Pantai Sirombu, Nias – Sumatera Utara

Rating: 85 out of 100, by 131 users
Perairan pantai sirombu - Sumatera Utara : Pantai Sirombu, Nias – Sumatera Utara

Sebagian besar masyarakat Indonesia pasti mengetahui pulau yang satu ini. Pulau yang merupakan bahagian dari Provinsi Sumatera Utara ini adalah salah satu pulau yang namanya sudah cukup populer di Indonesia.

Kepopulerannya mulai meningkat seiring dengan eksistensi tradisi dan budayanya seperti Fahombo atau Lompat Batu yang semakin menarik perhatian para wisatawan Indonesia maupun wisatawan mancanegara.

Sehingga, pada saat ini apabila ditanyakan tentang Pulau Nias, maka Fahombo adalah jawaban yang telah melekat di benak kita. Selain itu, nama Pulau Nias sendiri tak hanya dikenal dengan tradisi Fahombo saja, sebab apabila kita telusuri lebih lanjut maka kita akan menyaksikan panorama eksotika alamnya yang luar biasa menawan, yang seolah-olah menyambut kita ketika menapakkan kaki di Pulau Nias.

Meskipun masih banyak orang yang berasumsi bahwa Pulau Nias termasuk pulau yang letaknya jauh dan terisolir dari daratan Pulau Sumatera. Namun tampaknya asumsi tersebut tidak sepenuhnya benar, sebab pulau yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia ini telah dikenal luas oleh wisatawan mancanegara.

Tak akan ada habisnya apabila kita berbicara tentang eksotika yang terdapat di Pulau Nias, karena hampir di seluruh wilayah pulau ini selalu ada saja lokasi berwisata yang patut dikunjungi. Seperti misalnya wisata pantai dan bahari.

Suasana di pinggir pantai sirombu - Sumatera Utara : Pantai Sirombu, Nias – Sumatera Utara
Pesisir pantai sirombu - Sumatera Utara : Pantai Sirombu, Nias – Sumatera Utara

Berbicara tentang wisata pantai dan bahari tentunya hampir sebahagian pesisir Pulau Nias mempunyai objek wisata bahari yang sangat indah. Bahkan keindahannya tak kalah dibandingkan objek wisata bahari di daerah lain yang sudah cukup populer.

Belum lagi perairannya yang membentang hingga ke gugusan Kepulauan Hinako yang memang sangat potensial dikembangkan menjadi objek wisata bahari. Salah satu objek wisata pantai dan bahari yang terdapat di Pulau Nias adalah Pantai Sirombu.

Mungkin bagi Anda yang pernah berkunjung ke Pulau Nias, nama Sirombu identik dengan nama dermaga yang berada di Kabupaten Nias Barat. Namun tahukah Anda bahwa nama Sirombu tidak hanya identik nama dermaga saja.

Apabila kita berjalan beberapa ratus meter saja dari Dermaga Sirombu maka kita akan menemukan sebuah objek wisata yang eksotis dengan panorama pantainya yang memukau, dan ditandai dengan jejeran pondok-pondok yang terdapat di bahagian pesisir. Objek wisata tersebut yang dinamakan Pantai Sirombu.

Lokasi

Terletak di Nias Barat yang merupakan sebuah wilayah pesisir yang menjadi kawasan pelabuhan di Pulau Nias, Pantai Sirombu ini termasuk pantai yang cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Pantai Sirombu ini sebenarnya lebih sering dikatakan oleh masyarakat sekitar sebagai pelabuhan, mungkin dikarenakan letaknya yang memang sangat dekat dengan Dermaga Sirombu. Sehingga apabila Anda berdiri di sekitar lokasi wisata ini, maka panorama lalu lalang kapal-kapal kecil maupun kapal-kapal besar di tengah lautan akan memanjakan mata Anda.

Biasanya kapal-kapal tersebut membawa penumpang maupun wisatawan dari Pulau Nias menuju pulau-pulau yang terdapat di gugusan Kepulauan Hinako. Tak jarang beberapa kapal kecil yang melintas di tengah perairan adalah kapal-kapal milik nelayan yang sedang beraktivitas ataupun kapal sewa yang digunakan wisatawan untuk melakukan kegiatan memancing di perairan Kepulauan Hinako, Samudera Hindia.

Wisata

Biasanya wisatawan yang berkunjung ke Pantai Sirombu adalah wisatawan yang berasal dari wilayah Sumatera Utara ataupun Sumatera Barat sekedar untuk melepas penat sembari menyaksikan panorama pantai.

Yang mendominasi pariwisata di Pantai Sirombu adalah masyarakat Pulau Nias sendiri tepatnya pada sore hari, untuk menghabiskan waktu bersantai di pesisir pantai.

Beberapa wisatawan mancanegara pun juga tampak berlalu lalang di sekitar pantai ini, namun biasanya wisatawan mancanegara tersebut hanya sekedar beristirahat saja sembari menunggu keberangkatan kapal yang akan melakukan penyebrangan ke Kepulauan Hinako.

Wisatawan-wisatawan yang biasanya datang ke Pantai Sirombu ini juga tak melewatkan waktu untuk sekedar bermain air. Airnya yang terlihat begitu bening dan tampak kebiru-biruan dari sudut pandang yang jauh menjadikan Pantai Sirombu ini begitu dinikmati oleh wisatawan.

Apalagi pada hari libur yang merupakan saat-saat dimana Pantai Sirombu ini menjadi sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan. Tak hanya itu, di beberapa bagian Pantai Sirombu ini juga terdapat lokasi yang sangat cocok digunakan sebagai tempat memancing.

Sehingga apabila Anda ingin menyalurkan hobbi Anda di pantai ini, Anda pun dapat memancing dari beberapa sudut Pantai Sirombu. Biasanya pada hari libur, tempat-tempat tersebut dipenuhi oleh para pemancing yang berasal dari sekitar Pulau Nias. Bahkan kabarnya, ikan-ikan yang terdapat di perairan Pantai Sirombu ini pun merupakan jenis ikan yang mahal.

Apabila Anda tidak membawa bekal makanan, jangan khawatir, Di Pantai Sirombu ini ada banyak pondok-pondok sederhana yang menyediakan berbagai menu hidangan. Umumnya pondok-pondok tersebut menyediakan menu hidangan berupa seafood yang menjadi menu andalannya.

Kualitas hidangannya pun sangat terjamin karena seafood-seafood yang diolah menjadi berbagai hidangan ini langsung diambil pada pagi harinya dari para nelayan yang baru selesai melaut.

Seperti misalnya ikan, para pemilik pondok-pondok di Pantai Sirombu ini mengatakan bahwa ikan adalah menu seafood yang paling banyak diminati oleh para wisatawan sehingga pemilik pondok-pondok tersebut menyediakan stok ikan dalam jumlah besar.

Bahkan pada hari libur, pondok-pondok tersebut telah dipenuhi oleh para wisatawan mulai pagi hari hingga sore hari sehingga dalam waktu sekejap saja stok ikan tersebut sudah habis karena banyak wisatawan yang memesannya.

 

Galeri foto dari berita tentang Pantai Sirombu, Nias – Sumatera Utara

Ada 4 foto di dalam Pantai Sirombu, Nias – Sumatera Utara berita. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 4 foto high-res.

Perahu nelayan di Pantai Sirombu - Sumatera Utara : Pantai Sirombu, Nias – Sumatera UtaraPerairan pantai sirombu - Sumatera Utara : Pantai Sirombu, Nias – Sumatera UtaraPesisir pantai sirombu - Sumatera Utara : Pantai Sirombu, Nias – Sumatera UtaraSuasana di pinggir pantai sirombu - Sumatera Utara : Pantai Sirombu, Nias – Sumatera Utara

Apa pendapatmu tentang Pantai Sirombu, Nias – Sumatera Utara

Tinggalkan Komentarmu soal Pantai Sirombu, Nias – Sumatera Utara Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Anyer Carita Banten dan
Pantai Anyer carita merupakan object wisata yang berada di provinsi banten dan mempunyai ...

Pulau Asei, Jayapura – P
Seperti hal nya danau Toba yang mempunyai Pulau Samosir, maka danau Sentani pun ...

Pantai Ballina, Karangasem 
Menjelajahi objek wisata pantai daerah timur Bali, setelah Pelabuhan Padang Bay anda akan ...

Pantai Cipatujah, Tasikmalaya
Pantai Cipatujah, dengan luas 115 ha, merupakan pantai berkarang yang kaya akan terumbu-terumbu ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Pantai Matras di Pulau Bangka Belitung
Pantai Tanjung Bira – Sulawesi Sel
Pantai Alam Indah, Tegal – Jawa Tengah
Pantai Losari di Makassar
Pantai Ambalat, Kutai Kertanegara –
Pantai Ponjuk Talango, Madura – Jawa t
Pantai Akkarena, Makasar – Sulawes
Pantai – Pantai Di Taman Impian Ja

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.