Pantai di daerah Krui Lampung

Rating: 91 out of 100, by 96 users
pantai di krui - Lampung : Pantai di daerah Krui Lampung

Krui adalah ibukota kecamatan Pesisir Tengah di dalam Kabupaten Lampung Barat, Lampung. Krui berada di daerah pesisir Samudera Hindia. Pantai-pantai yang ada di daerah ini adlah pantai labuhan jukung, pantai walur dan pantai di tanjung setia.

Sebagai daerah pesisir, Krui memiliki potensi pariwisata terutama wisata pantai. Tempat-tempat yang sering dijadikan tempat wisata dan sering dikunjungi adalah Pantai Labuhan Jukung dan Pantai Walur. Potensi sumber daya alam yang dihasilkan adalah dari hasil bumi yang sudah dikenal dunia internasional seperti damar, lada dan cengkeh.

pantai di krui 004 - Lampung : Pantai di daerah Krui Lampung
pantai di krui 001 - Lampung : Pantai di daerah Krui Lampung

Sumber pendapatan masyarakat kebanyakan dari berdagang, nelayan dan bertani. Mayoritas penduduk krui terutama pasar krui adalah pendatang dari daerah lain kecuali warga desa Ulu Krui dan warga desa Way Napal (asal keturunan suku Lampung), sebenarnya ada beberapa daerah yang merupakan masyarakat asli lampung Pedada, Bandar, La’ay dan Way Sindi yang menurut kisah adalah keturunan dari Suku Tumi (Suku asli Lampung) yang lari saat Kerajaan Sekala Brak dikalahkan oleh 4 putra Raja Pagaruyung yang selanjutnya menjadi cikal bakal penyebaran dan keturunan suku Lampung.

Kemudian suku Tumi yang lari tersebut dapat ditaklukkan oleh Lemia Ralang Pantang yang datang dari daerah Danau Ranau dengan bantuan lima orang punggawa dari Paksi Pak Sekala Brak.Dari kelima orang punggawa inilah nama daerah ini disebut dengan Punggawa Lima karena kelima punggawa ini hidup menetap pada daerah yang telah ditaklukkannya.

Tanjung Setia adalah pantai yang terletak 60 km dari Liwa (ibukota Lampung Barat).

Pantai ini merupakan salah satu pantai yang ada di Krui Lampung Barat dan sangat dikenal dengan ketinggian ombaknya yang menjadi salah satu pantai dengan ombak tertinggi di dunia.

Dengan ketinggian ombaknya yang memiliki tinggi 5 meter dan panjang gelombang 200 meter, maka tak heran jika tidak kurang dari 100.000 orang wisatawan yang berasal dari Australia, Portugal, Belanda dan Jepang selalu berkunjung ke Pamtai ini setiap tahunnya untuk melakukan Surfing.

Jadi, jika anda mempunyai hobby Surfing maka Pantai Tanjung Setia akan menjadi salah satu pilihan yang tepat. di Pantai ini juga telah tersedia Surfing Camp untuk lebih memudahkan para wisatawan yang ingin melakukan Surfing.

Tips

  • Bila ingin melihat lumba-lumba, sebaiknya datang ke Kiluan pada weekdays bukan weekend hal ini untuk menghindari ramainya pengunjung yang datang pada saat yang sama dengan waktu kita melihat lumba-lumba. Lumba-lumba sensitif dengan suara bising dari motor penggerak perahu.
  • Bila ingin memotret lumba-lumba, seting kamera anda pada mode “P” (canon) atau “auto” , karena agak sulit untuk seting manual di atas perahu kecil bercadik yang bergoyang dihantam badai.
  • Camping diperbolehkan di Pulau Kiluan, sehingga apabila anda tidak ingin membayar lebih untuk penginapan di Pulau (150k-Rp/Kamar), disarankan anda untuk membawa tenda.
  • Air tawar cukup mudah di dapat di sekitar Pulau Kiluan.
  • Hendaknya menghubungi Pak Dirham terlebih dahulu jauh-jauh hari sebelum anda berkunjung ke Kiluan. Pak Dirham ramah dan cukup kooperatif bila diajak bekerja sama.
  • Transportasi ke Krui sebaiknya tidak ditempuh lewat jalur trans Sumatra bagian tengah, karena itu akan terlalu lama (12 Jam perjalanan dari Bandar Lampung). Akan lebih baik apabila hendak menuju Krui ditempuh melewati jalu barat, menyisiri pantai barat Sumatera, melewati Kota Agung – Tanggamus. Bis Krui Indah banyak ditemui di terminal Rajabasa. Untuk kembali dari Krui, dapat menggunakan PO yang sama atau bis AKAP Bengkulu- Bandar Lampung.

Galeri dari info tentang Pantai di daerah Krui Lampung

Ada 5 gambar di dalam Pantai di daerah Krui Lampung info. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 5 gambar high-res.

pantai di krui 004 - Lampung : Pantai di daerah Krui Lampungpantai di krui - Lampung : Pantai di daerah Krui Lampungpantai di krui 001 - Lampung : Pantai di daerah Krui Lampungpantai di krui 002 - Lampung : Pantai di daerah Krui Lampungpantai di krui 003 - Lampung : Pantai di daerah Krui Lampung
Diposting pada 13 October 2012 - Oleh PasirPantai.com - Kategori Lampung.
Tag: samudera hindia, camping, Pantai Di Krui, Wisata Pantai Di Krui, penginapan, danau, samudera .

Apa pendapatmu tentang Pantai di daerah Krui Lampung

2 Komentar to “Pantai di daerah Krui Lampung”

  1. Pantai nya cantek,segar n refreshing

  2. [...] Lima karena kelima punggawa ini hidup menetap pada daerah yang telah ditaklukkannya. Sumber : http://www.pasirpantai.com/sumatera/lampung-sumatera/pantai-di-daerah-krui-lampung/ Share this:TwitterFacebookGoogleLike this:Like [...]

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai di daerah Krui Lampung Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Congot di muara Sungai
Jajaran pesisir Pantai Selatan Yogyakarta memang menawarkan sajian wisata bahari yang mengagumkan. Potensi ...

Pantai Pasir Padi, Pangkalpina
Pantai Pasir Padi adalah pantai terdekat yang bisa ditempuh dari Pangkalpinang, ibukota provinsi ...

Pantai Kuta Bali yang Indah
Siapa yang tidak kenal dengan Pantai Kuta Bali ? Pantai yang tidak pernah ...

Pantai Balian, Jembrana –
Pantai Balian (Balian Beach), salah satu pantai di Tabanan. Berada di wilayah Desa ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Tips Tetap Trendy Saat Liburan di Pantai
Pulau Burung ( Pulau Manuk ), Serang 
Pantai Oi Fanda, Sumbawa – NTB
Pantai Sili, Sumbawa – NTB
Pantai Tanjung Pinggir, Batam – Ke
Pantai Dato Majene Sulawesi Barat
Pantai Pink Lombok, Nusa Tenggara Timur
Pantai Pulau Beras Basah Bontang –

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.