan di sekitar pantai. Akan sulit menemukan sisi pulau yang jauh dari batu karang terjal.

Laut tak Bergejolak

Konon nelayan yang mencari ikan di sekitar Selat Malaka akan kesulitan dengan terjangan ombak besar yang muncul saat badai. Mereka biasanya berlindung di perairan Pulau Jemur sembari menunggu cuaca kembali normal.

Gejolak laut di Pulau Jemur memang tak seganas di Selat Malaka. Dengan gugusan pulau berbentuk lingkaran, sisi pantai Pulau Jemur sangat tenang bahkan saat badai menerjang wilayah itu. Hal ini juga kiranya yang membuat aktivitas berselancar tak direkomendasikan di lokasi ini.

Bagi pemerintah setempat, potensi laut yang besar di Pulau Jemur telah menyumbang banyak pemasukan, terutama di sektor perikanan. Di sisi lain potensi wisata yang sangat besar siap menjadikan Pulau Jemur sebagai destinasi unggulan di Bumi Lancang Kuning, Provinsi Riau.

 

Galeri gambar dari cerita tentang Pulau Jemur, Riau

Ada 7 gambar di dalam Pulau Jemur, Riau cerita. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 7 gambar high-res.

Hamparan Pasir di Pesisir Pantai Pulau Jemur - Kepulauan Riau : Pulau Jemur, RiauKetenangan laut di Pulau Jemur - Kepulauan Riau : Pulau Jemur, RiauPenyu hijau di Pulau Jemur - Kepulauan Riau : Pulau Jemur, Riaupulau jemur - Kepulauan Riau : Pulau Jemur, RiauSisi pantai Pulau Jemur - Kepulauan Riau : Pulau Jemur, RiauSunset Pulau Jemur - Kepulauan Riau : Pulau Jemur, Riau

Apa pendapatmu tentang Pulau Jemur, Riau

Tinggalkan Komentarmu soal Pulau Jemur, Riau Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Malalayang, Manado R
Pantai Malalayang merupakan sebuah pantai yang terletak di ujung selatan Kota Manado, Sulawesi Utara. ...

Pantai Trikora, Bintan –
Eksotisme wisata bahari di Indonesia memang tidak terkalahkan dengan wisata bahari di mancanegara. ...

Pantai Ngurtafur, Kepulauan Ke
Indonesia memang begitu indah, bagaikan surga dengan berjuta keindahan yang mampu memuaskan mata ...

Pantai Palabusa, Bau Bau – S
Menimba ilmu adalah manfaat lain yang bisa di dapatkan dari kegiatan berwisata atau ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pulau Kaget, Barito – Kalimantan Selat
Pantai Padang – Padang Bali 20 Bes
Pantai Kubu, Pangkalan Bun Kalimantan Te
Pantai Ketaping, Kota Pariaman – Sumat
Pantai Suak Ribee, Meulaboh – Aceh Bar
Pantai Lagoi, Batam – Kepulauan Ri
Pantai Baloiya, Kota Banteng – Sul
Pantai Nguyahan, Gunungkidul – Yog

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.