Pantai Kiluan, Suguhan Keindahan dan Atraksi Lumba-lumba di Lampung

Rating: 89 out of 100, by 106 users
Karang Pantai Kiluan - Lampung : Pantai Kiluan, Suguhan Keindahan dan Atraksi Lumba-lumba di Lampung

Teluk kiluan terletak di Pekon (Desa) Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Kab Tanggamus, Lampung Selatan, Sumatera Indonesia. Banyak orang lebih menyebut hanya KILUAN. Lokasinya yang dekat dengan Jakarta memudahkan akses menuju provinsi di ujung Pulau Sumatera tersebut.

Teluk Kiluan Lampung terkenal sebagai tempat migrasi lumba-lumba jenis mulut botol. Hampir tiap hari pasti kita jumpai lumba-lumba jenis mulut botol ini berseliweran di sekitar teluk kiluan. Jumlah mereka bergerombol dan lumayan banyak.

Berjarak sekira 80 km dari Kota Bandar Lampung, perjalanan menuju Teluk Kiluan dapat ditempuh dalam waktu sekira 3-4 jam. Kondisi jalan di beberapa ruas memang masih kurang memadai dan berkelok serta berbukit. Oleh karenanya, tidak disarankan menggunakan mobil sedan menuju Teluk Kiluan dan sebaiknya perjalanan dijadwalkan pada musim kemarau (bukan musim hujan).

Meski kondisi jalan kurang memadai namun pemandangan sepanjang jalan adalah hiburan bagi Anda yang merindukan suasana alam pedesaan yang asri. Bentangan sawah di kiri-kanan jalan yang menghijau tentu menyejukkan mata. Udara bersih dapat Anda nikmati sepuas-puasnya. Bukit-bukit yang gagah di kejauhan serta pepohonan menambah keharmonisan alam tanah yang dulu terkenal sebagai “Bumi Lada” ini.

Saat mendekati lokasi wisata, pemandangan rumah penduduk multietnis akan menjadi gambaran menarik untuk diingat atau diabadikan. Pura-pura sederhana tampak di beberapa halaman rumah penduduk yang merupakan warga transmigran dari Bali. Selain etnis Bali, hidup pula dengan rukun berdampingan etnis lain, seperti Jawa, Sunda, Bugis, dan lainnya. Lampung memang terkenal sebagai lokasi transmigran yang digagas pemerintah puluhan tahun lalu.

Apabila Anda sudah tiba atau datang dari arah Pelabuhan Bakauheni, menumpanglah bus jurusan Rajabasa (AC: Rp20.000,-; ekonomi: Rp15.000,-). Anda dapat pula naik travel dengan tarif sekira Rp35.000,-. Waktu tempuh menuju Bandar Lampung adalah sekira 2 jam perjalanan.

Setibanya di Bandar Lampung (Kali Balok) naiklah travel tujuan Kiluan dengan tarif Rp.45.000,-. Perjalanan memakan waktu sekira 3-4 jam.

Untuk menyaksikan lumba-lumba, biaya sewa perahu adalah Rp250.000,-/perahu, untuk 3 orang. Durasi perjalanan/sewa perahu biasanya sekira 2-3 jam. Waktu yang tepat untuk bertemu dengan lumba-lumba adalah antara pukul 6 -9 pagi.

Apabila ingin menyeberang dari Teluk Kiluan menuju Pulau Kiluan dengan menumpang jukung, biaya yang dikeluarkan adalah Rp15.000,- per orang. Jarak tempuh menuju Pulau Kiluan sekira 15 menit.

Menyaksikan atraksi lumba-lumba adalah daya tarik utama Teluk Kiluan. Dengan menyewa perahu cadik (jukung) seharga Rp250.000,00 hingga Rp300.000,-, Anda sudah akan bisa melihat dari dekat tarian dan lompatan puluhan bahkan ratusan lumba-lumba yang bersahabat dan bahkan dapat disentuh. Mereka senang melompat dan berenang di sisi perahu yang datang, seolah ingin menyambut kedatangan tamu manusia.

Keistimewaan lainnya, Teluk Kiluan menyuguhkan pemandangan memesona. Menikmati alam pantai tropis di pantai sekitar teluk adalah kegiatan rekreasi yang menarik untuk dilakukan baik bersama kerabat maupun sahabat.

Sebagian besar pantai di kawasan Lampung memang terkenal akan pesona pantainya yang berpasir putih bersih. Air laut di teluk ini juga masih jernih dan bersih dengan warna biru toska. Anda dapat berenang atau snorkeling tak jauh dari garis pantai. Meski tidak menyimpan keindahan taman laut penuh terumbu karang, banyak terdapat ikan-ikan laut cantik yang dapat dilihat.

Kini Teluk Kiluan semakin memikat dengan beberapa keindahan alam baru yang baru bagi wisatawan seperti Karang Pegadung yang pesonanya dikatakan mengalahkan Phi Phi Island Thailand. Ada juga Laguna dan Pasir Putih yang sayang untuk dilewatkan disambangi.

Keindahan alam di teluk ini yang sayang bila dilewatkan adalah pesona Matahari tenggelam. Jangan lupa mengabadikannya dengan kamera Anda. Besar kemungkinan momen terbaik untuk “menangkap” potret Matahari tenggelam yang sempurna di teluk ini hanya berlangsung selama beberapa menit saja.

Atraksi Lumba lumba pantai kiluan - Lampung : Pantai Kiluan, Suguhan Keindahan dan Atraksi Lumba-lumba di Lampung
Lumba lumba pantai kiluan - Lampung : Pantai Kiluan, Suguhan Keindahan dan Atraksi Lumba-lumba di Lampung

Berkeliling di sekitar kawasan teluk dengan perahu sewaan juga menarik dilakukan. Apalagi masih di tengah teluk, terdapat sebuah pulau yang dinamakan Pulau Kiluan. Untuk informasi lebih lengkap tentang pulau ini dapat dibaca di bagian “Berkeliling”.

Untuk event berkala, Kiluan Fishing Week dapat masuk dalam agenda wisata Anda. Kegiatan ini biasanya berlangsung pada bulan Agustus.

Di Teluk Kiluan terdapat beberapa homestay sederhana namun tetap nyaman. Tarif per malam sekira Rp150.000,- per kamar dan dapat ditempati 5-6 orang.

Di Pulau Kelapa (Pulau Kiluan) hanya terdapat sebuah homestay sederhana dan minim fasilitas. Homestay ini memiliki 4 kamar dengan harga sewa semalam Rp.150.000,- per kamar yang bisa ditempati oleh 5-6 orang.

Pulau Kelapa atau dikenal pula sebagai Pulau Kiluan adalah destinasi lain di Teluk Kiluan yang kerap menjadi tujuan utama lainnya saat datang ke teluk tersebut. Di pulau yang luasnya hanya sekira 6 hektar ini, Anda dapat menikmati keindahan sebuah pulau kecil di tengah teluk.

Perjalanan menuju pulau ini hanya memakan waktu 10-15 menit dengan menumpang jukung dari Desa Kiluan Negeri. Tarif kapal adalah Rp15.000,- per orang. Rasakan sensasi damai, tenang, dan indah melingkupi Anda setibanya di pulau kecil ini. Pantainya berpasir putih bersih, gradasi air laut berwarna biru toska hingga biru gelap saja sudah meneduhkan mata. Belum lagi fakta bahwa pulau ini juga terkenal sejuk oleh kerimbunan pepohonan tropis.

TIPS

Waktu terbaik mengunjungi Teluk Kiluan adalah saat musim kemarau, yaitu di kisaran bulan April hingga September. Apabila musim hujan, dikhawatirkan kondisi jalan belum memadai dan akan menghambat perjalanan Anda.

Perjalanan menuju Teluk Kiluan cukup menantang. Bagi Anda yang sering mabuk perjalanan disarankan membawa obat-obatan, terutama obat anti mabuk perjalanan.

Bawalah bekal makan dan minum yang cukup sebab tak banyak warung atau toko yang dapat ditemui di kawasan Teluk Kiluan.

Jangan lupa menggunakan sunblock untuk melindungi kulit Anda dari sengatan Matahari.

Bawalah pakaian ganti saat “menyambangi” lumba-lumba. Bawa pula dry pack untuk melindungi benda-benda berharga Anda, seperti kamera, HP, lensa dan benda lainnya.

Jukung adalah perahu cadik yang sangat kecil dengan lebar hanya sekira 45 cm dan panjang 2.5 m. Bagi Anda yang tidak bisa berenang dan sedikit takut untuk “berburu” lumba-lumba dengan jukung, disarankan membawa live vest jacket sendiri.

Kumpulan Gambar dari berita tentang Pantai Kiluan, Suguhan Keindahan dan Atraksi Lumba-lumba di Lampung

Ada 6 gambar di dalam Pantai Kiluan, Suguhan Keindahan dan Atraksi Lumba-lumba di Lampung berita. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 6 gambar high-res.

Karang Pantai Kiluan - Lampung : Pantai Kiluan, Suguhan Keindahan dan Atraksi Lumba-lumba di LampungAtraksi Lumba lumba pantai kiluan - Lampung : Pantai Kiluan, Suguhan Keindahan dan Atraksi Lumba-lumba di LampungWisata Pantai Kiluan - Lampung : Pantai Kiluan, Suguhan Keindahan dan Atraksi Lumba-lumba di LampungWisata Laut di Teluk Kiluan - Lampung : Pantai Kiluan, Suguhan Keindahan dan Atraksi Lumba-lumba di LampungLumba lumba pantai kiluan - Lampung : Pantai Kiluan, Suguhan Keindahan dan Atraksi Lumba-lumba di LampungSunset di Pantai Kiluan - Lampung : Pantai Kiluan, Suguhan Keindahan dan Atraksi Lumba-lumba di Lampung

Apa pendapatmu tentang Pantai Kiluan, Suguhan Keindahan dan Atraksi Lumba-lumba di Lampung

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Kiluan, Suguhan Keindahan dan Atraksi Lumba-lumba di Lampung Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Gili Tangkong, Lombok –
Ada banyak gili di sekitar Pulau Lombok, dengan karakter dan keunikan pesona yang ...

Pantai Anyer Carita Banten dan
Pantai Anyer carita merupakan object wisata yang berada di provinsi banten dan mempunyai ...

Pulau Gag, Raja Ampat –
Wilayah Kabupaten Kepulauan Raja Ampat merupakan kepulauan yang terdiri dari kurang lebih 610 ...

Pantai Jumiang, Madura –
Pantai Jumiang – Eksotika alam Pulau Madura, memang memiliki potensi yang cukup besar ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Mbuu, Ende – NTT
Pantai Oi Fanda, Sumbawa – NTB
Pantai Kolbano Pesona Kerikil Seribu War
Pantai Tanjung Batu, Pemangkat – Kalim
Pantai Papuma Pesona Bebatuan Benakjubka
Pulau Farondi, Raja Ampat – Papua
Pantai Tidung Kepulauan Seribu
Pantai Pulau Merah, Banyuwangi – Jawa

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.