Pantai Merah Afulu, Nias – Sumatera Utara

Rating: 86 out of 100, by 127 users
Surfing di Pantai Merah Afulu - Sumatera Utara : Pantai Merah Afulu, Nias – Sumatera Utara

Hampir semua orang menyukai wisata pantai. Melepas penat ditemani panorama lautan luas yang terbentang di depan mata serta hijaunya pepohonan yang menghiasi, memberikan suasana tenang dan sejuk.

Apalagi di pantai tersebut terdapat berbagai fasilitas dan wahana yang disediakan oleh pihak pengelola bagi para wisatawan, tentunya akan menjadi perjalanan wisata yang seru.

Ombak Di Pantai Merah Afulu - Sumatera Utara : Pantai Merah Afulu, Nias – Sumatera Utara
Deburan Ombak Di Pantai Merah Afulu - Sumatera Utara : Pantai Merah Afulu, Nias – Sumatera Utara

Di Sumatera Utara ada banyak pantai-pantai yang sangat potensial dikembangkan menjadi objek wisata, meskipun ada beberapa yang belum dikelola secara maksimal. Namun, beberapa diantaranya ada pula yang merupakan objek wisata pantai terpopuler di Indonesia.

Misalnya objek wisata pantai di Kota Sibolga, pantai di kota yang terletak di pesisir Sumatera Utara ini merupakan pantai yang namanya sudah cukup populer di Indonesia karena memiliki eksotika yang indah dan pengelolaan yang sangat baik. Bahkan beberapa diantara pantai-pantai di Kota Sibolga juga sering dikunjungi oleh wisatawan mancanegara.

Selain pantai-pantai Kota Sibolga, tak sulit sebenarnya menemukan daerah pesisir di Sumatera Utara yang memiliki pantai dengan panorama yang indah. Salah satunya adalah pantai yang terdapat di Pulau Nias.

Pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan nama pulau yang satu ini, karena pulau ini merupakan bagian dari Sumatera Utara yang sangat populer dengan tradisi “Lompat Batu” nya. Pulau yang letaknya terpisah dari daratan Pulau Sumatera ini mempunyai puluhan pantai yang terdapat di daerah pesisirnya.

Sehingga sangat mudah sekali apabila ingin melihat pantai di Pulau Nias ini, karena setiap daerah pesisir pantai selalu terdapat pantai dengan panorama yang menawan. Salah satunya adalah daerah Afulu, daerah ini merupakan daerah yang terletak di pesisir utara Pulau Nias yang ‘kaya’ akan pantai, sebab di daerah ini ada banyak pantai yang dapat Anda kunjungi.

Beberapa dari pantai di Afulu adalah pantai yang cukup populer di Pulau Nias, bahkan tak jarang pada bulan-bulan tertentu banyak wisatawan mancanegara yang berkunjung ke pantai tersebut, umumnya wisatawan mancanegara yang berkunjung ke pantai tersebut adalah wisatawan yang berasal dari Eropa.

Salah satu pantai yang sangat menawan di Afulu adalah Pantai Merah Afulu. Bagi masyarakat Pulau Nias tentunya sudah tidak asing lagi mendengar nama pantai yang satu ini karena Pantai Merah Afulu merupakan pantai yang cukup populer di Pulau Nias, khususnya di Nias Utara.

Lokasi Dan Transportasi

Untuk menuju ke Pantai Merah Afulu ini, Anda dapat menggunakan transportasi umum dari kota Gunung Sitoli menuju Afulu. Transportasi umum menuju Afulu jumlahnya cukup banyak, bahkan beberapa diantaranya ada pula yang bisa disewakan apabila Anda berkunjung bersama rekan-rekan Anda.

Dengan waktu tempuh perjalanan ke Afulu sekitar 2,5 hingga 3 jam, Anda pun dapat menikmati panorama sekeliling Pulau Nias yang menawan selama di perjalanan.

Wisata

Kepopuleran Pantai Merah Afulu ini tidak terletak pada ombaknya memiliki tinggi belasan meter seperti yang terdapat pada Pantai Sorake dan Pantai Lagundri di Nias Selatan, sebab di Pantai Merah Afulu ini sama sekali tidak terdapat ombak tinggi untuk melakukan kegiatan selancar.

Namun yang menjadikan Pantai Merah Afulu ini begitu populer adalah pasirnya yang berwarna merah dan keberadaan spesies penyu yang merupakan penyu langka di Indonesia.

Oleh sebab itu, banyak wisatawan yang berkunjung ke Pantai Merah Afulu ini tidak untuk melakukan kegiatan selancar, melainkan sekedar menikmati suasana pantai sembari berpetualang menyusuri kawasan pantai untuk melihat penyu langka yang kadang-kadang keluar dari habitatnya dan melintasi pantai.

Pasir merahnya yang menawan dari jauh terlihat sekilas seperti tanah liat yang berwarna merah. Namun apabila di sentuh, ternyata pasir tersebut tentu saja bukanlah tanah liat karena warna merah pasir ini sangat pekat dan bulir-bulirnya yang begitu halus.

Sehingga apabila kaki melangkah menelusuri pantai tanpa menggunakan alas, bulir-bulir pasir tersebut tampak menempel seperti pasir putih yang terdapat di pantai yang lain. Menurut informasi, pasir merah ini dihasilkan dari bebatuan karang di sekitar pantai, yang pada waktu-waktu tertentu terkena abrasi ombak dari air laut yang mencoba menghempasnya.

Di Pantai Merah Afulu ini memang banyak sekali terdapat bebatuan karang seperti yang terdapat pada pantai-pantai di Pulau Nias pada umumnya, bahkan di beberapa bagiannya terdapat bebatuan karang yang ukurannya sangat luas dan menghiasi bibir pantai. Bebatuan karang tersebut ada yang begitu keras, namun tak jarang pula ada juga bebatuan karang yang sangat rapuh.

Perairan di Pantai Merah Afulu ini sangat jernih dan tampak berwarna hijau kebiru-biruan dari jauh. Bahkan batu karang yang berada di perairan pantai dengan jarak sekitar 10 meter saja dapat terlihat dengan jelas.

Pantai Merah Afulu ini biasanya ramai dikunjungi oleh wisatawan pada hari libur maupun pada hari-hari tertentu, meskipun kadang kala pada hari biasa Pantai Merah Afulu juga dipenuhi oleh wisatawan.

Wisatawan tidak terbatas dari berbagai kalangan, sebab semua kalangan tampaknya sangat menikmati berkunjung ke pantai ini, baik dari kalangan anak-anak, remaja hingga kalangan dewasa.

Penyu Di Pantai Merah Afulu

Keberadaan spesies penyu langka di Pantai Merah Afulu juga menarik perhatian para wisatawan, sehingga kadang kala apabila Anda berkunjung ke pantai ini pada hari libur, maka Anda akan melihat beberapa orang yang berpetualang mencari dimana penyu tersebut ‘bersembunyi’.

Apabila beruntung, penyu tersebut akan keluar dari habitatnya dan menampakkan diri sembari berjalan dengan lenggang menyisir pasir merah di pantai. Namun apabila kurang beruntung, tentu saja penyu tersebut tidak akan terlihat.

 

Galeri dari berita tentang Pantai Merah Afulu, Nias – Sumatera Utara

Ada 5 potret di dalam Pantai Merah Afulu, Nias – Sumatera Utara berita. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 5 potret high-res.

Deburan Ombak Di Pantai Merah Afulu - Sumatera Utara : Pantai Merah Afulu, Nias – Sumatera UtaraKeindahan Hamparan Pasir Di Pantai Merah Afulu - Sumatera Utara : Pantai Merah Afulu, Nias – Sumatera UtaraOmbak Di Pantai Merah Afulu - Sumatera Utara : Pantai Merah Afulu, Nias – Sumatera UtaraPantai Merah Afulu - Sumatera Utara : Pantai Merah Afulu, Nias – Sumatera UtaraSurfing di Pantai Merah Afulu - Sumatera Utara : Pantai Merah Afulu, Nias – Sumatera Utara

Apa pendapatmu tentang Pantai Merah Afulu, Nias – Sumatera Utara

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Merah Afulu, Nias – Sumatera Utara Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Temajuk, Sambas –
Temajuk merupakan desa yang berada di sebelah utara bagian barat pulau Kalimantan, hanya ...

Pantai Kolbano Pesona Kerikil
Pantai Kolbano merupakan sebuah objek wisata pantai yang terletak di Desa Kolbano, Kabupaten ...

Pantai Sili, Sumbawa – N
Sumbawa memiliki banyak tempat eksotis, dan tempat-tempat tersebut belum merupakan destinasi unggulan, karena ...

Pulau kadidiri, Tojo Una Una
Ada saat dimana kita merasa ingin lepas dari kepenatan dan hiruk-pikuk perkotaan. Apabila ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Kenjeran Surabaya – Kenjera
Pulau Kaja, Palangkaraya – Kalimantan
Pantai Atuh Bali – Pasir Putih yan
Pantai Cermin Serdang Sumatera Utara
Pantai Badur, Madura – Jawa Timur
Pantai Goa Cemara, Bantul – Yogyak
Pantai Salira di Serang Banten
Kepulauan Raja Ampat Papua – Surga

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.