Pantai Arta Pariaman, Padang – Sumatera Barat

Rating: 89 out of 100, by 109 users
senja hari di Pantai Arta - Sumatera Barat : Pantai Arta Pariaman, Padang – Sumatera Barat

Arta, sebuah pantai yang berada di Pesisir Barat Sumatera, tepatnya di Nagari Kuranji Hulu Kecamatan Sungai Limau. Kabupaten Padang Pariaman. Di sepanjang pantai ditumbuhi dengan pohon pinus sehingga menjadikan pantai ini sejuk, apalagi kalau sore hari saat angin bertiup sepoi-sepoi menambah kealamian pantai Arta. Nyanyian ombak yang berkejar-kejaran dan lambaian nyiur kelapa membuat pikiran tenang dan hati senang. Sangat mudah untuk menemukan pantai ini, karena berada di jalan raya lintas Padang-Pasaman, maka tidak mengherankan apabila pantai ini sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah, terutama pada saat hari-hari tertentu, seperti saat liburan sekolah dan liburan hari besar lainnya.

Topografi daerah wisata ini memang terdapat pantai yang rendah tapi juga terdapat perbukitan setinggi sekitar 50 meter di sebelahnya. Bahkan di antaranya terdapat hamparan sawah masyarakat dibelah jalan lintas Danau Maninjau-Lubukbasung-Pariaman dan Jalan Bypass menuju Sicincin.

Pantai Arta memiliki dua gerbang untuk bisa masuk, yaitu gerbang lama dan gerbang baru. Tetapi pintu yang paling sering dijadikan sebagai pintu masuk pantai adalah gerbang lama, jarak kedua gerbang sekitar 200 meter dan kedua gerbang ini dapat terlihat dari pinggir jalan raya. Jika mengunjungi pantai ini pada saat libur lebaran, maka pengunjung akan disuguhi acara rutin yaitu pesta pantai yang bisanya dimeriahkan dengan aneka permainan dan musik. Untuk mencapai Pantai Arta dari Kota Padang jika menggunakan angkutan umum adalah dengan naik bus arah Pasaman atau bus Lubuk Basung, menuju Sungai Limau sekitar dua jam lalu turun di depan salah satu gerbang pantai.

Pantai ini lebih terawat dibandingkan dengan Pantai Padang karena sangat bersih. Kita juga tidak akan melihat sampah-sampah yang berserakan. Itu tidak terlepas dari dedikasi penduduk setempat yang selalu menjaga keasrian dan kebersihan Pantai Arta dari para pengunjung yang tidak bertanggungjawab. Sayangnya di pantai ini belum ada pengelolaan yang cukup memadai misalkan seperti restoran seafood, jalan raya, ataupun sarana permainan anak. Kuantitas ombak yang lumayan besar sebenarnya bisa dikembangkan menjadi wahana olahraga surfing. Selain itu sepengetahuan penulis di pantai ini, juga belum ada penginapan. Diharapkan kepada pihak yang terkait, dalam hal ini dinas pariwisata kabupaten Padang pariaman untuk serius memperhatikan permasalah ini.

Namun tidak usah begitu cemas, ada berita gembira untuk anda yang suka menikmati matahari sore atau sunset. Di pantai Arta, sunset sangat indah apalagi kalau cuaca sedang baik. Lukisan Tuhan yang maha agung begitu indah kala matahari mulai tenggelam perlahan-lahan di ufuk senja langit pantai Arta, sungguh mempesona siapa saja yang melihatnya. Pemandangan seperti ini hanya akan anda dapatkan bila anda mengunjungi pantai Arta.

Kendati tak lepas dari trauma gempa dan tsunami beberapa waktu lalu, pengunjung tetap ramai dan selalu waspada jika ada gempa dan tsunami. Bahkan oleh perangkat Desa Sungai Limau Pariaman ini sudah dibuat jalan darurat untuk evakuasi tsunami ke arah bukit yang jaraknya sekitar 200 meter dari bibir pantai Arta ini.

Pantai Arta memiliki panjang bibir panta 1000 m dengan pasir putih yang bersih, tidak terdapat sampah sampah yang berserakan karena masyarakat di sini sangat menjaga kebersihan pantai ini.

Fasilitasnya pu cukup lengkap, terdapat juga wahana untuk anak – anak bermain di pantai ini, orang dewasapun bisa ikut mencoba.

Di pantai arta juga terdapat panggung seni yang biasa digunakan untuk pentas dan acara kesenian yang biasanya diadakan saat libur lebaran, jika anda ingin melihat acara kesenianya, pastikan anda datang saat libur lebaran, tidak lupa juga terdapat gazebo yang dapat digunakan untuk bersantai, ada juga warung – warung yang menjual berbagai macam makanan dan minuman.

ramai wisatawan di pantai arta - Sumatera Barat : Pantai Arta Pariaman, Padang – Sumatera Barat
Pantai Arta - Sumatera Barat : Pantai Arta Pariaman, Padang – Sumatera Barat

Terdapat makanan khas padang pariaman juga dijual disini seperti sala lauk, sala udang, sala kepiting dan masih banyak yang lain, anda tidak perlu khawatir dengan harga, karena harga yang dipatok sangat bersahabat dengan kantong anda.

Jika anda ingin menikmati makanan tersebut sambil duduk di atas pasir dengan pemandangan menghadap laut, maka disediakan penyewaan tikar dengan harga 5000 per tikarnya

Kumpulan Gambar dari cerita tentang Pantai Arta Pariaman, Padang – Sumatera Barat

Ada 6 gambar di dalam Pantai Arta Pariaman, Padang – Sumatera Barat cerita. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 6 gambar high-res.

indahnya pantai arta - Sumatera Barat : Pantai Arta Pariaman, Padang – Sumatera BaratPantai Arta - Sumatera Barat : Pantai Arta Pariaman, Padang – Sumatera BaratPesisir pantai arta - Sumatera Barat : Pantai Arta Pariaman, Padang – Sumatera Baratramai wisatawan di pantai arta - Sumatera Barat : Pantai Arta Pariaman, Padang – Sumatera Baratsenja hari di Pantai Arta - Sumatera Barat : Pantai Arta Pariaman, Padang – Sumatera Baratgerbang masuk pantai  arta - Sumatera Barat : Pantai Arta Pariaman, Padang – Sumatera Barat

Apa pendapatmu tentang Pantai Arta Pariaman, Padang – Sumatera Barat

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Arta Pariaman, Padang – Sumatera Barat Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Mawun, Lombok – N
Pulau Lombok memang dikenal sebagai surganya pantai-pantai indah setelah Bali, karena memang pulau ...

Pantai Jonggring Saloko, Malan
Jawa Timur memang merupakan kawasan yang menawarkan berbagai macam pesona laut yang menakjubkan. ...

Pantai Batu Mejan, Badung R
Pantai Batu Mejan atau dikenal dengan sebutan Echo Beach terletak di Desa Canggu, ...

Pantai Pasir Panjang, Singkawa
Kota Singkawang dikenal sebagai Kota Amoy dan China Town-nya Indonesia, karena mayoritas penduduknya ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pulau Derawan Kalimantan Timur – N
Kepulauan Ayau, Raja Ampat – Papua
Gili Nanggu, Lombok Barat – NTB
Pantai Wediawu, Malang – Jawa Timur
Pantai Kondang Bandung, Malang – Jawa
Pantai Sausapor, Sorong – Papua
Pulau Weigo, Raja Ampat – Papua
Pantai Petitenget dan Pura Kuno

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.