Pantai Pulau Sikuai Sumatera Barat

Rating: 89 out of 100, by 105 users
Keindahan Pantai Sikuai - Sumatera Barat : Pantai Pulau Sikuai Sumatera Barat

Pulau Sikuai adalah salah satu pulau yang letaknya di sisi barat Pulau Sumatera. Tepatnya di wilayah Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat.

Pulau Sikuai merupakan salah satu dari 19 pulau yang terletak di daerah administratif kota Padang. Luas pulau ini sekitar 38,6 kilometer persegi atau kurang lebih sekitar 44,4 hektar. Pulau ini dikembangkan menjadi salah satu obyek wisata bahari sejak tahun 1994.

Banyak aktivitas yang bisa anda lakukan di sini, seperti bersepeda ( disediakan track khusus untuk sepeda, ada pula persewaan sepeda dengan harga yang relatif terjangkau ), bersantai, berjalan-jalan sepanjang pantai, mengkoleksi atau mengumpulkan kerang-kerang unik di ponggir pantai.

Wisatawan juga bisa melakukan surfing di pantai ini, laut di sikuai sangat tenang dan airnya lumayan jernih. Cocok sekali untuk wisatawan yang ingin melihat keindahan laut dengan cara menyelam atau snorkeling. Menawarkan keindahan berbagai biota laut seperti ikan-ikan hias yang cantik dan keindahan terumbu karang.

Aktivitas lainnya adalah berjalan-jalan mengelilingi pulau. Anda akan di buat takjub dengan keindahan alam pulau sikuai, anda akan menemukan berbagai fauna khas di pulai ini, seperti monyet, biaya, dan berbagai jenis burung dan unggas.

Lukisan yang bisa dikatakan sangat eksotik ini dapat ditemukan di kedalaman beberapa meter saja. Dari mulai terumbu karang yang berwarna – warni, ikan-ikan yang berenang kesana kemari hingga biota-biota laut yang sangat eksotik. Pulau ini juga menyajikan keindahan alam yang sangat asri dan alami.

Selain banyak terdapat pohon-pohon kelapa yang berjejer di bibir pantai, di pulau ini juga terdapat hutan tropis yang masih sangat alami, asri dan tentunya terpelihara. Bahkan hutan Tropis ini merupakan salah satu daya tarik wisatawan karena di hutan tropis ini juga terdapat sebuah bukit yang dapat dinaiki.

Untuk dapat mencapai puncak dari bukit ini, diperlukan waktu kurang lebih 30 menit perjalanan. Namun tenang saja, para wisatawan tidak perlu bersusah payah mencari pijakan untuk dapat mendaki sampai ke atas bukit. Hal ini dikarenakan bukit tersebut sudah dilengkapi 369 anak tangga. Tentunya perjalanan para wisatawan untuk dapat sampai ke puncak semakin mudah.

Pulau Sikuai dapat dicapai dari Pelabuhan Teluk Bungus, Kota Padang menggunakan speedboat atau kapal sewaan. Dapat juga dicapai melalui Dermaga Wisata Bahari di Jalan Batang Harau, Padang dengan waktu tempuh sekitar 25 menit menggunakan speedboat dan 60 menit menggunakan kapal. Tarif sewa kapal mulai dari Rp. 200.000. Dari sini dapat memilih paket wisata sehari melalui kantor pengelola Pulau Sikuai yang berada di Dermaga Wisata Bahari ini.

Walau begitu, para wisatawan tetap memerlukan tenaga lebih untuk sampai puncak bukit tersebut. Walaupun tenaga para wisatawan akan terkuras, semua itu akan terbayar lunas setelah sampai ke puncaknya karena di atas bukit tersebut para wisatawan akan disuguhi sebuah pemandangan yang luar biasa indahnya. Dari atas bukit ini para wisatawan akan dapat melihat pemandangan laut lepas.

Selain dapat melihat pemandangan laut lepas, di bukit ini para wisatawan juga dapat menyaksikan pemandangan pulau-pulau kecil yang ada di bawahnya.

Jangan melewatkan yang satu ini, indahnya matahari terbenam di Sikuai island. Untuk menikmati pemandangan yang luar biasa, pengunjung bisa melihat sunset dari puncak pulau tetapi harus menapaki anak tangga selama 30-45 menit. Setelah itu, Anda akan menyaksikan keelokan matahari berwarna merah keemasan saat terbenam di ufuk barat.

Terdapat resor yang menjadi satu-satunya resor di pulau ini yang bernama New Sikuai Island Resort. Tarif menginap di resor ini mulai dari Rp 750.000 per malam. Namun bagi wisatawan yang hanya ingin menikmati keindahan pulau ini selama satu hari tanpa menginap juga disediakan paket wisata satu hari dengan biaya yang sangat terjangkau yakni mulai dari Rp 250.000 per orang. Biaya tersebut sudah termasuk biaya perjalanan pulang pergi dari dermaga, makan siang plus kelapa muda yang menyegarkan, namun tidak bisa sampai menikmati matahari tenggelam di Pulau Sikuai ini karena pada pukul 16:00 harus sudah meninggalkan Pulau Sikuai.

Keindahan lautnya, keasrian alamnya dan fasilitas yang sangat mendukung menjadikan Pulau Sikuai sebagai lokasi wisata yang patut dikunjungi saat berada di Ranah Minang.

Fasilitas Pantai Sikuai - Sumatera Barat : Pantai Pulau Sikuai Sumatera Barat
Wisata Pantai di Pulau Sikuai - Sumatera Barat : Pantai Pulau Sikuai Sumatera Barat

Galeri gambar dari posting tentang Pantai Pulau Sikuai Sumatera Barat

Ada 6 potret di dalam Pantai Pulau Sikuai Sumatera Barat posting. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 6 potret high-res.

Fasilitas Pantai Sikuai - Sumatera Barat : Pantai Pulau Sikuai Sumatera BaratKeindahan Pantai Sikuai - Sumatera Barat : Pantai Pulau Sikuai Sumatera BaratPantai Pulau Sikuai - Sumatera Barat : Pantai Pulau Sikuai Sumatera BaratPasir Putih Pantai Sikuai - Sumatera Barat : Pantai Pulau Sikuai Sumatera BaratPesona Pantai Sikuai - Sumatera Barat : Pantai Pulau Sikuai Sumatera BaratWisata Pantai di Pulau Sikuai - Sumatera Barat : Pantai Pulau Sikuai Sumatera Barat
Diposting pada 25 September 2013 - Oleh dian - Kategori Sumatera Barat.
Tag: Cara ke Padang, alami, monyet, ikan hias, pemandangan, Wisata alam Padang, ombak .

Apa pendapatmu tentang Pantai Pulau Sikuai Sumatera Barat

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Pulau Sikuai Sumatera Barat Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Batakan – Wisata
Pantai dengan hamparan pasir dan deburan ombak yang aman serta cahaya bewarna biru ...

Pantai Ujung Negoro Jawa Tenga
Pantai Ujung negoro merupakan Sebuah kawasan pantai utara Batang yang terletak 14 km ...

Pantai Kiluan, Suguhan Keindah
Teluk kiluan terletak di Pekon (Desa) Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Kab Tanggamus, Lampung ...

Pantai Alue Naga – Banda Ace
Banda Aceh merupakan pusat pemerintahan Provinsi Aceh. Kota ini terletak di ujung utara ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Wedhi Ireng, Blitar – Jawa Timu
Pulau Bangka – Sumatera selatan
Pantai Ketaping, Kota Pariaman – Sumat
Pulau Walo, Raja Ampat – Papua
Pulau Banda – Maluku
Pulau Gam, Raja Ampat – Papua
Pantai Lampu Satu, Merauke – Papua
Pantai Pasir Perawan, Pulau Pari –

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.