Pulau Belibis, Solok – Sumatera Barat

Rating: 82 out of 100, by 65 users
wisata alam di pulau belibis - Sumatera Barat : Pulau Belibis, Solok – Sumatera Barat

Ada banyak tempat wisata Solok yang menonjolkan keindahan panoramanya, dan Pulau Belibis adalah salah satunya. Pulau Belibis merupakan tempat wisata yang unik karena menggabungkan pesona keindahan alam dengan fasilitas rekreasi dan para pemilik hobi memancing. Jadi, tempat ini memiliki berbagai daya tarik.

Jangan salah sangka dulu dengan nama dari objek wisata yang satu ini. Dari namanya, tampak berupa pulau, padahal objek wisata ini merupakan sebuah lahan yang berfungsi sebagai taman rekreasi yang bertema nuansa alam. Objek wisata ini menawarkan kegiatan-kegiatan menarik, bahkan beberapa di antaranya cukup menantang.

Pulau Belibis pernah menjadi Obyek wisata andalan yang dimiliki oleh Kota Solok. Namanya sempat terkenal ke seluruh Indonesia. Bahkan pesonanya pernah diabadikan dalam sebuah lagu minang berjudul Pulau Balibih. “Pulau Balibih di Ampang Kualo, di Kota Solok oi, iyo tampeknyo, tampek bakacimpuang dek nan mudo-mudo. Pulau balibih di ampang kualo, rami aleknyo bapacu kudo”.

Dan mungkin Anda masih bingung kenapa taman rekreasi yang satu ini diberi nama Pulau Belibis. Penduduk kota Solok rata-rata sudah tahu asal-usul nama tersebut, dan menurut warga setempat, hal itu di karenakan dulu di sebuah pulau kecil yang ada di lokasi taman wisata ini sering ada burung belibis yang mandi di air kolam yang ada di sana. Bahkan burung-burung tersebut selalu datang setiap harinya. Dan lama kelamanan taman ini disebut sebagai Pulau Belibis.

Namun, seiring berjalannya waktu burung-burung kecil tersebut sudah jarang muncul di pulau kecil itu untuk mandi, mungkin karena mereka terganggu dan memutuskan untuk pergi ke wilayah lain. Sayang sekali bukan, padahal itu bisa menjadi tontonan yang unik dan langka bagi para pengunjung yang selalu setia berkunjung ke taman ini.

Pemerintah kota setempat sangat antusias dan mendukung pengembangan objek wisata di kota beras ini. Objek wisata ini juga dilengkapi taman bermain anak-anak dan out bond . Out bond yang dipasang oleh team khusus dari Bandung ini menghubungkan taman pramuka dan taman pulau belibis menyebrangi danau kecil.

Lokasi dan Transportasi

Lokasi dari objek wisata pulau belibis ini, terletak di Ampang Kualo, Kelurahan Kampung Jawa Kecamatan Tanjung Harapan Kota Solok, atau kurang lebih 3 kilo meter dari kota Solok. Kurang lebih akan memakan waktu sekitar 10 menit jika anda dari pusat kota Solok. Untuk menuju ke objek wisata pulau belibis ini, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun juga menggunakan kendaraan umum yang tersedia di kota Solok.

Jika Anda dari kota Padang, anda harus menempuh perjalanan kira-kira 64 kilo meter, atau sekitar 2 jam. Dan jika Anda dari pusat kota Bukit tinggi, Anda harus menempuh perjalanan kurang lebih 71 kilo meter, dengan waktu tempuh perjalanan kurang lebih 2,5 jam perjalanan melalui perjalanan darat.

Untuk menuju kota Solok ini, jika Anda dari kota Padang atau dari kota Bukit tinggi, anda bisa menggunakan bus atau pun travel yang tentunya memiliki jurusan atau tujuan ke kota Solok. Dengan biaya ongkos sekitar Rp 20.000 – Rp 25.000*) per orangnya. Lalu, setelah anda sampai dikota Solok, anda bisa memilih ingin menggunakan transportasi apa untuk menuju ke lokasi objek wisata pulau belibis ini.

teduhnya pulau belibis - Sumatera Barat : Pulau Belibis, Solok – Sumatera Barat
suasana pulau belibis - Sumatera Barat : Pulau Belibis, Solok – Sumatera Barat

Anda bisa menggunakan angkutan umum berupa angkutan kota (angkot), ojek, dan lain-lain. Jika anda menggunakan angkutan kota (angkot), anda harus membayar biaya ongkos sekitar Rp 2.500 – Rp 3.000*) rupiah per orangnya.

Lalu, jika anda memilih ojek, anda bisa tawar menawar terlebih dahulu dengan tukang ojek sebelum anda memintanya untuk mengantarkan anda ke tujuan. Namun, biasanya untuk jarak dekat ojek ini mematok harga sekitar Rp 5.000*) untuk sekali jalan.

Wisata

Di Pulau Belibis Anda akan di tawari dua opsi wisata alam yang ingin Anda kunjungi di Lokasi Pulau Belibis tersebut, yang pertama adalah Taman Pulau Belibis, dan disebelahnya adalah Taman Bumi Pramuka, dimana kedua opsi hiburan itu sama-sama seru dan sangat menyenangkan bagi sebagian orang.

Di pulau Belibis, Anda bisa berpiknik bersama keluarga, ataupun kekasih Anda, dan lagi Taman yang memang sengaja di tata rapi dan indah itu sangat rindang, dan udara disekitarnya juga sangat sejuk karena banyaknya pepohonan yang menjadi dekorasi utama di Pulau Belibis ini.

Disana juga telah di siapkan beberapa settle dan gazebo yang di bangun sedemikian rupa, demi kenyamanan para pengunjung. Pemerintah Pariwisata setempat juga telah membangun ayunan dan juga komedi putar sebagai hiburan untuk anak-anak jika Anda berpiknik bersama keluarga Anda.

Lalu, bila anda ingin berkemah bersama teman-teman Anda, Anda bisa menggunakan Lokasi Taman Bumi Pramuka yang ada di lokasi Pulau Belibis tersebut, tempat benar-benar disesuaikan untuk perkemahan, jadi anda bisa merasakan seolah-olah sedang berkemah di tengah hutan, bukan di Taman Wisata Rekreasi Pulau Belibis.

Tempat ini juga di setting sedemikan rupa untuk dijadikan lokasi kegiatan Outbond, apalagi ada kolam pemacingan yang berbentuk seperti danau buatan di sini yang cukup lebar, jadi bayangkan saja betapa serunya melakukan Flying Fox melewati kolam tersebut, anda pasti akan berteriak histeris antara takut dan senang. Anda juga bebas memancing disini, dan setiap harinya, sangat banyak para pengunjung yang menghabiskan waktu seharian penuh hanya untuk memancing.

Fasilitas

Pulau Belibis juga memiliki fasilitas pemancingan sehingga para pemilik hobi memancing bisa menyalurkan hobinya. Bagi yang tidak suka memancing, bisa berenang di kolam renang Samalero atau bermain di fasilitas rekreasi di Bukit Payo yang tidak jauh dari danau.

Pulau Belibis juga memiliki warung makan dan penjual minuman serta makanan ringan, sehingga urusan mengisi perut bukan masalah. Kini, objek wisata ini tengah mengalami pembenahan besar-besaran agar bisa semakin banyak mengundang turis, terutama setelah dulunya sempat dijauhi turis karena kurang terawat.

Salah satu usaha perbaikan dan perawatan Pulau Belibis sebagai tempat wisata adalah menyerahkan pengelolaan pada pihak ketiga. Kini, jumlah wisatawan sudah semakin meningkat karena kondisi tempatnya sudah membaik.

Sarana penunjang yang ada:

  • 1 unit pondok palapeh panek
  • 1 unit pentas terbuka
  • Cafe/kantin
  • Arena permainan anak
  • Sirkuit mobil-mobilan
  • Gazebo
  • Toilet/WC Umum
  • Jembatan gantung
  • Dermaga mini
  • Areal Perkemahan
  • Shelter
  • Kolam pancing

Tips

1. Jika anda ingin pergi berekreasi ke tempat ini, disarankan lebih baik menggunakan kendaraan pribadi saja, karena selain bisa membuat liburan anda lebih nyaman karena tidak harus tergesa-gesa pulang, anda juga bisa memuat banyak perlengkapan yang bisa Anda bawa.

2. Jika berpiknik, jangan lupa untuk membawa tikar untuk alas duduk, meski memang di lokasi Pulau Belibis telah disiapkan beberapa gazebo dan settle yang di gunakan sebagai tempat duduk dan bersantai, akan lebih terasa kembali ke alam jika anda memilih duduk di hamparan rumput atau di bawah pohon dengan beralaskan tikar, dan piknik anda akan jadi lebih seru.

3. Selagi berpiknik, jangan lupa untuk membawa peralatan pancing, apalagi jika anda berpiknik dengan kekasih anda, karena memancing ikan bersama orang yang anda cintai, akan menambah suasana piknik anda jauh lebih terasa romantis. Lalu ikan tersebut bisa anda jadikan sebagai tambahan lauk untuk bekal piknik anda.

Galeri gambar dari cerita tentang Pulau Belibis, Solok – Sumatera Barat

Ada 5 foto di dalam Pulau Belibis, Solok – Sumatera Barat cerita. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 5 foto high-res.

ouut bond di pulau belibis - Sumatera Barat : Pulau Belibis, Solok – Sumatera Baratsuasana pulau belibis - Sumatera Barat : Pulau Belibis, Solok – Sumatera Baratteduhnya pulau belibis - Sumatera Barat : Pulau Belibis, Solok – Sumatera Baratwisata alam di pulau belibis - Sumatera Barat : Pulau Belibis, Solok – Sumatera Baratnuansa hijau di pulau belibis - Sumatera Barat : Pulau Belibis, Solok – Sumatera Barat

Apa pendapatmu tentang Pulau Belibis, Solok – Sumatera Barat

Tinggalkan Komentarmu soal Pulau Belibis, Solok – Sumatera Barat Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Pulau Beras Basah Bonta
Pantai Beras Basah, lokasinya ada di Pulau Beras Basah Bontang, Kalimantan Timur. Ada ...

Pulau Kaja, Palangkaraya – K
Setelah menjalani perawatan untuk beberapa lama di Nyaru Menteng, saatnya bagi para orangutan ...

Pantai Soka, Tabanan – B
Seribu kisah dan cerita akan segera Anda dapatkan ketika menginjakkan kaki di Tanah ...

Pantai Purnama, Gianyar –
Pulau Bali merupakan pesona wisata yang tiada bandingannya. Tuhan begitu baik dengan menganugerahkan ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Goa Lawah, Klungkung – Bali
Kepulauan Raja Ampat Papua – Surga
Pantai Hamadi, Jayapura – Papua
Pantai Pulau Beras Basah Bontang –
Pantai Pasir Dua, Jayapura – Papua
Pulau Bangka – Sumatera selatan
Pantai Goa, Sumbawa – NTB
Pantai Terbaya Lampung

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.