Pantai Lagundri, Nias – Sumatera Utara

Rating: 87 out of 100, by 123 users
Diving di Pantai Lagundri - Sumatera Utara : Pantai Lagundri, Nias – Sumatera Utara

Sejak 1993, pantai ini terkuak kesempurnaanya untuk surfing oleh para penunggang papan selancar dunia. Mereka memacu adrenalin di lautan biru berselimutkan gulungan ombak dan bermandikan Matahari Tropis yang sanggup melenakan siapa pun. Tepat disebelah kanan teluknya, peselancar dunia itu  berlomba-lomba memburu angin yang membingkiskan untuk mereka lipatan ombak panjang dari arah selatan dan terus memukau lagi ketika bulan purnama pun tiba.

Pantai Lagundri dan Pantai Sorake bukan hanya memiliki lanskap panorama yang indah tetapi juga tersohor sebagai lokasi selancar (surfing) bertaraf internasional. Ketenaran kedua pantai tersebut kini disandingkan dengan deburan ombak menantang di Hawaii. Jarak antara Pantai Lagundri dan Pantai Sorake hanya 2 km, berlokasi sekira 12 km dari Telukdalam, ibu kota Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara.

Penggila olahraga selancar dari mancanegara beduyun-duyun berkumpul di pantai ini pada April hingga September setiap tahunnya. Mereka akan menjajal lipatan gelombang yang tingginya mampu mencapai 7 hingga 10 meter dengan lima tingkatan. Beberapa di antaranya sangat diidamkan peselancar profesional. Selain itu, panjang daya dorong ombak di kawasan ini nyatanya bisa mencapai 200 meter. Akan lebih menarik dan menantang ombaknya saat tiba bulan purnama.

Salah satu yang membuat ombak di Lagundri ini ideal bagi selancar adalah karena lokasinya berhadapan dengan Samudera Indonesia dan juga merupakan tempat bertemunya teluk sehingga ombak akan mengalir  besar.

Pantai Lagundri sudah beberapa kali menjadi lokasi lomba selancar baik nasional maupun internasional. Nias Open adalah salah satu kejuaraan yang rutin  diselenggarakan dimana ratusan peselancar mancanegara terutama dari Australia begitu mendominasi lautannya.

Transportasi

Anda dapat terbang sekira 55 menit dari Bandar Udara Polonia di Medan ke Bandara Binaka di Gunungsitoli. Ada maskapai penerbangan Merpati dan SMAC yang melayani jalur ini dengan tarifnya berkisar di angka Rp.500.000,-. Berikutnya lanjutkan perjalanan sekira 3 jam dengan kendaraan umum ke Pantai Lagundri, Sorake yang berada di Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan. Kendaraan umum di sini berupa minibus dengan tarif Rp40.000,-. Jalur dari Gunungsitoli ke Pantai Lagundri dan Pantai Sorake ada dua yaitu pertama melewati Lahewa terus membelah Pulau Nias hingga ke Telukdalam. Jalur kedua menyusuri pantai melewati kota-kota kecamatan, yaitu: Gido, Bawolato, Idanogawo dan Lahusa.

Alternatif lain dari Kota Padang ada jalur darat dan udara. Melalui darat harus ke Sibolga sekira 6 jam kemudian menuju Gunungsitoli menggunakan kapal fery cepat selama 3 jam dengan tarif Rp100.000,-. Melalui jalur udara dengan penerbangan perintis SMAC yang beroperasi hanya hari Senin dan Jumat. Dari Padang transit ke Pulau Telo lalu terbang kembali ke Binaka. Tarif penerbanganya hanya Rp230.000,-.

Akomodasi

Selain itu, bagi Anda yang ingin menginap, di sekitar Pantai Lagundri ini ada banyak penginapan yang menawarkan berbagai fasilitas. Penginapan tersebut merupakan penginapan yang dikelola oleh masyarakat setempat, dan biasanya pihak pengelola mematok harga Rp. 80.000,- sampai dengan Rp. 200.000,- per malamnya tergantung jenis ruangan kamar dan fasilitas yang tersedia.

Penginapan tersebut biasanya selalu ramai oleh wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Pulau Nias untuk berselancar.

Wisata

Tak hanya sebagai sebagai lokasi kegiatan selancar saja, sebab kejernihan perairan dan keindahan alam di Pantai Lagundri juga menjadi daya tarik utama yang mendatangkan banyak wisatawan.

Airnya yang tampak berwarna biru dari kejauhan dan pasirnya yang putih berkilau, menambah eksotika yang terdapat pada pantai ini. Bagi Anda yang menyukai kegiatan snorkling, Anda pun juga dapat melakukan kegiatan tersebut di perairan pantai ini.

Di perairan Pantai Lagundri terdapat banyak ragam jenis biota laut yang menghiasi, biota laut tersebut sangat dijaga dan dilestarikan keberadaannya. Sehingga kegiatan snorkling adalah kegiatan yang harus Anda lakukan apabila ingin melihat ragam jenis biota laut di sekitar perairan Pantai Lagundri, bahkan beberapa diantara biota laut tersebut merupakan jenis biota laut yang langka.

Surga para peselancar

Olahraga selancar, jika kita membahas tentang olahraga ini mungkin ada banyak masyarakat Indonesia yang menggemarinya, terutama kaum pria. Meskipun tidak menutup kemungkinan wanita juga dapat melakukan kegiatan olahraga ini.

Olahraga ini bukanlah olahraga yang mudah untuk dilakukan, dikarenakan untuk melakukan olahraga ini tidak hanya dibutuhkan ketahanan fisik saja, sebab bagi para peselancar pemula mereka harus dapat menguasai teknik-teknik dasar seperti renang, menyelam, hingga harus dapat menyeimbangkan tubuh di atas papan selancar.

Selain itu, teknik-teknik lainnya pun juga harus dikuasai untuk mencegah terjadinya cedera ketika melakukan olahraga ini. Bahkan apabila sudah mahir, olahraga ini juga dapat dilakukan dengan menambahkan berbagai variasi gaya.

Bayangkan saja, seorang peselancar sedang melakukan variasi gaya di atas papan selancarnya ketika menerjang ombak yang begitu tinggi. Variasi gaya tersebut tentunya menjadi sebuah ‘seni’ tersendiri ketika melakukan kegiatan olahraga ini

Berbicara tentang lokasi olahraga selancar, mungkin selama ini yang kita tahu adalah Hawaii yang merupakan lokasi kegiatan olahraga selancar terpopuler di dunia. Namun, tahukah Anda bahwa di Indonesia sebenarnya tak sulit menemukan lokasi untuk melakukan kegiatan ini?

Bahkan jumlahnya pun cukup banyak dan beberapa diantaranya merupakan yang terbaik di dunia. Salah satu lokasi tersebut adalah Pantai Lagundri. Bagi Anda yang menggemari olahraga selancar, nama pantai ini tentunya sudah tidak asing lagi bagi Anda, sebab Pantai Lagundri merupakan salah satu lokasi kegiatan olahraga selancar yang cukup populer di dunia.

Pantai Lagundri ini merupakan objek wisata bahari di Pulau Nias yang sangat potensial untuk melakukan kegiatan selancar, selain Pantai Sorake. Terletak di wilayah Nias Selatan, Pantai Lagundri ini tak jauh dari Pantai Sorake karena lokasinya hanya sekitar beberapa kilometer saja dan dapat ditempuh dengan berjalan kaki dari Pantai Sorake.

Ombak yang terdapat di Pantai Lagundri ini pun juga masih satu garis dengan ombak yang terdapat di Pantai Sorake, sehingga sangat potensial untuk melakukan kegiatan selancar.

Ketika pertama kali berkunjung ke Pantai Lagundri, mungkin Anda akan sedikit kaget dengan tingginya ombak di pantai ini. Ombak tersebut terlihat ingin menggapai bibir pantai dengan arusnya yang begitu kuat, dan kemudian kembali datar di permukaan lautan.

Ombak yang seperti inilah yang memberikan eksotika bagi para wisatawan, terutama para penggemar kegiatan olahraga selancar. Ombak di pantai ini diperkirakan memiliki ketinggian sekitar 15 meter bahkan bisa lebih tinggi seiring dengan dorongan arus yang kuat dari tengah lautan.

Biasanya ombak yang tinggi tersebut terdapat pada bulan Mei hingga bulan Juli, karena pada bulan-bulan tersebut merupakan saat-saat dimana arus lautan di sekitar Pulau Nias begitu kuat. Namun, apabila Anda datang bukan pada bulan-bulan tersebut maka dipastikan Anda tidak akan menemukan ombak tinggi, bahkan Pantai Lagundri pun terlihat surut.

Tak hanya itu, ombak Pantai Lagundri ini juga mengundang banyak peselancar yang tidak hanya berasal dari Indonesia saja, sebab pada bulan Mei hingga bulan Juli kita juga akan menemukan ada banyak peselancar yang datang dari berbagai belahan dunia untuk menyambangi objek wisata yang satu ini.

Bahkan beberapa diantara peselancar-peselancar tersebut merupakan peselancar yang namanya sangat populer di dunia. Para peselancar tersebut tampaknya sangat tertantang untuk menghadapi terjangan ombak yang terdapat di Pantai Lagundri, sehingga ketika tiba di Pantai Lagundri mereka pun segera ‘menggelar’ atraksinya di sekitar pantai.

Pantai Lagundri - Sumatera Utara : Pantai Lagundri, Nias – Sumatera Utara
akrobatik surfing - Sumatera Utara : Pantai Lagundri, Nias – Sumatera Utara

Atraksi kegiatan yang dilakukan oleh para peselancar tersebut menjadi hiburan tersendiri bagi para wisatawan lainnya yang berada di sekitar Pantai Lagundri. Sehingga tak jarang, beberapa wisatawan pun terlihat mengabadikan moment-moment tersebut dengan kamera mereka.

Tips

  • Musim terbaik untuk menyaksikan lomba selancar adalah antara Juni atau Juli.
  • Bila Anda ingin mengabadikan aksi para peselancar maka perlu membawa lensa binocular untuk memfotonya. Untuk menyaksikan aksi peselancar di tengah laut bawalah juga teropong jarak jauh yang memadai.

 

Kumpulan Gambar dari info tentang Pantai Lagundri, Nias – Sumatera Utara

Ada 9 gambar di dalam Pantai Lagundri, Nias – Sumatera Utara info. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 9 gambar high-res.

Ombak Pantai Lagundri Pulau Nias - Sumatera Utara : Pantai Lagundri, Nias – Sumatera UtaraPantai Lagundri - Sumatera Utara : Pantai Lagundri, Nias – Sumatera Utaraperairan di Pantai Lagundri - Sumatera Utara : Pantai Lagundri, Nias – Sumatera UtaraSunset di Pantai Lagundri - Sumatera Utara : Pantai Lagundri, Nias – Sumatera UtaraSurfing di Pantai Lagundri - Sumatera Utara : Pantai Lagundri, Nias – Sumatera Utaraakrobatik surfing - Sumatera Utara : Pantai Lagundri, Nias – Sumatera Utara
Diposting pada 10 July 2014 - Oleh tanzil - Kategori Sumatera Utara.
Tag: gunung, ombak pantai, Wisata Nias, tropis, pulau, pantai obyek wisata di Nias, Pantai di Nias .

Apa pendapatmu tentang Pantai Lagundri, Nias – Sumatera Utara

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Lagundri, Nias – Sumatera Utara Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pulau Moyo, Sumbawa – NT
Sumbawa memiliki banyak tempat wisata menarik yang sangat terkenal dengan keindahan dan kealamiannya, ...

Pantai Melur, Batam
Pantai Melur yang terletak di sisi barat Pulau Galang, di Barelang, Tanjung Pinang ...

Pulau Wetar ( Pulau terluar In
Letak Pulau Wetar adalah pulau-pulau terluar Indonesia yang terletak di Laut Banda dan berbatasan langsung dengan negara Timor ...

Pantai Tapak Paderi – Bengku
Provinsi Bengkulu yang berbatasan langsung dengan Samudera Indonesia memiliki garis pantai yang panjang ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Gili Sunut, Lombok – NTB
Pantai Karang Copong, Banten – Jawa Ba
Pantai Tanjung Pinggir, Batam – Ke
Pantai Ekas, Lombok – NTB
Pantai Kukup Indahnya Gua Karang, Ikan H
Pantai Werur, Sorong – Papua
Gili Meno. Lombok – NTB
Pantai Dengan Pasir Putih Dan Laut Terin

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.