Pantai Klara, Ketapang – Lampung

Rating: 87 out of 100, by 122 users
sunset di pantai klara - Lampung : Pantai Klara, Ketapang – Lampung

Klara yang digunakan sebagai nama pantai itu sendiri diambil dari kata Kelapa Rapat.  Asal muasal nama kelapa rapat itu maksudnya merujuk pada jejeran pohon kelapa yang berbaris rapat di sepanjang pantai. Pantai pasir putih dan sunsetnya sungguh indah.

Transportasi

Lokasi Pantai Klara berada tidak jauh dari pusat kota Bandar Lampung yang juga merupakan ibukota dari provinsi Lampung. Pantai ini bisa ditempuh hanya dalam waktu 1 jam bila menggunakan kendaraan bermotor menuju lokasi pantai yang berada di wilayah Kabupaten Pesawaran.

Jalanan menuju ke pantai Klara bisa dikatakan mulus tanpa lubang. Hanya saja karena jalannya tidak begitu lebar, apabila ada mobil yang datang dari arah berlawanan, maka rombongan anda harus melambat sedikit. Untuk memasuki pantai Klara anda harus membayar karcis masuk sebesar Rp 25.000 per mobil yang bisa dibayarkan ke petugas penjaga loket masuk.

Fasilitas

Fasilitas pendukung yang ada di pantai Klara bisa dibilang memadai. Ada pondok yang menjajakan berbagai makanan dan minuman. Toilet dan kamar mandi untuk berbilas setelah berenang seharian di air laut.

Hingga tempat parkir yang mampu menampung ratusan kendaraan bermotor lengkap dengan penjaganya. Dukungan fasilitas disini membuat liburan di pantai Klara menjadi lebih nyaman.

Disepanjang pantai Klara dibangun pondok-pondok kayu sederhana yang beratapkan daun. Selain sebagai tempat berteduh, pondok ini bisa digunakan untuk menaruh barang bawaan seperti tas yang berisi handuk dan pakaian ganti.

Selain itu karena pondok tersebut menghadap langsung ke arah laut, maka para orangtua bisa duduk santai diatas pondok sambil mengawasi anak mereka yang sedang berenang. Jangan khawatir, ombak di pantai Klara sangat kecil, jadi aman bagi anak-anak untuk berenang.

Hanya saja fasilitas pondok yang ada di pantai tidaklah gratis. Anda harus membayar lagi Rp 25.000 untuk menggunakan pondok. Jangan khawatir, biaya tersebut bukanlah biaya per jam, namun biaya sekali pakai selama kunjungan di pantai Klara.

Wisata

Permainan olahraga air yang bisa ditemui di pantai Klara adalah kano. Kano disini mirip dengan kano yang tersedia di pantai lainnya di Lampung. Berbahan dasar fiberglass dengan sandaran kecil dibelakangnya dan tempat duduk dengan kapasitas hanya untuk satu orang.

Jika mau anak kecil juga masih muat ditaruh di bagian depan ketika mengendarai kano bersama orang dewasa. Perlengkapan lain yang disediakan oleh penyewa ketika mengendarai kano adalah pelampung.

Meskipun terlihat remeh, tapi sebaiknya anda selalu mengenakannya selama menggunakan kano. Tentu saja disediakan juga sebuah dayung dengan gagang dari logam ringan.

Dayung ini mempunyai dua kepala di kedua ujungnya. Jadi anda bisa mendayung dari kedua sisi kano tanpa harus memindahkannya ke sisi yang berbeda. Kano ini bisa disewa dengan biaya Rp 15.000 per jam.

Ada sebuah dermaga lengkap dengan gazebo yang cukup luas untuk ditempati beberapa orang sekaligus di pantai Klara. Untuk menuju gazebo yang ada ditengah laut tidak jauh dari bibir pantai ini, anda bisa menggunakan jembatan kayu yang menjulur di bibir pantai.

Pengunjung bisa bersantai menikmati keindahan pantai Klara dari gazebo. Sambil duduk santai di lantai kayu gazebo dengan kaki yang menjulur ke arah air laut, anda bisa melihat bentangan dataran tinggi yang menghijau sambung-menyambung di kejauhan.

Sepertinya gazebo ini dibangun oleh TNI AL, karena ada nama mereka yang terpampang di atap gazebo yang berwarna biru.

Memang didekat pantai Klara terdapat sebuah pangkalan militer yang digunakan TNI AL untuk tempat latihan. Ketika anda memasuki jalan menuju ke pantai Klara juga akan disambut dengan plang bertuliskan “Selamat Datang di Kawasan TNI AL”. Lokasi ini biasanya dijadikan sebagai tempat latihan bagi marinir angkatan laut.

Anda bisa dengan mudah menemukan penyewa ban karet yang biasanya digunakan oleh anak kecil untuk berenang dan bermain di pantai. Sebenarnya ban karet ini hanyalah berupa bagian dalam ban mobil. Karena angin yang diisi ke dalam ban karet, maka benda tersebut bisa digunakan sebagai pelampung.

Wisata di sekitar pantai Klara

Tidak jauh dari pantai Klara terdapat pulau Pahawang. Di pulau ini terdapat fasilitas berupa bungalow yang disewakan. Beberapa penduduk pulau Pahawang juga ada yang menyewakan rumah mereka jika anda ingin menginap. Pulau Pahawang bisa ditempuh dari pantai Klara menggunakan kapal motor.

Karena lokasinya yang dekat dengan pantai, maka pulau ini bisa ditempuh hanya dalam waktu 30 menit saja. Pemilik kapal akan meminta Rp 10.000 per orang untuk mengantarkan pengunjung ke pulau Pahawang. Selain pantai, pulau ini juga merupakan lokasi untuk aktifitas seperti snorkling. Tapi anda harus membawa sendiri peralatan snorkling karena tidak ada yang menyewakannya disini.

Kejernihan air di pantai ini membuat bagian bawah laut terlihat jelas. Kita dapat melihat rumput laut, kerang, ikan atau udang yang berenang, tapa menggunakan kaca mata berenang karena memang cernih dan beningnya air laut di Pantai Klara Ketapang sangat terkenal. Mungkin pantai ini mirip dengan pantai-pantai di Laut Sulawesi yang terkenal akan indahnya kedalaman laut.

Tempat ini menjadi surga bagi para pemancing dan penyelam. Pemandangan disekitar pantai ini sangat indah, karena dikelilingi oleh pulau-pulau kecil dan pantai yang terbentang membentang setengah lingkaran. Air dangal yang luas sekitar setengah Km dari bibir pantai jika kondisi air laut sedang normal membuat para peselam dan pemancing dapat leluasa memilih tempat.

Bagi yang membawa keluarga dan anak-anak tidak terlalu khawatir anak kita akan tenggelam karena memang air laut dangkalnya cukup luas, tetapi perhatian dan pengawasan terhadap anak kita harus terus terpantau, karena di dalam air banyak bulu babi dan kerang laut yang bisa membuat luka bagi anak-anak.

Panorama pantai Klara - Lampung : Pantai Klara, Ketapang – Lampung
sunset di pantai klara - Lampung : Pantai Klara, Ketapang – Lampung

Dipinggiran pantai terdapat berderet-deret pohon kelapa yang sangat rapat, mungkin ini juga yang menyebabkan pantai ini diberi nama pantai Klara yang artinya kelapa rapat. Keberadaan pohon-pohon kelapa ini membuat pantai terasa benar-benar ada di alam tropis. Hal ini membuat pantai Klara sangat sejuk dan teduh.

Bagi para photografer banyak objek disana! Pemandangan sekeliling pantai dibatasi oleh pulau dan pulau. Sepanjang mata memandang kita akan lihat berbagai pulau kecil yang sangat indah untuk difoto.

 

Galeri foto dari artikel tentang Pantai Klara, Ketapang – Lampung

Ada 4 gambar di dalam Pantai Klara, Ketapang – Lampung artikel. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 4 gambar high-res.

Panorama pantai Klara - Lampung : Pantai Klara, Ketapang – Lampungpantai klara pantai nan indah di lampung 300x224 - Lampung : Pantai Klara, Ketapang – Lampungsunset di pantai klara - Lampung : Pantai Klara, Ketapang – Lampungkeindahan perairan pantai Klara - Lampung : Pantai Klara, Ketapang – Lampung
Diposting pada 9 July 2014 - Oleh tanzil - Kategori Lampung.
Tag: pun, sekitar pantai, dewa, pantai di lampung, Info Klara, pondok, militer .

Apa pendapatmu tentang Pantai Klara, Ketapang – Lampung

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Klara, Ketapang – Lampung Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Poto Batu, Sumbawa R
Pantai Poto Batu – Tak akan pernah ada habisnya jika membicarakan keindahan alam ...

Pulau sirabunan, Nias –
Berbicara tentang Pulau Nias, tentunya tidak akan terlepas dari pembahasan tentang eksotika wisata ...

Pantai Sanur Bali yang Mempeso
Pantai Sanur adalah sebuah tempat pelancongan pariwisata yang terkenal di pulau Bali. Tempat ...

Pantai Gedambaan, Kota Baru
Pantai Gedambaan adalah pantai yang indah yang terletak di Kotabaru, Kalimantan Selatan. Pantai ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Sumur Tiga, Sabang – Aceh
Pulau kadidiri, Tojo Una Una – Sulawes
Pantai Tureloto, Nias – Sumatera utara
Pantai Karang Paranje, Garut – Jawa Ba
Tips Aman dan Menyenangkan di Pantai
Pantai Congot di muara Sungai Bogowonto
Pantai Jasri, Karangasem – Bali
Pantai Goa Cina, Malang – Jawa Timur

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.