Pantai Suak Ribee, Meulaboh – Aceh Barat

Rating: 88 out of 100, by 116 users
pesona pantai suak ribee - Aceh : Pantai Suak Ribee, Meulaboh – Aceh Barat

Pantai suak Ribee berada di kecamatan Pahlawan, Meulaboh, selain suasana yang indah, juga ada tempat – tempat persinggahan yang terletak persis di pinggir pantai.

Pantai Suak Ribee merupakan salah satu tempat rekreasi yang terdapat di pesisir kota Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat. Pantai Suak Ribee banyak dikunjungi oleh berbagai unsur masyarakat baik orang dewasa, remaja maupun anak – anak. Pantai Suak Ribeebiasanya ramai pada sore hari maupun pada hari liber. Sebelum bencana tsunami pantai Suak Ribee adalah tempat rekreasi yan sangat indah dan menarik.

Disepanjang jalan di pinggiran pantai berbaris pohon kelapa dan pohon cemara. Disan juga banyak tempat tempat untuk peristirahatan seperti café – café yang berjejer di sepanjang jalan. Pemandanganya di sore hari sangatlah indah, selain menikmati semilir angin sepoi – sepoi kita juga dapat menikmati pemandangan matahari tenggelam pada senja hari.

Menikmati suasana pantai dengan berbagai bentuk kegiatan sudah menjadi suatu kebiasaan bagi semua masyarakat, tentu ada kenikmatan tersendiri pula, begitu juga dengan masyarakat Meulaboh, Aceh barat. Segagian penduduk Meulaboh gemar bermain bola di pantai suak Ribee sambil menikmati keindahan pantai, pecahan ombak, dan berolah raga.

Selain keindahanya ada keunikan lain yang sering membuat masyarakat terkesan saat berkunjung ke pantai ini, “ KOPI TUBRUK” begitu sebutanya bagi penikmat kopi yang gelasnya terbalik dan beralaskan piring yang diminum dengan menggunakan sebuah pipet atau alat sedotan, kopi ini juga disertakan bubuk kopi khas aceh yang di aduk langsung dalam secangkir gelas kopi tersebut.

pantai Suak ribee juga menjadi tempat rekreasi bagi sebagian warga Meulaboh, tak hanya itu pantai ini juga sudah menjadi tempat kunjungan para wisatawan yang datang ke Aceh Barat.

Pasir pantainya hitam dan halus, membentang luas sepanjang mata memandang. Terdapat ratusan pohon kelapa dan cemara yang masih tumbuh kokoh yang masih bertahan dari terjangan ombak tsunami yang pernah menghantam pantai ini beberapa tahun silam. Diperkirakan lebih dari lima pulh meter posisi garis pantai bergeser karena abrasi ombak salah satunya karena bencana tsunami tersebut.

Bagi masyarakat setempat, pantai ini merupakan salah satu tempat rekreasi yang terdapat di pesisir kota Meulaboh dan Nagan Raya. Pantai ini paling ramai dikunjungi pada sore hari untuk menikmati marahari terbenam serta pada akhir pekan dan hari libur sebagai tempat liburan keluarga disana.

Jika kamu mencari suasana pantai yang sepi, tenang untuk mendapatkan ketentraman hati, rasanya pantai ini bisa dijadikan salah satu pilihan untuk dikunjungi ketika kamu sedang berada di Meulaboh.

Objek wisata meulaboh :

Kota kecil yang dikelilingi laut itu jauh sebelumnya dikenal sebagai tempat seorang pahlawan nasional, Teuku Umar menjemput kematiannya. Belakangan, setelah kejadian musibah tsunami, Meulaboh diidentikkan sebagai kawasan terparah terkena imbas tsunami.

Dari Ujoeng Kareueng, Anda akan mendapati kawasan ini seperti kapal yang berdiri tenang di tengah laut. Dikelilingi pepohonan kelapa yang berdiri berderet-deret sepanjang jalanan pantai, membuat kawasan itu seperti dipagari keindahan. Batu-batu karang yang ada di sana, lengkap dengan pembatas laut, kian lengkaplah pemandangan alam yang disuguhkan pantai itu.

sunset suak ribee - Aceh : Pantai Suak Ribee, Meulaboh – Aceh Barat
pesona pantai suak ribee - Aceh : Pantai Suak Ribee, Meulaboh – Aceh Barat

Bukan hanya Ujoeng Kareung, tapi juga Pantai Barat, Suak Ribee, dan Suak Raya. Pasir di pantai itu demikian memukau. Tak ayal, pengunjung dari berbagai kawasan, juga dari luar daerah sering mendatangi pantai itu untuk berpiknik.

Di sepanjang pantai, dari Ujoeng Kareung sampai Suak Raya, bahkan Suak Timah, banyak tersedia tempat untuk berteduh yang terdiri dari jamboe-jamboe. Di jamboe-jamboe itu, tersedia berbagai minuman dan juga makanan khas Meulaboh. Air kelapa muda menjadi sasaran banyak pengunjung setiap mereka berkunjung ke tempat tersebut.

Biasanya, kelapa muda itu memang dipetik oleh penjual di kawasan itu langsung di lokasi. Karena, lagi-lagi karena di sana berjajar pohon kelapa dengan jumlah yang tidak terhitung. Sebagian dari pohon kelapa itu memang dimiliki oleh penduduk setempat

Jika ingin mandi di sana, Ujoeng Kareueng bukanlah tempat yang direkomendasikan. Walaupun di sini, ombaknya terbilang tidak terlalu ganas. Persoalannya, karang-karang di bawah laut yang tajam, bisa membahayakan Anda.

Sedangkan di sisi pantai yang segaris dengannya, seperti Suak Raya, dan Pantai Barat, sering menjadi tempat yang sangat diminati untuk Anda yang hobi berenang.

Biasanya, penduduk setempat akan dengan senang hati untuk menjelaskan keadaan laut di sana. Kedekatan mereka dengan pantai di sana sedikitnya membantu pemahaman mereka terhadap laut itu dengan cukup baik. Untuk itu, jika tertarik ingin berenang, usahakan untuk menanyakan dulu pada penduduk setempat, bagaimana kondisi laut. Tentunya, agar bisa menghindari kemungkinan buruk semisal kematian.

Menelusuri sepanjang garis pantai dengan panjang sekitar 10 kilometer di sana, yang paling menarik adalah bekas-bekas tsunami yang masih tersisa. Terdapat bekas jembatan yang lumayan besar yang sebelum musibah 2004 menjadi sarana penduduk sekitar untuk bepergian ke luar kabupaten. Selain, juga bekas-bekas rumah-rumah penduduk yang hanya menyisakan pondasi saja.

Melihat pemandangan itu, sedikitnya Anda akan terbawa pada ekstase, seperti apa penduduk setempat berjuang di tengah air laut yang menggenangi kampung mereka. Betapa, hanya sebagian kecil saja dari penduduk di desa-desa di sana yang berhasil menyelamatkan diri.

Sunset atau momen ketika matahari jelang tenggelam acap menjadi saat yang paling diminati. Karena alasan, dari sepanjang bibir pantai ini, semua itu kian terlihat jauh lebih tegas. Perpaduan warna langit senja hari, dengan warna laut terasa seperti sebuah lukisan yang teramat sulit untuk dilukiskan dengan kata-kata. Di garis pantai itu, tidak hanya jejak tsunami saja yang tersisa. Namun di sana juga terdapat sejarah, salah satu pahlawan nasional, Teuku Umar ditembak mati di Batee Puteh.

berkunjung ke lokasi ini, merupakan kunjungan menapaktilasi musibah besar yang mendunia, tsunami 2004. Di samping juga menapak-tilasi momen yang bersejarah tentang pahlawan yang sering mengibuli Belanda itu. Sensasi apa yang bisa Anda rasakan di sini, hanya bisa terjawab jika Anda sendiri yang menyediakan waktu untuk berlibur ke sana.

Untuk Anda menginap, Hotel Meuligo, Hotel Tiara, dan beberapa hotel lain tersedia di tengah kota yang tidak terlalu jauh dari pantai ini. Biasanya, tarif hotel tersebut berkisar IDR 300.000 sampai dengan 1,5 juta.

 

Galeri foto dari konten tentang Pantai Suak Ribee, Meulaboh – Aceh Barat

Ada 3 gambar di dalam Pantai Suak Ribee, Meulaboh – Aceh Barat konten. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 3 gambar high-res.

Pantai Suak Ribee - Aceh : Pantai Suak Ribee, Meulaboh – Aceh Baratpesona pantai suak ribee - Aceh : Pantai Suak Ribee, Meulaboh – Aceh Baratsunset suak ribee - Aceh : Pantai Suak Ribee, Meulaboh – Aceh Barat
Diposting pada 28 June 2014 - Oleh tanzil - Kategori Aceh.
Tag: wisatawan, tubruk, Foto Pantai Suak Ribee, garis pantai, Gambar Pantai Suak Ribee, Info Pantai Suak Ribee, pohon .

Apa pendapatmu tentang Pantai Suak Ribee, Meulaboh – Aceh Barat

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Suak Ribee, Meulaboh – Aceh Barat Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Watu Ulo Jember
Kearah selatan kota Jember di gugusan Samudera Indonesia terdapat pantai yang indah panorama ...

Pantai Indrayanti yang Indah
Pantai Indrayanti terletak di sebelah timur Pantai Sundak, pantai yang dibatasi bukit karang ...

Pantai Dan Desa Nepa, Madura
Profil Desa Nepa Kata-kata Nepa  diambil dari nama pohon yang dulunya banyak sekali tumbuh ...

Pantai Canggu Surga Terkenal P
Pantai Canggu terletak di Desa Canggu, kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, sekitar 30 ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Pasir Padi, Pangkalpinang –
Pulau Wetar ( Pulau terluar Indonesia )
Pantai Trisik Nuansa Pedesaan Pesisir na
Pantai Katatop, Sorong – Papua
Pantai Baurung, Polewali Mandar –
Pantai Jelangkung, Malang – Jawa Timur
Pantai Indah Kalangan, Tapanuli –
Pantai Dok II, Jayapura – Papua

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.