Pulau Berhala, Sumatera Utara

Rating: 82 out of 100, by 63 users
Keindahan Bawah Laut Pulau Berhala - Sumatera Utara : Pulau Berhala, Sumatera Utara

Pulau Berhala – hamparan pasir putih yang hangat berhias batu-batu vulkanik dengan ukuran besar menjadikan pulau ini sebagai destinasi wisata yang sangat sayang jika di lewatkan. Tak sekedar wisata alam saja yang bisa anda rasakan, melainkan wisata yang bernilai historis pun bisa anda dapatkan di pulau ini.

Lokasi dan Akomodasi

Pulau berhala ini berada di kawasan pantai timur Sumatera, berdekatan dengan Taman Nasional Berbak. Ada banyak cara untuk menuju pulau ini, anda bisa menggunakan alat trasportasi darat tetapi tetap harus menggunakan alat trasportasi air.

Jika anda tidak terlalu suka menggunakan alat transportasi air, anda bisa menggunakan jalur darat dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun carter mobil, tetapi ada juga angkutan yang bisa anda temukan di terminal rawasari menuju Suak Kandis.

Lama perjalanan kurang lebih 2 jam, jika anda menggunakan angkutan umum, ongkos yang anda keluarkan adalah Rp 15.000. Selama perjalanan anda akan melewati perkebunan sawit dan hutan-hutan.

Setelah tiba di Suak Kandis, anda bisa melanjutkan perjalanan ke Nipah Panjang yang memiliki pelabuhan menuju pulau berhala dengan menggunakan speed boat. Ongkos menuju Nipah Panjang adalah Rp 40.000- Rp 50.000 tergantung hasil nego anda.

Setelah 1,5 jam perjalanan anda akan tiba di Nipah Pajang. Sebenarnya dari Suak Kandis menuju Nipah Panjang bisa menggunakan jalan darat, tetapi sangat tidak nyaman karena kerusakan jalan yang amat parah. Jadi sebaiknya menggunakan speed boat saja.

Setelah tiba di Nipah Panjang, perjalanan dilanjutkan dengan menyewa kapal yang memiliki muatan 20 orang dengan biaya Rp 1,5 Juta (PP), atau jika anda menggunakan rombongan yang lebih banyak, bisa menyewa kapal yang lebih besar dengan muatan lebih dr 30 orang.

Biaya sewanya adalah Rp 2-2,5 Juta (PP). maka dari itu, lebih baik datang dengan rombongan untuk menghemat biaya. Dari Pelabuhan Nipah Panjang menuju pelabuhan di Pulau berhala memakan waktu 3 jam perjalanan.

Jika anda menyukai wisata air, anda sudah bisa naik speed boat dari depan rumah dinas gubernur Jambi yang berada di tengah kota, lalu anda bisa langsung menuju Nipah Panjang dengan ongkos Rp 60.000 per orang dan di lanjutkan dengan penyewaan kapal tersebut untuk menuju Pulau Berhala. Selain tidak repot, cara ini juga lebih hemat.

Dermaga di Pulau Berhala

Untuk makanan dan penginapan, anda jangan khawatir. Di Pulau yang anda tuju ini memiliki beberapa penginapan sederhana yang dimiliki oleh masyarakat lokal. Tetap bagi anda yang biasa camping anda bisa mendirikan tenda di pulau, asal jangan di bagian yang rendah, karena ketika air pasang, kenaikkan air akan cukup tinggi.

Wisata

Pulau berhala memiliki luas sekitar 10 kilometer persegi. Di sebelah pulau utama ada dua pulau lain yang berukuran lebih kecil. Kedua pulau itu adalah Pulau Telur yang sering dijadikan tempat bertelur oleh para penyu, dan satunya lagi adalah pulau mercusuar. Pulau telur, berada di sisi timur pulau berhala, anda juga bisa camping disini, asal mencari spot yang berada di atas batu tinggi.

Sambil bermalam, anda bisa melihat penyu yang bertelur. Sedangkan pulau mercusuar berada di sisi selatan pulau berhala. Kedua pulau kecil tersebut tak berpenghuni sedangkan Pulau Berhala dihuni oleh sekitar 51 kepala keluarga yang merupakan penduduk Jambi dan Riau.

Pulau Berhala memang menjadi rebutan antara Jambi dan Riau karena lokasi yang berdekatan dengan Riau. Tetapi jika di pandang dari sisi historis, pulau ini lebih condong dimiliki oleh Jambi.

Mau tau sisi historisnya dimana? Sisi historis pulau ini, di tandai dengan adanya makam Raja Jambi yaitu Datuk Paduke Berhale yang bernama asli Ahmad Salim, beliau merupakan pengembang Islam di Jambi yang kemudian menikahi putri dari raja Jambi, sehingga beliau di angkat menjadi raja. Untuk menuju ke makam tersebut, anda harus menyusuri jalan setapak yang ada di daerah perbukitan pulau ini.

Anda cukup berjalan melewati jalan setapak sekitar 150 meter saja, kemudian anda sudah bisa menemukan makam dari sang cikal bakal Raja-raja Jambi. Bukan hanya makam sang raja yang akan anda temukan, pulau ini juga menyimpan sebuah benteng kuno peninggalan Jepang, serta ada meriam yang diperkirakan bekas masa penjajahan kolonial Belanda.

Makam Datuk Paduke Berhale

Di sebelah barat pulau, anda akan merasakan wisata berupa pantai berpasir putih yang landai. Sedangkan di sebelah timur, anda bisa melihat tebing-tebing karang yang sangat curam. Jadi, akan ada banyak jenis wisata yang bisa anda jelajahi di Pulau Berhala.

Buat anda yang gemar memancing, anda bisa naik perahu untuk memancing ikan. Karena di laut ini, anda bisa mendapatkan beberapa jenis ikan di antaranya ikan kerapu, hiu tutul bambang, kakap, bahkan cumi-cumi. Hal menarik lainnya adalah, anda bisa melihat indahnya lumba-lumba pada pagi hari jika anda beruntung.

Jika anda ingin menyusuri pinggiran pulau ini, dibutuhkan waktu selama 6 jam ketika air sedang surut. Tetapi mau tak mau anda harus memanjat batu karang ketika air laut sedang pasang. Sehingga pulau ini juga cocok untuk anda yang hobi tracking. Tampaknya memang cukup melelahkan, tetapi tentunya anda akan puas setelah menjelajah pulau ini lebih dalam lagi.

Gerbang Masuk Pulau Berhala - Sumatera Utara : Pulau Berhala, Sumatera Utara
Pesisir pantai Pulau Berhala - Sumatera Utara : Pulau Berhala, Sumatera Utara

Tips

1. Pergilah berombongan jika ingin kesini. Selain biaya yang lebih murah, tentunya juga akan lebih mengasyikan.

2. Jika anda tidak terlalu lama berada di pulau ini, sebaiknya bawa makanan sendiri. Karena harga makanan yang di jual di pulau bisa dua kali lipat dari harga normal.

3. Waktu berlibur yang baik ke sini adalah dari bulan Mei sampai Oktober, karena kondisi ombak yang baik dan aman adalah pada bulan-bulan tersebut.

4. Sempatkan bertanya tentang sejarah serta apa saja yang menjadi aturan selama di Makam Datuk Paduke Berhale. Selain menambah wawasan, anda juga menghormati adat budaya setempat.

5. Ketika air laut surut, sempatkan untuk mencoba snorkeling. Terumbu karang yang ada, merupakan terumbu karang yang masih sangat indah serta biota laut lain yang makin mempercantik laut ini.

 

Galeri dari artikel tentang Pulau Berhala, Sumatera Utara

Ada 7 foto di dalam Pulau Berhala, Sumatera Utara artikel. Klik thumbnail dibawah ini untuk melihat semua 7 foto high-res.

Pesisir pantai Pulau Berhala - Sumatera Utara : Pulau Berhala, Sumatera UtaraPulau Berhala - Sumatera Utara : Pulau Berhala, Sumatera UtaraTukik di penangkaran Pulau Berhala - Sumatera Utara : Pulau Berhala, Sumatera UtaraGerbang Masuk Pulau Berhala - Sumatera Utara : Pulau Berhala, Sumatera UtaraIduk penyu datang kedaratan untuk bertelur - Sumatera Utara : Pulau Berhala, Sumatera UtaraKegiatan Mengasyikan Di Pulau Berhala - Sumatera Utara : Pulau Berhala, Sumatera Utara

Apa pendapatmu tentang Pulau Berhala, Sumatera Utara

Tinggalkan Komentarmu soal Pulau Berhala, Sumatera Utara Dibawah ini:

Artikel Terbaru:

Pantai Serang di Blitar Jawa T
Pantai Serang adalah sebuah pantai yang berada di desa Serang kecamatan Panggungrejo kabupaten ...

Pantai Bandengan (Tirta Samude
Menurut kisah turun temurun, nama Pantai Bandengan pertama kali diberikan oleh putra Sunan ...

Pantai Nipah, Lombok – Nusa
Tak banyak yang mengenal pantai Nipah. Meski begitu pantai ini adalah salah satu ...

Pesona Pantai Lampuuk Aceh
Pantai Lampuuk seperti juga ciri khas pantai-pantai di Aceh, terhitung memanjang, dari utara ...

Gabung Yuk dengan Komunitas Pecinta Pantai Indonesia di FB, Klik Like:

Lokasi Pantai di Indonesia

Topik Populer

Pantai Populer

Gili Nanggu, Lombok Barat – NTB
Pantai Sadeng Gunung Kidul
Pantai Lagundri, Nias – Sumatera U
Pulau Jemur, Riau
Pantai Pasir Dua, Jayapura – Papua
Pantai Pink Lombok, Nusa Tenggara Timur
Pantai Poto Batu, Sumbawa – NTB
Pantai Ujung Genteng ( Pantai Nirwana ),

Indek Artikel : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Indek Gambar : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z - 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Semua artikel pada web ini adalah hak cipta dari pasirpantai.com, atau sumber lain yang dicantumkan.
Semua gambar, foto dan video pada web ini adalah hak cipta dari pemiliknya.