Pulau Cubadak – Surga di Sumatera

Rating: 91 out of 100, by 91 users
keindahan pulau cubadak - Pulau Cubadak : Pulau Cubadak – Surga di Sumatera

Kawasan Pulau Cubadak pada mulanya adalah bekas kawah dengan luas sekitar 40 km persegi. Pulau ini tidak berpenduduk, kecuali hanya segelintir rumah nelayan sebagai tempat persinggahan saat kemalaman melaut, dan dipenuhi hutan lebat. Sejumlah satwa burung dan binatang liar seperti monyet, rusa, babi hidup di sini. Cubadak merupakan salah satu dari puluhan pulau kecil di lepas pantai Sumatra Barat.

Sebenarnya ada banyak pulau kecil yang berpotensi besar di kawasan ini. Diantaranya Mentawai, Sipagang, Sikuai, Pasumpahan, Sirandah, Penyu, dan lain-lain. Sayangnya baru Cubadak dan Mentawai yang sudah digarap dan dipromosikan dengan baik.

Pulau Cubadak yang namanya telah mendunia dan menjadi ikon Kabupaten Pesisir Selatan ini memiliki luas wilayah 5.749 km persegi dan berada 0-1.000 meter di atas permukaan laut. Dengan posisi memanjang dari utara ke selatan di bagian barat Sumatra Barat, Pesisir yang memiliki 218 km panjang pantai memang memiliki potensi di bidang pariwisata.

Kawasan Cubadak pada mulanya adalah bekas kawah dengan luas sekitar 40 km persegi. Pulau ini tidak berpenduduk, kecuali hanya segelintir rumah nelayan sebagai tempat persinggahan saat kemalaman melaut, dan dipenuhi hutan lebat. Sejumlah satwa burung dan binatang liar seperti monyet, rusa, babi hidup di sini.

Panjang pantainya lebih 1,5 km dan lahan yang dikuasai pengelola Cubadak adalah sekitar tujuh hektar. Jika Mentawai adalah surga para peselancar, maka Cubadak adalah surga para penyelam karena dasar laut yang mengelilingi pulau ini ditumbuhi terumbu-terumbu karang yang indah dan ikan hias warna-warni.

Di antara wisatawan Eropa lainnya, orang Jerman termasuk yang cukup antusias berkunjung ke pulau yang dijuluki Paradiso Village ini. Semua itu tak lepas dari promosi gencar dari sejumlah media di Jerman tujuh tahun yang lalu. Saat itu, satu tim TV Bavarian datang ke Cubadak untuk menggarap sebuah film dokumenter. Mereka melakukan pengambilan gambar dari berbagai sudut untuk menggambarkan keindahan Cubadak.

Setelah diputar di Jerman, film berdurasi 30 menit itu mendapat sambutan yang luas dan mampu menjadi magnit bagi orang Jerman untuk datang ke Cubadak. Ratusan telepon pun masuk ke stasiun TV tersebut. Mereka umumnya menanyakan bagaimana perjalanan ke Sumatra Barat, Indonesia. Sebab selama ini mereka hanya mengenal Bali atau Lombok.

Selain itu, sejumlah media cetak saat itu juga menulis artikel panjang soal pulau “surga” ini. Majalah wanita Bild de Rau misalnya, memuat tulisan berjudul “Pulau Tersenyap di Dunia” dan koran Munchener Abendpost menulis “Bagaimana Mencapai Pulau Cubadak”.

Menurut Tom Plummer, pengelola kapal pesiar berkebangsaan Australia yang sudah lama berdomisili di Padang, banyak sekali wisatawan asing yang awalnya tidak menyangka keistimewaan Pulau Cubadak. Bahkan tak jarang para wisatawan yang datang ke Sumatra Barat pada awalnya mengeluhkan perjalanan dari Bandara Tabing ke Carocok yang lumayan melelahkan karena jalannya berbelok-belok dan banyak tikungan. “Tapi begitu sampai di Pulau Cubadak, mereka akan kaget betapa indahnya pulau ini dan sama sekali tidak menyesal pernah ke sana,” ujar Tom.

Tom yang kini juga mengelola sebuah toko olahraga di Jalan Hiligoo Padang bahkan berani mengatakan bahwa orang yang datang ke Cubadak pasti akan terkesan. Paduan olahraga air sambil menikmati kesenyapan pulau ini bakal menimbulkan kerinduan yang akan membuat pengunjung ingin kembali lagi ke sini. Nah untuk membuktikannya rasanya Anda mesti berkunjung ke sana sendiri.

pulau cubadak sumbar - Pulau Cubadak : Pulau Cubadak – Surga di Sumatera
suasana pulau cubadak - Pulau Cubadak : Pulau Cubadak – Surga di Sumatera

Penulis : Budi Putra
Sumber : Tempo News Room

Galeri foto dari posting tentang Pulau Cubadak – Surga di Sumatera

Ada 8 foto di dalam Pulau Cubadak – Surga di Sumatera posting. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 8 foto high-res.

cubadak island 2 - Pulau Cubadak : Pulau Cubadak – Surga di Sumaterapulau cubadak2 - Pulau Cubadak : Pulau Cubadak – Surga di Sumaterapulau cubadak sumbar - Pulau Cubadak : Pulau Cubadak – Surga di Sumaterasuasana pulau cubadak - Pulau Cubadak : Pulau Cubadak – Surga di Sumaterakeindahan pulau cubadak - Pulau Cubadak : Pulau Cubadak – Surga di Sumaterapantai pulau cubadak - Pulau Cubadak : Pulau Cubadak – Surga di Sumatera
Diposting pada 2 September 2009 - Oleh PasirPantai.com - Kategori Pulau Cubadak.
Tag: Tempat wisata di Sumatera, Akomodasi Pulau Cubadak, melaut, monyet, Lokasi wisata di Sumatera, Obyek wisata Cubadak, pulau .

Apa pendapatmu tentang Pulau Cubadak – Surga di Sumatera

38 Komentar to “Pulau Cubadak – Surga di Sumatera”

  1. budget ksana brp??
    mksh..

  2. bagusss banget…

    kapan-kapan pengen kesana

    tapi ga tau berapa budgetnya….

    nabung dulu.

  3. heran,
    kenapa pengelolanya masih saja non-Local… bahkan bukan anak negri…

  4. Gw mau ksna..
    Ad yg bsa bntu?
    Kalo udah smpai padang, trus kmana lg?
    Please help me?
    Anyone want to be my guide?
    I’ll pay 2.000.000.
    I’m serious..
    Sapa yg bersedia, kontak gw di fb.
    Feriyanto_candra@yahoo.com

  5. Sayangya g dikelola anak negeri. padahal saya dah niat ngajak2 temen2 kantor kesana. setelah cari info katanya tarif paket perjalanannya aja pki dollar dan mungkin juga mahal. sayangnya ya, anak negeri untuk menikmati keindahan negerinya sendiri susah…….

  6. Maren tuh dah mau kesana, tapi bingung lokasina dimana, kira2 budget kesana brp yach

  7. Brp yach budget kesana

  8. bwat tmn yg ingin ke cubadak saya bisa bantu bwat nyariin transportasi dari padang sampai ke pulau tersebut gratisssssssss…
    tp untuk biaya masuk k pulau saya juga kurang tau..

  9. bsa hubungi saya via email rajo_judi92@yahoo.co.id
    saya bsa bantu informasi bwat tmn-tmn yg pengen ke sana….

  10. aslkm da…
    wk ingin tanyo, dari padang bisa naiak apo
    bara paralu pitih2 nyo menuju kasituw….?

  11. sumpahh keren abis…
    Tapi gw rada kecewa…berhubung gw skulnya jurusan Pariwisata gw kecewa kenapa yg ngelolo bukan anak asli daerah sana aja..
    Lagian kan kalau orng luar yg ngelola nga’ pake etika indonesia.mana sumatra etikanya kuat lagi..
    Coba yg ngelola anak daerah..pasti lebih menarik lagi…
    N budget nya pasti sepadan…

  12. rudi :: naek angkutan sampai tarusan trus naik becak sampai pantai carocok tarusan,, nnti nyebrang lg naik boat,,inget carocok tarusan bukan carocok painan yaaaa ntar nyasar lagi,,

  13. april lalu saya dari sana,
    Cubadak teduh, cukup sejuk, bersih dan senyap .. kesenyapan itu yang dijual .. karena itu mungkin mereka membatasi pengunjung di pulau cubadak.
    pengelola nya suami istri dari italia dibantu 2 orang perancis.
    Mereka mengelola cubadak dengan cinta dan bijak ..dalam artian ikut menjaga kelestarian hutan dan lautnya … (sumber air tawar bisa langsung minum)
    Bisa jadi contoh bagus bagi untuk orang atau badan yang akan mengelola pulau2 indah lain nya di indonesia

  14. saya juga sudah kesana bln februari 2009 sama tmn2 kuliah dan emang bagus banget. sampe skrg masih blum bisa lupa suasananya. dibanding pulau sikuai ( juga di Sumbar ) pulau cubadak ini lebih berkesan, krn wkt kami kesana lagi sepi gitu, jd bisa maen sepuas-puasnya, brasa pulau milik sndiri. kalo mau kesana dari pdg naik mobil (kalo naik angkutan umum saya kurang tau) sampe tarusan trus lanjut naik boat, wkt itu sewa boatny 250rb trus masuk pulaunya ga bayar, tapi kalo nginap (sewa cottage) bayarny pake dollar tpi ga tau brapa. pengunjungny emang sbgian besar orang asing.

  15. Gmn kalw qta berkendaraan pribadi ya??ntar kndraannya d tarok dmn??mohon informasinya tq

  16. Juli 2011 ini, kami baru dari sana… Tiket masuknya cuman 250rb per orang (dari pagi ampe malam), udah all in… bisa datang pagi jam terserah en pulangnya pu terserah jam brapa.. dapat cottages yg bagus, makan siang, minum kopi en teh itali ^_^, pokoknya service memuaskan…
    ga usah bawa handuk karena pelayananannya kayak hotel, dapat handuk, sabun, mandi pake shower… pokoknya cottages nya nyaman..
    recommended deh….

  17. @phika: tlg kasi tau travel yg bisa urus perjalanan ke cubadak. Perjalanan boat brp lama? Kalau dari Painan tdk bisa ya? kan lbh dekat dr sana. Tks.

  18. Dear Pika,
    Boleh minta telp providernya? pengen kesana tapi gak tau cara ny ^^
    Thanks

  19. yayaya pulau cubadak emang bagus lol kampung gw seberang pulau itu… tiap pulang kampung selalu pengen k sana…walopun cm sekedar photo2 or mancing…sekedar info kalau dah di pulau cubadak coba deh mampir ke kampung sei nyalo mudik air….di sana ada sungai batu mayan bagus buat photo2….kalo dahh nyampe kampung itu bilang aja mau ke (PLTA Mudik air)

  20. kalo cerita tentang pulau cubadak..
    emang bner sich indah bnget..
    rugi lho kalo gak bisa nyempatin diri pergi kesana…
    saya asli dari sana..
    saya tnggal dekat dngan pulau itu..
    kalo mau tau hub ni ja..:081365432066

  21. dear teguh.. saya tertarik banget, rencana mau ke sana january. bs ym an ga? ato gtalk? saya sms kamu ya..

  22. pulau cubadak dekat bgt sama kampung gw lho..kalo pengen kesana saya bisa banget bantuin…saya asli Tarusan, pesisir selatan.kampung sebelum naik perahu itu kampung saya.namanya carocok anau.jadi kalau pengen k pulau cubadak hubungi saja saya ,,,085263253940

    hari hamdani

  23. Yulia: [yayaya pulau cubadak emang bagus lol kampung gw seberang pulau itu… tiap pulang kampung selalu pengen k sana…walopun cm sekedar photo2 or mancing…sekedar info kalau dah di pulau cubadak coba deh mampir ke kampung sei nyalo mudik air….di sana ada sungai batu mayan bagus buat photo2….kalo dahh nyampe kampung itu bilang aja mau ke (PLTA Mudik air)]
    Ane tertarik ke sei nyalo nih mbak.. Boleh tau emailnya?

  24. pulau yang mantep..
    tapi ane mau tanya nih buat agan2 yg tau.. status pulau cubadak??

    katanya kontrak..yang ngontrakin siapa?

    buat agan yulia yg kmpungnya diseberang pulau boleh tau email kontak yg bisa dihubungi? soalnya ane mo ke mudik air, ke komplek andam dewi

  25. sumpahhh….keren …………….pengen ksna lge…liat sunset nya…..

  26. Niia, (sumpah kreeen,, pingin kesana lg)
    walaupun aku orang sumbar, tp lom pernah kesana, kalo ke pantai carocok n keliling sumbar sering,

    boleh dibagi infonya cara memcapai pulau cubadak, dg bauqet yg murmer?
    trimsss.

  27. Buat yg pengen ke sana,sekedar memberitahu aj, di sana tempat untuk menenangkan diri dari kebisingan dan hiruk pikuk kota, selepas bekerja sekian lama cubadak island tempat yg cocok bwt referensi,. klo untuk bergembira ria ke pulau cingkuk aj,lebih bebas dan seru,…

  28. Saya pernah ke pantai Carocok baru2 ini, tp Carocok Painan.
    trus nyebrang ke Pulau yg ga tau namanya..
    Palingan nyebrang sekitar 5-10 menitan udh smpe ke Pulau itu.
    Pantai dipulau itu bersih n cantik bgt, pasir nya juga putih.
    Ada yg tau itu nama pulau nya apaan??
    Soalnya dsna banyak bgt pulaunya. :s

  29. Dan sebenernya saya dan teman2 saya kira itu ada pulau Cubadak, setelah baca post comment dari agan2 skalian.. Saya rasa kami kesasar..
    -___________-”

  30. Sekilas Tentang Pesisir Selatan

    Pesisir Selatan dengan ibukota kabupaten Painan ( 75 KM dari Padang )
    merupakan salah satu kabupaten di Suamatera Barat yang terletak di
    pesisir laut pulau sumatera. Pesisir Selatan menyimpan kekayaan alam
    yang luar biasa dimulai dari sektor perikanan, sektor perkebunan seperti
    kelapa sawit dan sektor pariwisata yang belum tergali potensinya karena
    kurangnya informasi terhadap objek-objek pariwisata yang berada di
    Pesisir Selatan. Pesisir Selatan memiliki potensi pariwisata yang
    sangat cerah dan potensial, ini dikarenakan Pesisir Selatan memiliki
    pantai –pantai yang langsung berhadapan dengan samudera hindia dan
    memiliki banyak pulau-pulau di sekitarnya. Pada kesempatan kali ini TS
    akan mengulas tentang liputan eksklusif sekaligus pengalaman liburan TS
    di Pulau Cubadak dan Pulau Pagang yang terletak di Pesisir Selatan.

    Sekilas Pulau Cubadak

    Pulau ini dinamakan Pulau Cubadak karena konon di pulau ini terdapat
    banyak batang nangka atau bahasa minangnya Cubadak. Pulau ini disewa dan
    dikelola oleh seorang warga negara Italy bernama Nani. Nani bersama
    istrinya yang aktif berbahasa Indonesia dan Inggris ini sudah mengelola
    pulau ini selama 18 tahun.

    Apa yang menarik dari Pulau Cubadak ?

    Jika juragan sekalian ingin merasakan liburan yang berbeda dan ingin
    menikmati waktu bersama pasangan atau keluarga Pulau Cubadak bisa
    dijadikan pilihan untuk berlibur. Pulau Cubadak menawarkan tempat wisata
    dengan mode cottage-cottage yang aman, bersih dan yang paling TS suka
    adalah ketenangan dan kesunyiannya karena harus diakui tempat ini masih
    jarang diketahui orang. Nani mengakui sebagian besar pangsa pasar atau
    turis yang berlibur disini adalah warga negara asing seperti Italy,
    German, French, England maka para juragan jangan heran jika menginap
    disana mendapati para tamu lain adalah warga asing. Ini terbukti ketika
    TS kemaren liburan kesana, hanya kami satu-satunya keluarga pribumi
    disana

    . Nani menerapkan
    standard internasional pada penginapannya yang ia beri nama Paradiso.
    Terbukti dengan menu-menu makanan yang Internasional dan makanan Seafood
    bintang 5. Dan jangan kaget ketika melihat daftar harga barang dan
    pelayanan jasa disana karena memang Nani menerapkan kurs Dollar sebagai
    tolak ukur pembelian barang dan pelayanan jasa tapi juragan jangan
    cemas, karena Nani tetap menerima uang Rupiah sebagai alat pembayaran,
    Dollar hanya jadi tolak ukur

    Bagaimana rute menuju kesana ?

    Mendarat di Bandara Internasional Minangkabau Padang, jika menggunakan
    mobil pribadi bisa langsung menuju Kota Painan yang berjarak sekitar 75
    km dari Kota Padang. Setelah sampai Painan maka kita bisa langsung
    menuju pelabuhan Tarusan yang terdapat di kecamatan Tarusan dengan jarak
    tempuh sekitar setengah jam dari Painan.

    Hanya dengan menaiki boat dari pelabuhan Tarusan di Painan selama 15
    menit maka para juragan sudah sampai di Pulau Cubadak. Jangan cemas,
    jika juragan bingung mau naik apa dari pelabuhan tarusan,juragan tinggal
    booking sebelum juragan berangkat dan beritahu Nani tanggal berapa
    juragana datang, maka Nani akan menyediakan boat untuk juragan dan
    menjemput juragan di Pelabuhan Tarusan. Di Pelabuhan Tarusan juragan
    akan menemui pelabuhan nelayan tradisional dengan kapal-kapal nelayan
    disekitarnya

  31. Recomanded bgt yg bener-bener pengen liburan. Rugi klo ke padang ga kesini

  32. dijuluki pulau tersenyap di dunia,,,,Amazing,,,mmg sayang pulau yg indah ini d kelola oleh orang asing,,namun jawabnny kembali ke diri kita sndiri,,karena kita tidak pernah menggali kekayaan kita sendiri,,,dan ketika orang luar menemukannya,,,kita seperti kebakaran jenggot.. :)

  33. Cubadak mantap……
    Klo k trusan jngan lpa l plau cubadak n pulau kapo-kapo……klo ksna lo pda bkal ksemsem mlihat surga dunia,

    Love tarusan cyti

  34. [...] sumber: disini, disono, disituh sama di bawah ini gan Spoiler for open [...]

  35. Ke Pulau Cubadak dari Padang naiknya dmn ych? n kapan ajh harinya bisa kesana?

  36. pulau yang indah kalo dikelola dengan baik akan bernilai tinggi

  37. sangat disangkan,, pulau yang memiliki potensi yang luar biasa selalu di kelola oleh pihak asing,, sementara indonesia memiliki DSM yang melipah.. ini lah yang menjadi renungan kita bersama sebagai rakyat indonesia

  38. sangat disayangkan, pulau yang memiliki potensi yang luar biasa selalu di kelola oleh pihak asing,, sementara indonesia memiliki SDM yang melimpah, dan banyak orang indonesia yang berhasil di luar sana.. inilah yang menjadi renungan kita bersama sebagai rakyat indonesia

Tinggalkan Komentarmu soal Pulau Cubadak – Surga di Sumatera Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Marina Semarang
Pantai Marina merupakan salah satu taman rekreasi pantai di Kota Semarang, bersebelahan dengan ...

Pantai Kertasari, Sumbawa R
Sumbawa Barat dikenal dengan jajaran pantainya yang indah dan sebagian masih ‘perawan’, dari ...

Pantai Tanjung Bira Bulukumba
Tanjung bira terkenal dengan pantai pasir putihnya yang cantik dan menyenangkan. Airnya jernih, ...

Pantai Air Manis Padang Sumate
Pantai Air Manis berkaitan erat kaitannya dengan legenda Malin Kundang di Sumatera Barat. ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Pasir Dua, Jayapura – Papua
Pantai Sembukan Surakarta
Pantai Baron Gunung Kidul Yogyakarta
Pulau Datu, Tanah Laut – Kalimantan Se
Pantai Mbuu, Ende – NTT
Pantai Drini Satu dari Deretan Pantai Ca
Pantai Kedonganan, Badung – Bali
Kepulauan Wayag, Raja Ampat – Papu

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.